Branding Kosmetik

7 Cara Optimasi SEO Facebook untuk Tingkatkan Engagement Akun, Catat Ya!

cara optimasi seo facebook page

SEO biasanya memang dikenal untuk meningkatkan performa Website. Namun saat ini tak hanya berlaku untuk itu saja. Saat ini berbagai sosial media juga menggunakan SEO untuk meningkatkan performa konten, salah satunya adalah Facebook. Lantas bagaimana cara oprimasi SEO Facebook?

Platform sosial media terbesar di dunia ini juga menggunakan system SEO. Dengan menggunakan system ini dengan tepat, profil Facebookmu bisa dengan mudah ditemukan oleh orang. Sehingga bisnis yang sedang kamu kembangkan juga akan mudah dikenali.

Artikel ini akan membahas tentang SEO Facebook. Untuk kamu yang saat ini sedang terjun di dunia digital marketing, wajib mengikuti artikel ini hingga selesai. Sebab tak bisa dipungkiri bahwa Facebook saat ini masih memegang kendali besar dalam promosi bisnis yang kamu kembangkan.  Berikut penjelasannya.

Apa Itu SEO Facebook Page?

SEO Facebook merupakan system atau strategi yang digunakan untuk membuat halaman profil Facebookmu berada pada urutan teratas di kolom pencarian. Seperti yang diketahui bahwa pengguna internet cenderung akan memilih rekomendasi pertama hingga ke tiga dalam rekomendasi mesin pencarian.

Jika halaman profilmu berada pada urutan tersebut, maka besar kemungkinannya halamanmu dapat ditemukan oleh orang. Sehingga orang akan dengan mudah mereview dan meninjau bisnis yang kamu jalankan.

Dengan menggunakan SEO Facebook, kamu juga bisa mendapat engagement yang lebih. Engagement ini berfungsi untuk meningkatkan performamu dalam promosi. Semakin besar engagement yang kamu dapatkan, itu berarti semakin banyak pula peminat yang tertarik pada produk atau bisnismu.

Seperti yang diketahui engagement pada Facebook ini meliputi like, komentar, share, hingga add. Semua aktivitas yang dilakukan para pengguna Facebook di halaman profilmu disebut dengan engagement. Semakin banyak engagement yang kamu dapatkan, potensi penjualan meningkat pun akan semakin tinggi.

Akan tetapi perlu ditekankan bahwa optimasi SEO tidak hanya dapat dilakukan satu kali saja. Namun harus berkali-kali dan konsisten. Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih terlihat nantinya. Nah, bagaimana sih cara optimasi SEO Facebook Page? Berikut langkah-langkahnya.

7 Cara Optimasi SEO Facebook Page

Mengoptimasi SEO Facebook page merupakan aspek yang cukup penting dilakukan dalam digital marketing. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa hal ini dapat meningkatkan performamu dalam promosi sekaligus meningkatkan penjualan.

Untuk lebih tepatnya, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengoptimasi SEO Facebook. Selamat mencoba.

Gunakan Keyword yang Tepat

Cara pertama yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggunakan kalimat yang tepat. Seperti yang diketahui bahwa salah satu kinerja SEO adalah menggunakan keyword atau yang lebih dikenal dengan kata kunci. Dengan menggunakan kata kunci ini orang akan lebih mudah menemukan profilmu.

Usahakan untuk menggunakan kata kunci sesuai dengan bisnis yang sedang  kamu tekuni. Misalnya saat ini kamu sedang mengembangkan bisnis kosmetik. Nah, kamu bisa memasukkan kata kosmetik atau yang berhubungan dengan hal tersebut.

Mulai di nama Facebook hingga pada setiap konten yang kamu buat. Dengan menggunakan kata kunci tersebut secara rutin, algoritma Facebook akan merekam dan merkomendasikan halaman profil serta kontenmu pada urutan teratas mesin pencarian.

Optimalkan Profil Facebook

Tidak afdol rasanya jika sudah menggunakan kata kunci yang tepat namun profil Facebookmu tidak lengkap. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap performa halamanmu pada mesin pencarian. Semakin lengkap profik yang kamu buat, Facebook akan lebih mengenali akunmu.

