Panduan Optimasi SEO On Page untuk Pemula, Gampang!

optimasi seo on page

Pentingnya mempelajari optimasi SEO on page pada google untuk meningkatkan traffic website kamu. Tidak sedikit yang berusaha untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan penjualan bisnis dengan begitu perusahaan, misalnya dengan melakukan optimasi SEO On Page untuk Website bisnis mereka. 

Mengelola website tidak hanya sekedar mengisinya dengan konten terus menerus, perlu adanya cara untuk memenuhi kriteria google sehingga dikatakan layak untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian google.

Dalam mencapai tujuan tersebut, optimasi SEO on page harus dilakukan dengan tepat dan benar karena google senantiasa melakukan perubahan alogaritmanya secara berkala. Oleh karena itu, penting bagi kamu mengetahui bagaimana strategi optimasi SEO on page sesuai dengan alogaritma google.

Apa Itu SEO On Page?

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa itu SEO on page. Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik pencarian menggunakan frase yang mengandung indikator bermakna dalam halaman-halaman web yang akan di index oleh mesin pencari sebagai kata kunci pecarian.

Tujuan dari SEO adalah agar website selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu Search Engine, sehingga selalu berada di posisi tearatas, maka besar kemungkinan website kamu sering dikunjungi.

Cara optimasi SEO on page ini dikatakan mudah untuk dipelajari dan diterapkan pada website kamu. Hanya perlu membuat konten yang sesuai dengan aturan google maka, konten kamu akan lebih mudah ditemukan di search engine dan dapat meningkatkan traffic website kamu.

Baca Juga: Mau Tingkatkan Kunjungan Toko Online-mu? Simak Panduan SEO untuk Pemula Ini!

Beda SEO On Page dan SEO Off Page

Berbeda dengan SEO off page yang merupakan langkah optimasi SEO terhadap suatu website yang dilakukan diluar halaman (eksternal) website tersebut.

Metode optimasi SEO off page sangat erat kaitannya dengan backlink. Backlink adalah link yang disertakan dari website lain ke website yang dimaksud.

Sebuah backlink dapat dibaratkakan sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan sebuah website kamu maka akan semakin besar pula website kamu dalam mendapatkan perhatian dari mesin pencari.

Baca Juga: Panduan SEO Off Page untuk Pemula, Agar Website Bisnis Kian Ramai

15 Strategi Optimasi SEO On Page untuk Website Bisnismu

Nah, itulah sekilas pengertian dari SEO on page yang berbeda dengan SEO off page, jika kamu memahami SEO on page adalah kata kunci pada Search Engine Google. Maka SEO off page adalah kata kunci (backlink) tetapi dari pihak eksternal website.

Selanjutnya kamu perlu mempelajari strategi optimasi SEO on page agar permorma website kamu mengingkat:

Untuk kamu yang ingin mengoptimasikan SEO dengan benar harus mengetahui dasar utama dalam pembuatan website yaitu salah satunya penggunaan permalink yang sederhana. Permalink dapat membantu search engine untuk memahami topik yang diunggah pada website kamu.

Penggunaan permalink yang sederhana juga dapat lebih menarik dan lebih berpotensi untuk dibuka oleh pengunjung.

Permalink pada umumnya cukup memuat keyword yang ditentukan dan biasanya sudah disediakan secara otomatis seperti WordPress yang sudah ada atau dapat diedit dengan mudah. Dengan klik dashboard WordPress lalu pilih settings dan lanjut ke menu permalink.

Kemudian klik struktur permalink post name dan tekan save. Cara ini dapat membuat struktur permalink akan dikenal lebih mudah oleh search engine.

Buat Judul Konten yang Menarik

Konten yang menarik tidak akan lepas dari judul yang menarik pula, kamu perlu membuat judul yang lebih memikat dan menarik agar pengguna internet memilih untuk mengunjungi website kamu.

Apabila judul tidak menarik maka pengguna internet akan memilih untuk melewati konten kamu dan tidak jadi mengunjungi website yang sudah kamu buat. Buatlah kesan baik pengguna internet pada website kamu dari judul konten.

Tambahkan Gambar atau Video

Dalam menulis konten yang menarik dan bermanfaat, kamu perlu menambahkan gambar atau video yang sesuai dengan konten kamu. Menggunakan lebih dari satu foto atau video akan membuat konten semakin dimengerti oleh pengguna internet terutama tips dan trik.

Optimasi Gambar

Seperti yang kamu tahu, adanya gambar pada konten membuatnya lebih menarik. Oleh karena itu, perlu memperhatikan kualitas gambar agar tidak menurunkan kredibilitas website kamu. Pada umumnya, ukuran gambar yang terunggah cenderung kecil agar tidak memperlambat loading laman website.

Manfaatkan Heading dan Subheading

Penggunaan heading dan subheading dapat membantu pengguna internet untuk memahami isi konten. Konten akan terbagi menjadi beberapa bagian dan lebih mudah mendapatkan poin penting dalam waktu singkat.

Letakkan Focus Keyword Di 100 Kata Pertama 

Paragraf pertama harus memberikan kesan pertma yang baik bagi pengguna internet. Kamu harus to the point dalam menyampaikan isi konten tersebut. Oleh kare itu penting meletakkan fokus keyword di 100 kata pertama konten. 

Tidak menutup kemungkinan fokus keyword tidak cocok untuk diletakkan pada 100 kata pertama konten. Jika memang begitu kamu tidak perlu memaksakan untuk meletakkan focus keyword di paragraf pertama.

Tetapi kamu harus membuat paragraf pertama menjadi menarik dan jelas sehingga pengunjung lebih mudah memahami poin dari konten.

Gunakan Tema Responsif (Mobile Friendly)

Tema responsif tersebut adalah tema yang kompatibel dengan perangkat apapun. Baik ketika audience di perangkat desktop, tablet, maupun mobile, website kamu tetap berjalan dengan baik dan responsif.

Apalagi Google kini menerapkan mobile first indexing yang mengharuskan pemilik website untuk membuat website yang mobile friendly.

Dengan adanya mobile first indexing, kini google menilai performa website melalui versi mobile. Sehingga apabila website versi mobile kamu memiliki performa yang buruk, maka besar kemungkinan akan berpengaruh buruk pada kualitas SEO website versi lainnya.

Baca Juga: 11 Kriteria Website User Friendly yang Harus Kamu Tahu

Dalam pembuatan konten ada baiknya kamu sisipkan setidaknya satu outbond link atau eksternal link. Namun, link website yang memiliki reputasi baik dan bukan website asal-asalan. Adanya outbond link dapat menunjukkan konten yang kamu buat memiliki sumber yang krediel.

Outbond link tidak hanya membantu search engine untuk memahami niche website kamu, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan kualitas situs yang memainkan peran penting dalam SEO website kamu. 

Tidak hanya outbond link, kamu juga perlu memaksimalkan internal link. Fungsi internal link ini untuk mengarahkan satu konten ke konten lain yang ada di website kamu sehingga memudahkan pengunjung berpindah dari satu konten ke konten lainnya di website kamu.

Selain itu, internal link dapat membantu google dalam mencari dan memahami konteks yang berhubungan antar halaman dalam website. Google akan lebih mengutamakan website yang setiap kontennya saling berhubungan.

Tingkatkan Kecepatan Website

Akses internet saat ini sudah terbuka untuk semua kalangan. Begitu pula dengan website, tingkat kecepatan website perlu kamu perhatikan karena mempengaruhi traffic website.

Jika kecepatan website kamu masih di atas 5 detik, kamu perlu berhati-hati karena berdasarkan riset 53% pengunjung meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Semakin banyak yang meninggalkan website kamu, maka semakin tinggi pula bounce rate-nya. Bounce rate yang tinggi tentu berpengaruh pada SEO website kamu.

Gunakan LSI Keyword

Penggunaan keyword secara berlebihan pada konten akan Google anggap sebagai spam, untuk menyiasatinya kamu bisa menggunakan LSI keyword. Latent Semantic Indexing keyword adalah kata kunci yang di anggap relevan secara semantik oleh search engine.

Sekumpulan kata ini merupakan penyeragaman dari kata yang mirip sebagai pertimbangan search engine dalam menetapkan peringkat situs hasil pencarian.

Tidak semua orang menggunakan satu kata kunci yang sama, realitanya banyak yang menggunakan berbagai macam kata kunci, termasuk LSI Keyword. Jadi search engine akan mengindentifikasi kata kunci yang relevan agar konten kamu terhubung dengan topik yang spesifik.

Untuk menemukan LSI keyword, kamu dapat menggunakan layanan seperti LSIGraph atau LSIKeywords.

Tambahkan Tombol Share Media Sosial

Share media sosial tidak begitu berpengaruh pada kualitas SEO, tetapi media sosial dapat membantu kamu menjangkau dan membangun pengunjung baru di berbagai platform.

Pengunjung dapat membagikan konten kamu dengan mudah sehingga perlu adanya tombol share media sosial pada website kamu. Dengan begitu, pengguna internet lain hanya perlu menekan tombol share dan otomatis berbagi konten di media sosial pilihannya.

Perhatikan Panjang Konten

Konten yang berkualitas dan menarik adalah sebuah pilihan. Salah satu indikator SEO on page adalah jumlah kata dalam konten. Memang tidak ada angka pasti berapa jumlah kata yang harus ada dalam konten.

Mungkin kamu perlu membuat 800 kata untuk keyword A tetapi untuk keyword B kamu harus membuat konten sebanyak 2000 kata. 

Kamu perlu memperhatikan jumlah kata dalam konten artikel yang kamu buat tersebut. Dengan melihat jumlah kata pada konten kompetitor, kamu dapat membandingkan jumlah konten kamu dengan kompetitor agar dapat membuat konten dalam jumlah yang sama.

Pastikan Buat Konten Berkualitas dan Solutif

Menulis artikel SEO friendly perlu adanya ketelitian agar sesuai dengan kaidah google, sehingga membuat artikel menjadi lebih berkualitas. Tanpa kualitas yang baik dapat membuat kamu sulit untuk memenangkan persaingan pada hasil pencarian google.

Artikel yang berkualitas harus menjawab pertanyaan pengunjung saat mereka mengetikkan kata kunci di search engine, yang mereka harapkan adalah jawaban sesuai yang mereka inginkan. Jadi, pastikan isi konten dapat memberikan informasi yang relevan sesuai kebutuhan pengunjung.

Membuka link di tab baru mungkin terlihat sepele, tetapi bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung website kamu. Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memaksa pengunjung tetap berada di situsnya tetapi dapat berpindah halaman sesuai link yang pengunjung klik.

Fasilitas yang diberikan pengunjung pada link dapat terbuka pada halaman yang sama atau berbeda, misalnya menggunakan javascript.

Mengaplikasikan optimasi SEO on page adalah salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan traffic website kamu. Optimasi SEO on page juga bukanlah hal sulit. Dengan menerapkan 15 langkah di atas, kamu sudah meningkatkan kualitas on page SEO dengan baik.

Nah, Beautypreneur, itu adalah strategi optimasi SEO On Page yang bisa kamu terapkan untuk website bisnis brand kosmetikmu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan jumlah kunjungan Website, menjangkau segmentasi pengunjung baru, dan menciptakan leads potensial untuk bisnismu.

Selain tips ini, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis artikel digital marketing dan branding bisnis kosmetik di laman Berita Terkini. Atau, terus ikuti info terbaru seputar maklon dan bisnis kosmetik lainnya di media sosial Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts