Cara Membuat Tinted Lip Balm dengan Jasa Maklon, Praktis!

cara membuat lip balm

Tren perawatan diri yang sedang berlangsung sangat berpengaruh pada peningkatan jumlah konsumen produk kosmetik dari tahun ke tahun. Di pasar global khusus produk perawatan bibir diperkirakan akan naik sebesar 5,9 % dari tahun 2021 hingga 2028. 

Semakin banyak orang yang paham tentang dampak dari paparan sinar matahari untuk bibir mengakibatkan peningkatan permintaan pasar akan produk yang mampu menutrisi dan menjaga bibir agar tidak kering dan menggelap, salah satunya adalah lip balm organik.

Produk ini semakin banyak diminati karena lebih aman serta bebas dari bahan kimia sintetik dan beracun. Malahan saat ini banyak brand yang telah mengeluarkan produk inovasi lip balm dengan menawarkan berbagai macam manfaat dan mampu memberikan warna seperti halnya lipstik.

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari cara membuat tinted lip balm dengan brand sendiri? Simak dulu bagaimana peluang berbisnis kosmetik bibir dnegan brand sendiri berikut ini, ya!

Peluang Berbisnis Kosmetik Bibir dengan Brand Sendiri

Produk kosmetik sangat populer di seluruh dunia karena dapat meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri. Terutama untuk produk kosmetik bibir yang membuat semua orang akan merasa cantik ketika melihat bibir yang memukau.

Fakta di lapangan menyatakan bahwa selama pandemi global Covid 19 produk kosmetik bibir memiliki pengaruh yang sangat penting dalam industri kosmetik dan hampir tidak terpengaruh dengan adanya penurunan ekonomi. 

Melalui website BPOM saat ini terdapat sekitar 33 ribu data tentang produk kosmetik bibir yang telah terdaftar. Oleh sebab itu ada banyak peluang bisnis di industri kosmetik bibir, lip balm adalah salah satu produk kosmetik bibir yang mengalami peningkatan permintaan konsumen. 

Seiring dengan popularitas lip balm semakin banyak orang yang berlomba-lomba membuat inovasi baik segi formula maupun packaging, salah satunya adalah tinted lip balm. Selain menawarkan fungsi kesehatan pada bibir, produk ini juga memiliki beragam pilihan warna seperti halnya lipstik atau lip tint.  

Bisnis kosmetik bibir sangat berpotensi memberikan keuntungan jangka panjang. Karena biasa digunakan secara rutin jadi produk ini cepat laku dan bisa menjangkau berbagai kalangan usia.

Apa itu Tinted Lip Balm?

Tinted lip balm merupakan produk kosmetik yang berfungsi melembabkan serta memberi warna pada bibir. Jika kamu sering mendapatkan masalah bibir kering dan pecah-pecah setelah pakai lipstik ataupun produk sejenis dalam waktu yang lama, tinted lip balm bisa menjadi solusi terbaik untuk menyelesaikan masalahmu.

Cocok digunakan di semua musim, ketika musim panas dapat melindungi bibir dari sinar matahari karena memiliki kandungan SPF. Sedangkan pada musim dingin berguna untuk menjaga bibir agar tetap terhidrasi.

lip balm

Biasanya memiliki warna kemerahan atau merah muda menyerupai warna bibir alami sehingga dapat digunakan sehari-hari ketika kamu sedang tidak pakai makeup. Meskipun warna yang bertahan tak selama lipstik, tinted lip balm dapat menjadi penyelamat ketika bibir kamu kering dan pecah-pecah.

Bentuknya bisa padat seperti lipstik atau cair seperti liptint. Selain itu, tinted lip balm dapat diformulasikan dengan bahan pelembab seperti minyak, mentega, lilin, dan menggunakan pewarna alami atau sintetis.

Bahan-Bahan Pembuatan Tinted Lip Balm

Castor Seed Oil 

Castor seed oil diekstraksi dari biji tanaman Ricinus communis atau jarak menggunakan cooling compressor yang dapat memisahkan minyak dari biji tanaman tanpa menggunakan panas. Mampu meningkatkan hidrasi dengan menjaga kelembapan bibir serta mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Kulit di bibir sangat berbeda dengan kulit di bagian tubuh lainnya, karena itu dibutuhkan perhatian yang lebih pada bahan yang digunakan untuk produk kosmetik bibir. 

Castor seed oil memiliki konsistensi yang kental dan biasanya dicampur dengan minyak lain seperti kelapa ketika dijadikan bahan suatu produk kosmetik bibir.

Kamu bisa mendapatkan manfaat lebih dari campuran minyak tersebut salah satunya melembabkan bibir tanpa menimbulkan reaksi apa pun. Jika kamu ingin membuat tinted lip balm bisa mempertimbangkan castor seed oil sebagai bahan dasarnya. 

