Tips Memulai Bisnis Parfum Bibit, Modal dan Cara Jualnya

bisnis parfum bibit

Pernah enggak sih, kamu menemukan toko parfum di Mall atau di pinggir jalan yang menjual parfum dalam botol kaca tanpa merk?

Yap! Parfum isi ulang yang juga dikenal dengan istilah parfum bibit ini memang terbilang populer. Tak hanya digunakan oleh orang-orang dewasa, anak muda pun enggak sedikit yang suka menggunakan wewangian ini.

Hal inilah yang kemudian membuat peluang bisnis parfum bibit jadi terbuka lebar dan diperkirakan akan terus meningkat. Terlebih, kebutuhan masyarakat terhadap parfum akan selalu ada karena merupakan pelengkap dari penampilan sehari-hari.

Selain itu, parfum bibit juga memberikan harga yang lebih murah dengan aroma variative, yang kadang tak kalah mewah dari parfum dengan harga mahal.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membuka bisnis parfum bibit, kami merangkumkan berbagai informasi yang kamu perlukan dalam article ini.

Jadi, baca sampai habis dan jangan lewatkan satu poin pun ya, Beautypreneurs!

Apa Sih yang Dimaksud dengan Parfum Bibit?

Sebelum membahas cara berbisnis parfum bibit, enggak ada salahnya buatmu untuk mencari tahu apa sih sebenarnya wewangian ini? Sampai bisa dijual dengan harga yang miring dan punya banyak penggemar?

Well, parfum bibit adalah wewangian yang diambil dari ekstrak berbagai bahan-bahan alami, dan biasanya didapatkan dari proses penyulingan.

Hampir mirip dengan minyak esensial, parfum bibit memiliki kualitas yang masih murni dan belum dicampur dengan bahan apapun.

Sebagai contoh, ketika akan membuat parfum dengan aroma bunga mawar, maka akan dilakukan penyulingan kelopak bunga mawar sampai didapatkan ekstraknya yang harum. Begitu pula kalau kamu menginginkan aroma lainnya, seperti teh, melati, vanilla, dan banyak lainnya.

Nah, sebelum dijual, parfum ini kemudian akan diracik terlebih dahulu.Yakni dicampur dengan senyawa etanol dan air, untuk membantu melarutkan ekstraksi bahan alami tadi.

Karena cara pembuatannya yang rumit, kamu bisa memilih supplier parfum bibit yang terpercaya dan memiliki harga terjangkau untuk memulai bisnismu.

Namun, kamu bisa tetap belajar dan bereksperimen dengan mencampur aroma-aroma tertentu sampai menghasilkan wangi yang khas. Dan bisa dijadikan sebagai pembeda dan produk unggulan di tokomu.

Eits! Yang perlu kamu ingat, parfum bibit enggak boleh langsung digunakan pada kulit karena dikhawatirkan akan memicu reaksi alergi.

Baca Juga: Enggak Pernah Basi, Yuk Cicipi Harumnya Bisnis Wewangian dengan Maklon Parfum

Keuntungan Memulai Bisnis Parfum Bibit

Sebelum benar-benar mencoba usaha tertentu, kamu tentu harus mempelajari apa saja keuntungan dan prospek yang ada dalam usaha tersebut.

Karena dengan begitu, kamu bisa menentukan strategi bisnis dan promosi yang tepat sesuai dengan kekuatan dari usaha yang akan kamu rintis nantinya.

Begitupula saat kamu ingin belajar cara berbisnis parfum bibit. Kamu perlu mengetahui apa saja keuntungan memulai bisnis parfum bibit di bawah ini.

Presentase Keuntungan yang Besar

Salah satu keuntungan dalam memulai bisnis parfum bibit adalah presentase keuntungannya yang besar. Kamu bahkan bisa mencapai keuntungan 50 hingga 100 persen dari bibit ini.

Ini dikarenakan, kamu bisa memilih supplier yang tepat dan meningkatkan awareness toko parfum bibitmu semaksimal mungkin nantinya.

Pilihan Supplier Parfum Bibit yang Beragam

Manfaat yang kedua adalah banyak supplier parfum bibit, yang dapat memberimu banyak pilihan beragam. Dari rentang harga, berbagai jenis bebauan atau aroma, hingga bagaimana bentuk fasilitas yang akan kamu dapatkan.