Selain itu, profil juga merupakan wajah utama bagi perusahaan. Kredibilitas perusahaanmu akan dinilai melalui profil. Sehingga sangat penting dan wajib hukumnya untuk melengkapi profil. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk melengkapi profil Facebook Fanpage.

Pertama adalah melengkapi foto profil dan sampul. Buatlah dua foto ini dengan nada yang sama. Kamu bisa menambahkan logo atau foto produk pada profil Facebook Fanpage. Supaya merek yang kamu pasarkan lebih dikenal.

Setelah itu kamu juga harus melengkapi bio dengan menyertakan deskribsi singkat mengenai perusahaan. Buatlah deskripsi semenarik mungkin agar orang juga memiliki minat tinggi untuk mengunjungi halaman Facebook dan melakukan aktivitas di dalamnya.

Tak hanya itu, kamu juga perlu mencantumkan beberapa informasi di dalamnya. Seperti akun sosmedmu yang lain, e commerce hingga nomor telefon yang bisa dihubungi oleh pelanggan. Tentu saja kelengkapan ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna yang mengunjungi profilmu.

Masukkan Keyword pada User Name dan About

Ada hal penting juga yang perlu kamu lakukan ketika melengkapi profil Facebook. Yaitu dengan menggunakan keyword pada user name dan about. Seperti yang telah dijelaskan sebelunya bahwa kata kunci ini akan menjadi acuan penting bagi Facebook untuk menampilkan halamanmu di urutan pertama mesin pencarian.

Dengan menambahkan kata kunci pada username dan about akan membantu hal tersebut. Sebab kedua unsure itu sangat berkaitan. Misalnya kamu sedang menjalankan bisnis kosmetik. Nah, kamu bisa memasukkan kata kosmetik pada username.

Kemudian tak lupa juga pada deskripsi singkat, kamu juga memasukkan kata kosmetik. Dengan adanya hal ini search engine akan lebih menemukan halaman profilmu.

Tautkan Akun dengan Google My Business

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menambahkan link atau tautan dengan Google My Business. Dengan menautkan akun dengan Google My Business, pengguna bisa dengan mudah menemukan bisnismu.

Seperti yang diketahui bahwa fitur Google ini bertujuan untuk memberitahu pengguna tentang segala informasi yang berkaitan dengan binis yang sedang kamu jalankan. Sehingga dengan menautkan akun dengan Google My Business, pengguna akan lebih memahami bisnis yang sedang kamu jalankan.

Sehingga ketika mereka akan melakukan aktivitas pembelian juga tidak akan meragu. So, sangat penting sekali langkah ini untuk tidak kalian lewati.

Gunakan Kata Kunci pada Hashtag

Seperti yang diketahui bahwa hastag atau tagar memegang performa penting untuk meningkatkan performa di Facebook. Salah satu fungsi hastag adalah dapat menjangkau pengguna lebih banyak lagi. Termasuk yang non follower.

Tentu saja kamu harus menggunakan hastag yang sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Yakni dengan menggunakannya kata kunci pada hastag. Kata kunci ini tidak boleh melenceng jauh dari bisnis yang kamu kembangkan.

Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai pada hastag, algoritma Facebook dapat membawa kontenmu untuk menjangkau pengguna yang cenderung menyukai konten yang sama. Tentu hal ini akan sangat berpotensi agar kontenmu lebih banyak pengguna Facebook temukan dengan mudah.

Gunakan Kata Kunci Turunan pada Deskripsi dan Caption

Tak hanya menggunakan kata kunci pada username, hastag dan juga about, menggunakan kata kunci turunan pada deskripsi dan caption pada konten juga sangat penting. Seperti yang telah kita jelaskan, sebelumnya bahwa salah satu aspek penting untuk meningkatkan system SEO Facebook adalah dengan konsistensi.

Ketika kamu konsisten membuat konten dengan memasukkan kata kunci pada deskripsi dan caption, algoritma Facebook akan mudah mengenali halaman profilmu. Sehingga search engine pun akan dengan mudah menemukan bisnis yang kamu jalankan.

Perlu kamu ingat bahwa deskribsi yang kamu buat harus singkat dan jelas. Jangan bertele-tele dan membuat orang kebingungan dengan maksud dan tujuan yang ingin kamu sampaikan.

Analisis Facebook Insight

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan sebagai cara optimasi SEO Facebook adalah dengan menganalisis Facebook Insight. Dengan menganalisis insight kamu akan mengetahui performa Facebookmu.

Melalui insight kamu juga mengevaluasi diri. Tentu ini akan sangat penting dalam membuat strategi untuk ke depannya. Dalam insight Facebook ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Yakni reach, saves, impression, like, comment hingga audience. Matrik tersebut menjadi tolok ukur sebuah kesuksesan promosi lewat Facebook.

Itulah beberapa cara optimasi SEO Facebook. Melalui cara tersebut, search engine akan lebih mudah membaca dan mengenali profilmu. Sehingga potensi berada pada urutan paling atas di mesin pencarian pun akan semakin tinggi.

Namun ternyata tak hanya itu saja manfaat yang akan kamu dapatkan ketika optimasi SEO Facebook. Masih banyak yang lainnya. Apa saja? berikut manfaatnya.

Manfaat Meningkatkan SEO Facebook Page

Selain berpotensi halaman Facebookmu page-mu berada pada halaman pertama mesin pencarian, mengoptimasi SEO juga dapat mendatangkan manfaat lain. Yang tentunya ini sangat berguna untuk meningkatkan perfomasi promosimu.

Berikut daftar manfaat yang akan kamu dapat ketika mengoptimasi SEO Facebook Page.

Meningkatkan Traffic

Bila kata kunci yang kamu gunakan tepat dengan konten dan profil Facebook, maka traffic pun akan meningkat. Oleh karena itu sangat penting pula bagi kamu untuk meriset kata kunci terlebih dahulu.

Gunakan kata kunci dengan jumlah pencarian yang tinggi. Sehingga dengan menggunakan hal tersebut, kamu bisa menemukan kata kunci yang tepat.

Target Lebih Jelas

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan adalah target audience yang lebih jelas. Setelah mengetahui kata kunci dengan jumlah pencarian yang tinggi, kamu bisa mengetahui siapa saja yang berpotensi menjadi pelanggan.

Sehingga kamu juga bisa menargetkan pelanggan yang ingin kamu tuju. Apalagi jika kamu juga menggunakan kata kunci tersebut pada hastag. Pasti potensi para audience yang mempunyai minat yang sama akan menjangkau profilmu pun akan semakin tinggi.

Promosi 24 Jam

Seperti yang kamu ketahui bahwa sosial media tidak terbatas oleh waktu. Begitu juga dengan Facebook. Apalagi system Meta saat ini adalah 24 jam promosi tanpa henti.

Jadi kamu bisa mempromosikan bisnis pada waktu yang fleksibel. System search engine juga akan bekerja 24 jam untuk mempromosikan bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Bersaing dengan Bisnis yang Lebih Besar

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan adalah bisa bersaing dengan bisnis yang lebih besar. Selain itu kamu bisa meneliti dan memahami performa kompetitormu.

Dengan begitu kamu bisa menyusun strategi yang tepat untuk bersaing dengan mereka. Jika kamu menggunakan strategi yang pas, potensi lebih unggul pun semakin tinggi.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai optimasi SEO Facebook Page. Bagaiamana, Beautypreneurs? Sudah siap untuk meningkatkan performa promosi?

Baca Juga: 8 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Tingkatkan Engagement Akun

Untuk membuat konten promosimu kian menarik, kamu bisa menggunakan foto produk atau video marketing di dalamnya. Sehingga akan ada banyak pengunjung yang masuk ke laman Facebook-mu dan menonton konten promosimu.

Di Mash Moshem Indonesia, kamu tak hanya bisa membuat produk kosmetikmu sendiri. Melainkan, mendapatkan berbagai fasilitas menarik, seperti pembuatan foto produk, video produksi, dan berbagai media promosi lain yang dapat menunjang kampanye marketing-mu.

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011