Cara Melakukan Soft Launching di Instagram untuk Brand Kosmetik
Media online sekarang banyak dijadikan sebagai strategi marketing. Salah satunya platform Instgram yang banyak digunakan untuk berjualan online atau media promosi. Bahkan beberapa brand kecantikan juga gencar melakukan promosi dan soft launching di media Instagram untuk menarik konsumen agar penasaran.
Nah, untuk kamu para Beautypreneurs yang akan memulai bisnis, bisa mencoba strategi soft launching lewat media Instagram. Soft launching ini juga bertujuan untuk mengenalkan produk-produk kamu pertama kalinya terlebih dahulu.
Melalui strategi ini nantinya kamu akan mendapat feedback dari para pengguna platform untuk meningkatkan produk maupun layanan sebelum memasuki pasar. Selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa antusias para pengguna dengan produk milikmu.
Nah, bagaimana sih cara melakukan soft launching di Instagram untuk mempromosikan brand kosmetik milikmu? Simak penjelasannya berikut ini, ya, Beautypreneurs!
Apa itu Soft Launching?
Soft launching adalah salah satu cara membangun atau mengenalkan produk sebelum peluncuran resmi. Soft launching juga dapat kamu jadikan sebagai ajakan khusus kepada beberapa pelanggan pilihan yang bisa mengaksesnya.
Proses launching ini juga dapat kamu lakukan dalam media sosial seperti Instagram melalui laman online, offline, seminar, atau webinar.
Adapaun tujuan dari soft launching ini adalah untuk mendapatkan feedback dari para pengguna awal serta menjadi media riset untuk meningkatkan brand lewat saran-saran dari mereka.
Hal itu nantinya juga dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk menyempurnakan produk atau proses peluncuran yang akan kamu lakukan dalam soft launching di media sosial.
Cara Merencanakan Soft Launch di Instagram untuk Brand Kosmetik
Melakukan soft launching juga memiliki beberapa cara dan perencanaan yang tepat agar berhasil dan mendatangkan para pengguna yang tertarik. Berikut cara serta proses perencanaan bila kamu ingin melakukan soft launching pada produk kosmetik:
Tentukan Tujuan Launching
Sebelum kamu melakukan soft launching di platform Instagram, kamu harus menentukan tujuan dari keseluruhan merek milikmu.
Di samping itu kamu harus menentukan feedback apa yang ingin kamu dapatkan dengan melakukan peluncuran tersebut. Misalnya ingin menarik minat konsumen, menyadarkan konsumen tentang pentingnya produk baru milikmu, dan masih banyak lagi tujuan yang bisa kamu pertimbangankan dalam proses soft launching ini.
Buat Timeline
Setelah tujuan, kamu juga harus menentukan waktu yang tepat untuk melakukan soft launching di Instagram ini. Jadi kamu bisa memilih tanggal, hari, hingga bulan sesuai keinginan.
Langkah ini sangat penting dalam mempersiapkan kampanye brand, serta membantu peluncuran tetap berada pada jalurnya. Sehingga kamu bisa menghindari berbagai risiko yang dapat menghalangi atau menghambat rencana awal.
Tentukan Arah Kreativitasmu
Next, kamu juga harus memiliki strategi peluncuran soft launching ini dengan kreatif. Terutama dalam sosial media, misalnya kamu bisa mulai membuat postingan Instagram yang indah dan persuasif melalui citra produkmu.
Salah satu cara yang saat ini banyak dilakukan adalah melakukan strategi soft launching dengan konten. Nah, di sini kamu bisa mulai mempersiapkan konten yang menarik para pengguna agar dapat menarik minat konsumen.
Buat Aset
Setelah membuat konten baik itu berupa gambar, video, ataupun grafik kamu bisa mulai mengumpulkan konten-konten tersebut dan nantinya kamu bisa mengirimkannya ke akun Instagram.
Dalam membuat konten tersebut, kamu juga harus ingat kalau arah kreatif dan estetika kontenmu akan menggambarkan citra produkmu. Sehingga lewat konten tersebut kamu bisa menarik minat konsumen, serta dapat menjadi umpan kohesif agar dihargai pengguna Instagram.
Maksimalkan Berbagai Fitur Penting
Platform Instagram juga menyediakan banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan, lho. Jadi hal tersebut juga akan membantu proses pembuatan konten agar lebih hebat secara visual, misalnya lewat fitur Instagram Stories yang dapat meyakinkan para pengguna.
Kolaborasi dengan Influencer
Strategi pemasaran juga dapat kamu lakukan dengan bantuan influencer. Tentu kamu sudah tidak asing dengan hal ini, bukan?
Sekarang sudah banyak produk-produk kosmetik yang melakukan kolaborasi dengan beberapa influencer terkenal di Instagram ataupun TikTok. Penggunaan influencer ini juga dapat membantu proses kampanye soft launching agar semakin luas jangkauannya.
Proses pendekatan ini juga dapat kamu lakukan secara fisik, yakni dengan menyelenggarakan acara untuk mengundang para influencer agar dapat membantu proses promosi produk kamu.
Jadwalkan Unggah Aset
Untuk mengunggah konten yang telah dibuat sebelumnya, kamu bisa melakukan penjadwalan. Maksudnya, kamu bisa menjadwalkan konten mana saja yang harus diunggah dalam rentang tertentu, misalnya saat pembukaan soft launching ini.
Jadi kamu bisa mengunggah konten yang menarik tapi membuat pengguna penasaran hingga akhirnya mereka akan stay di Instagram-mu untuk menunggu kelanjutan launching produk kamu.
Tips Merawat Akun Promosi Sebelum dan Sesudah Launching
Eits, jangan berpikir bahwa setelah peluncuran soft launching semua selesai. Jawabannya tentu tidak ya, Guys! Berikut hal yang perlu kamu perhatikan, meliputi:
Lakukan Perawatan dan Konsisten Branding
Ketika kamu melakukan proses branding akun Instagram, terutama saat kampanye produk, kamu harus terus melakukan penyegaran tampilan. Misalnya saja menampilkan unggahan yang estetik dan khas agar dapat menarik minat para pengguna Instagram.
Hal yang dapat kamu lakukan, bisa dengan mulai membuat generator yang berwarna lewat aplikasi Adobe atau Canva.
Ciptakan “Hype” di Sekitar Waktu Launching
Selanjutnya, kamu bisa memperhatikan beberapa hal yang hype di platform Instagram. Jadi kamu bisa mulai menciptakan hype dari produkmu sendiri, seperti membuat konten menarik sampai hari peluncuran.
Tapi kamu juga harus ingat bahwa para pengguna tidak suka menunggu lama, usahakan jangan mengulur waktu kampanye produk agar tidak menghilangkan rasa antusiasme pengguna.
Lakukan Pengarsipan Aset
Setiap konten baik gambar, video, ataupun ilustrasi sebaiknya dimasukan ke dalam fitur Instagram seperti dimasukan ke dalam sorotan cerita.
Hal tersebut untuk membuat tampilan beranda Instagram tetap produktif dan menunjukkan adanya intensitas berkomunikasi dengan pengguna. Jadi jangan lupa untuk menyimpan hal-hal kecil yang telah kamu lakukan sebelumnya.
Update Konten secara Konsisten
Seperti penjelasan sebelumnya, tetap publikasi konten secara bertahan dan terjadwal agar ada komunikasi antar pengguna.
Selain itu, konsistensi unggahan konten juga dapat menjaga keterlibatan antar pengguna dengan akun bisnismu tetap tinggi, yang artinya kamu tetap mendapat pencapaian tinggi setelah proses soft launching.
Gunakan Fitur Instagram Shopping
Belanja online semakin banyak peminat. Selain memudahkan konsumen juga membuat belanja menjadi praktis hanya lewat media sosial, salah satunya lewat platform Instagram yang saat ini juga sudah menyediakan fitur belanja online.
Dengan mengaktifkan fitur belanja online di Instagram, kamu akan dengan mudah menarik pembeli setelah soft launching berarti itu artinya promosi soft launching-mu berhasil menjangkau target pemasaran.
Gunakan Hashtag yang Relevan pada Tiap Postingan
.
Menaikkan proses branding dalam proses kampanye produk juga dapat kamu lakukan dengan cara menyertakan tagar di setiap postingan Instagram bisnismu.
Selain itu menggunakan tagar juga dapat digunakan oleh pengguna atau pengikut setelah kampanye produk kamu, jadi antar pengguna dengan akunmu dapat menambah keterlibatan.
Contoh Strategi Soft Launching yang Sukses oleh Brand Kosmetik Besar
Nah, kali ini ada beberapa contoh soft launching dari produk-produk kosmetik kenamaan dunia yang dapat menjadi inspirasi kamu saat akan meluncurkan produk.