Perkiraan Besaran Modal Lebih Jelas

Modal merupakan hal yang sangat penting dalam memulai suatu bisnis, termasuk ketika kamu akan membuka bisnis parfum bibit.

Untungnya, karena supplier parfum bibit sangat beragam, termasuk dalam variasi harga. Kamu jadi bisa memutuskan dan menyusun anggaran modal dengan lebih mudah.

Kamu bisa memulai dengan harga yang cukup ramah di kantong, memperhatikan kualitas dan kuantitas parfum, hingga mencari kemasan yang sesuai.

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ribet dan Cepat

Proses Belajar yang Cenderung Cepat

Meski terlihat agak ribet, sebenarnya proses belajar dalam pembuatan parfum bibit ini cukup mudah dilakukan. Berbagai sumber mengatakan, bahwa setidaknya untuk melakukan layering atau kombinasi sederhaana kamu memerlukan waktu antara 2 minggu hingga satu bulan lamanya.

Tentu proses ini termasuk dalam skill dasar dalam meracik aroma parfum. Untuk menghafal setiap aroma dan ciri khas dari berbagai jenis parfum tentu memerlukan waktu yang lebih lama.

Jadi kamu enggak perlu merasa insecure, cukup lakukan dengan tekun dan jangan rendah diri untuk selalu mencoba ataupun bereksperimen.

Masa Kedaluarsa yang Cukup Lama

Satu lagi manfaat ketika kamu memulai bisnis parfum bibit, yakni masa kedaluarsa produk yang cukup lama.

Asal kamu tidak meletakkan sediaan dalam tempat yang bisa terkena panas atau membuka tutup kemasan dalam waktu yang lama. Maka bibit atau ekstrak dari bunga-bungaan ini akan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan, jika dijaga dengan baik, parfum bibit ini dapat bertahan sampai dua tahun lamanya, lho!

Risiko dalam Memulai Bisnis Parfum Bibit

Meski terbilang cukup mudah, modalnya dapat ditentukan dengan lebih jelas, juga harganya yang terjangkau, memulai bisnis parfum bibit pun memiliki risiko tersendiri.

Yap! Sama halnya dengan jenis bisnis apapun, kamu juga harus siap dan mengerti apa saja hambatan yang akan muncul ketika akan memulai bisnis parfum bibit.

Nah, biar kamu enggak salah langkah kenali beberapa risiko dalam memulai bisnis parfum bibit berikut ini.

Adanya Risiko Parfum Berubah Bau dan Warna

Parfum bibit memiliki sediaan yang sama sensitifnya dengan kosmetika lainnya. Yap! Artinya, sediaan produk ini jika tidak disimpan dengan baik dan tepat akan menyebabkan adanya perubahan warna maupun bau.

Misalnya, ketika kamu membiarkan parfum berada di bawa sinar matahari langsung terlalu lama, atau tidak menutup dengan rapat, bahkan menggunakan kemasan yang salah bisa menimbulkan proses oksidasi pada sediaan parfum.

Untuk mengatasinya, kamu perlu memperhatikan betul bagaimana sediaan parfum disimpan. Usahakan kamu memiliki kantor atau ruangan khusus untuk menyimpan produk-produk ini.

Sulitnya Mendapatkan Pelarut Parfum Bibit

Salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan parfum bibit adalah pelarut atau etanol. Karena biasanya lebih mudah ditemukan di toko pada perkotaan besar, maka ketika akan cukup menyulitkan kalau kamu membuka toko parfum bibit di lingkungan yang agak jauh dari kota besar.

Untuk dapat mengatasi masalah ini, kamu perlu menyiapkan list supplier etanol baik secara online, maupun offline. Dengan begitu, ketika kamu kehabisan stok kamu bisa memiliki banyak sumber pemasok.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Parfum Bisnis

Setelah mempelajari bagaimana keuntungan dan risiko membuka bisnis parfum bibit di atas, apakah kamu berminat untuk melakukan usaha ini?

Well, melihat minatnya yang tambah tinggi, enggak ada salahnya untukmu mencoba bisnis parfum bibit ini. Lantas bagaimana cara memulainya?

Langsung simak step by step-nya di sini, ya!

Mempersiapkan Modal Usaha

Langkah yang pertama adalah dengan mempersiapkan modal usaha untuk parfum bibit ini. Seperti yang telah dikatakan, selain nilainya tak begitu besar kamu juga diuntungkan karena keberagaman supplier.

Untuk lebih memudahkan, berikut ini rincian modal untuk membuka bisnis parfum bibit sendiri (dengan sewa tempat).

Modal Investasi Awal Bisnis Parfum Bibit

  1. Pembelian Etalase Kaca : Rp. 3.000.000, –
  2. Meja dan Kursi: Rp. 3.000.000, –
  3. 100 bibit parfum: Rp. 3.000.000, –
  4. Alcohol / etanol: Rp. 100.000,-
  5. Sewa toko per tahun: 10.000.000,-

Total: 16.100.000

Modal Biaya Operasional Toko Parfum Bibit

  1. Biaya perlengkapan: Rp. 1.000.000,-
  2. Biaya listrik, transportasi, dan telepon dalam sebulan: Rp. 500.000
  3.  Biaya lain-lain: Rp100.000,-

Total: 1.600.000

Melakukan Riset dan Mendaftar Supplier Bibit Parfum

Cara memulai bisnis parfum bibit selanjutnya adalah dengan mencari pemasok atau supplier bibit parfum tersebut. Karena pilihannya sangat beragam, kamu bisa mendaftar pemasok yang potensial dan menjalin hubungan dengan banyak supplier ini.

Karena suppliernya juga banyak, maka harga yang mereka tawarkan pun cukup kompetitif alias murah. Kamu bisa memilih harga mulai kisaran Rp. 60.000,- per 100 ml parfum bibit.

Mempersiapkan Tempat / Toko Parfum Bibit

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis parfum bibit adalah dengan mempersiapkan tempat atau toko parfum bibit.

Kamu bisa memulai dengan tempat yang minimalis, namun cukup nyaman untuk menaruh barang, contoh parfum yang sudah jadi, ataupun tempat konsumen untuk memilih parfum tersebut.

Carilah setidaknya tempat yang memiliki ukuran 4×4 meter persegi. Ukuran ini terbilang standar, alias tidak terlalu luas maupun sempit.

Selain itu, kamu juga harus bisa membuat toko kian menarik dengan mendesainnya sebagus mungkin. Kamu bisa menyesuaikan dengan karakter brand atau konsep bisnis parfum bibit yang kamu usung.

Kamu bisa mencari tahu pentingnya warna dalam branding di sini.

Lakukan Promosi Pra-Launching untuk Menarik Konsumen Baru

Kebanyakan pengusaha atau pebisnis kerap salah langkah dengan mempromosikan produk mereka setelah jadi atau toko benar-benar buka. Padahal, langkah tersebut terbilang cukup terlambat.

Justru sangat baik untukmu melakukan sedini mungkin, misalnya dalam jarak 1-2 bulan sebelum toko parfum bibit ini benar-benar dibuka.

Yakni dengan melakukan branding pelan-pelan di media sosial, sedikit demi sedikit mengajak konsumen untuk tahu soal parfum bibit, serta mengumumkan pembukaan toko.

Untuk menarik animo masyarakat, kamu bisa memberikan promo atau diskon terbatar pada beberapa pelanggan pertama dari produk parfum bibit tersebut.

Cari tahu juga soal strategi pra-launching produk baru di sini.

Mempersiapkan Katalog Produk dan Contoh Parfum

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan katalog dan contoh parfum yang kamu miliki. Sembari promosi pra-launching dilakukan, kamu bisa membuat media promosi produk berupa katalog parfum dan sample aroma.

Biasanya contoh produk parfum bibit ini ditempatkan dalam wadah yang cukup kecil, dan berikan kode atau nama yang telah ditentukan sebelumnya.

Katalog ini akan memudahkan konsumen untuk memilih jenis parfum yang mereka inginkan. Serta memberikan berbagai gambaran soal aroma yang akan mereka pilih nantinya.

Cara Menjual Parfum Bibit secara Online

cara menjual parfum bibit

Meski idealnya menjual parfum dilakukan secara offline, karena konsumen bisa memilih parfum yang cocok untuk mereka. Namun, bukan berarti memasarkannya secara online tidak akan memberikan manfaat apapun untukmu.

Nah, agar bisnismu membuahkan hasil yang menguntungkan, yuk simak cara menjual parfum bibit secara online berikut ini.

Buatlah Toko Online

Langkah pertama adalah membuat toko online, bisa berupa website atau membuat akun seller di berbagai jenis e-commerce. Namun, membuat Website sendiri akan membantumu meningkatkan citra toko, mendisplay produk dengan lebih bebas, serta dapat berhubungan langsung dengan konsumenmu.

Untuk membuat konsumen nyaman berbelanja, kamu bisa membuat struktur halaman yang menarik dan nyaman bagi konsumen. Misalnya, perhatikan konsistensi warna, font, dan gaya merek atau toko parfummu. Kemudian gunakan copywriting yang menarik dan sesuai dengan karakter target konsumen.

Selain Website jualan, kamu juga bisa membuka lapak di e-commerce populer seperti Shopee, Tokopedia, dan sejenisnya. Mempromosikan produk di lapak online ini terbilang lebih simple, karena secara otomatis mereka telah menyediakan saluran pengiriman, fitur live chat dan live streaming, dan asuransi bagi pembeli.

Promosikan Bisnis Parfummu di Berbagai Channel Marketing

Selanjutnya manfaatkan berbagai media sosial untuk mempromosikan bisnismu. Media sosial memiliki jangkauan audiens yang luas, karenanya mempromosikanmu melalui platform ini bisa membuat toko parfummu jadi lebih dikenal.

Meski begitu, kamu juga tak harus menggunakan banyak channel dalam sekali mulai. Kamu bisa memilih platform yang paling sesuai dengan target pasar yang ingin kamu raih.

Misal, kamu menargetkan orang-orang dewasa yang telah bekerja atau berumah tangga sebagai konsumen untamamu.

Di Indonesia, segmentasi konsumen ini akan jauh lebih mudah kamu jangkau di aplikasi Facebook. Sementara jika kamu ingin menjangkau perempuan remaja dan dewasa, kamu bisa memilih TikTok atau Instagram.

Buat Konten Promosi yang Menarik

Selanjutnya buatlah konten promosi yang menarik, baik berupa foto, artikel, ataupun video. Konten ini harus kamu sesuaikan dengan jenis media penjualan yang kamu miliki.

Bila menjual produk di Instagram, TikTok, ataupun Facebook, konten video storytelling bisa kamu coba. Karena jenis konten ini bisa menarik perhatian konsumen, menonjolkan esensi dan nilai lebih produk, serta membangun hubungan emosional antara konsumen dan merek.

Ketika memasarkan produk di marketplace, seperti Tokopedia dan Shopee, pastikan kamu memajang foto produk yang menarik. Sebab, foto produk ini bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produkmu.

Tawarkan Hadiah atau Potongan Harga untuk Pembelian Pertama

Selanjutnya, kamu bisa memberikan penawaran menarik seperti potongan harga ataupun hadiah khusus, untuk pembelian pertama. Langkah ini cukup efektif jika kamu ingin menarik konsumen baru.

Saat mengirimkan produkmu nantinya, pastikan kamu juga memberikan sample aroma parfum entah dalam kertas atau botol kecil untuk konsumen. Dengan begitu, konsumen juga akan mengenali berbagai jenis aroma parfum yang tokomu miliki di luar produk yang selalu mereka beli.

Buat Program Loyalitas untuk Pelanggan Setia

Tak hanya konsumen baru, kamu juga harus memberikan perhatian pada konsumen lama yang telah melakukan pembelian di tokomu secara rutin. Untuk membuat mereka makin betah belanja di toko parfum bibit online-mu, kamu bisa membuat program loyalitas khusus bagi mereka.

Berikan poin-poin yang nantinya bisa mereka tukarkan pada pembelian selanjutnya. Tak hanya membuat pelanggan bertahan di tokomu, cara ini juga cukup efektif untuk menciptakan repeat order di masa mendatang.

Nah, itu adalah berbagai cara memulai bisnis parfum bibit yang mungkin belum kamu tahu. Mulai dari modal yang dibutuhkan, untung ruginya, sampai langkah-langkah untuk membuka toko parfum bibit.

Setelah bisnis parfum bibit yang kamu buat ini berjalan lancar, kamu bisa mengembangkan bisnis parfum yang kamu miliki agar lebih lebar lagi.

Yap! Misalnya dengan maklon parfum Mash Moshem Indonesia. Kami bisa menciptakan aroma parfum yang kamu inginkan, dari berbagai sumber, berbagai jenis aroma bahkan keunggulan tambahan lainnya.

Menarik, bukan?

About Author

Related posts

Leave a Comment