Facebook Messenger Marketing, Manfaat dan Cara Penggunaannya

facebook messenger marketing

Dunia marketing bisnis di masa sekarang serba digital. Salah satunya melakukan pemasaran lewat media sosial seperti Facebook. Selain ada facebook Group, ada juga Facebook Messenger Marketing yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan marketing ke publik.

Tentu ini bisa menjadi peluang bagi bisnis kamu agar dikenal banyak orang dan mendatangkan pembeli yang nantinya tertarik pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Aplikasi Facebook sudah lebih dulu dikenal banyak kalangan, bahkan sampai ibu rumah tangga sekalipun. Jadi bila kamu menggunakan Facebook, cobalah untuk memasarkan produk atau jasamu lewat Facebook Messenger.

Tentu dibenak kamu akan muncul pertanyaan, apakah Facebook Messenger ini penting untuk bisnismu? Apakah bisa mendatangkan pembeli dan meningkatkan penjualan? Bagaimana cara menggunakan Facebook Messenger untuk marketing bisnismu?

Langsung simak ulasan lengkap soal apa itu Facebook Messenger Marketing dan cara penerapannya berikut ini, yuk!

Apa Itu Facebook Messenger Marketing?

Sebelum menggunakan platform Facebook dengan segala menunya, kamu harus tahu dulu dong, apa itu Facebook Messenger. Jadi facebook messenger ini salah satu menu yang ada di Facebook yang digunakan untuk menjangkau pengguna lain dengan pesan tertentu yang telah ditargetkan.

Dengan kata lain, strategi marketing ini hampir sama dengan email marketing. Tapi keduanya memiliki perbeda yakni terletak pada penggunaan chatbot-nya.

Chabot sendiri merupakan program komputer yang melakukan simulasi perbincangan melalui pesan teks atau menggunakan perintah suara dalam chat.

Namun facebook messenger marketing dinilai lebih interaktif karena bersifat seperti sedang melakukan perbincangan atau hampir sama ketika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp, ya.

Mengutip dari data Statista, disebutkan bahwa pengguna media sosial Facebook tahun 2020 mencapai 1,3 miliar perbulannya.

Jumlah tersebut masuk dalam urutan kedua setelah pengguna aplikasi WhatsApp yang memiliki jumlah pengguna sebanyak 2 miliar perbulannya.

Jika dilihat Facebook Messenger marketing ini cukup ampuh bila dimanfaatkan untuk memasarkan produk bukan? Karena hampir setara WhatsApp yang saat ini banyak digunakan untuk mengirim pesan.

Baca Juga: Makin Untung! Inilah Manfaat Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Facebook

Bagaimana Facebook Messenger dapat Berguna untuk Bisnismu?

facebook messenger untuk bisnis

Platform Facebook Meseenger marketing ini juga memiliki peranan penting dalam memasarkan produk atau jasa bisnis kamu, seperti:

Banyaknya Variasi Tools

Mengapa kamu harus menggunakan Facebook Messenger untuk memasarkan produk? Karena di Facebook messenger marketing ini menawarkan variasi tools yang bisa digunakan oleh mu untuk menjalankan chatbot yakni Messenger Greetings, Instant Replies, dan Customer Cards.

Bagaimana fungsi dari tools tersebut? Jadi Messenger Greetings digunakan untuk menampilkan sapaan secara otomatis kepada pengguna yang ingin melakukan pembicaraan denganmu.

Lalu ada Instant Replies yang berfungsi untuk memberikan balasan kepada orang yang mengirim pesan di akun bisnismu. Ada juga Saved Replies yang digunakan untuk menjawab pesan yang berisi jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna.

Dan yang terakhir ada tools Customer Cards yang secara eksklusif mendapat informasi penting dari customer.

Presentase Engagement Lebih Tinggi

Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan dari memakai Facebook messenger marketing ini adalah presentase engagement yang jauh lebih tinggi dibandingkan email marketing.

Melansir dari laman Digital Marketing Institute, jika email marketing hanya memiliki rate 5-10%, di Facebook messenger marketing bisa mencapai 70-80% per-jam.

Open rate ini merupakan metrik dari email marketing hasil presentase email yang dibuka oleh orang yang menerimanya. Kamu bisa melihat sendiri kan bagaimana keuntungan yang akan kamu dapat jika menggunakan bantuan Facebook messenger marketing ini.

Meningkatkan Brand Awareness

Selain mendapat engagement yang tinggi menggunakan Facebook messenger marketing juga membantu menghadirkan, produk, atau layanan milikmu untuk banyak pengguna atau banyak orang.

Kamu tak perlu khawatir produk milikmu dilihat orang, karena nantinya saat kamu meluncurkan produk maka kesadaran pengguna Facebook lain juga meningkat dan dapat memancing percakapan.

Mendapatkan Lebih banyak Pelanggan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, presentase rate dari Facebook Messenger Marketing ini memiliki jumlah yang banyak jadi pengguna lain atau seseorang yang berpotensi menjadi customer pun akan mengalami peningkatan, dan berita baiknya hal itu akan membuat produk atau usaha dikenal banyak orang juga mulai diperhitungkan keberadaannya.

Selain itu, Facebook sendiri juga memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan mulai dari orang dewasa hingga remaja dari berbagai negara. Jadi peluang untuk mendapatkan pelanggan yang banyak semakin terbuka lebar tentunya.

Mendorong Transaksi

Facebook Messenger Marketing nantinya juga akan memberikan pengalaman bercaka-cakap dengan kamu secara mudah saat akan berbelanja.

Kamu bisa memberi pertanyaan dan memberikan rekomendasi produk lain yang relevan untuk mengenalkannya kepada pelanggan. Juga, dapat membangun kepercayaan terhadao produk atau layanan yang sedang kamu tawarkan agar menaikkan penjualan.

