Cara Meningkatkan Jangkauan Iklan Facebook secara Organik, Efektif!

cara meningkatkan jangkauan iklan facebook

Saat ini, pemasaran online melalui platform media sosial memang sedang marak dilakukan. Bukan hanya perusahaan atau brand besar saja, pelaku usaha kecil juga dapat memasarkan produk atau layanannya melalui fitur periklanan pada media sosial, salah satunya Facebook.

Bersaing dengan brand besar yang juga menerapkan strategi pemasaran online memang bukan hal yang mudah. Akan tetapi, mengingat bahwa Facebook memiliki miliaran pengguna aktif dari berbagai kalangan dan usia, platform media sosial ini tetap menjadi lahan subur bagi pelaku usaha untuk meningkatkan jangkauan iklannya.

Dalam upaya meraih keuntungan yang banyak melalui pemasaran online di Facebook, perusahaan harus memahami algoritma Facebook dan cara meningkatkan jangkauan iklan Facebook secara organik.

Apa itu algoritma Facebook? Dan bagaimana cara meningkatkan jangkauan iklan Facebook secara organik? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Sekilas Soal Algoritma Facebook

Apa itu algoritma Facebook? Algoritma Facebook adalah sebuah sistem yang mengatur postingan mana yang akan dilihat pengguna saat mereka membuka news feed beserta urutan tampilannya.

Sebenarnya, Facebook sendiri tidak memiliki satu algoritma tunggal yang mengatur tiap penampilan postingan.

Facebook menggunakan beberapa kombinasi model machine learning yang dibangun untuk memprediksi postingan mana yang paling menarik untuk disajikan pada pengguna tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Dalam hal ini, Facebook akan memilih postingan tertentu untuk ditampilkan dalam news feed dengan cara mengkurasi konten yang sangat banyak menjadi potongan konten yang kemudian dikelola untuk disajikan ke pengguna secara individu.

Dengan kata lain, alih-alih menampilkan semua postingan yang tersedia dalam urutan kronologis, algoritma Facebook akan mengevaluasi dan menilai setiap postingan terlebih dahulu.

Setelah itu, Facebook mengatur postingan tersebut dalam urutan interest atau ketertarikan yang menurun untuk setiap pengguna.

Proses tersebut terjadi setiap kali pengguna merefresh news feed mereka. Hal ini berarti, untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan, algoritma Facebook akan menempatkan postingan yang berpotensi untuk mendapatkan engagement terbanyak di bagian atas news feed pengguna.

Empat Ranking Signal dalam Algoritma Facebook

Saat ini, algoritma Facebook menghadirkan news feed yang mampu mengunggulkan postingan-postingan dari pengguna lain di sekitar kita dan menyaring postingan dari pengguna lain yang jarang berinteraksi dengan kita.

Facebook memilih untuk menjadikan beberapa potongan konten untuk pengguna, algoritma Facebook mempertimbangkan beberapa hal berdasarkan empat ranking signal dalam menentukan peringkat postingan pada news feed pengguna.

Relationship

Relationship atau hubungan berkaitan dengan apakah postingan tersebut berasal dari orang, perusahaan, brand, atau sumber lain yang sering mendapatkan interaksi dari pengguna tersebut.

Content Type

Content type atau tipe konten berkaitan dengan format konten dari postingan tersebut dan preferensi format konten postingan dari pengguna.

Popularity

Popularity atau popularitas berkaitan dengan reaksi dari pengguna yang telah melihat konten tersebut. Apakah pengguna membagikannya, menyukainya, mengomentarinya, atau mengabaikannya.

Recency

Recency atau kebaruan berkaitan dengan konten terbaru yang akan mendapatkan urutan ranking paling atas. Dalam menentukan perubahan algoritma, Facebook bergantung pada suatu sistem yang disebut dengan feed quality program.

Sistem ini mencakup survei global yang bersumber dari puluhan ribu pengguna per hari yang menjawab pertanyaan dengan lebih rinci tentang minat dan ketertarikan mereka. Hasil jawaban tersebut nantinya akan ditampilkan dalam feed mereka.

Apa Itu Jangkauan Iklan Facebook?

Jangkauan iklan Facebook adalah jumlah pengguna atau audiens yang melihat konten iklan yang dibuat oleh seseorang atau sebuah perusahaan pada aplikasi Facebook.

Bagi sebuah perusahaan yang mengiklankan produknya di Facebook, memahami konsep algoritma Facebook menjadi hal yang penting. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui konten apa saja yang menarik dan banyak dilihat oleh pengguna Facebook pada umumnya.

Hal tersebut tentu saja akan memperluas jangkauan iklan secara organik. Apa itu jangkauan organik? Jangkauan organik adalah jumlah total pengguna atau audiens yang menerima konten yang dikirim oleh perusahaan melalui distribusi tak berbayar.

Jangkauan organik dari Facebook setiap tahunnya semakin menurun. Sebagai informasi, jangkauan organik di akhir tahun 2020 hanya sebesar 5,2%.

Angka tersebut dikatakan lebih lebih kecil 0,3% dari tahun sebelumnya, yaitu 5,5%. Bahkan, angka rata-rata engagement rate postingan Facebook juga tidak kalah miris, yaitu hanya 0,25%.

Hal tersebut membuat pelaku usaha sedikit pesimis untuk menjalankan pemasaran online melalui Facebook. Sebagian pelaku usaha atau perusahaan mungkin berpikir bahwa algoritma Facebook menyulitkan konten pemasaran untuk mendapatkan jangkauan organik dan engagement dari audiens.

Akan tetapi, tidak dapat diingkari bahwa strategi organik tetap harus dijalankan dalam melalukan pemasaran online melalui Facebook. Maka dari itu, perusahaan harus memahami apa yang Facebook inginkan dari sisi pembuat konten.

Baca Juga: Potensial Banget, Ini Dia Cara Iklan di Facebook yang Harus Kamu Tahu

Cara Meningkatkan Jangkauan Iklan Facebook Secara Organik

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jangkauan iklan Facebook secara organik.

Kualitas Konten Adalah Kunci

Cara pertama bagi perusahaan untuk meningkatkan jangkauan iklan Facebook secara organik adalah dengan membuat konten iklan yang berkualitas. Perusahaan harus memastikan iklan yang dibuat dan disajikan merupakan konten yang baik, menarik, dan berkualitas tinggi.

Menyajikan konten yang berkualitas tidak hanya bertujuan agar konten iklan tersebut dapat muncul di news feed, tetapi juga menarik perhatian audiens.

Ketika audiens tertarik dengan produk atau layanan yang diiklankan, mereka cenderung akan memberikan respons positif dengan menyukai, mengomentari, bahkan membagikannya ke pengguna lain.

Jika konten iklan tersebut banyak mendapatkan respons positif, tidak menutup kemungkinan akan banyak audiens yang melakukan pembelian atas produk atau layanan yang diiklankan.

Adapun konten iklan yang tidak menarik dan tidak berkualitas biasanya akan diabaikan begitu saja sehingga perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan dari adanya pembelian.

Oleh karena itu, perusahaan harus memikirkan cara membuat konten yang berkualitas dan menarik. Berikut ini beberapa cara untuk membuat konten yang berkualitas.

Cara membuat konten iklan yang berkualitas

  1. Bagikan konten berkualitas tinggi dengan pencahayaan, pembingkaian, dan latar belakang yang bagus. Pastikan juga audio yang digunakan terdengar jernih.
  2. Buat video konten yang ringkas tetapi menarik sehingga audiens berminat untuk menghabiskan waktu menonton atau membaca konten iklan yang disajikan.
  3. Pastikan konten iklan yang dibagikan berisi informasi penting yang dapat mengedukasi audiens atas produk atau layanan yang diiklankan.
  4. Hindari menggunakan ulang konten iklan yang berasal dari postingan halaman organik yang sama karena distribusi organik yang dibuat tidak akan maksimal.

Jangan Melakukan Spam

Perlu diketahui bahwa Facebook memilih konten berkualitas yang tidak melakukan spam. Sekalipun perusahaan telah membuat konten yang berkualitas, apabila mereka melakukan spam maka jangkauan organiknya akan berkurang. Berikut ini cara menghindari spam di Facebook.

Cara menghindari spam

  1. Pelajari secara khusus tentang konten apa yang akan dibagaikan dan hindari konten yang tidak jelas atau mengandung hoax.
  2. Jangan melakukan taktik click bait, headline yang berlebihan, atau bersifat menyembunyikan informasi.
  3. Hindari postingan yang hanya berisi tentang promosi untuk menjual suatu produk.
  4. Hindari penggunaan bahasa tidak baku atau format yang mencurigakan untuk mengelabui orang lain.
  5. Perhatikan sirkulasi frekuensi konten karena menggunakan foto atau video yang telah diunggah ke Facebook secara berulang-ulang dapat menyebabkan audiens menjadi bosan.
  6. Hindari pemaksaan pada audiens untuk melakukan suatu hal tertentu, seperti memberikan likes, comment, atau share.

Buat Lebih Banyak Konten Video

Penting bagi sebuah perusahaan untuk membuat konten video yang bagus. Selain itu, perusahaan juga harus memiliki jadwal rutin untuk pengunggahan video tersebut agar video yang diproduksi pun lebih banyak.

Hal tersebut akan sangat menguntungkan perusahaan karena Facebook sendiri menyukai video, begitu pula penggunanya.

Perlu diketahui bahwa video live Facebook dikatakan lebih efektif karena mendapatkan interaksi 6x lebih banyak dibanding dengan video biasa. Video live Facebook juga jauh lebih mudah dibuat daripada konten prafilm.

Biasanya, perusahaan akan membuat konten iklan secara live di media sosial dengan menyewa seorang talent untuk menjadi promotor dan influencernya.

Video yang banyak mendapat engagement dan interaksi dari pengguna biasanya berisi tips cepat, demo produk, dan testimonial. Dalam hal ini, perusahaan harus menghindari video yang hanya berfungsi sebagai iklan.

Sebagai gantinya, konten video dapat dibuat menjadi sesuatu yang benar-benar menambah nilai bagi para pengguna Facebook.

Targetkan Pemirsa Potensial

Salah satu cara meningkatkan jangkauan iklan Facebook secara organik adalah dengan mengoptimalkan audiensi Facebook dengan alat penargetan organik baru yang memungkinkan perusahaan untuk memposting konten khusus untuk target tertentu.

Misalnya, konten khusus lokasi berarti perusahaan hanya akan menampilkan konten kepada audiens yang tinggal di suatu lokasi tertentu.

Selain itu, perusahaan juga dapat memposting kontennya dengan menargetkan audiens berdasarkan topik tertentu karena audiens mungkin hanya tertarik pada konten tentang subjek tertentu.

Fitur Facebook ini juga tidak hanya dapat memfilter lokasi dan topik saja, tetapi juga usia dan jenis kelamin. Dengan begitu, perusahaan yang menjual pakaian untuk wanita dapat secara spesifik menargetkan audiens wanita.

Posting di Waktu yang Tepat

Penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui waktu terbaik ketika akan memposting sebuah konten ke Facebook.

Dalam hal ini, perusahaan harus menyesuaikan waktu pengunggahan konten dengan waktu online dari para audiens yang menjadi targetnya. Hal tersebut karena semua orang memiliki kesibukan masing-masing.

Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini telah ada fitur Facebook Audience Insights di mana perusahaan dapat menguji pengiriman berbagai jenis konten pada waktu terbaik. Selain itu, perusahaan dapat mencari tahu kalender konten dan jadwal pengiriman yang efektif untuk mereknya.

Kurangi Penggunaan Kembali Konten Lama

Menggunakan kembali konten lama akan menyebabkan audiens merasa bosan. Oleh karena itu, perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif dalam pembuatan konten agar dapat menarik kembali minat audiens.

Apabila perusahaan memang ingin memposting sebuah konten dengan konsep yang sama, pastikan isi konten tersebut berbeda, baik dari gambar, audio, atau teks deskripsi agar tetap segar.

Perhatikan Beberapa Saran Umum Berikut

Apabila perusahaan telah menerapkan cara-cara menaikkan jangkauan iklan Facebook secara organik, apa lagi yang harus dilakukan?

Ternyata masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketika sebuah perusahaan menggunakan Facebook sebagai media pemasaran online untuk brandnya. Berikut ini beberapa saran umum yang perlu diperhatikan.

Saran Umum untuk Facebook Pages

Berikut ini saran-saran umum untuk Facebook pages.

  1. Pastikan konten yang dibuat diposting secara tepat waktu.
  2. Jika memang diperlukan, coba gunakan video live. Ketika page atau halaman melakukan broadcast video, akan  ada kemungkinan lebih tinggi untuk muncul di news feed.
  3. Jika dirasa relevan, tag halaman lain dalam konten yang akan diposting karena bisa jadi akan dilihat oleh audiens baru yang berasal dari pengikut halaman yang ditag.
  4. Hindari mempublikasi postingan yang murni hanya teks dan fokus untuk membagikan media yang kaya akan link, foto, dan video.
  5. Pastikan jika profil halaman perusahaan terisi lengkap agar Facebook dapat menilai halaman tersebut.

Saran Umum untuk Praktik Clickbait

Berikut ini saran-saran umum untuk praktik clickbait.

  1. Bagikan berita yang berisi informasi untuk mengedukasi audiens.
  2. Posting headline yang sesuai dengan ekspektasi audiens.
  3. Saat mengkurasi konten sebagai halaman, bagikan link yang memiliki headline yang jelas dan akurat.

Saran Umum untuk Praktik Live Video

Berikut ini saran-saran umum untuk praktik live video.

  1. Beritahu para audiens jadwal perusahaan akan melakukan broadcast.
  2. Lakukan live saat perusahaan telah memiliki koneksi yang kuat.
  3. Tulis deskripsi yang menarik sebelum melakukan live.
  4. Minta audiens untuk mengikuti dan menerima notifikasi ketika live.
  5. Sapa audiens yang memberikan komentar dengan menyebut namanya dan berikan respons terhadap komentar mereka.
  6. Lakukan broadcast dalam waktu tertentu agar dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Walaupun meningkatkan jangkauan iklan Facebook secara organik terdengan agak sulit dan membuat kewalahan, hal tersebut masih bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa strategi seperti yang telah dijelaskan. Dalam hal ini, perusahaan harus terlebih dahulu mengenal dan memahami algoritma Facebook.

Dengan mengenal dan memahami algoritma Facebook, perusahaan akan mendapat pengetahuan tentang dasar-dasar periklanan online yang harus diperhatikan. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan mudah menentukan tipe atau jenis konten apa yang sekiranya cocok dan dapat masuk di news feed pengguna Facebook.

Perlu kamu ingat, semua usaha tersebut memerlukan waktu dan proses yang tidak instan. Kamu harus tekun dalam mempraktikkan semua yang telah dipelajari. Semua usaha akan terbayar dengan baik jika dibarengi dengan keikhlasan dan kesabaran. Selamat Mencoba!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment