11+ Cara Memperkenalkan Produk Baru pada Masyarakat dengan Efektif

cara memperkenalkan produk baru pada masyarakat

Setelah memproduksi kosmetik dengan kualitas unggul dan legalitas lengkap. Maka untuk membuat konsumen aware dengan brand maupun produkmu, kamu harus memiliki strategi dan cara memperkenalkan produk baru pada masayarakat dengan tepat.

Sayangnya, tidak sedikit para pelaku bisnis pemula masih bingung dengan metode perkenalan produk baru tersebut. Bahkan, enggak sedikit juga yang justru malah tidak menaruh perhatian lebih dan asal memasarkan produk mereka.

Padahal, sebelum melakukan kegiatan publikasi dan pemasaran, kamu terlebih dahulu harus merancang strategi pemasaran yang tepat, terutama untuk produk baru dari brand kosmetikmu.

Tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat dan matang, kemungkinan besar kegiatan pemasaran dan promosi produk barumu ini tidak akan berjalan lancar. Yang ada malah kegiatan publikasi lain pun tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Nah, agar kamu terhindar dari fenomena yang sama, simak cara memperkenalkan produk baru pada masyarakat berikut ini.

Pentingnya Memperkenalkan Produk Baru Kepada Masyarakat

Launching atau peluncuran produk baru untuk masyarakat adalah hal yang tidak boleh perusahaan abaikan. Karena ukuran kesuksesan sebuah produk sangat bergantung dari strategi dan cara memperkenalkan produk baru pada masyarakat nantinya.

Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan beberapa tingkatan keuntungan, jika perusahan kamu bisa melakukan penerepan strategi yang baru untuk produk terbaru kamu. Salah satunya dengan meningkatnya repurtasi produk baru kamu berkat adanya kegiatan launching produk.

Dengan adanya kegiatan launching, nantinya target pasar yang kamu tuju akan dapat mengetahui kisah dan manfaat yang terdapat di balik produk yang telah diluncurkan tersebut.

Secara tidak langsung masyarakat akan makin tertarik apabila kamu bisa mengambil ide produk berdasarakan rekomendasi atau feedback dari target pasar.

Kemudian yang kedua adalah  bisa menarik perhatian target pasar atau pelanggan kamu terhadap brand yang kamu publikasikan melalui kegiatan launching produk baru.

Dari sini kamu akan mendapatkan pertambahan jumlah pelanggan, semakin banyak yang tertarik untuk membeli produk baru yang telah kamu produksi.

Tentunya dalam hal ini produk yang kamu pasarkan sudah sesuai dengan daya beli serta budaya konsumsi mereka. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan yang tinggi.

Cara Memperkenalkan Produk Baru Pada Masyarakat

Apakah kamu disini sudah pernah mendengar kunci dari kesuksesan bisnis itu apa sih? Banyak pendapat bahwa kesuksesan sebuah bisnis itu terdapat di strategi pemasarannya yang tepat. Selain itu kemampuan untuk berinovasi meluncurkan produk-produk baru juga menjadi bagian dari kunci kesuksesan tersebut.

Akan tetapi ada ngga sih caranya untuk memiliki strategi pemasaran yang tepat, terutama untuk memasarkan produk-produk baru? Langsung simak penjelasannya berikut ini, ya!

Mengenal Pasar dan Target Market

Untuk kamu yang akan meluncurkan produk baru, ada baiknya kamu melakukan kegiatan riset pasar untuk mengenali target market produk terbaru kamu.

Tujuan dilakukanya riset pasar ini pastinya untuk mengetahui besar kecilnya potensi produk yang akan kamu jual, dan siapa target konsumennya yang potensial.

Dari hasil kegiatan riset yang kamu lakukan ini, kamu akan dapat mengetahui langkah-langkah tepat untuk memasarkan dan mempromosikan produkmu. Di mana hal ini bisa mempengaruhi banget sama tingkat penjualan produk baru kamu.

Setiap produk baru yang telah kamu buat pastinya bertujuan untuk menyasar segmentasi pasar tertentu. Maka dari itu, kamu harus bisa menetapkan target audiens terlebih dahulu.

Di sinilah pentingnya melakukan kegiatan riset pasar, di mana kamu akan mendapatkan target market yang jelas dan dapat mengenali pasar lebih detail.

Pilih tim Promosi dan Pengembangan Produk

Sautu produk yang sudah ada sebelumnya pastinya akan selalu mengalami pengembangan, dengan cara menyesuaikan dinamika konsumen yang cenderung berubah-ubah.

Untuk mengatasi hal ini, kamu wajib untuk mengumpulkan beberapa orang yang memiliki kemampuan untuk membantu kamu melakukan kegiatan promosi, agar produk kamu semakin berkembang.

Orang-orang yang akan kamu ajak ini akan terbentuk dalam satu tim. Di mana tiap anggota memiliki divisi sendiri-sendiri untuk dikerjakan seperti, distribusi, pemasaran, produksi dan juga penjualan produk.

Tim yang terbentuk ini akan menjadi krusial dan penting untuk mendukung kegiatan promosi produk kamu, karena promosi menjadi hal terpenting yang harus dilaksanakan di dalam kegiatan bisnis.

Seperti membantu kamu untuk memperhatikan setiap elemen yang telah dibagi sesuai dengan jobdesk-nya. Tujuannya, tim akan lebih mudah untuk mengetahui target konsumen, lokasi pasar dan juga kelebihan produk.

Tentukan Selling Unique Point

Unique Selling Point (USP) adalah alasan utama mengapa konsumen harus membeli produk kamu. Di sini kamu harus mengusahakan untuk mencari USP yang bisa  menandakan bahwa produk kamu bisa lebih baik dari pada produk milik kompetitor.

USP akan sangat berguna untuk membantu kamu menonjolkan setiap bagian terbaik dari produk yang kamu pasarkan saat ini.

Kembangkan Product Knowledge

Kamu harus mengajak tim penjualan dan tim promosi kamu untuk mempelajari setiap seluk beluk produk yang akan kamu luncurkan.

Kamu bisa memulai mempelajari dari keunggulan produk, fitur produk dan juga manfaat produk untuk masyarakat sampai pelanggan.

Tim kamu akan menjadi leluasa dan lebih baik saat melakukan promosi produk jika mempunyai product knowledge yang tidak dangkal. Selain itu, konsumen pun akan mendapatkan penjelasan mengenai produkmu dengan lebih rinci.

Buat Brand Guidlines

Suatu brand yang telah memiliki voice dan tone pastinya adalah sebuah brand yang kuat, dimana bisa menjadi familiar di tengah kehidupan masyarakat.

Jika kamu ingin sukses mengenalkan produk baru kamu, usahakan kamu membuat guidelines terlebih dahulu. Dalam brand guideline ini masukkan data mengenai gaya bahasa, tone serta gaya iklan brand agar lebih dapat dikenali oleh semua pelanggan.

Ingin tahu bagaimana cara menyusun brand guideline yang tepat? Simak di sini!

Buat Perencanaan Konten Promosi dan Marketing

Membuat perencanaan konten promosi sama saja dengan membuat rencana pemasaran produk. Dalam hal ini, kamu haru bisa menyusun rencana pemasaran yang strategis. Karena perannanya sebagai kunci keberhasilan saat kamu meluncurkan produk terbaru kepada masyarakat.

Agar perencanaan konten promosi kamu bisa berjalan dengan sukses, kamu harus memperhatikan beberapa indikator penting berikut yang harus ada di dalam list perencanaan. Seperti tinjauan kompetitor, analisis SWOT, target ROI, pasar, ukuran keberhasilan pemasaran dan alur komunikasi.