Strategi Soft Launching Milik Fenty Beauty
Pertama, ada brand kosmetik milik penyanyi Hollywood Rihanna yaitu Fenty Beauty.
Dalam proses soft launching tersebut mulai meluncurkan tiga produk. Mulai dari make up remover, toner, dan sunscreen SPF sebagai salah satu produk rutinitas perawatan kulit yang lengkap digunakan sehari-hari.
Nama Fenty Beauty lambat laun pun menjadi hit di kalangan pecinta produk kosmetik. Meski sudah kategori brand besar, brand dari pelantun Umbrella itu tetap membutuhkan waktu untuk mendapat validasi pasar.
Pergerakkan secara bertahan itulah yang akhirnya membuat nama Fenty dikenal dunia dan akhirnya produk yang dikeluarkan semakin bervariasi.
Rare Beauty Selena Gomez
Kedua, ada brand milik Selena Gomez Rare Beauty yang melakukan soft launching pada 2020 dengan meluncurkan produk foundation dengan 48 warna, dan concealer.
Hampir sama dengan Fenty Beauty bahwa proses peluncuran produk Rare ini tidak mudah. Mereka harus melihat peluang pasar, setelah diterima pasar barulah produk-produk tersebut mengeluarkan produk baru seperti eye shadow, eyeliner, dan lainnya.
Meski proses peluncuran Rare Beauty ini tidak selembut Fenty Beauty, brand milik Selena tetap dirancang untuk menguji pasar sambil memberikan penawaran yang layak kepada konsumen.
Charlotte Tilbury
Ketiga, ada produk Charlotte Tilbury yang terkenal dengan krim dan pelembabnya. Tilbury juga membuat riasan untuk brand ternama seperti Dior, dan Armani. Tapi dalam proses peluncurannya di pasaran. Tilbury juga telah meluncurkan satu produk yang diklaim sebagai sumber kecantikan yang kredibel.
Sugar Cosmetic
Keempat ada brand kecantikan dari negara India bernama Sugar Cosmetics yang mungkin tidak dalam kategori brand besar di pasar global. Namun brand ini bertanggung jawab atas nama produk Lakme saat pertama kali meluncurkan produk.
Sebelumnya Sugar Cosmetics juga melakukan riset yang akhirnya ada peluang menjanjikan di pasar India terutama dalam produk kosmetik, jadi tidak ada salahnya untuk memanfaatkan peluang tersebut bukan?
Dari peluang itulah akhirnya Sugar Cosmetics mencoba menciptakan produk gel matte. Akhirnya brand ini memfokuskan untuk mengembangkan serta menyempurnakan produk liner, hingga produk tersebut akhirnya dipasarkan ke seluruh India dan bagian Eropa.
Brand Sugar Cosmetic sendiri mencoba untuk mengembangkan serta membangun produk yang belum terlalu dikenal orang atau mungkin produk belum sempurna pemasaranya.
Jadi Sugar Cosmetics hanya fokus pada merek berdasarkan satu produk saja. Hal ini sama dengan semboyan Sugar Cosmetic yakni keberhasilan dalam berfokus pada satu produk saja.
Get Ready to Launch Your Beauty Brand!
Nah, itulah penjelasan mengenai cara melakukan soft launching untuk brand kosmetik di Instagram, apakah kamu tertarik untuk menggunakan strategi ini, Beautypreneurs?
Konten yang menarik dan kreatif adalah salah satu kunci keberhasilan strategi soft launching di Instagram, sehingga audiens akan tertarik dan mau mengklik iklan promosimu.
Nah, di Mash Moshem Indonesia sendiri, selain memberikan layanan pembuatan kosmetik dengan label pribadi, kami juga menawarkan layanan after sales untuk menunjang strategi soft launching brand kosmetik milikmu di Instagram.
Media promosi yang kami berikan ini nantinya berupa brosur, Frequently Asked Question (FAQ) sebagai product knowledge, foto produk, video produksi, dan banyak lainnya. Semua media promosi ini dapat kamu distribusikan pada seluruh channel marketing-mu, baik online maupun offline.
Well, sudah siap untuk membuat produkmu bersama maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia? Dapatkan banyak penawaran after sales untuk mendukung kebutuhan promosi brand kosmetikmu.
Klik tombol di bawah ini untuk memulai konsultasi atau mendiskusikan harga maklon kosmetik bersama tim pemasaran kami. See you!