Branding Kosmetik

Apa Itu Earned Media Marketing? Ini Definisi dan Cara Menerapkannya

earned media marketing adalah

Tahukah kamu? Lebih dari 92% konsumen percaya dengan rekomendasi dari mulut ke mulut hingga mereka mau melakukan pembelian. Lewat fakta ini, kamu bisa menggunakan earned media marketing sebagai teknik promosi dan branding untuk bisnis kosmetikmu.

Pada dasarnya, earned media marketing telah banyak dilakukan oleh berbagai brand besar. Efeknya untuk bisnis pun diklaim cukup siginifikan.

Earned media ini seringkali disebut sebagai earned content atau free media. Namun, dari ketiga penyebutan ini memiliki makna yang sama, kok.

Penasaran, kan, apa itu earned media marketing, serta bagaimana cara menerapkannya pada brand dan bisnis kosmetikmu? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, ya, Beautypreneurs.

Apa Itu Earned Media?

Earned media merupakan bentuk kegiatan publikasi brand yang berisi konten atau materi, di mana kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk melakukan promosi atau publikasi brand.

Melansir dari laman Titan Growth, earned media juga merupakan media hasil kampanye pemasaran dan juga strategi pemasaran yang bisa kamu peroleh dengan organik/natural, tanpa harus melalu jasa periklanan yang berbayar.

Sederhananya earned media menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan publikasi secara gratis yang berkaitan dengan promosi brand.

Uniknya dari bentuk publikasi brand ini, orang yang melakukan kegiatan kampanye pemasaran bukan dari pihak perusahaan, akan tetapi dari pihak lainnya yang bisa saja tidak terikat dengan perusahaan. Seperti pengguna, pelanggan, audiens dan lain sebagainnya.

Dari sini dapat kita pahami, bahwa pihak di luar perusahaan juga memiliki peranan penting untuk publikasi brand. Karenanya, hal ini sangat wajib untuk kamu pikirkan. Karena kedepannya dapat mempengaruhi bagaimana brand kamu bisa tergambar dan masyarakat kenali.

Earned media akan membuat pelanggan dipengaruhi oleh banyak pihak, diantaranya seperti mendapatkan pendapat  dari teman, keluarga dan juga informasi yang di dapat dari media sosial.

Di dukung dengan keadaan masa kini yang serba canggih dan cepat, dimana masyarakat di berbagai daerah bisa saling berkomunikasi karena terkoneksi dengan internet melalui platfrom media sosial.

Dengan hali akan memungkinkan orang-orang di media sosial berpeluang untuk menuliskan berbagai macam hal terkait dengan perusahaan dan brand kamu.

Adapun isitilah yang sering berdampingan dengan earned media seperti owned media dan paid media, di mana ketiga isitilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Owned media adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara gratis dengan menggunakan saluran yang kamu miliki sendiri seperti media sosial perusahaan, konten blog dan lain sebagainya. Sedangkan paid media merupakan kegiatan pemasaran berbayar, contohnya seperti iklan online.

Pentingnya Earned Media untuk Bisnis Online

Fenomena perkembangan teknologi yang sedang terjadi telah mempengaruhi pola kehdiupan masyarakat saat ini. Dengan fenomena tersebut, hadirnya earned media akan membuat pelanggan atau target audience dapat bertindak sebagai media itu sendiri.

Contohnya adanya penerapan UGC (User Generated Content) yang menjadikan pelanggan meriview brand atau produk kamu, di mana kedepannya pelanggan akan dapat terhubung secara langsung dengan brand kamu.

Dengan adanya keterlibatan pelanggan tersebut, akan mempengaruhi perkembangan perusahaan dan peningkatan citra brand kamu dengan sangat efektif, dimana penjualan juga akan menjadi lebih cepat dan juga efektif.

Dari sini perusahaan kamu akan terbantu untuk mencapai brand awareness terbaiknya. Earned media akan memiliki peranan penting, terutama untuk kamu yang memiliki bisnis online.

Berikut ini adalah beberapa hal penting terkait earned media yang harus kemu perhatikan seperti;

Distribusi dan Penguatan Konten

Pentingnya melakukan penguatan konten akan sangat mempengaruhi intensitas brand dengan audiens. Karena tidak dipungkiri lagi bahwa konten adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang cukup efektif.

Agar konten bisa menyebar dan terdistribusikan dengan baik, menggunakan earned media merupakan kuncinya.

Hal ini bisa kamu mulai dengan cara membagikan konten yang telah kamu buat kepada seseorang melalui media sosial. Kegiatan tersebut akan memungkinkan brand kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens di media sosial.

Kredibilitas Merk

Jika kamu seorang penjual, pastinya kamu akan meninggikan produk yang kamu jual. Maka dari itu, kamu akan memerlukan pihak di luar perusahaan kamu untuk meyakinkan calon pelanggan di luar sana.

Perlu kamu ingat, bahwa pelanggan yang puas dengan produk yang kamu distribusikan akan sangat mempengaruhi orang lain untuk menjadi pelanggan produkmu juga.

Di sini kamu dapat meningkatkan kredibilitas merk jualan kamu dengan cara tidak langsung, karena pendapat seorang pelanggan tidak dapat kamu beli dengan mudah.

Dengan alasan tersebut, hadirnya earned media akan menjadi sangat penting untuk kemajuan perusahaan kamu.

Strategi yang murah

Tidak sedikit kegiatan penjualan dibantu dengan iklan berbayar. Namun, motede pemasaran ini cukuplah mahal untuk diterapkan.

Hal tersebut belum lagi di dukung dengan stigma masyarakat yang tidak begitu percaya dengan iklan online. Fenomena ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat lebih menyukai testimoni serta pendapat dari pelanggan yang nyata yang telah menggunalkan produk.

Maka dari itu kamu harus dapat memulai menggunakan metode earned content. Hal ini bisa membantu kamu untuk menghmat pengeluaran anggaran perusahaan kamu, dan bisa tetap mendekatkan kamu dengan tujuan pemasaran.

Di dalam dunia pemasaran, proses metode yang dilakukan ini biasa disebut sebagai referral marketing. Dimana para pelanggan lama bisa menarik pelanggan baru.

Strategi Meningkatkan Earned Media Marketing

Earned media pada umumnya akan dilakaukan oleh pihak ketiga di luar perusaahan, dan bisa kamu dapatakan secara gratis. Hal tersebut tentunya dapat menjadi peluang tersendiri terutama untuk meningkatkan brand awarness yang kamu miliki.

Maka dari itu, kamu sangat perlu untuk bisa memanfaatkan serta memaksimalkan peluang earned mediang dengan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa strategi earned media yang bisa kamu gunakan agar dapat meningkatkan brand awarness seperti;

Maksimalkan Media Sosial

Tempat yang paling tepat untuk menyapa audiens adalah media sosial. Kamu bisa menjalin komunikasi kamu dengan para followers kamu, seperti membalas pesan pribadi atau kolom komentar.

Dengan hadirnya interaksi ini, kamu bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kemudian earned content akan bisa segera kamu dapatkan sebagai bentuk timbal baliknya.

Tingkatkan Kualitas Konten

Konten yang menarik akan mendapat tempat serta peluang lebih banyak lagi untuk dibagikan. Maka dari itu bisa dipastikan bahwa salah satu kesuksesan earned media adalah terciptanya konten yang baik dan menarik.

Agar kamu bisa mencapainya, kamu dapat membuat konten menjadi lebih interaktif fngan cara membuat infografi, mengadalkan kusi dan lain sebagainnya.

Buat dan Pertahankan Media Relationship

Perlu kamu ketahui juga, bahwa media relationship memiliki kesamaan dengan hubungan yang lain, yaitu seperti perlunya memelihara lead nurturing serta juga membangun kepercayaan dengan audiens atau pelanggan.

Jalinan hubungan seperti ini sebenarnya tidak harus kamu lakukan dengan cara melewati E-mail kok. Maka dari itu kamu harus bisa meluangkan waktu kamu untuk membangun media relationship ya!

Dengan memperthankan media relaitonship kamu bis amenemukan kalau nama brand kamu secara alami bisa muncul di dalam artikel dan juga media sosial lainnya.

Manfaatkan Semua Marketing Channel

Untuk mendapatkan earned media terbaik, menggunakan platform-platfrom media sosial meurapakan solusi terbaik.

Akan tetapi, jangan batasi kegiatan promosi brand kamu hanya berhenti pada media sosial. Kamu juga bisa menjajaki kemungkinan-kemungkinan lain. Contohnya seperti mengirim konten kamu di email newsletter perusahaan kamu.

Kamu juga bisa memanfaatkan karyawan di perusahaan kamu untuk membagikannya, hal ini agar peningkatan earned media kamu bisa tercapai dengan mudah.

Kekuatan Orang Dalam? Mengapa Tidak!

Menjalin hubungan dengan orang-orang di dalam lingkup industir seperti influecer, blogger sampai KOL adalah bagian terpenting untuk meningkatkan citra brand.

Selain itu, membangun hubungan dengan orang-orang di dalam lingkup industri juga bisa membuat brand serta konten kamu bisa menjadi lebih dihormati dan juga dikenal.

Menjadi Merek Favorit Audiens

Salah satu strategi paling penting agar earned media kamu bisa meningkat adalah audiens atau pelanggan yang kamu miliki.

Disini audiens kamu berpeluang memainkan peranan yang cukup penting untuk mendukung kesuksesan perolehan peningkatan citra brand secara menyeluruh.

Maka dari itu, kamu harus bisa memaksimalkan peran audiens kamu yaitu dengan menjadikan brand kamu sebagai salah satu brand favorit mereka.

Stragei ini juga bisa kamu gunakan untuk memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik yang berkesan untuk para audiens dan pelanggan kamu.

Contoh Content Earned Media Marketing

Terdapat beberapa jenis umum dari earned media, dimana semuanya memerlukan waktu agar bisa berkembang. Akan tetapi berikut ini akan terdapat beberapa contoh menegenai hasil organik dari pembangunan komunitas serta strategi pers yang cukup efektif seperti berikut ini;

Postingan Produk di Sosmed

Biasanya perusahaan akan membagikan konten yang telah mereka buat untuk meningkatkan citra brand, namun dalam kasus ini pelanggan atau audiens kamu akan ikut mempromosikan brand kamu secara gratis.

Kegiatan promosi brand secara gratis ini mereka lakukan dengan cara menuliskan pengalaman mereka terkait dengan penggunaan produk yang telah kamu jual di dalam postingan media sosial yang mereka miliki.

Contohnya seperti ada seorang pelanggan kamu yang memposting foto produk kamu di instagramnya, sambil mengatakan bahwa produk yang kamu jual itu sangat memuaskan.

Kemudian tanpa diduga postingan pelanggan kamu ini mendapatkan beberapa repost, coment dan juga likes dari teman-temannya. Fenomena inilah yang dinamakan sebagai earned media.

Review Pelanggan

Berawal dari contoh yang pertama, secara tidak langsung kamu juga akan memperoleh earned content berupa reviewdari pelanggan. Akan tetapi artian dari review pelanggan ini juga dapat merujuk pada suatu tulisan ulasan mengenai produk yang kamu jual dari Google Reviews, atau juga bisa melalui form ulasan terkait brand kamu yang sudah disediakan di website atau media sosial.

Liputan Media

Liputan media di sini adalah sebuah press release yang berisikan konten tentang perusahaan dan memiliki nilai marketing tersendiri. Dan dalam prakteknya, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar jasa promosi ataupun tulisan liputan tersebut.

Contohnya seperti salah satu produk kamu bisa tercantum di dalam daftar hadiah partisipasi pada suatu acara. Salain itu, juga bisa di saat perusahaan kamu sedang melakukan langkah terbaru, kemudian layak untuk mendapatkan sorotan media.

Word of Mouth

Word of mouth merupakan salah satu contoh strategi yang cukup tricky namun gratis dari earned media. Pada umumnya, jenis media ini bisa melingkupi percakapan sehari-hari antara salah satu pelanggan produk kamu dengan orang lain yang sedang mencari produk seperti produk yang kamu jual.

Contoh fenomenanya seperti ada salah satu pelanggan kamu yang berprofesi sebagai blogger dan influencer, kemudian memperbincangkan produk terbu kamu di media sosial instagram dan membagikannya ke media sosial lainya.

Hasilnya followers influencer dan teman-temannya akan dapat melihat produk kamu, bahkan berpeluang untuk langsung engage dengan produk kamu.

Hasil Pencarian Search Engine

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu peran terpenting yang terdapat di dalam earned content. Pada dasarnya setiap kali kamu memproduksi konten untuk website perusahaan kamu, SEO akan otomatis mencatat konten kamu di direktorinya.

Jika keyword penelusuran sesesorang bisa cocok dengan blog yang baru saja kamu tulis, websit kamu kemungkinan besar akan segera muncul di halaman pertama dari hasil pencari.

Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan riset keyword yang benar, simak tipsnya di sini!

Nah, Beautypreneurs, itu adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Earned Media Marketing. Mulai dari definisinya, bagaimana keuntungannya, juga contoh penerapan kontennya.

Selain menerapkan strategi ini, kamu juga bisa menyimak berbagai tips pemasaran dan branding bisnis kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya, Beautypreneurs!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011