Gandeng Influencer

Harus diakui, bahwa saat ini peran influencer sangat berkembang dalam ranah dunia bisnis di Indonesia. Jasa influencer juga seringkali digunakan oleh beberapa perusahaan untuk strategi promosi produk dan juga pengembangan produk.

Untuk kamu yang ingin meluncurkan produk baru sangat disarankan menggandeng jasa influencer, karena dunia promosi digital sangat berperan penting saat ini.

Ketahui cara memilih influencar dan manfaatnya untuk bisnis dalam artikel ini.

Ciptakan Sampel atau Versi Demo Produk

Kamu harus mulai untuk melakukan peluncuran produk dengan versi sempel atau demonya terlebih dahulu. Dengan ini, calon konsumen akan dapat merasakan kualitas dari produk kamu dan dapat memberikan feedback sebelum produk aslinya diluncurkan.

Kedepannya kamu akan dapat memprediksi apakah produk kamu berhasil atau gagal setelah diluncurkan.

Tetapkan Tanggal Peluncuran Produk

Kamu tidak boleh mengabaikan langkah ini karena beberapa hal, termasuk persiapan-persiapan yang kamu butuhkan nantinya. Jika kamu akan meluncurkan produk pada momen tertentu, konsumen akan menjadi lebih tertarik dengan produk kamu.

Contohnya seperti melakukan peluncuran sabun muka saat musim panas akan tiba. Di sini kamu bisa melakukan pertimbangan lain dengan menentukan launching date.

Tawarkan Diskon atau Promo

Melakukan kegiatan promosi akan selalu menjadi menarik perhatian para pebisnis, apalgi ketika kamu melakukannya saat kegiatan launching produk.

Dalam hal ini kamu bisa menawarkan berbagai jenis promosi seperti preorder produk, cashback, diskon atau item gratis untuk konsumen agar memancing sikap antusiasme mereka.

Kembangkan Produk

Jangan sekali-kali kamu merasa berpuas diri dengan produk yang telah jadi dan siap untuk dipasarkan kepada masyarakat.

Alangkah baiknya kamu mengembangkan terus produk tersebut jika ada feedback yang masuk dari konsumen sehingga mampu membuat puas sesuai ekspektasi mereka.

Nah, Beautypreneurs, dalam mengembangkan produk kosmetikmu kamu bisa bekerja sama dengan tim Mash Moshem Indonesia. Karena formulator kami telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam riset, penciptaan formula, hingga produksi kosmetik.

Artinya, kamu bisa mengembangkan produkmu tanpa khawatir bersama ahlinya. Nilai lebihnya lagi, kamu bisa menggunakan berbagai bahan yang kamu inginkan (asal dalam ijin BPOM), serta menentukan semua spesifikasi produk yang kamu inginkan.

Menarik, kan? Yuk, kembangkan brand kosmetikmu bareng Mash Moshem Indonesia!

About Author

Related posts

cara mengatasi perang harga saat berbisnis online (1)

Cara Mengatasi Perang Harga saat Berbisnis Online, Pemula Wajib Tahu!

Setiap perusahaan pasti akan berusaha untuk mengambil hati konsumen, salah satu caranya adalah dengan melakukan penurunan harga. Namun, sebagai pengusaha baru, kamu juga harus memahami dan mengerti cara mengatasi perang harga saat berbisnis online. Nah, di sini perang harga...

Continue Reading
outbound marketing untuk brand kosmetik

Cara Menerapkan Strategi Outbound Marketing untuk Brand Kosmetik

Pemasaran produk menjadi salah satu poin penting dalam sebuah bisnis. Strategi pemasaran produk yang tepat akan mengantarkan perusahaan mencapai kesuksesan penjualan. Misalnya dengan menerapkan strategi outbound marketing untuk brand kosmetik milikmu. Dalam hal ini, tujuan setiap perusahaan pasti menggaet...

Continue Reading

Leave a Comment