Cara Memulai Bisnis Parfum untuk Pemula, Ini Tipsnya

cara memulai bisnis parfum (1)

Kebutuhan masyarakat akan produk parfum akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya tren wewangian. Jika kamu menyadarinya, peluang bisnis parfum ini sangat terbuka lebar. 

Untuk memulai bisnis parfum ini juga sangat mudah, dengan banyaknya pilihan jenis usaha, media pemasaran, dan sarana produksi yang mudah. Akhirnya untuk pebisnis baru pun bisa memulai usaha parfum mereka dengan mudah.

Nah, Beautypreneurs, sebelum kita membicarakan bagaimana cara memulai bisnis parfum dan tip-tip suksesnya, mari pelajari dulu bagaimana peluang berbinis parfum kini dan prospeknya di masa mendatang berikut ini.

Peluang Berbisnis Parfum

Menjalankan bisnis parfum bukanlah hal yang mudah dilakukan, terutama buat kamu yang belum memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang industri ini. Selain memperdalam pengetahuan tentang industri parfum, strategi bisnis yang solid juga bisa membantu kamu bertahan di tengah persaingan pasar.

But, well tahukah kamu jika hasil penelitian terbaru memproyeksikan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan dari pasar parfum global meningkat setidaknya 3,9% dalam tahun 2020–2025. 

Dengan kata lain, kamu harus menyiapkan strategi pasar yang jelas dan akurat untuk menciptakan kemajuan yang signifikan untuk bisnis parfummu.

Jika kamu ingin mengambil bagian penting dari industri ini, kamu harus membuat garis besar terperinci untuk bisnismu yang mencakup beberapa area penting. 

Di antaranya adalah tujuan bisnis, arus kas, rantai pasokan, dan logistik. Selain itu, kamu juga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar bisa meningkatkan kesadaran merek.

Ketakutan terbesar bagi orang-orang yang akan memulai bisnis parfum adalah kurangnya pengetahuan akan formulasi bahan, jenis aroma, bentuk sediaan, dan tren yang sedang berjalan. 

Nah, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan memproduksi parfum dengan menggunakan jasa maklon parfum.

Keuntungan Berbisnis Parfum

Nah, sekarang kita berbicara tentang keuntungan berbisnis parfum. Tahukah kamu bahwa industri ini menawarkan semacam margin keuntungan yang sulit ditemukan pada banyak sektor lain. 

Bagaimana tidak, setiap produsen parfum ternama pasti memiliki produk-produk parfum yang dibuat unik dan berbeda dari produk lain. 

Hal ini akan melahirkan penggemar parfum yang mau membayar mahal untuk parfum yang wangi dan cocok dengan mereka. Jadi, kamu bisa mengeluarkan setidaknya 100 ribu rupiah untuk membuat parfum dan menjualnya seharga 1 juta rupiah atau lebih.

Namun, biaya lain seperti rantai pasokan dan logistik bisa saja mencekik margin keuntungan jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang tepat. Oleh karena itu, bekerja sama dengan perusahaan maklon parfum bisa menjadi solusi yang baik.

Faktor biaya dalam memulai bisnis parfum menjadi perhatian sebagian besar pengusaha yang ingin terjun ke bisnis ini. Bisnis ini rata-rata bisa menelan biaya 150 juta rupiah di permulaan. Tapi, kamu bisa membelanjakan kurang dari jumlah itu atau bahkan lebih. 

Hal ini tergantung pada seberapa banyak jumlah produk yang kamu buat di awal. Untuk membuat dana produksi lebih sedikit dengan keuntungan lebih banyak, kamu bisa mengkonsultasikan nya dengan jasa maklon kami.

Hal yang Perlu Kamu Siapkan Ketika Akan Mulai Berbisnis Parfum

Setelah mengetahui peluang bisnis parfum, lalu apa yang perlu kamu siapkan untuk memulai bisnis ini? Perhatikan beberapa hal berikut ini.

Riset Pasar

Melakukan riset pasar merupakan langkah penting dalam menjalankan bisnis parfum. Riset pasar bisa membantu kamu memahami karakteristik target pasar, kebutuhan dan preferensi konsumen, serta tren pasar yang sedang berkembang. Ada beberapa tahapan untuk melakukan riset pasar.

Pertama-tama, kamu perlu menentukan target pasar yang akan diteliti. Target pasar bisa kamu tentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, atau karakteristik lainnya yang relevan dengan produk parfum.

Selanjutnya, kumpulkan data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui survei langsung, wawancara atau pengamatan langsung terhadap konsumen yang menjadi target pasar. 

Sedangkan data sekunder dapat dikumpulkan dari sumber seperti jurnal, situs web, dan publikasi terkait yang dapat memberikan informasi tentang karakteristik target pasar dan tren pasar terbaru.

Setelah data terkumpul, data perlu dianalisis untuk mendapatkan informasi yang lebih detail dan akurat tentang target pasar dan tren pasar yang sedang berkembang. 

Dari analisis tersebut, perusahaan dapat menarik kesimpulan yang dapat membantu dalam membuat strategi pemasaran dan pengembangan produk yang lebih baik.

Kemudian, susun rencana pemasaran berdasarkan hasil riset pasar yang telah dilakukan. Kamu bisa menyusun rencana pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif. Rencana pemasaran ini dapat mencakup segmentasi pasar, strategi promosi, dan pengembangan produk yang lebih tepat sasaran.

Melakukan riset pasar secara teratur juga penting untuk memantau perubahan tren pasar dan kebutuhan konsumen sehingga perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran dan produk yang ditawarkan dengan lebih baik.

Riset Jenis Usaha

Ada beberapa jenis usaha parfum yang bisa kamu jalankan. Akan tetapi, sebelum menjalankan bisnis tersebut, kamu perlu melakukan riset jenis usaha terlebih dahulu untuk menentukan jenis usaha parfum apa yang paling cocok buat kamu.

Berbisnis Toko Parfum

Jika kamu ingin membuka toko parfum, kamu perlu melakukan riset pasar untuk menentukan lokasi yang strategis dan mengidentifikasi target pasarmu. Kamu juga perlu melakukan riset tentang merek parfum dan supplier yang akan kamu gunakan untuk memenuhi persediaan tokomu.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan riset tentang harga yang wajar dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penjualan parfum. Hal ini akan membantu kamu membuat rencana bisnis yang tepat dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk toko parfummu.

Berbisnis Reseller Parfum

Jika kamu ingin berbisnis sebagai reseller parfum, kamu perlu melakukan riset tentang merek parfum yang paling konsumen minati dan harga yang wajar. 

Kamu juga perlu memperhatikan persaingan di pasar dan mencari supplier parfum yang bisa memberikan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif. 

Dari riset ini, kamu bisa mengembangkan strategi pemasaran dan mengatur strategi penjualan yang tepat untuk produk parfummu.

Berbisnis sebagai Brand Owner Parfum

Jika kamu ingin menjadi brand owner parfum, kamu perlu melakukan riset tentang tren dan kebutuhan konsumen di pasar parfum. Kamu juga perlu melakukan riset tentang merek parfum yang sudah ada di pasar dan menemukan celah untuk mengembangkan merek parfum yang baru dan unik.

Selain itu, riset juga perlu dilakukan untuk menentukan bahan-bahan dan kemasan yang tepat untuk merek parfummu. 

Dari riset ini, kamu bisa mengembangkan merek parfum yang berkualitas dan mengatur strategi pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan merek parfummu di pasar.

Budgeting

Sebelum memulai bisnismu, alangkah baiknya kamu menyusun perencanaan budgeting yang tepat sesuai dengan jenis usaha parfum yang kamu jalankan. Perhatikan perkiraan modal usaha untuk toko parfum, reseller parfum, dan brand owner parfum berikut ini.

modal usaha parfum

Modal Usaha Toko Parfum

Modal awal yang kamu perlukan untuk usaha toko parfum sejatinya lebih besar daripada bisnis reseller parfum, tetapi lebih kecil daripada menjadi brand owner parfum. 

Hal ini karena kamu memerlukan modal untuk menyewa tempat, renovasi toko, membeli persediaan parfum, serta peralatan toko.

Selain itu, usaha toko parfum juga memiliki biaya operasional yang lebih besar daripada menjadi bisnis reseller parfum dan menjadi brand owner parfum. Karena harus membayar sewa tempat, listrik, air, gaji karyawan, dan biaya operasional toko lainnya.

Kamu juga memerlukan modal yang cukup besar untuk memperbarui persediaan parfum agar toko selalu memiliki barang yang up-to-date dengan tren dan kebutuhan pasar. 

Berikut ini adalah perkiraan modal yang kamu perlukan untuk memulai usaha toko parfum.

  1. Sewa tempat: Rp. 10 juta – Rp. 30 juta per bulan tergantung lokasi
  2. Renovasi toko: Rp. 5 juta – Rp. 20 juta tergantung kondisi
  3. Persediaan parfum: Rp. 50 juta – Rp. 100 juta tergantung jumlah merek dan jenis
  4. Peralatan toko: Rp. 5 juta – Rp. 15 juta tergantung kebutuhan
  5. Total perkiraan modal: Rp. 70 juta – Rp. 165 juta

Modal Usaha Reseller Parfum

Modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang reseller parfum lebih kecil dibandingkan dengan bisnis toko parfum dan menjadi brand owner parfum karena tidak perlu menyewa toko, membeli peralatan toko, atau renovasi toko.

Biaya operasional pun lebih rendah dibandingkan dengan bisnis toko parfum karena tidak perlu membayar sewa tempat, listrik, air, atau gaji karyawan. Tapi, kamu juga memerlukan modal yang cukup besar untuk membeli persediaan parfum yang akan dijual. 

Meskipun begitu, reseller parfum bisa menghindari biaya produksi yang tinggi seperti yang diperlukan oleh brand owner parfum. Berikut ini adalah perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sebagai reseller parfum.

  1. Pembelian persediaan parfum: Rp. 10 juta – Rp. 50 juta tergantung jumlah merek dan jenis
  2. Biaya pemasaran: Rp. 5 juta – Rp. 10 juta tergantung media pemasaran yang digunakan
  3. Total perkiraan modal: Rp. 15 juta – Rp. 60 juta

Modal Usaha Jadi Brand Owner Parfum

Menjadi seorang brand owner parfum memerlukan modal awal yang paling besar dibandingkan dengan bisnis toko parfum dan reseller parfum karena harus melakukan riset dan pengembangan merek, memproduksi parfum, dan melakukan pemasaran produk.

Selain itu, jenis usaha ini memiliki biaya operasional yang tinggi karena harus membayar gaji karyawan, sewa tempat produksi, listrik, air, dan biaya operasional lainnya. 

Kamu juga memerlukan modal yang cukup besar untuk memasarkan merek parfum ke pasar dan memperkenalkannya ke konsumen potensial. Berikut ini adalah perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sebagai brand owner parfum.

  1. Harga produksi parfum per pcs dengan jasa maklon, @30.000 x 1000 pcs = Rp 30 Juta per jenis parfum. Jadi kalau kamu mau bikin empat jenis aroma parfum, setidaknya Rp 30 jt x 4 = 120 juta.
  2. Biaya pemasaran: Rp. 10 juta – Rp. 30 juta tergantung media pemasaran yang digunakan
  3. Total perkiraan modal 60-150 juta, bergantung berapa banyak produk yang akan kamu buat nantinya.

Cara Memulai Bisnis Parfum untuk Pemula

Setelah mengetahui peluang bisnis parfum, apakah kamu sudah merasa tertarik untuk membuka usaha parfum? Jika kamu tertarik, berikut ini langkah-langkah memulai bisnis parfum yang harus kamu terapkan.

langkah memulai usaha parfum

Bentuk Nama untuk Bisnismu

Langkah pertama untuk memulai bisnis parfum adalah menentukan nama bisnismu. Hal ini sangat penting karena merek bisnis akan menjadi suatu hal yang bertahan seumur hidup bisnismu. Idealnya, nama bisnis yang baik memiliki makna dan mudah diingat.

Oleh karena itu, pastikan nama bisnis yang akan kamu pilih tersedia dan belum pernah digunakan oleh produsen parfum lainnya. Kamu bisa melakukannya dengan memeriksa nama yang kamu inginkan dengan basis data merek dagang dan daftar nama bisnis terdaftar di Indonesia. Periksa juga apakah nama domain yang sesuai tersedia.

Selain itu, usahakan nama bisnis yang kamu pilih mudah diingat, diucapkan, dan dieja. Nama yang mudah diingat akan membuat konsumen lebih notice terhadap produk kamu dan mereka juga lebih mudah mengenalkan produk parfummu kepada orang di sekitarnya. Lagi-lagi hal ini berkaitan dengan kesadaran merek.

Buat Perencanaan Sesuai Jenis Usaha

Langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan sesuai jenis usaha. Dalam hal ini, ada empat jenis utama bisnis parfum yang harus kamu ketahui. 

Toko Parfum

Yang pertama adalah toko parfum eceran. Bisnis ini termasuk dalam bisnis tradisional dimana konsumen bisa datang ke toko parfummu dan membeli produk secara langsung.

Distributor dan Reseller Parfum

Yang kedua adalah distributor parfum. Dalam menjalani bisnis ini, kamu berperan sebagai perantara antara produsen dan pengecer parfum. Selanjutnya adalah toko online. 

Toko parfum online memungkinkan kamu menjual produkmu secara online melalui web, marketplace, ataupun media sosial. Dengan toko online, kamu akan lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas.

Produsen atau Brand Owner Parfum

Dan yang terakhir adalah produsen parfum. Dengan menjadi seorang produsen parfum, kamu akan membuat dan memproduksi parfum dari bahan-bahan mentah bisa kamu pilih sendiri. Kamu juga bisa menentukan konsep produk dan kemasan yang sesuai tren tanpa menghilangkan sisi unik dari produkmu.

Buat Produk Parfum yang Sesuai dengan Target Pasar

Membuat parfum sesuai dengan target pasar sangat penting karena akan mempengaruhi keberhasilan produk tersebut di pasaran. Dengan membuat parfum sesuai dengan target pasar kamu bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan calon pembeli. 

Hal ini akan membuat produk lebih disukai dan diminati oleh target pasar sehingga meningkatkan peluang sukses di pasaran.

Hal ini juga akan meningkatkan daya tarik produk. Dalam hal ini, kamu perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis aroma, kemasan, dan harga. 

Jika semua faktor ini sesuai dengan karakteristik target pasar maka produk akan menjadi lebih menarik dan berpotensi untuk menjadi favorit calon pembeli.

Selain itu, kamu juga bisa mengoptimalkan strategi pemasaran produkmu. Misalnya, dengan mengiklankan produk pada media sosial atau platform online yang populer di kalangan target pasar. 

Dengan membuat parfum sesuai dengan target pasar, perusahaan akan dapat meningkatkan peluang keberhasilan produk di pasaran, meningkatkan loyalitas konsumen, dan memperluas pangsa pasar.

Baca Juga: Cara Membuat Peel Off Mask dengan Bahan Alami dan Aman untuk Kulit

Selanjutnya, kamu harus memilih struktur hukum untuk bisnis parfummu dan mendaftarkannya beserta nama bisnismu ke Sekretaris Negara. Jika kamu masih bingung, perhatikan lima struktur hukum yang paling umum ini.

Kepemilikan Tunggal

Kepemilikan tunggal adalah badan usaha di mana pemilik bisnis parfum dan bisnisnya adalah badan hukum yang sama. Pemilik kepemilikan perseorangan bertanggung jawab atas semua hutang dan kewajiban bisnis. 

Tidak ada formalitas yang diperlukan untuk mendirikan perusahaan perseorangan serta mudah diatur atau dioperasikan.

Keuntungan utama dari kepemilikan perseorangan adalah sederhana dan mudah untuk didirikan. Adapun kerugian utama dari kepemilikan runggal adalah pemilik bertanggung jawab atas semua hutang dan dan kewajiban bisnis.

Kemitraan

Kemitraan adalah struktur hukum yang populer di kalangan usaha kecil. Ini bisa menjadi kesepakatan antara dua orang atau lebih yang ingin memulai bisnis parfum bersama. Dalam hal ini, mitra akan berbagai keuntungan dan kerugian bisnis.

Keuntungan dari kemitraan adalah mudah diatur. Selain itu, para mitra bisa berbagi keuntungan dan kerugian bisnis. 

Adapun kerugian dari kemitraan adalah kondisi di mana para mitra secara bersama-sama bertanggung jawab atas hutang bisnis dan ketidaksepakatan di antara para mitra bisa sulit diselesaikan.

maklon moq rendah

Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT) adalah jeins badan usaha yang memberikan tanggung jawab terbatas kepada pemiliknya. Ini artinya, pemilik PT tidak bertanggung jawab secara pribadi atas hutang dan kewajiban bisnis. 

Keuntungan PT untuk bisnis parfum adalah fleksibilitas dalam manajemen, perpajakan langsung, dan tanggung jawab pribadi terbatas. Kerugian dari PT adalah kurangnya ketersediaan dan adanya pajak wirausaha. 

Perusahaan C

Perusahaan C adalah entitas bisnis yang terpisah dari pemiliknya. Jenis perusahaan ini memiliki NPWP sendiri dan terdapat pemegang saham. 

Keuntungan utama perusahaan C untuk bisnis parfum adalah menawarkan tanggung jawab terbatas kepada pemiliknya. Ini artinya, pemilik bertanggung jawab secara pribadi atas hutang dan kewajiban bisnis.

Adapun kerugiannya adalah adanya pajak berganda. Ini berarti bahwa korporasi membayar pajak atas keuntungannya dan pemegang saham juga membayar pajak atas dividen mereka.

Perusahaan S

Perusahaan S adalah jenis perusahaan yang memberikan perlindungan tanggung jawab terbatas kepada pemiliknya. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk meneruskan pendapatan mereka ke pengembalian pajak penghasilan pribadi sehingga menghindari pajak berganda. 

Ada beberapa batasan pada perusahaan S termasuk jumlah pemegang saham yang bisa mereka miliki satu sama lain.

Pilih Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha menjadi suatu hal yang tidak kalah penting. Selain lokasi usaha disesuaikan dengan target konsumen, pastikan lokasi usaha kamu memungkinkan klien lebih mudah untuk berkunjung. Nah, ada beberapa hal nih yang bisa kamu lakukan untuk menentukan lokasi usaha yang bagus.

Pertama-tama, kamu bisa melakukan survey lokasi dengan berkeliling mencari area yang tepat dengan tanda “disewakan”. Jika kamu sudah menemukannya, segera hubungi kontak tertera untuk membuat pertemuan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pencarian lokasi yang cocok untuk membangun usaha secara online melalui media sosial atau marketplace. Kamu juga bisa minta tolong pada kenalanmu yang punya koneksi untuk mencari lokasi usaha yang tepat. 

Sampaikan keperluanmu di awal dan nego harganya seminimal mungkin untuk memperbesar potensi balik modal.

Gunakan Akun Bank Khusus untuk Bisnismu

Menggunakan akun bank khusus untuk bisnis akan memberikan beberapa manfaat penting. Dengan memiliki akun bank khusus untuk bisnis, kamu memisahkan transaksi keuangan bisnis dan pribadi. 

Tentunya, hal ini akan memudahkan kamu dalam memantau sekaligus melacak keuangan bisnis serta menghindari pencampuran antara keuangan bisnis dan pribadi.

Dengan memisahkan akun bank bisnis dan pribadi, kamu akan lebih mudah mencatat transaksi keuangan bisnis, seperti pemasukan dan pengeluaran, serta mengelola arus kas bisnis dengan lebih akurat.

Kamu juga bisa memantau kesehatan keuangan bisnis, memperkirakan arus kas masa depan, dan mengidentifikasi masalah keuangan dengan lebih cepat.

Memiliki akun bank khusus untuk bisnis juga bisa membantu dalam pelaporan pajak. Karena memisahkan transaksi bisnis dan pribadi dapat mempermudah dalam menyusun laporan keuangan bisnis dan menghitung pajak yang harus kamu bayar.

Bahkan, kamu juga bisa menunjukkan bahwa bisnismu dioperasikan secara profesional dan terpisah dari keuangan pribadi sehingga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, mitra bisnis, dan investor terhadap bisnismu.

Urus Semua Lisensi dan Perizinan Usaha

Hal satu ini sangat tidak boleh terlewatkan. Ya, kamu perlu mengurus beberapa lisensi dan perizinan agar usaha parfummu bisa berjalan secara legal dan terhindar dari masalah hukum di kemudian hari. Berikut ini beberapa lisensi dan perizinan yang perlu kamu urus.

Izin Usaha

Izin usaha ini penting untuk semua jenis usaha, termasuk ketika akan membuka bisnis parfum. Surat izin usaha ini berasal dari pemerintah daerah setempat dan mengatur mengenai jenis usaha, lokasi, dan persyaratan lainnya.

Sertifikat Halal

Jika ingin memasarkan produk parfum ke pasar Muslim, sertifikat halal harus kamu perhitungkan. Sertifikat ini menunjukkan bahwa produk tersebut halal dan aman untuk umat Islam.

Izin Edar

Izin edar diperlukan untuk memasarkan produk parfum ke pasar. Berupa nomor notifikasi, izin edar ini dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan menunjukkan bahwa produk tersebut telah diuji dan dinyatakan aman untuk digunakan.

Hak Kekayaan Intelektual

Dalam membuat produk parfum, perlu untuk melindungi hak kekayaan intelektual, seperti merek dagang dan hak cipta. Ini akan melindungi produk dari penggunaan tidak sah dan menjamin bahwa produk tersebut hanya dapat pemiliknya gunakan.

Izin Impor dan Ekspor

Jika ingin melakukan impor dan ekspor produk parfum, perlu untuk mendapatkan izin impor dan ekspor dari pihak berwenang.

Mengurus lisensi dan perizinan usaha produk parfum dapat memakan waktu dan biaya. Namun, hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa usaha berjalan secara legal dan terhindar dari masalah hukum di kemudian hari. 

Oleh karena itu, perlu untuk memahami persyaratan dan prosedur yang berlaku serta mengajukan semua dokumen terkait dengan benar dan tepat waktu.

Kembangkan Media Pemasaran dari Bisnismu

Tahukah kamu salah satu faktor penentu kesuksesan penjualan produk adalah strategi pemasaran. Nah, untuk mendorong peningkatan penjualan produk, kamu bisa mengembangkan media pemasaran bisnismu. 

Berikut ini adalah beberapa media pemasaran yang dapat dikembangkan untuk bisnis parfum.

Media Sosial

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter bisa menjadi platform yang efektif untuk memasarkan produk parfum. Dalam menggunakan media sosial, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti iklan berbayar, post reguler, atau story. 

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan gambar atau video yang menarik dan menampilkan produk parfum yang dijual.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan kerjasama antara perusahaan dan influencer. Lewat influencer yang memiliki basis pengikut yang besar bisa membantu mempromosikan produk parfum melalui konten kreatif yang menarik. 

Strategi ini bisa sangat efektif terutama jika kamu bekerja sama dengan influencer yang cocok dengan target pasarmu.

E-Commerce

Kamu bisa mengembangkan media pemasaran e-commerce untuk memasarkan produk parfum. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan platform seperti Shopee, Tokopedia, Lazada atau lainnya. 

Melalui platform tersebut, kamu bisa menjual produk secara online dan mengembangkan strategi promosi seperti diskon, voucher, atau promo gratis ongkir.

Katalog Online

Kamu bisa mengembangkan katalog online yang dapat diakses melalui website atau aplikasi mobile. Lewat katalog online bisa menampilkan produk parfum secara lengkap dengan deskripsi, gambar, dan harga.

Pop-Up Store

Pop-up store merupakan toko sementara yang bisa dibuka di tempat-tempat strategis. Dalam hal ini, perusahaan bisa membuka pop-up store di mal, pusat perbelanjaan, atau lokasi strategis lainnya. 

Dengan pop-up store kamu bisa memperkenalkan produk parfummu dan memberikan pengalaman langsung kepada konsumen.

Jadi Brand Owner Parfum dengan Mudah dan Legalitas Lengkap

Dari ketiga jenis usaha parfum, jenis usaha mana yang paling menarik perhatianmu? Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang brand owner parfum, kamu sudah berada di jalan yang tepat. Menjadi seorang brand owner parfum terdengar cukup berat, ya?

Tapi, siapa sangka kalau kamu bisa menjadi seorang brand owner parfum dengan mudah dan murah. Mau tau caranya? Untuk mempermudah jalanmu menjadi seorang brand owner parfum, kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan maklon parfum Mash Moshem Indonesia.

Perusahaan kami ini telah berpengalaman memproduksi berbagai jenis produk perawatan dan kosmetik yang berkualitas. 

Kamu bisa mengomunikasikan konsep produkmu pada tim ahli kami agar kami bisa mewujudkan produk parfum sesuai dengan keinginanmu. Parfummu pun akan kami proses di pabrik produksi dengan pengawasan dari tim Quality Control (QC), sehingga kualitas produk juga akan terjamin.

Bukan hanya memproduksi parfum untuk brandmu, kami juga akan mengurus segala bentuk legalitas yang brand-mu butuhkan, agar kamu bisa segera meluncurkan produkmu dengan aman di pasar. 

Jadi, kamu tidak perlu repot lagi untuk mengurus sertifikat perizinan produk yang biasanya memakan waktu yang lama.

Bagaimana, keren kan? Jadi, kalau kamu tertarik untuk memulai bisnis parfum dan menjadi seorang brand owner, segera hubungi kami via Contact Us atau klik tombol di bawah ini!

bisnis parfum

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    strategi community marketing dalam bisnis

    Strategi Community Marketing dalam Bisnis, Seberapa Ampuh? 

    Berbagai upaya dan strategi marketing sudah kamu lakukan, tetapi masih nggak membuahkan hasil? Coba deh kamu pakai strategi community marketing dalam bisnis skincare yang sedang kamu rintis.  Strategi marketing yang satu ini bisa menjadi cara alternatif untuk membiasakan pelanggan-pelanggan...

    Continue Reading