Strategi Multichannel Marketing: Definisi dan Cara Penerapannya

strategi multichannel marketing (2)

Untuk meningkatkan performa sebuah bisnis diperlukan banyak strategi. Salah satunya adalah multichannel marketing, yang terbilang sangat efektif untuk meningkatkan performa bisnis dari berbagai aspek.

Bahkan dengan menggunakan multichannel marketing kamu juga dapat menyasar berbagai pelanggan. Tidak hanya berkutat pada satu target saja. Selain itu, dengan menggunakan strategi multichannel marketing kamu lebih banyak menghemat waktu dan biaya.

Kepuasan pelanggan juga dipercaya akan meningkat dengan adanya strategi yang satu ini. Sebab dengan menggunakan strategi multichannel merupakan cara berinteraksi dengan pelanggan dengan lebih efektif. Komunikasi pun akan semakin terjalin erat.

Untuk lebih lengkapnya penjelasan mengenai multichannel marketing, kamu bisa mengikuti dan membaca artikel ini hingga selesai. Selamat membaca!

Apa Itu Multichannel Marketing?

Dalam sebuah perusahaan pasti akan membuat beragam strategi untuk meningkatkan performa bisnisnya. Salah satu strategi yang paling sering digunakan adalah multichannel marketing. Ini merupakan strategi pemasaran yang menggunakan berbagai channel sebagai media pemasaran, mulai dari offline hingga online.

Sebab salah satu tujuan dari strategi ini adalah untuk menjalin komunikasi dengan para pelanggan dengan maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan banyak media untuk promosi.

Dengan adanya banyak channel ini juga membantu perusahaan mencari pelanggan dari berbagai lini. Sebab channel yang digunakan sangat beragam. Seperti yang diketahui bahwa setiap channel mempunyai audiencennya sendiri.

Sehingga dari berbagai macam audience tersebut bisa dirangkul dan mengenalkannya pada bisnis yang sedang kita jalani. Saluran pemasaran dalam strategi ini pun sangat beragam. Mulai dari toko offline, website perusahaan, email marketing, media sosial, saluran telepon, hingga aplikasi.

Adanya banyak saluran tersebut dapat mempermudah pelanggan untuk mengakses segala informasi yang berkaitan dengan bisnis.

Contohnya ketika ada pelanggan kurang puas mencari informasi mengenasi bisnis kosmetikmu di sosial media, mereka akan berpindah mencarinya melalui website. Sehingga mereka bisa puas dengan infomasi yang kamu sajikan.

Ketahui Juga: Strategi Omnichannel untuk Bisnis Online – Manfaat, Cara Kerja dan Penerapannya

Namun seberapa pentingnya memiliki strategi multichannel ini dalam pemasaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, baca artikel ini hingga selesai.

Pentingnya Multichannel Marketing

strategi multichannel marketing (2)

Jika ditanya seberapa pentingnya multichannel marketing dalam strategi pemasaran, jawabnya adalah sangat penting. Dan perusahaan wajib hukumnya untuk menerapkan strategi yang satu ini. Sebab dengan menggunakan strategi ini akan membantumu mendapat pelanggan yang lebih banyak.

Tentu hal tersebut merupakan tujuan utama dari sebuah promosi. Semakin banyak channel yang kamu buat, akan semakin banyak pula pelanggan yang kamu dapatkan. Tak hanya meningkatkan pelanggan, namun juga memberi kepercayaan pada mereka.

Artinya kredibilitas perusahaanmu sangat diakui di sini. Dengan begitu peluang untuk meningkatkan brand awareness pun akan semakin tinggi. Karena semakin banyak channel yang kamu buat, semakin banyak pula kesempatan mereka untuk melihat promosi yang kamu jalankan.

Namun juga perlu diperhatikan bahwa channel yang satu dengan yang lainnya tidak saling berkomunikasi. Jadi sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan performa setiap channel. Jangan hanya asal membuat saja.

Sebagai contoh ada pelanggan yang mengikuti email newslatter, namun dia tidak mengikuti sosial mediamu. Nah ketika kamu hanya berfokus pada sosial media saja, tentu pelanggan yang mengikuti email newslatter akan ketinggalan banyak informasi.

Hal ini berpotensi membuat pelanggan email newslatter akan hilang. Tentu hal tersebut adalah salah satu yang tidak diinginkan. Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan performa semua channel.

Itulah alasan mengapa multichannel marketing sangat penting dilakukan oleh perusahaan. Lantas bagaimana strategi penerapan multichannel marketing yang jitu? Berikut cara atau strategi yang bisa kamu gunakan.