Beeswax

Beeswax atau lilin lebah adalah zat alami yang lebah keluarkan untuk membangun sarangnya. Memiliki berbagai kandungan termasuk vitamin A, B, C dan E yang dapat bermanfaat sebagai bahan untuk produk perawatan kulit. 

Beeswax juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan bibir pecah-pecah atau iritasi. Sehingga sering digunakan sebagai bahan alami dasar lip balm dan lipstik, karena dapat mengunci kelembapan dan melindungi bibir dari cuaca panas ataupun dingin. Teksturnya yang halus dapat memberikan hasil akhir produk mengkilap. 

Shea Butter

Shea butter merupakan lemak alami yang berasal dari ekstrak kacang pohon shea yang banyak tumbuh di negara Afrika. Bahan alami yang telah digunakan sejak dulu oleh orang-orang Afrika Barat karena khasiatnya yang menutrisi dan melembabkan. 

Proses ekstraksi kacang melalui proses pemanggangan, penggilingan, dan perebusan untuk menghasilkan shea butter yang lembut. Teksturnya yang lembut dan kaya akan vitamin menjadikannya bahan yang ideal untuk produk perawatan kulit dan kosmetik.

Shea butter juga merupakan antioksidan alami yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas serta memperbaiki bibir yang kering, kasar, atau pecah-pecah. 

Sifat anti inflamasi karena mengandung cinnamic acid dapat menenangkan kulit yang iritasi dan mengurangi kemerahan.

Coconut Oil

Coconut oil atau minyak kelapa memang sering digunakan dalam banyak produk di industri perawatan kulit. Produk kosmetik bibir juga banyak yang menggunakannya karena bagus untuk melembapkan dan melindungi bibir.

Minyak kelapa juga bisa menjadi pengobatan alternatif untuk luka bakar dan mengurangi pembengkakan. Memiliki kandungan antijamur dan antibakteri sehingga dapat menjaga bibir kamu bebas kuman dan mengurasi resiko infeksi.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid yang juga bernama HA merupakan gula alami yang dapat berasal dari tebu. Termasuk salah satu humektan yang menghidrasi kulit. Selain itu juga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, seperti Sinar UV dan polusi yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Dapat menjangkau ke lapisan bawah kulit sehingga meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kulit. Pada produk kosmetik bibir HA bermanfaat membuat bibir kamu terlihat lebih penuh dan mengurangi munculnya garis-garis halus serta kerutan.

Raspberry Seed Oil

Raspberry seed oil mengandung asam lemak esensial dan vitamin yang bermanfaat bagi kulit dan tubuh, salah satunya sebagai perlindungan UV agar kulit kamu terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari.

Manfaat lainnya sebagai anti penuaan, meningkatkan elastisitas, kekenyalan, dan kelenturan kulit, sekaligus menghaluskan kerutan dan garis halus. Raspberry seed oil juga kaya vitamin A dan vitamin yang dapat mendorong regenerasi dan pertumbuhan sel kulit serta mengisi kembali kadar kolagen.

Sering jadi formulasi andalan produk kosmetik sebagai bahan tambahan karena memiliki karakteristik yang menghidrasi dan antioksidan. Contoh hasil produk kosmetik diantaranya lip balm, lipstik, serum, lotion, dan krim untuk berbagai jenis kulit dari kering hingga sensitif. 

Jenis Kemasan untuk Tinted Lip Balm

Jar/Mini Pot

Kemasan ini sangat cocok untuk lip balm yang memiliki tekstur seperti butter atau tidak padat. Ukurannya yang mini menjadikan lip balm dengan kemasan jar/mini pot sangat ekonomis dan praktis untuk dibawa.

Kemasan Stik

Kemasan stik untuk lip balm sudah banyak digunakan karena cara pemakaiannya sangat mudah dan praktis. Jenis kemasan ini biasanya memiliki desain yang unik, berwarna cerah agar mendapatkan kemasan yang menarik. Kemasan stik cocok untuk produk lip balm yang bentuknya padat.

Mini Tube

Kemasan mini tube juga akhir-akhir ini banyak digunakan untuk produk lip balm yang memiliki tekstur sedikit lebih cair daripada lip balm pada kemasan jar. Pemakaiannya juga sangat mudah, tinggal tekan sedikit pada body kemasan kemudian aplikasikan ke bibir. 

Cara Membuat Tinted Lip Balm dengan Jasa Maklon

membuat produk kosmetik dengan brand sendiri

Untuk membuat tinted lip balm dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia ini cukup sederhana, loh. Kamu hanya perlu melewati beberapa langkah berikut ini:

Diskusikan Konsep Produk bersama Tim Pemasaran

Langkah awal memulai bisnis kosmetik adalah membuat konsep produk yang menggambarkan keinginan kamu akan hasil produknya nanti. Contohnya, produk tinted lip balm yang akan kamu buat menggunakan 100% bahan alami dengan aroma buah yang segar pasti banyak remaja sukai.

Setelah menemukan konsep kamu bisa mendiskusikan kelanjutannya terkait target pasar dan strategi pemasaran bersama tim pemasaran, apakah konsep tersebut sudah sesuai dengan target pasar yang kamu pilih. 

Strategi pemasaran juga hal yang penting untuk menunjang pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Ada banyak platform yang bisa kamu pilih untuk pemasaran, contohnya blog, forum, media sosial, hingga ikut bazar-bazar kosmetik.

Pembuatan Sampel Produk oleh Formulator

Setelah konsep jadi, kamu bisa memulai pembuatan sampel produk kosmetik. Pembuatan sampel produk kami lakukan di laboratorium dengan formulator profesional.

Saat sampel produk sudah jadi, kamu bisa lakukan uji kelayakan produk kepada beberapa orang terlebih dulu. Namun semakin banyak orang yang melakukan uji kelayakan produk kamu dan menunjukkan hasil baik, maka jangkauan produk akan lebih luas lagi.

Pengurusan Legalitas dan Pembuatan Desain Kemasan Lip Balm

Jika pembuatan sampel selesai, langkah selanjutnya adalah mengurus perizinan bisnis, nama brand, hak cipta, dan menguji kelayakan produk secara BPOM. Berbagai proses tersebut pasti susah untuk kamu mengurusnya sendiri. 

Namun tidak perlu khawatir di Mash Moshem Indonesia akan membantu kamu untuk mengurus segala perizinan yang diperlukan. Mulai dari legalitas BPOM, HAKI, sertifikasi Halal, Vegan, dan HSA Singapura. 

Apabila perizinan sudah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat desain kemasan produk. Pembuatan desain kemasan ini akan tim multimedia kami urus, yang perlu kamu lakukan adalah mendiskusikan dengan tim kami mengenai acuan desain dan ide yang kamu miliki. Setelah itu, tim desain kami akan berkreasi seinovatif mungkin untuk dapat membuat imajinasimu jadi kenyataan.

Selain itu, nomor BPOM, logo Halal, Vegan, dan Uji In Vitro juga akan dapat kami sematkan dalam kemasan produkmu, loh.

Produksi Massal Lip Balm

Setelah mendapatkan legalitas dan desain produk, saatnya produk kamu melalui proses produksi dalam skala yang besar. Jumlah produksi juga dapat kamu sesuaikan dengan modal yang kamu miliki, atau target pasar yang mau jangkau.

Selain itu, proses produksi massal ini akan kami lakukan di pabrik kosmetik Mash Moshem Indonesia dan dalam pengawasan tim ahli. Sehingga kualitas dan higenitas produk akan jadi lebih terjamin.

Promosikan Lip Balm Buatanmu!

Setelah produk jadi kamu bisa segera memasarkan tinted lip balm buatanmu di berbagai channel marketingmu. Selain menggunakan media sosial perusahan, mempertimbangkan pemasaran afiliasi juga termasuk kegiatan promosi yang patut untuk kamu coba. Karena dengan menjalin kemitraan kamu bisa mendapatkan pelanggan baru dan peningkatan bisnis.

Promosi melalui influencer juga banyak dilakukan oleh brand-brand kosmetik besar saat ini, orang dengan pengikut media sosial yang besar sangat berpotensi meningkatkan penjualan produk kamu. 

Bersama jasa maklon Mash Moshem Indonesia, kamu juga akan memperoleh pelayanan tambahan, yakni pembuatan media promosi. Mulai dari penciptaan video produksi tinted lip balm, foto produk, pembuatan katalog, dan product knowlegde.

Biaya dan Syarat Maklon Tinted Lip Balm

Biaya

Saat ini jika kamu ingin punya brand kosmetik sendiri dengan produk tinted lip balm, cara memulainya sangat mudah. Tidak harus punya pabrik produksi terlebih dahulu, karena kamu bisa membuat brand kosmetik sendiri menggunakan jasa maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia. 

Biaya maklon tinted lip balm di Mash Moshem Indonesia juga sangat terjangkau dan dapat menyesuaikan budget yang kamu miliki. Jadi tunggu apalagi, segera daftar dan kamu bisa miliki brand kosmetik sendiri.

Syarat

Syarat yang kamu perlukan untuk memulai jasa maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia sangat mudah, hanya butuh dua dokumen pribadi saja yaitu KTP dan NPWP. Setelah itu kamu bisa memulai maklon dan memproduksi produk kosmetik brand kamu sendiri.

Nah, setelah menyimak penjelasan soal cara membuat tinted lip balm dan bagaimana potensi keuntungannya, apakah kamu tertarik untuk menggunakan jasa maklon Mash Moshem Indonesia?

Langsung klik tombol di bawah dan diskusikan konsep produk kosmetik impianmu bersama tim kami!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts