Branding Kosmetik

Cara Meningkatkan Jumlah Pengguna Kosmetik, Brand Owner Wajib Tahu!

Kosmetik saat ini memang memiliki prospek menjanjikan dan sudah menjadi kebutuhan oleh banyak kalangan. Kebutuhan pasar akan kosmetik akan terus meningkat, mengingat semakin berkembangnya bisnis kosmetik lokal berkualitas yang telah beredar di masyarakat.

Membuat kosmetik dengan brand sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun, yang paling mudah dan aman untuk dilakukan yaitu dengan melakukan maklon kosmetik.

Dengan bekerja sama dengan perusahaan maklon ini, kamu tidak perlu lagi mempersulit produksi kosmetikmu. Karena dari bahan, kemasan, desain, hingga legalitas dan perijinan, biasanya akan diurus oleh perusahaan maklon tersebut.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak brand kosmetik lokal baru yang bermunculan di pasar. Dan dengan cara ini juga, kamu bisa menjadi salah satu pemiliki kosmetik yang menggunakan nama brandmu sendiri.

Nah, saat kamu telah menjadi brand owner, ataupun kamu telah menjadi pemiliki bisnis kosmetik, kamu tentunya sudah memikirkan secara matang. Strategi apa yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah pengguna kosmetikmu.

Dengan begitu, brandmu akan mengalami peningkatan penjualan dan kosmetik milikmu bisa semakin terkenal. Lalu, bagaimana cara meningkatkan jumlah pengguna kosmetikmu untuk saat ini? Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak artikel ini sampai tuntas!! Happy reading guyssss!

Strategi Meningkatkan Jumlah Pengguna Kosmetikmu

Saat kamu telah memiliki brand kosmetik melalui perusahaan maklon, ataupun membuat pabrik sendiri, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Terutama dalam cara memasarkan produk kosmetikmu.

Sebagai pemilik brand, kamu tentunya memikirkan bagaimana produk kosmetikmu akan diperkenalkan pada masyarakat. Entah melalui campaign tertentu, melalui iklan, atau bahkan dengan menggunakan influencer.

Intinya, kamu harus memilikirkan bagaimana cara meningkatkan pengguna kosmetikmu, dan meningkatkan penjualan dari bisnismu ini. Sehingga, saat orang-orang mengenai brand kosmetik yang kamu produksi. Maka mereka tidak akan segan mencoba atau bahkan menjadi pengguna setia brand kosmetikmu.

Kemudian, bagaimana cara meningkatkan jumlah pengguna dari brand kosmetikmu ini? Nih ikuti cara-cara berikut ya!

Kenali Target Market dari Pengguna Kosmetikmu

Cara meningkatkan jumlah pengguna kosmetikmu yang pertama adalah dengan mengenali siapa pengguna kosmetik milikmu. Atau dengan kata lain, kamu harus tau target market dari produk kosmetik yang kamu buat.

Seperti, apakah target pasarmu adalah anak-anak remaja yang sedang pubertas? Perempuan dengan kebutuhan mencerahkan kulit dan menjadikan kulit lebih glowing? Atau orang dewasa yang sedang membutuhkan produk untuk mengatasi kulit keriput dan kusam?

Hal ini tentunya sudah kamu pikirkan bahkan sebelum kamu memulai membuat produk kosmetikmu sendiri. Karena dengan adanya target pasar, kamu bisa menyesuaikan dan memberikan kelebihan-kelebihan yang memang mereka butuhkan.

Kamu bisa memberikan penawaran yang sangat menggiurkan, dan sulit untuk ditolak calon konsumenmu. Inilah poin penting dari mengenali target pasar dari pengguna kosmetikmu. Sehingga kamu bisa membuat niece yang tepat, sehingga kamu bisa menggunakan strategi branding yang efektif.

Kamu bisa menggunakan kebutuhan konsumenmu sebagai dasar utama dalam mengenalkan dan memproduksi produk kosmetik dengan brandmu sendiri. Jadi, jangan lupa tips yang satu ini ya!

Melakukan Riset Kebutuhan Kosmetik dari Konsumenmu

Cara meningkatkan jumlah pengguna kosmetikmu yang kedua adalah kamu harus melakukan riset mengenai kebutuhan kosmetik mereka. Dengan kata lain, ini merupakan langkah kedua dalam melakukan strategi marketing.

Dalam melakukan riset, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut, diantaranya:

  1. Cari tahu kebutuhan kosmetik yang paling utama dari konsumenmu.
  2. Apa bahan yang paling mereka butuhkan untuk kulit mereka.
  3. Bagaimana cara mereka mendapatkan informasi mengenai produk kosmetik yang kamu pasarkan.

Dari beberapa hal tersebut, kamu bisa mengetahui, kebutuhan paling mendasar dari konsumen kosmetikmu. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara membuat quisioner, ataupun berinteraksi langsung dengan mereka di sosial media. Dengan cara keyword, live, komentar, atau cara yang lainnya.

Dari informasi kebutuhan konsumen tersebut, kamu bisa selalu upgrade dan membuat inovasi terbaru dari kosmetik yang nantinya akan kamu ciptakan lagi. Dan inilah cara meningkatkan jumlah pengguna kosmetikmu nantinya di masa depan.

Membuat List Keyword

Cara meningkatkan jumlah pengguna produk kosmetikmu yang ketiga adalah dengan mengetahui bagaimana cara konsumen baru mendapatkan informasi mengenai produkmu.

Kamu bisa mengetahui hal ini di Google, kamu membutuhkan keyword untuk bisa menemukan konsumen yang sesuai dengan target pasar kamu.

Dari keyword ini akan membantu Google untuk merekomendasikan produk dan website kamu pada calon konsumen mengenai informasi tang berkaitan dengan produk kosmetikmu.

Untuk mengetahui keyword ini kamu bisa menggunakan tools atau sekedar mencarinya di Google. Misal, kamu bisa menulis “produk kosmetik”maka Google memberikan topik paling banyak dicari sebagai rekomendari dari keyword tersebut.

Hanya dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali keywor yang bisa kamu gunakan untuk mendapat perhatian dari Google ini. Kemudian kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan target pasar dari produk kosmetikmu.

Gunakan Media Iklan yang Tepat untuk Menjual Kosmetik Milikmu

Saat kamu ingin meningkatkan jumlah pengguna kosmetikmu, kamu juga harus mengetahui media apa yang ingin kamu pakai untuk promosi.

Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa meningkatkan kualitas iklan yang kamu buat agar sampai dengan tepat pada konsumen.

Sehingga, kamu tidak perlu merasa rugi telah melakukan pengiklanan, karena hasil yang didapat juga sesuai dengan yang kamu keluarkan.

Nah, berikut beberapa contoh platform media yang cocok kamu gunakan untuk promosi bisnis kosmetikmu!

Melakukan Iklan di Facebook dan Instagram

Media yang bisa kamu gunakan untuk mengiklankan produkmu adalah dengan media Facebook dan Instagram. Seperti yang kamu tau, kedua media ini sudah lama terkenal dan memiliki banyak sekali pengguna.

Sehingga, tidak sedikit pemilik usaha melakukan iklan di kedua platform ini. Selain algoritma di Facebook dan Instagram sangat kuat, pangsa pasar mereka jua sangat luas.

Saat kamu melakukan iklan di Instagram, maka kamu bisa menjaring konsumen yang sesuai dengan kriteria produk kosmetik yang kamu buat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan hasil dari iklan tersebut.

Yang penting sebelum kamu melakukan iklan di Facebook dan Instagram, kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu dan membuat konten semenarik mungkin.

Melakukan Iklan di Google

Melakukan iklan di Google juga menjadi salah satu strategi yang mampu meningkatkan jumlah pengguna kosmetik milikmu. Hal ini dikarenakan Google memiliki banyak sekali jalur bisnis, dan membuat iklan melalui search engine mereka.

Jenis iklan yang biasa digunakan pada Google umumnya adalah Pay per click (PPC). Jadi, iklan ini merupakan sebuah metode pemasaran digital, di mana kamu membayar biaya setiap kali salah satu iklanmu diklik oleh pengguna/pembeli.

Saat kamu melakukan iklan di Google, kamu bisa melihat bahwa kanal bisnis kosmetik yang kamu buat akan berada di halaman pertama pencarian Google. Sehingga akan ada banyak orang yang melihat, dan tidak segan-segan mengunjungi halaman bisnismu.

Melakukan Retarget Iklan

Saat melakukan iklan di media sosial, jangan lupa untuk melakukan pengawasan terhadap iklanmu. Ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah target iklan sudah sesuai dengan ekspektasi ataukah ada yang kurang tepat.

Melakukan retarget iklan bisa membuat biaya iklan lebih efektif agar bisa menjaring lebih banyak konsumen. Kamu bisa menggunakan pixel untuk mencatat jumlah pengunjung dari websitemu.

Dengan melakukan startegi ini, kamu bisa tau apakah target pasar kamu sudah sesuai dengan ekspektasi atau tidak. Jika belum, maka lakukan kajian ulang untuk target pengunjung yang kamu gunakan.

Jangan lupa untuk membuat konten iklan yang lebih kreatif dan me-relaunch iklan yang kamu buat untuk meningkatkan jumlah pengguna kosmetikmu. Sehingga dengan adanya pengawasan dan media iklan yang tepat, bukan tidak mungkin kamu bisa menambah jumlah pengguna dari kosmetik yang kamu buat ini.

Mengutamakan Konten

Cara meningkatkan jumlah pengguna kosmetik dari brand-mu yang terakhir adalah dengan mementingkan keunikan konten yang kamu buat. Jadi, tidak hanya mudah ditemukan oleh konsumen, namun mampu membuat konsumen betah memerhatikan kontenmu.

Banyak sekali cara untuk membuat konten yang bagus dan menarik. Kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

Bisa membuat blog dengan berbagai informasi

Dengan membuat konten blog dengan berbagai informasi tentang kosmetikmu, ini akan memberikan perhatian dan memberikan kesan propesional.

Kamu bisa memberikan informasi edukasi, ataupun informasi yang bermanfaat melalui blog yang kamu buat. Dengan membuat blog informasi ini, kamu bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk kosmetik yang kamu miliki.

Bicara mengenai bahan dan kandungan kosmetik

Informasi lain yang bisa kamu sampaikan pada konsumen adalah mengenai bahan-bahan yang kamu gunakan di dalam produk kosmetik. Kamu bisa memberikan edukasi mengenai bahan-bahan penting, sehingga konsumen merasa membutuhkan produk kosmetikmu.

Dengan memberikan informasi kandungan dalam kosmetik tersebut, kamu bisa membuat deskripsi produk yang menarik. Intinya kamu bisa memberikan edukasi mengenai bahan-bahan yang ada dalam kosmetikmu.

Perlu diingat juga, jangan menggunakan deskripsi yang terlalu panjang. Karena bisa jadi konsumen akan malas untuk membacanya. Berikan poin-poin penting saja untuk menjelaskan kandungan bahan pada kosmetik milikmu.

Nah, cukup sekian ya artikel yang membahas mengenai cara meningkatkan jumlah pengguna produk kosmetik dari brand-mu. Kamu bisa komen cara lainnya di kolom komentar untuk memberikan informasi yang mungkin kurang dari artikel ini.

Kamu bisa menemukan berbagai artikel branding produk kosmetik dan promosi digital lainnya di laman Berita Terkini. Atau, tinggalkan pertanyaan dan tanggapanmu di kolom komentar. See you, Beautypreneurs!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011