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Percakapan yang terjadi di Facebook Messenger Marketing ini juga bisa membangun komunikasi yang baik dan efektif dengan pelanggan, lho.

Memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan aktif juga dapat meningkatkan kualitas bisnismu karena pelanggan memiliki penilaian seperti itu terhadap pebisnis.

Jadi jika kamu bisa menjaga komunikasi dan memberikan pelayanan yang baik kepada customer, maka keinginan customer ingin membeli produk kamu tawarkan akan semakin meningkat.

Cara Menggunakan Facebook Messenger Marketing untuk Pemula

strategi facebook messenger marketing

Jika kamu masih pemula dalam membuka bisnis dan belum tahu banyak mengenai Facebook Messenger Marketing ini, kamu bisa menyimak caranya berikut:

Otomatisasi Customer Service

Disebutkan sebelumnya bahwa Facebook messenger marketing ini memiliki tools yang dapat meningkatkan pelanggan. Salah satu bagian yang akan berguna bagi seorang pemula ialah keberadaan chatbot ini.

Chatbot nantinya akan berperan sebagai customer service mu dan dengan otomatis akan mengurangi pengeluaran perusahaan untuk merecruitment pegawai.

Salah satu tools yang akan berguna untuk membantu adalah Saved Replies karena akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh customer atau pertanyaan yang biasa diajukan oleh pengguna.

Gunakan Softwere Messenger

Di Facebook juga tersedia platform software marketing yang berfungsi untuk membantu kamu membuat bots, mengirimkan pesan pada masing-masing individu, membantu memberikan respon yang cepat dan tepat secara otomatis, dan masih banyak keuntungan lain yang akan kamu terima bila menggunakan Facebook messenger marketing ini.

Manfaatkan Plugin untuk Mengingatkan Pelanggan

Menggunakan Facebook messenger marketing ini, kamu bisa mencoba untuk plugin yang dapat melakukan “Send to Messenger”. Dengan menggunakan plugin itulah kamu bisa mendapatkan izin untuk mengirimkan pesan melalui opt-in dari akunmu.

Melansir dari SendPulse, opt-in ini merupakan proses pendekatan untuk mendapatkan izin dai pelanggan agar kamu bisa mengirimkan informasi mengenai pemasaran produkmu menarik di website.

Dan tentunya plug in ini akan berguna sekali untuk kamu memasarkan produkmu. Apalagi ketika ada pelanggan yang mempunyai produk belanjaan di shopping chart tapi tak kunjung ada transaksi pembayaran, maka kamu bisa memilih plug in.

Namun, jika pelanggan memberikan izin (opt-in), maka pelanggan akan mendapatkan chat dari Facebook messenger marketing milikmu.

Kirim Konten Promosimu secara Langsung

Kamu tak hanya bisa membalas dan melakukan percakapan dengan pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan kan konten produ atau jasa yang kamu tawarkan di kolom chat Facebook messenger marketing.

Pengiriman konten itu juga dimaksudkan dapat menarik minat pembeli terhadao produk atau jawa yang kamu tawarkan agar meningkatkan penjualan.

Bantu Konsumenmu Menemukan Konten Relevan

Kamu tidak hanya bisa melakukan pemasaran kepada pengguna Facebook lain untuk memasarkan produk dari brand kosmetikmu.

Karena kamu juga bisa memberikan saran atau membantu pelanggan menemukan produk atau jasa yang masih relevan dengan apa yang pelanggan cari dari tokomu.

Selain itu, langkah ini juga dapat kamu lakukan hanya lewat percakapan di Facebook messenger marketing. Sehingga akan membentuk hubungan yang baik dengan konsumen di masa mendatang.

Atau kamu bisa memberikan rekomedasi produk atau jasa yang relevan dari produk milikmu sendiri. Hal itu juga menjadi nilai plus untuk penjualan kamu karena dapat menaikkan kepercayaan dan penjualan produk atau jasamu.

Hubungi Kembali Konsumen Potensial

Setelah berhasil mendapatkan pelanggan yang berpotensi untuk membeli produk atau jasa yang tawarkan. Kamu bisa mempromosikan lagi pelanggan tersebut untuk menawarkan produk barumu agar mereka tak ketinggalan update mengenai produk yang pernah mereka beli sebelumnya.

Jadi ketika ada prodsuk baru yang mungkin relevan dengan customer mu maka kamu bisa menawarkannya kembali agar pelanggan tertarik membelinya lagi.

Jangkau Target Konsumenmu Satu per Satu

Untuk hasil penjualan yang signifikan dan efektif, kamu bisa melakukan pemasaran kepada seluruh pengguna Facebook Messenger Marketing lainnya dengan menawarkan produkmu satu per satu.

Kamu bisa mengirimkan pesan promosi, konfirmasi penerimaan barang, atau memberikan ‘reward’ khusus untuk pelanggan setia. Langkah ini akan dapat membantu menjaga customer retention, sehingga mereka akan kembali melakukan pembelian ulang produk di masa mendatang.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah ulasan mengenai Facebook Messenger Marketing yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya. Menggunakan fitur promosi Facebook ini untuk memasarkan bisnis dan brand kosmetikmu akan dapat memberikan peluang yang besar.

Sebab, ketika melakukan promosi secara personal, kamu juga bisa menjadi lebih dekat dengan calon konsumen dan mengerti apa yang paling mereka butuhkan dari bisnis atau brand kosmetikmu.

Selain tips ini, kamu bisa menemukan berbagai tips promosi dan branding digital untuk produk kosmetikmu di laman Berita Terkini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya, Beautypreneurs!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment