Alasan Warna Penting untuk Desain Logo dan Kemasan Produk Kosmetik

warna dalam desain kosmetik

Selain membeli skincare dari kandungan dan manfaatnya, harus diakui kadang kala kita bahkan tanpa sadar suka membeli produk-produk yang memiliki kemasan lucu dan warna yang menarik minat kita.

Nah, dengan memosisikan pengalaman dan pandangan kamu sebagai konsumen, kamu pasti tahu bahwa untuk membuat desain kemasan dan logo produk kosmetik adalah hal yang sangat penting.

Tak hanya pemanis belaka, segala komponen dalam desain kemasan dan logo ini dapat memberikan dampak besar bagi perkembangan bisnis skincare yang tengah kamu rintis.

Salah satu komponen yang paling mencolok dari sebuah kemasan produk adalah warna. Yap! Kamu tentu menjumpai berbagai produk kosmetik yang dikemas dengan sangat menggoda dan menarik dalam berbagai warna yang berbeda.

Lalu, apakah kamu bertanya-tanya mengenai alasan warna penting dalam desain dan logo produk kosmetik? Tidak pernah?

Sayang sekali, padahal menurut berbagai penelitian warna memiliki peranan penting dalam branding produk kosmetik, lho!

Kok bisa? Langsung cari tahu fakta-faktanya berikut ini, ya!

Pentingnya Warna dalam Desain Kosmetik

Manfaat vitamin E untuk Kecantikan

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa warna dalam desain kosmetik, baik untuk logo dan kemasan produk kosmetik sangat penting?. Namun, pemikiran ini enggak hanya terjadi sama kamu, banyak juga pebisnis baru yang juga menyepelekan urusan warna.

Nah, biar kamu jadi lebih tahu, berikut ini alasan warna penting untuk desain logo dan kemasan produk kosmetik yang perlu kamu tahu!

Bisa Menjadi Identitas dari Brand Kosmetik

Salah satu alasan warna penting untuk desain logo dan kemasan kosmetik adalah bisa menjadi identitas dari brand yang kamu miliki.

Karenanya, pemilihan warna produk biasanya disesuikan dengan target pasar yang dituju, manfaat dan khasiat yang dimiliki produk, hingga tujuan produk digunakan.

Hal ini pun akan sangat penting kalau kamu sudah lama berkecimpung dan memasarkan bisnis kosmetik kamu secara online. Pemilihan warna ini tentu menjadi hal yang sangat penting, karena bisa jadi variable perkembangan bisnis.

Karena warna desain kemasan dan logo akan membantu konsumen mengingat brand serta produk kosmetik yang kamu buat. Brand kosmetik dengan warna yang cocok juga akan membuat produk kamu melekat di hati pembeli.

Dapat Mempengaruhi Demografi Pasar

Telah disinggung sebelumnya, bahwa warna produk biasanya disesuaikan dengan karakter brand dan target pasar yang ingin kamu raih.

Hal ini akan membuat kesan kesesuaian antara produk dan golongan konsumen yang ingin kamu dapatkan.

Misalnya, ketika kamu membuat produk perawatan kecantikan kulit khusus untuk perempuan dalam rentan usia remaja, maka kamu cocok menggunakan warna-warna yang feminine. Seperti merah muda, kuning, merah dan lain sebagainya.

Bisa Memberikan Ciri Khas pada Brand Kosmetik Kamu

Seperti yang kamu tahu, brand kosmetik indie kini semakin banyak bermunculan. Kreasi dan variasinya juga sangat beragam, dari fungsinya hingga bagaimana desain kemasannya.

Karena desain kemasan ini bisa memberikan nilai lebih pada produk kosmetik yang kamu buat, juga bisa dapat membuat ciri khas pada brand kosmetik milikmu.

Penggunaan warna brand dan logo adalah hal yang sangat penting, untuk memberikan kesan pembeda pada brand serta produk kosmetik yang kamu buat.

Karena itu, untuk memilih logo dan brand skincare sebaiknya sesuaikan dengan target pasar yang kamu miliki. Jadi jangan lakukan dengan sembarangan, ya, Guys!

Meninggalkan Kesan pada Konsumen

Sebagai orang yang menggeluti bisnis, kamu tentunya harus memilih warna dari produk dan kemasan kamu dengan baik-baik.

Sebab, warna-warna ini akan memberikan kesan lebih kepada konsumen dan akan meningkatkan brand reputasimu pada konsumen.

Dengan menggunakan warna-warna yang tepat, kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti menarik perhahatian dan minat konsumen, bahkan hingga membuat mereka melakukan transaksi.

Hebat, bukan? Karenanya jangan sepelekan komponen desain logo dan kemasan produk kosmetik satu ini. Karena ternyata warna juga memiliki manfaat yang baik untuk penjualan dan reputasi brand milikmu.

Langkah Mudah Memilih Warna yang Tepat untuk Desain Logo dan Produk Kosmetik

warna dalam desain kosmetik

Menyadari pentingnya warna untuk brand dan produk kosmetik milikmu, kami pun bisa mmebantu memberikan langkah mudah untuk memliha warna yang tepat sesuai desain logo dan kemasan produk kosmetik.

Penasaran bagaimaan langkahnya? Yuk, langsung cari tahu daftarnya berikut ini, ya!

Menentukan Karakter dan Identitas Brand

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk memilih warna yang tepat untuk logo dan kemasan produk kosmetik tersebut, kamu harus menentukan terlebih dahulu brand yang kamu buat.

Kamu harus mengadakan riset untuk mengetahui target konsumen dari brand kosmetik kamu, apakah gendernya, jangkauan pasarnya apakah menengah ke atas atau ke bawah, pun karakter dari target konsumen tersebut.

Jika kamu sangat paham mengenai hal-hal tersebut, tentunya sudah ada karakter dan identitas dari brand kosmetik kamu. Karenanya, pemilihan warna untuk desain logo dan kemasan pu akan jadi lebih mudah untuk kamu tentukan.

Mengetahui Tren dalam Dunia Kecantikan / Kosmetik

Tren pada desain sebenarnya bisa berubah kapan saja tiap tahunnya, nah kalau kamu tidak memahami tren ini, maka kamu mungkin akan terus mengubah logo brand tiap tahunnya. Apakah kamu siap dengan pilihan itu?

Karenanya, saat pembuatan desain logo kosmetik kamu penting utnuk mecari tahu apa yang sedang tren di waktu itu.

Tentu, selain dari tren kamu pun harus mempertimbangkan kecocokan pemilihan warna ini dengan pantone agar tidak ada gradasi atau kesalahan cetak yang fatal.

Riset Makna Warna dalam Industri Kosmetik

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset makna warna dalam industri kosmetik. Misalnya, ketika kamu akan membuat brand kosmetik herbal tentu kamu harus tahu warna apa yang memungkinkan untuk membangun karakter dari brand yang akan kamu buat.

Sebab, biasanya warna yang digunakan dalam desain logo dan kemasan akan condong dan disesuaikan dengan jenis industri tertentu.

Ketahui Hubungan Warna dengan Psikologi Konsumen

Seperti yang kamu ketahui, warna memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi psikologi

konsumen. Misalnya dengan menarik perhatian mereka, menimbulkan kesan yang mendalam, atau bahkan sampai mempengaruhi adanya transaksi pembelian.

Nah, beberapa artikel menyebutkan bahwa setiap warna dalam desain kosmetik memberikan pengaruh emosional pada konsumen dengan cara yang berbeda-beda. Untuk tahu lebih jelasnya, kamu bisa mencari tahu lewat ulasan di bawah ini.

Biru

Tahukah kamu kalau warna dalam desain kosmetik biru bisa memberikan pengaruh dan membangun kesan keamanan, relaksasi, dan juga kepercayaan pada konsumen? Yap! Tak cuma itu, warn aini pun cukup sering dikaitkan dengan perasaan keriangan, kegembiraan, kemudaan, juga keramahan.

Karenanya, banyak brand kosmetik yang memberikan efek menenangkan, melindungi, dan juga yang ditujukan kepada perempuan muda kerap menggunakan warna ini ke dalam desain logo dan kemasan produk.

Hitam

Selanjutnya adalah warna hitam, yang bakalan sering kamu jumpai pada brand skincare untuk laki-laki. Yap! Ini disebabkan warna hitam selalu menimbulkan kesan kuat, maskulin, formalitas, dan sederhana.

Karena sifatnya itu, warna hitam tentu sangat cocok dengan citra lelaki pada lingkungan sosial.

Merah

Warna ini pun terbilang cukup umum digunakan dalam beberapa produk kecantikan. Ini dikarenakan warna merah sangat mencolok, sehingga dapat menarik perhatian konsumen dengan mudah.

Tak cuma itu, warna ini pun bisa menunjukkan kesan kepercayaan diri, seksi, berani, serta memiliki semangat atau gairah yang besar.

Hijau

Selanjutnya ada warna hijau, yang cukup dikenal karena dapat memberikan efek menenangkan pada konsumen. Tak hanya itu, jenis warna satu ini pun akan menciptakan kesan yang mencerminkan lingkungan alami yang sehat dan asri.

Karenanya penggunaan warna hijau umumnya dipakai oleh brand kosmetik yang memuat konsep natural dan menggunakan bahan organic, seperti produk kosmetik herbal.

Kuning

Dalam sebuah desain logo atau kemasan produk kosmetik yang mencerminkan keceriaan dan kemudaan, pun biasanya kerap menggunakan warna kuning.

Ini dikaranekan warna kuning bisa memberikan kesan yang positif dan menyenangkan pada konsumen.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, kamu tentu tahu bahwa alasan warna penting untuk desain logo dan kemasan produk kosmetik, bukan?

Bahkan banyak anggapan bahwa warna dalam desain kosmetik merupakan bagian krusial dari desain grafis. Sebab, kemampuannya dalam mempengaruhi presepsi dan perasaan orang saat melihatnya.

Karenanya jika dipilih secara asal-asalan, bukan hanya tampak tak rapi dan professional. Kesalahan ini pun akan membuat brandmu salah diartikan, membuat konsumen kurang tertarik, atau bahkan tampak sangat membosankan.

Mengingat pentingnya pemilihan warna untuk brand kosmetik ini dan bagaimana cara mendesainnya dengan tepat, Mash Moshem Indonesia menawarkan jasa maklon kosmetik terlengkap buatmu.

Yap! Tak hanya meracikkan dan memproduksi skincare, kami pun akan membantu merancang desain produk kosmetik yang kamu buat bersama kami.

Desainer kami adalah orang yang ahli di bidangnya dan telah lama menggeluti dunia desain grafis. Sehingga kami bisa membantu mewujudkan konsep, ide, dan harapan dari brand kosmetik kamu ke dalam desain yang menarik, komunikatif, dan interaktif.

Well, tunggu apa lagi, segera buat brand kosmetikmu bersama Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

startegi penjualan saat pandemi

Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan...

Continue Reading
komponen penting dalam logo kosmetik

7 Komponen Penting Dalam Logo Kosmetik, Kamu Wajib Tahu!

Memulai berbisnis kosmetik memang cukup menjanjikan, karena kebutuhan dan permintaan masyarakat akan produk-produk perawatan tubuh akan terus meningkat. Keinginan untuk berekspresi, menunjukkan sosok pribadi yang cantik dan menawan, serta didukung dengan karakternya yang menarik telah melebur menjadi bentuk kebutuhan...

Continue Reading

Leave a Comment