4 Cara Membuat Shower Gel Alami dengan Brand Sendiri, Mudah Banget!

cara membuat shower gel alami

Kalau ditanya mengenai produk kosmetik apa yang paling dibutuhkan dan banyak dimiliki masyarakat, sabun mandi adalah jawabannya. Tak peduli secuek apapun orang itu terhadap penampilannya, mereka pasti memiliki sabun mandi di rumah.

Ini karena sabun mandi enggak hanya jadi pelengkap, melainkan jadi bagian pokok dari perawatan tubuh. Manfaatnya pun tak hanya mempercantik, tapi melindungi kulit dan tubuh dari kotoran maupun infeksi bakteri.

Nah, Beautypreneurs, sabun mandi bisa jadi ide yang potensial untuk kamu jajal peruntungannya. Apalagi, ada banyak jenis sabun mandi yang bisa kamu inovasikan sesuai dengan target pasar, budget, hingga kondisi iklim Indonesia.

Shower gel, misalnya. Produk mandi dengan sediaan gel ini, belakangan cukup diminati. Karena teksturnya yang lembut, sensasi yang menenangkan, dan cocok untuk orang dengan kulit kering hingga berminyak.

Memproduksi shower gel dengan brand kosmetikmu sendiri tentu bisa memberikan peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi cara membuat shower gel ini juga sangat mudah, lho.

Penasaran? Langsung simak cara membuat shower gel alami sendiri berikut ini, yuk!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Shower Gel

cara membuat shower gel alami (1)

Sebelum membahas cara membuat shower gel sendiri, ada baiknya untukmu mengenal lebih jauh tentang produk perawatan tubuh satu ini.

Shower gel merupakan produk pembersih kulit tubuh dengan sediaan gel. Umumnya, produk ini memiliki aroma-aroma yang menyegarkan, serta berformulasi ringan dan mempunyai warna-warna terang.

Belakangan, shower gel yang terbuat dari bahan-bahan alami sedang menarik perhatian massa. Karena tak hanya memberikan kesegaran pada tubuh dan mengangkat kotoran dari kulit. Produk shower gel alami juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Keunggulan Shower Gel

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang membuat Shower Gel ini banyak memiliki penggemar setia. Nah, berikut ini ada beberapa keunggulan shower gel yang harus kamu tahu.

Simak baik-baik, ya!

Merawat Kulit Kering dengan Baik

Kebanyakan sabun mandi memiliki sifat basa yang tinggi, sehingga dapat mengangkat minyak alami dari kulit secara berlebihan.

Untuk orang dengan kulit normal, ini mungkin bukan masalah besar. Namun, jika kamu memiliki masalah kulit kering, mengelupas, dan bersisik, kondisi ini akan jadi lebih buruk.

Keunggulan pertama shower gel adalah sifatnya yang baik untuk kulit kering. Kandungan pelembap dan hidrasinya yang tinggi bisa membantu mengangkat kotoran di kulit, tanpa membuat kelembapan alami yang ada hilang.

Aroma yang Segar dan Khas

Shower gel identic dengan aroma-aroma yang menyegarkan dan khas bunga-bungaan, buah, dan bahan-bahan alami lainnya.

Hal ini memberikan keunggulan tersendiri pada shower gel. Karena setelah seharian beraktivitas, orang-orang cenderung suka memanjakan diri mereka ketika mandi. Baik dengan menggunakan kosmetika yang memberikan aroma menenangkan, memanjakan, hingga menyegarkan suasana hati mereka.

Cocok untuk Jenis Kulit Berminyak

Tak hanya untuk orang dengan kulit kering, shower gel juga sangat cocok kalau kamu memiliki kulit mudah berkeringat dan berminyak.

Kandungan hidrasi dalam shower gel mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari permukaan kulit. Sensasi dingin dari produk ini pun akan membantu menyegarkan kulit dan tubuh.

Warna-warna Mencolok dan Menyenangkan

Berbeda dengan creamy wash, shower gel cenderung memiliki sediaan dengan warna-waran mencolok dan menyenangkan. Sampai-sampai ketika melihat produknya, kamu bisa merasakan sensasi dingin dan menyegarkan yang dijanjikan oleh klaim produk tersebut.

Hal ini juga yang mendorong konsumen untuk tertarik mencoba dan menggunakan shower gel ke dalam rutinitas perawatan tubuh mereka. Karena sekarang, mandi tak hanya proses membersihkan badan, melainkan bagian meredakan stress dari padatnya aktivitas harian mereka.

Cocok untuk Iklim Tropis Indonesia

Keunggulan shower gel selanjutnya adalah sifatnya yang sangat cocok untuk iklim tropis Indonesia, yang bisa bikin tubuh jadi lengket karena kringat, terpapas sengatan sinar matahari dan polusi udara.

Shower gel yang umumnya diformulasikan dengan berbagai bahan antiinflamasi bisa memberikan kesegaran dan rasa nyaman pada kulit.

Tak hanya itu, kamu bisa memilih produk dengan kandungan antioksidan yang dapat menghalau dampak buruk radikal bebas untuk kulit tubuhmu.

Kandungan yang Dapat Kamu Formulasikan dalam Shower Gel

Tiap jenis brand shower gel pasti memiliki formulasi yang berbeda. Menyesuaikan dengan konsep brand, target pasar, juga manfaat yang ingin mereka tonjolkan.

Namun, secara umum dalam pembuatan shower gel ada 6 bahan dasar yang digunakan dalam formulasinya. Apa saja? Simak penjelasan bahan dasar shower gel berikut ini!

Senyawa Emulsifier

Kandungan pertama adalah emulsifier yang bekerja untuk menciptakan sabun dan memberikan efek kental pada shower gel.

Meski namanya terdengar asing di telinga dan mungkin sedikit ‘klinis’. Kamu enggak perlu takut dan khawatir, karena senyawa emulsifier aman-aman saja untuk digunakan. Apalagi, sekarang pun banyak studi mengenai adanya senyawa emulsifier alami untuk kosmetik.

Surfaktan

Selanjutnya adalah surfaktan, yang mirip dengan emulsifier, mampu bekerja sebagai pembusa ketika produk tercampur air.

Ada banyak jenis surfaktan alami yang bisa kamu pilih dan gunakan dalam formulasi shower gel. Senyawa ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mengangkat kotoran yang ada.

Vitamin dan Nutrisi Lainnya

Menambahkan kandungan-kandungan yang kaya vitamin dan nutrisi adalah keharusan. Sebab, sabun mandi yang baik tak hanya mencegah terjadinya masalah kesehatan pada kulit. Namun membantu menutrisi dan merawat kulit tubuhmu.

Pelembap Alami

Gunakan minyak alami untuk memberikan efek pelembap pada shower gel. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kulit target pasarmu, maupun kondisi lingkungan Indonesia yang tropis.

Pewarna Alami

Natural colourant atau pewarna alami dalam kosmetik sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya, kita pernah membahas 38 jenis pewarna alami dalam kosmetika yang juga bisa kamu terapkan dalam formulasi shower gel.

Pewarna alami ini enggak hanya memberikan warna-warna yang cantik dan menyenangkan. Melainkan menyimpan agen-agen dan nutrisi penting untuk menjaga serta merawat kesehatan kulit tubuhmu.

Fragrance

Selanjutnya adalah fragrance, yang memang menjadi keunggulan dan sifat khas dari shower gel. Kamu bisa memilih fragrance alami untuk formulasi shower gel yang akan kamu buat nantinya.

Cara Membuat Shower Gel Alami dengan Brand Sendiri

alur maklon kosmetik

Meski kamu bisa berangkat dengan merk kosmetik indie, lewat cara membuat shower gel alami sendiri di rumah. Memulainya dengan maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia juga bukan tak ada salahnya untuk kamu coba.

Apalagi, kami telah memiliki berbagai jenis sertifikasi yang dibutuhkan sebagai produsen kosmetik. Mulai dari CPKB grade A dari BPOM, Halal Kosmetik, serta Vegan Kosmetik.

Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu tak hanya bisa membuat shower gel alami sendiri. Melainkan memproduksinya secara massal dalam waktu singkat, dilengkapi dengan segala jenis sertifikasi produk kosmetik yang kamu butuhkan nantinya.

Lantas bagaimana cara membuat shower gel alami dengan brand sendiri di Mash Moshem Indonesia? Well, kamu Cuma perlu mengikuti empat langkah sederhana ini, ya, Dear.

Konsultasi Bersama Tim Business Development

Cara membuat shower gel alami dengan brand sendiri yang pertama adalah dengan mengonsultasikan ide dan rencanamu bersama tim business development Mash Moshem Indonesia.

Dalam proses ini, kamu bisa mendiskusikan berbagai aspek penting dalam pembuatan produkmu. Beberapa diantaranya:

  1. Jika kamu belum memiliki brand kosmetik sendiri, kami bisa membantumu dalam proses pengurusan HAKI merk.
  2. Penyusunan ide dan konsep produk, dalam hal ini kita akan menyepakati spesifikasi produk yang ingin kamu buat. Misalnya, apa manfaat utama dalam shower gel, bahan apa yang akan kamu gunakan, dan menyesuaikan konsep produk dengan target pasar.
  3. Mendiskusikan budget yang kamu miliki. Nah, tak perlu takut kalau budget kamu pas-pasan, karena tim kami bisa menyesuaikan spesifikasi produk dengan besarnya modal yang kamu miliki nantinya.
  4. Jenis dan desain kemasan yang akan kamu gunakan untuk shower gel nantinya.

Pembuatan Sample Produk

Langkah selanjutnya adalah pembuatan sample produk. Dalam cara membuat shower gel alami dengan brand sendiri ini, tim Research and Development (RnD) kami yang akan mengerjakannya untukmu.

Proses pembuatan sample produk oleh tim kami akan memakan waktu paling tidak 14 hari hingga satu bulan kerja. Termasuk ketika kamu mengajukan revisi sample, ya.

Setelah kamu setuju dengan sample yang ada, maka langkah selanjutnya adalah pengurusan perjanjian kerja sama atau MOU. Perjanjian ini adalah bentuk komitmen kami dalam menjaga profesionalitas dan menjamin kelancaran proses maklon kosmetik.

Pengajuan Legalitas, Pembuatan Desain Produk, dan Produksi Massal

Cara membuat shower gel alami selanjutnya adalah pembuatan desain produk, pengajuan legalitas, dan produksi massal. Semua langkah ini dilakukan secara serentak, lho. Tentu setelah pengajuan legalitas produk telah disetujui oleh BPOM.

Untuk desian produk, kamu bisa mengajukan request sebagai acuan desainnya. Tim multimedia kami akan membantu mewujudkan karakter dan brand kosmetikmu ke dalam desain yang menarik, trendi, dan bernilai komersiil.

Sementara itu, proses produksi massal shower gel akan dilakukan di pabrik kosmetik kami, yang telah dilengkapi dengan mesin-mesin canggih. Sehingga proses produksi kosmetik ini tak akan memakan waktu berbulan-bulan lamanya.

Shower Gel-mu Siap Dipasarkan

Cara membuat shower gel alami dengan brand sendiri selesai dilakukan. Selesai produksi massal, tim kami akan melakukan quality control terlebih dahulu, sebelum mengirimkan produk jadi ke rumah atau kantormu.

Dalam waktu itu, kamu bisa menyiapkan launching produkmu dan strategi pemasaran yang matang. Nah, untuk mendukung hal ini, kami juga menyediakan berbagai media promosi menarik untuk brand kosmetikmu.

Mulai dari FAQ (Frequently Asked Questions) yang berisi product knowledge, foto dan video produk, brosur, dan katalog. Tak hanya itu, kami juga menyerdiakan Webinar Digital Marketing Eksklusif untukmu, lho.

Tak percaya? Buktikan sendiri dengan datang dan berdiskusi langsung bersama tim Business Development kami. See you, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

Leave a Comment