Strategi Penerapan Multichannel Marketing

Setelah mengetahui beragam manfaatnya, tentu pasti saat ini kamu tergiur untuk menerapkan strategi yang satu ini untuk meningkatkan performa bisnismu. Berikut adalah beberapa strategi penerapan multichannel marketing yang bisa kamu gunakan:

Tentukan Target Pelanggan

Salah satu aspek terpenting dalam strategi penerapan multichannel marketing adalah dengan menentukan target pelanggan. Dengan menentukan pelanggan kamu bisa membuat strategi yang pas dan tepat untuk promosi bisnis ke depannya.

Sebelum menentukan target pelanggan, hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan reaseacrh terlebih dahulu. Setelah melakukan riset pasar, kamu bisa melakukan segmentasi. Yakni siapa pelanggan yang ingin kamu tuju.

Dengan melakukan riset pasar ini, kamu juga bisa mengetahui kebutuhan apa yang sedang mereka butuhkan saat ini. Sehingga hal ini bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tak hanya itu, dengan lebih mendalami audience,kamu juga bisa mengetahui selera mereka. Jadi nantinya juga akan memudahkanmu untuk merancang strategi yang pas untuk para audience ini. Untuk lebih tepatnya kamu bisa menggunakan metode buyer persona.

Metode buyer persona ini merupakan metode memahami pelanggan dengan membayangkan menjadi pelanggan itu sendiri. Dengan memposisikan diri sebagai pelanggan, kamu bisa lebih mengetahui keinginan mereka.

Pilih Channel yang Ingin Digunakan

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah menentukan target pelanggan adalah memilih channel yang akan kamu gunakan nantinya. Semakin banyak channel yang kamu gunakan akan semakin tinggi pula potensi mendapat banyak pelanggan.

Namun perlu kamu ingat bahwa setiap channel harus dikelola dengan baik. Jangan hanya sekedar punya saja. Oleh karena itu kamu juga perlu memperhatikan sumber daya yang ada. Jika tidak memungkinkan untuk memiliki banyak channel karena jumlah sumber daya yang terbatas, jangan memaksakan.

Pilihlah channel yang sesuai dengan target pelanggan yang ingin kamu tuju. Kemudian maksimalkan chanel tersebut dengan baik agar pelanggan juga ikut aktif dalam berkomunikasi. Sehingga awareness terhadap brand pun akan semakin tinggi.

Padukan Pesan Secara Konsisten

Seperti yang kamu ketahui bahwa salah satu cara untuk menentukan keberhasilan multichannel marketing adalah dengan memadukan isi pesan secara konsisten.

Setiap channel mungkin mempunyai segmentasinya sendiri. Namun alangkah baiknya penyampaian pesan yang selaras ini kamu lakukan di setiap channel agar terlihat kompak.

Meskipun setiap channel memiliki tim yang berbeda, namun penyampaian pesan ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab ini juga mempengaruhi brand voice yang sedang kamu kembangkan. Apa itu brand voice? Brand voice merupakan gaya komunikasi brand kepada pelanggan.

Gaya komunikasi ini nantinya akan menjadi cerminan atau cirri khas dalam sebuah brand. Dengan menggunakan gaya komunikasi yang sama, citra dari brand yang sedang kamu kembangkan pun akan terlihat. Ini juga berpotensi tinggi untuk mendatangkan brand loyalty dari pelanggan.

Sesuaikan Pesan Berdasarkan Channel Masing-masing

Memadupadankan pesan secara konsisten memang penting. Namun kamu juga harus menyesuaikan pesan tersebut berdasarkan channel masing-masing. Sebab setiap channel memiliki segmentasinya tersendiri. Bahkan kebiasaan para audiencenya pun sangat berbeda.

Jika kamu sudah menemukan brand voice, maka jangan lupa untuk membuat pesan yang konsisten. Namun meskipun demikian, jangan menyamakan isi pesan yang kamu sampaikan, misalnya konten Twitter dan Intagram.

Dua platform tersebut memiliki audience yang berbeda. Tentu kamu harus menyesuaikan sesuai kebutuhan yang mereka inginkan. Konten di Twitter akan befokus pada tulisan daripada gambar. Sedangkan di Instagram akan berfokus pada visual.

Tentu itu adalah dua hal yang berbeda. Jadi sangat penting bagi kamu untuk menyesuaikan pesan berdasarkan channel masing-masing.

Baca Juga: Apa Beda Omnichannel dan Multichannel Marketing? Ini penjelasannya!

So, itulah penjelasan mengenai streategi multichannel marketing yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu para pelaku bisnis, wajib hukumnya untuk melakukan strategi yang satu ini. Sebab banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Salah satunya menjaring banyak pelanggan.

Selain strategi multichannel marketing, kamu bisa menemukan banyak tips pemasaran dan branding produk lainnya di Berita Terkini.

Kamu juga bisa mengikuti Webinar Digital Marketing yang Mash Moshem Indonesia adakan secara gratis untukmu. Dalam acara ini, kami akan berbagai mengenai semua tips pemasaran dan promosi digital untuk produk maupun brand kosmetikmu.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment