Domain Authority: Arti, Manfaatnya untuk SEO dan Cara Meningkatkan

apa itu domain authority

Apakah kamu sudah mengetahui apa itu Domain Authority? Tentu tidak asing terdengar karena kamu akan menemukan banyak artikel yang membahas mengenai domain authority.

Domain Authority merupakan salah satu elemen penting dalam mnjadikan website kamu menjadi peringkat atas di search engine Google.

Untuk kamu yang sedang belajar mengenai SEO, tentu harus memahami pula domain authority karena berpengaruh pada pemberian peringkat pada website.

Semakin baik peringkat website kamu, maka akan diprediksi bahwa performanya di SERP (Search Engine Result Page) akan semakin baik.

Penasaran dengan apa itu domain authority? Simak artikel ini sampai habis ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Domain Authority

Domain Authority adalah acuan bagi search engine dalam memberikan peringkat pada situs website. Dalam tools SEO, Domain Authority penting untuk memprediksi peluang peringkat website dari skala terhitung dari angka 1 sampai 100.

Semakin tinggi skor domain authority suatu website, maka semakin tinggi peluang website untuk menempati posisi teratas di search engine google.

Search Engine Google biasanya akan memberikan peringkat pada website berdasarkan tiga hal, berikut penjelasan hal tersbut :

Usia domain

Usia domain adalah salah satu metrik untuk menghitung domain authority dalam meningkatkan reputasi website. Semakin lama usia domain dan keberadaan domain yang aktif, maka semakin tinggi pula nilai domain authority pada website.

Hal ini menunjukkan konsistensi dalam mengelola domainnya. Dengan begitu, google akan menganggap website tersebut layak memiliki nilai tinggi dan penilaian ini dapat mempengaruhi peringkat website pada halaman hasil pencarian.

Popularitas domain

Google menilai reputasi situs website kamu berdasarkan jumlah backlink. Populernya situs dapat kamu lihat dari jumlah link yang masuk melalui situ-situs dengan reputasi baik.

Hal ini juga populer dengan sebutan inbound link, berarti adanya pemberian rekomendasi terhadap situs kamu (Backlink). Inbound link dapat dilakukan dengan berkomentar pada website lain atau kamu bisa aktif mempromosikan domain kamu dalam suatu forum terkait.

Situs website dapat direkomendasikan berulang kali melalui backlink dari satu website lain, dengan begitu popularitas domain akan meningkat.

Setiap domain dari backlink akan diterima dengan satu poin saja, jadi jika situs websaite lain menyediakan 100 tautan. Maka akan memeiliki nilai yang sama sehubungan dengan popularitas domain.

Ukuran domain

Ukuran domain yang dimaksud adalah dari banyaknya jumlah konten yang dipublikasikan telah dilihat oleh pengguna internet. Semakin banyak konten yang dipublikasikan akan semakin besar ukuran website kamu.

Namun, banyaknya konten saja tidak cukup menjadikan website memiliki peringkat atas di search engine Google. Konten harus memiliki kualitas agar dapat menarik perhatian pengguna internet semakin banyak dan luas.

Itulah tiga hal bagaimana search engine bisa menentukan peringkat domain authority dari website. Domain authority adalah salah satu dari sekian faktor lainnya yang menjadi tolak ukur tingkat kepercayaan search engine google pada suatu situs website.

Kriteria Domain Authority yang Baik

Eksternal links pada website yang berkualitas tinggi serta dalam jumlah yang banyak sudah pasti memiliki domain authority yang bagus pula. Sementara website yang tergolong baru cenderung memiliki skor domain authority yang rendah.

Dalam membangun domain authority membutuhkan waktu yang lama tentu dengan kualitas yang bagus. Neil Patel mengatakan bahwa Moz memiliki alogaritma rahasia yang dirancang sendiri untuk menentukan domain authority.

Cara Melakukan Pengecekan Domain Authority

Untuk mengetahui skor domain authority pada webasite kamu sangatlah mudah, Moz yang membuat domain authority telah memberikan tools gratis yang disebut dengan open site explorer

Tools tersebut dapat digunakan dengan mudah untuk mencari tahu seberapa baik domain authority pada website kamu. Setelah membuka tool, kamu perlu memasukkan URL di search bar, setelah itu kamu akan melihat hasil di bawah heading authority.

Website yang aktif dan sudah lama digunakan biasanya memiliki backlink yang bagus dan traffic tinggi yang berada di peringkat sekitar 40-60.

Berbeda dengan website yang masih baru tentu saja memiliki skor domain yang rendah. Seperti yang dikatakan Moz bahwa meningkatkan peringkat domain authority akan lebih mudah pada kisaran 20 ke 30 daripada dari 70 ke 80.

Cara Meningkatkan Domain Authority

cara meningkatkan domain authority

Setelah memahami apa itu Domain Authority dan kriteria yang baik, tentu kamu penasaran dengan bagaimana cara meningkatkannya bukan?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Domain Authority:

Google akan menganggap bahwa website kamu lebih kredibel dan dapat dipercaya saat website kamu memiliki link profile dengan kualitas yang baik.

Ada beberapa tools yang dapat kamu pakai saat mencari tahu kualitas link profile website kamu seperti, menggunakan SEMrush Backlink Cheker dan Link Explorer dari Moz.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan tool dari google dalam memperkuat link profile dan menghapus link yang tidak memiliki kualitas pada website.

Buat Konten yang Menarik

Konten pada website memiliki peran yang penting dalam meningkatkan domain authority, bahkan jika konten tidak berkualitas tentu sulit bagi website terlihat kredibel.

Konten dapat meningkatkan traffic yang tinggi, dengan konten yang baik dan berkualitas akan membuat website memiliki pengunjung yang setia.

Ketahui Juga: 11 Cara  Membuat Artikel Bisnis yang Menjual dan Menarik, Cobain Yuk!

Seperti yang kamu tahu bahwa backlink merupakan salah satu faktor penting dari domain authority karena membuat website menjadi lebih kredibel dan memiliki kualitas baik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat backlink yaitu dengan distribusi anchor text untuk baacklink secara tepat hingga link yang dicantumkan harus relevan dengan isi konten pada website kamu.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Manfaatnya untuk Bisnis

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial juga memiliki peranan yang tergolong penting untuk meningkatkan domain authority pada situs kamu. Kamu dapat memanfaatkan semua media sosial yang kamu miliki dengan menambahkan alamat situs kamu diprofil atau membagikan situs konten di sosial media kamu.

Hal tersebut mudah dilakukan dan mudah menjangkau pengguna internet karena sebagian besar teman kamu akan berinteraksi melalui sosial media. Selain itu, langkah ini akan membuat kontenmu lebih diterima oleh audience.

Melakukan Branding

Branding merupakan hal penting dalam memasarkan produk kamu, begitu pula dalam melakukan branding website maupun situs konten.

Karena pengguna internet akan mengaitkan situs dengan yang kamu ceritakan kepada mereka apakah sesuai sehingga mereka dapat menimbang kredibilitas produk kamu. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengguna internet terhadap website kamu.

Strategi branding dapat menolong kamu dalam memperluas pasar target dan membantu meningkatkan jumlah rate and share pada website kamu. Ada banyak strategi yang dapat kamu lakkukan secara online maupun offline.

Dengan memanfaatkan sosial media, seperti pembahasan poin sebelumnya mengenai sosial media. Kemudian memanfaatkan interaksi seseorang dari mulut ke mulut.

Walaupun akan memakan waktu yang lama, cara tersebut dapat membantu pula dalam mengenalkan produk dengan baik secara langsung.

Membangun Relasi

Membangun dan mempertahankan relasi yang baik dengan perusahaan atau pengelola website menjadi hal yang sangat kamu perlukan. Memiliki hubungan baik dengan orang-orang sekitar akan membuat kamu lebih mudah untuk meningkatkan kualitas website.

Mulai langkah ini dengan membagikan dan mempromosikan situs website dengan mudah, dan akan berbeda dengan orang yang memiliki sedikit relasi.

Salah satu cara membangun dan mempertahankan relasi adalah dengan terlebih dahulu membagikan konten atau mempromosikan situs mereka yang dapat dikategorikan sebagai infuencer.

Kemudian pujilah secara tulus konten mereka apabila mereka menghasilkan suatu karya atau produk yang bagus untuk kamu. Selain itu, kamu juga bisa menolong mereka untuk meningkatkan kualitas produk mereka dengan memberikan beberapa masukan yang berguna.

Berbagi ilmu itu penting apalagi yang bermanfaat bagi satu sama lain. Tidak perlu cemas tentang kompetisi karena dengan kerjasama yang kamu bangun bisa menjadi keuntungan untuk produk kamu.

Tingkatkan On Page SEO

Dalam meningkatkan SEO on page ada berbagai cara yang bervariasi. Beberapa di antaranya telah kita bahas di berbagai artikel SEO dan branding bisnis secara digital di laman Berita Terkini.

Berikut adalah ringkasan beberapa poin singkat yang bisa kamu jadikan tolak ukur untuk meningkatkan SEO on page pada website kamu:

Buatlah URL dengan singkat

Kamu perlu membuat link konten secara singkat dan jelas agar dapat dilihat dengan mudah oleh pengguna internet dan tidak telihat panjang.

Kaitkan keyword dengan URL

Apabila kamu membuat sebuah konten artikel dengan judul “apa itu domain authority dan cara meningkatkannya” maka URL yang perlu kamu cantumkan adalah keyword yang penting.

Khususnya dengan kemungkinan besar pengguna internet mencari keyword seperti “domain authority” atau “apa itu domain authority”.

Gunakan LSI Keyword kamu

LSI keyword merupakan keyword atau kata kunci yang saling terkait satu sama lain, sebuah istilah dalam SEO untuk satu keyword yang relevan dengan berbagai keyword lainnya. Jadi, buatlah beberapa keyword atau kata kunci terkait sekaligus dalam satu konten kamu.

Buatlah konten yang panjang

Banyak pakar yang mengatakan jumlah kata yang baik dalam suatu konten untuk SEO adalah sebanyak 1600 sampai 2000 kata. Karena dengan jumlah kata akan menentukan seberapa banyak dan berkualitasnya informasi yang kamu berikan kepada pengguna internet.

Gunakan heading tag

Dalam proses penataan konten, ada bagian untuk mengatur dan mendesain konten agar terlihat rapi dan indah yaitu salah satunya menggunakan heading tag.

Heading tag adalah tag HTML yang berguna untuk menunjukkan bagian halaman website dan memiliki enam tingkatan yang berturutan dari H1 hingga H6.

Cara mengaturnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengubah status “pharagraph” pada kata atau kalimat tertentu yang ingin kamu jadikan heading tag dan ubah ke status “Heading1” dan seterusnya secara berurutan.

Optimalkan title tag kamu untuk click-through rate

Kamu dapat membuat judul kamu optimal untuk search engine, misal kamu menyesuaikan kata-katanya seperti kata kunci yang banyak pengguna cari, terkain niche bisnismu.

Eksternal link merupakan tautan yang menuju website lain selain halaman di website kamu. Memberikan eksternal link pada konten kamu adalah hal yang wajar.

Beberapa website saling terhubung satu sama lain seperti website A menghubungkan website B, lalu website C menghubungkan ke website A dan B begitu seterusnya.

Buatlah tautan website yang domain authoritynya bagus atau berkualitas websitenya karena dapat menunjang kualitas website kamu.

Internal link adalah tautan pada website kamu ketika di klik tautan tersebut menuju ke arah halaman lain dari website yang sama. Internal link ini juga memiliki peran penting untuk SEO karena dapat membantu google dalam dalam menilai website kamu secara keseluruhan.

Apabila google memahami isi konten website kamu, maka akan lebih mudah website kamu mendapatkan peringkat atas di search engine.

Memaksimalkan kecepatan loading laman website

Dalam memaksimalkan website ada banyak faktor yang bisa kamu kelola. Misalnya tidak memasukkan gambar dengan resolusi yang besar, bila theme dari website kamu belum mobile friendly biasanya butuh waktu lebih lama untuk loading di layar hp.

Begitu pula dengan web hosting yang memiliki pengaruh besar dalam kecepatan website, dengan hosting yang berkualitas dan tersertifikasi sudah pasti sanggup meningkatkan kecepatan loading halaman pada website kamu.

Pakai aneka konten multimedia

Ketika membuat konten kamu perlu memasukkan berbagai jenis grafik, gambar dan video sebagai pendukung konten artikel kamu. Hal ini dapat mengindikasikan komprehensifnya suatu konten.

Selain itu, pengguna internet akan lebih betah membaca tulisan kamu sampai selesai karena aspek-aspek visual yang menarik itu.  

Beda Domain Authority dan Page Authority

pentingnya domain authority

Selain domain authority pasti kamu juga pernah mendengar istilah page authority. Penasaran dengan perbedaan antara dua istilah tersebut?

Tentu keduanya memiliki perbedaan walaupun memiliki kesamaan yaitu barometer baik bagi website maupun halaman website yang berkualitas bagi search engine.

Mudahnya, Domain authority merupakan penilaian suatu properti rumah secara keseluruhan, sementara page authority merupakan penilaian terhadap salah satu ruang kamarnya saja.

Jadi, untuk mengoptimalkan kinerja SEO, memang domain authority dan page authority sudah mestinya berjalan secara beriringan karena keduanya perlu kamu tingkatkan sebagai pengelola website.

Itulah penjelasan mengenai domain authority dan cara meningkatkannya, kamu dapat melihat bagian mana yang perlu kamu tingkatkan agar website kamu semakin berkualitas dan masuk perinkat atas di search engine Google.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya seputar ide bisnis kosmetik, cara promosi dan branding dalam digital marketing, dan info maklon kosmetik di laman Berita Terkini. See you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts