Cara Membuat Deskripsi Toko di E-Commerce yang Menjual, Bikin Laris!

cara membuat deskripsi toko di e-commerce

Belanja online kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, terlebih ketika semua transaksi lebih mudah dilakukan secara digital. Karena itu, memulai bisnis online pun menjadi begitu menggoda, misalnya dengan membuka toko di e-commerce.

Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak jenis e-commerce dengan prospek tinggi yang bisa kamu jajal seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan banyak lainnya.

Meski semua e-commerce tersebut memiliki jumlah kunjungan dan pengguna yang tinggi, bukan berarti memulai jualanmu juga mudah dan bisa kamu gampangkan begitu saja.

Karena ada banyak pebisnis lain yang juga berkecimpung di lapak online tersebut, dari yang newbie sampai yang telah memiliki pasarnya sendiri.

Nah, untuk dapat memenangkan persaingan pasar, kamu tentu harus menyiapkan strategi bisnis tersendiri. Misalnya dengan mempelajari cara membuat deskripsi toko yang menjual dan menarik di mata pembeli.

Tapi apa manfaat deskripsi toko untuk bisnismu? Mengapa cara membuat deskripsi toko di e-commerce ini begitu penting?

Langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Pentingnya Membuat Deskripsi Toko yang Menjual di E-Commerce

Peluang berbisnis online lewat e-commerce memang sangat besar. Karena jumlah pengguna lapak online ini pun bisa sampai ratusan juta dan berasal dari segala penjuru area/dunia.

Namun yang menyadari besarnya peluang ini tak hanya kamu. Ada ribuan bahkan jutaan orang di dunia juga menyadari potensi pasar online yang kian ramai ini.

Nah, untuk mengakali persaingan pasar ini, kamu harus menyiapkan strategi bisnis yang tepat untuk toko online-mu. Dari

Misalnya dengan memperindah dan membuat tampilan toko online-mu menarik, sehingga dapat menciptakan kesan ‘terpercaya’ di mata konsumen. Gimana caranya? Di sinilah peran penting membuat deskripsi toko yang menjual di E-commerce.

Lewat deskripsi toko kamu bisa  memberikan berbagai informasi kepada calon konsumen mengenai toko atau brand yang kamu miliki. Deskripsi toko ini pun dapat membantu menunjukkan kesan professional dan ampuh untuk meningkatkan keyakinan konsumen.

Selain itu, deskripsi toko ini juga bisa jadi identitas dari bisnismu. Karenanya, penyusunan deskripsi toko yang asal-asalan hanya akan membuat konsumen bingung. Akhirnya kamu bisa kehilangan konsumen potensial dan gagal menarik transaksi di tokomu.

Menyadari betapa pentingnya cara membuat deskripsi toko yang menjual di e-commerce ini, kami menyiapkan tips dan penjelasan rinci soal ini hanya untukmu, lho.

Tetap baca artikelnya sampai habis, biar kamu enggak ketinggalan informasinya!

Perbedaan Deskripsi Toko dan Deskripsi Produk

Sebelumnya, kita sudah membahas soal cara membuat deskripsi produk di e-commerce, bahkan dilengkapi contoh-contohnya juga.

Nah, kamu mungkin berpikir bahwa deskripsi toko dan deskripsi produk ini sama. Apalagi kalau kamu hanya menjual satu brand khusus saja di toko online-mu. Padahal keduanya sama sekali berbeda, baik dari cara pembuatan, tujuan, hingga aspek apa yang harus ditonjolkan di dalamnya.

Deskripsi toko merupakan tulisan/copy yang berisi informasi dari bisnis online kamu, termasuk apa saja jenis produk yang dijual, visi-misi, alamat toko fisik, hingga jam operasional. Karenanya, ada banyak anggapan bahwa deskripsi toko ini serupa dengan profil bisnis-mu.

Kalau diterapkan dalam brand kosmetikmu, kamu bisa memasukkan informasi mengenai brand itu sendiri. Termasuk apa visi-misi, memajang tiap jenis produk yang kamu jual, cara pembelian, dan jam operasional. Biasanya, deskripsi toko ini terdapat pada halaman beranda tokomu.

Sementara deskripsi produk merupakan teks informatif mengenai suatu produk yang kamu jual dengan rinci. Misal, tipe produk, kegunaan, bahan-bahan, variasi, warna, dan banyak lainnya. Deskripsi produk ini akan tampil pada halaman produk di e-commerce.

Ingin tahu soal cara membuat deskripsi produk yang menarik? Simak di sini!

Struktur Deskripsi Toko di E-Commerce

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat deskripsi toko di e-commerce yang menjual, kamu harus mengenali strukturnya terlebih dahulu.

Agar lebih mudah kita ambil satu contoh deskripsi toko dari brand kosmetik ternama, yakni Garnier, berikut ini.

Deskripsi yang diambil dari informasi toko di Tokopedia ini memiliki beberapa komponen yang harus kamu perhatikan, yakni nama brand, brand kaitan, dan produk yang dijual.

Tentu susunan ini bisa disusaikan dengan kebutuhan dan informasi brand-mu. Dalam kasus Garnier, brand ini mencoba mencari lebih banyak konsumen/pengguna dengan mencantumkan nama brand kaitan lainnya yang terbilang lebih popular dan memiliki pelanggan setianya sendiri.

Namun, secara umum ada 4 hal yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan deskripsi toko di e-commerce. Seperti yang kita jelaskan berikut ini:

Nama Brand

Pertama adalah nama brand. Paling tidak ketika menulis deskripsi toko kamu harus mencantumkan nama brand atau nama bisnis online-mu.

Jenis Produk

Meski sudah menyebutkan nama merk, dan mungkin konsumen sudah paham konsep produk yang kamu jual. Tak ada salahnya untuk menyebutkan jenis produk yang kamu produksi di deskripsi, seperti yang dilakukan oleh Garnier di atas.

Tagline

Unsur selanjutnya adalah tagline brand. Dari contoh di atas, memang tidak menggunakan tagline, melainkan mencatut nama brand lain yang terkait dengan Garnier, yakni Loreal.

Nah, karena kamu tak memiliki brand lain untuk mendompleng citra brand. Maka, kamu bisa menciptakan tagline yang menarik dan menjual untuk brand kosmetikmu. Lalu, sematkan tagline tersebut pada deskripsi toko.

Unique Selling Point (USP)

Inti dari deskripsi toko ini tak hanya menjelaskan tokomu secara singkat, tapi menjadikannya lebih menarik, meyakinkan dan memiliki nilai jual.

Karenanya, kamu bisa menggunakan atau memasukkan Unique Selling Point (USP) dari brand kosmetikmu.

Cara Membuat Deskripsi Toko untuk Brand Kosmetik yang Menjual di E-Commerce

Setelah memahami pentingnya deskripsi toko online-mu di e-commerce, serta perbedaannya dengan deskripsi produk. Sudah waktunya kamu mempelajari bagaimana cara membuat deskripsi toko yang menjual dan menarik untuk bisnis online-mu.

Penasaran? Simak 6 cara membuat deskripsi toko untuk brand kosmetik yang menjual di e-commerce versi kami berikut ini, ya!

Cantumkan Nama Bisnis

Cara membuat deskripsi toko online di e-commerce adalah dengan mencantumkan nama brand/bisnismu. Sebagai contoh, kamu memiliki brand kosmetik dengan nama “Clarissa Natural Beauty Skincare”.

Kamu bisa menaruh nama brand tersebut pada bagian teratas deskripsi toko online-mu. Dengan begitu, konsumen akan bisa langsung mengenali karakter brand dan jenis penawaran hanya dari nama bisnismu.

Siapkan Tagline yang Sesuai dengan SEO

Penggunaan SEO dalam bisnis online bukanlah hal baru lagi, termasuk dalam cara membuat deskripsi toko online di E-commerce. Khususnya pada bagian tagline dari brand/toko kosmetik yang kamu miliki.

Tagline ini merupakan kalimat sederhana yang menggambarkan visi/misi dan karakter brand. Tujuan pembuatannya untuk meningkatkan awareness konsumen mengenai brand milikmu.

Untuk menjangkau konsumen yang tepat dan mampu meningkatkan awareness dengan signifikan, kamu bisa menggunakan SEO dalam menyiapkan tagline. Kamu bisa menyiapkan kata kunci khusus yang merepresentasikan dan terkait dengan brand kosmetikmu.

Penulisan tagline di deskripsi toko ini bisa kamu sesuaikan dengan rumus berikut:

Rumusnya: Nama Brand + Tagline

Sebagai contoh, “Clarissa Natural Beauty Skincare: Perawatan Alami untuk Wajah Cerah Awet Muda

Atau, “Clarissa Natural Beauty Skincare, cerahkan kulitmu secara alami.”

Informasi Singkat Soal Jenis Produk

Cara membuat deskripsi toko online yang menjual selanjutnya adalah dengan menuliskan informasi singkat soal jenis produk. Sebenarnya, kadang informasi ini juga bisa konsumen dapatkan lewat tagline. Jadi kamu bisa memasukkan salah satu, tagline ataukah menggunakan informasi singkat produk.

Sebagai contoh mari simak rumusnya berikut ini, ya:

Nama Brand + Informasi Produk

Clarissa Natural Beauty Skincare, produk perawatan wajah alami untuk semua jenis kulit.

Nama Brand + Tagline + Informasi Produk

Clarissa Natural Beauty Skincare, make your beauty bloom naturally. 100% Organic skincare serries untuk semua jenis kulit.

Dari contoh tersebut, kamu bisa menggunakan rumus yang sesuai dengan kebutuhan brand kosmetikmu. Jangan lupa, untuk membuat deskripsi produk ini dengan singkat namun tetap memberikan nilai jual pada tokomu.

Sisipkan Unique Selling Point (USP) dari Brand Kosmetikmu

Selanjutnya, sisipka Unique Selling Point (USP) dari brand kosmetikmu untuk membuat deskripsi kian menjual. Nilai unik bisa berupa sifat apa saja dari brand kosmetikmu, yang memiliki nilai beda yang tak ada brand kosmetik lainnya.

Bisa dari bahannya, karakternya, visi-misi dari brand kosmetikmu, bahkan target pasar yang ingin kamu raih pun bisa memberikan ide soal nilai unik brand-mu.

Sesuaikan Bahasa dengan Target Audience

Cara membuat deskripsi toko yang menjual di e-commerce selanjutnya adalah dengan merangkai semua unsur/struktur yang ada dengan bahasa yang sesuai dengan target audience.

Yap! Dalam hal ini, kamu harus mengenali siapa saja yang akan jadi konsumen potensialmu. Seperti karakter mereka, usia, ketertarikan, dan gaya bahasa apa yang paling cocok untuk target pasarmu.

Lakukan Percobaan dan Evaluasi

Ketika menciptakan suatu copy termasuk dalam cara membuat deskripsi toko yang menjual di e-commerce, jangan pernah takut untuk mencoba. Kamu bisa menggunakan berbagai macam kalimat yang persuasive, menarik, namun lugas di satu sisi.

List tiap ide yang muncul dan buat beberapa pilihan copy untuk deskripsi tokomu. Setelah itu, kamu bisa melakukan evaluasi dan menganalisis copy mana yang paling baik, mudah diingat, dan cocok dengan karakter brand kosmetikmu.

Nah, setelah mengetahui alasan deskripsi toko ini penting untuk brand kosmetikmu dan cara membuatnya yang mudah. Apakah kamu tertarik untuk mempraktekkannya?

Well, tak ada salahnya untuk membuat tampilan tokomu menjadi lebih meyakinkan dan mengesankan untuk konsumen. Karena kamu bisa meningkatkan kepercayaaan mereka dan mendorong terjadinya pembelian produk dengan lebih baik.

Selain cara membuat deskripsi toko untuk brand kosmetik di atas, kamu bisa menemukan berbagai tips digital marketing lainnya di Berita Terkini.

Jangan lupa juga untuk menantikan Webinar Digital Marketing Ekslusif yang diadakan Mash Moshem Indonesia tiap bulannya.

See you!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment