Branding Kosmetik

Para Pembuat Konten Wajib Tahu! Cara Menggunakan Facebook Creator Studio

facebook group untuk bisnis

Tak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini Facebook masih menjadi sosial media yang digandrungi masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penggunanya semakin banyak dari hari ke hari. Di tahun 2022 ini saja sudah mencapai 142,5 juta pengguna.  Nah, tahukah kamu kalau Facebook juga memiliki fitur creator studio?

Dengan angka tersebut Indonesia berhasil menempati posisi kedua dengan pengguna Facebook tertinggi di dunia setelah Amerika. Wow! Tak heran dengan banyaknya pengguna Facebook menjadi media sosial paling diincar oleh para pebisnis untuk promosi. 

Nggak hanya untuk para pebisnis, Facebook juga banyak diincar masyarakat sebagai sarana untuk membranding diri. Banyak dari berbagai selebriti yang memulai karirnya dengan eksis di Facebook. Hal inilah yang membuat perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini semakin merentangkan sayapnya ke berbagai media sosial. 

Bahkan Instagram hingga Whatsapp kini menjadi satu grup dengan Facebook. Tentu ini sangat menguntungkan bagi para pembuat konten. Sebab ketiga media sosial tersebut bisa terintegrasi satu sama lain. 

Apalagi sekarang sudah ada fitur yang namanya Facebook Creator Studio. Melalui fitur ini kamu akan semakin mudah membuat konten yang langsung terhubung dengan ketiga sosial mediamu. Bahkan kamu juga bisa menjadwalkan konten yang sudah kamu buat. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menggunakan Facebook Creator, sebaiknya kamu mengetahui apa itu Facebook Creator Studio terlebih dahulu. Berikut penjelasannya. 

Apa Itu Facebook Creator Studio?

Bagi para pelaku digital marketing mungkin sudah tidak asing dengan fitur yang satu ini. Selain memiliki banyak manfaat untuk para pembuat konten, fitur yang hadir pada tahun 2017 ini juga sangat memudahkan pelaku industri kreatif. 

Secara singkatnya Facebook Creator Studio merupakan salah satu tools yang dibuat oleh Facebook yang langsung terintegrasi oleh system yang dibutuhkan untuk keperluan pembuat konten. Seperti posting, mengelola sosial media, mengukur kualitas, mengawasi perkembangan sosial media. 

Semua itu dapat kamu lihat melalui insight di Facebook Creator Studio. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadwalkan postingan sesuai dengan waktu yang kamu tentukan. Bahkan Facebook Creator Studio juga akan memberikan rekomendasi yang tepat untuk postinganmu. 

Dengan kemudahan inilah yang membuat para pebuat konten memilih Facebook Creator Studio sebagai media utama untuk promosi mereka. Apalagi melalui fitur yang satu ini kamu bisa langsung menghubungkan postinganmu ke dua sosial media sekaligus. Yakni Facebook dan Instagram. Bahkan bila kamu ingin menghubungkannya dengan Whatsapp juga sangat bisa. 

Kehadiran fitur ini memang sangat membantu para pekerja kreatif. Selain beberapa yang telah dijelaskan di atas, Facebook Creator Studio masih mempunyai banyak manfaat yang lain. Apa saja? Berikut manfaatnya. 

Manfaat Facebook Creator Studio

Kecanggihan tools yang satu ini memang tak bisa dipungkiri lagi. Kehadirannya membawa banyak sekali manfaat bagi industri kreatif. Apalagi untuk para pembuat konten dalam merancang beberapa ide. Apa saja manfaat dari Facebook Creator Studio? Berikut daftarnya. 

Menjadwal Konten

Berkat adanya Facebook Creator Studio, para pekerja kreatif bisa mengambil hari libur tanpa harus memikirkan untuk mengunggah konten. Sebab mereka dapat menjadwalkan konten tersebut melalui Facebook Creator Studio. 

Tak hanya dapat menjadwal konten untuk satu sosial media saja. Namun Facebook Creator Studio juga dapat menjadwal konten lintas sosmed. Seperti Instagram dan Facebook dalam satu waktu. Sehingga kamu tidak perlu bingung untuk menjadwalkannya dua kali. 

Manage Konten

Manfaat Facebook Creator Studio selanjutnya untuk memanage konten. Tak hanya mengunggah postingan saja, melalui tools ini kamu bisa mengawasi konten yang telah kamu buat. Apakah sukses atau tidak. 

Kamu juga bisa memfilter semua potsingan yang telah kamu unggah. Mulai dari foto, video hingga teks. Hal ini untuk melakukan evaluasi konten. Apalagi kamu juga melihat engagement yang kamu peroleh melalui insight. Sehingga akan lebih actual dalam melakukan evaluasi dan merancang konten yang lebih baik untuk ke depannya. 

Melacak Konten Asli

Tahu nggak sih setiap konten yang diunggah di media sosial telah terlindungi hak ciptanya. Begitu pula dengan konten yang kamu buat. Dengan menggunakan Facebook Creator Studio, kamu bisa melacak dimana dan bagaimana konten asli yang kamu buat. 

Cukup dengan melihatnya di Halaman Manager Hak. Fitur tersebut dapat mendeteksi keaslian dari gambar, video dan audio yang ada. Hal ini juga bisa membuatmu lebih berhati-hati dalam membuat konten. Jangan sampai konten yang produksi terkesan menjiplak karya orang lain. 

Itulah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh Facebook Creator Studio. Lantas bagaimana sih cara menggunakan tools yang satu ini? Apakah sangat ribet? Well tidak perlu khawatir, sebab semua pertanyaanmu akan dijelaskan sebagaimana berikut. Selamat membaca!

Cara Menggunakan Facebook Creator Studio

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, kini saatnya bagi kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan Facebook Creator Studio. Kunci dari cara penggunaannya adalah dengan mengetahui berbagai fitur di dalamnya. Apa saja fitur-fitur yang ada dalam Facebook Creator Studio? Berikut penjelasannya. 

Insight

Fitur pertama yang wajib kamu gunakan dalam Facebook Creator Studio adalah insight. Fitur yang satu ini mampu merekam interaksi antara audience dengan kamu. Semua interaksi yang berupa like, komen, share, hingga follow itu disebut sebagai engagement rate. 

Melalui fitur insight kamu dapat mengetahui seberapa banyak engagement rate yang kamu dapat. Bahkan kamu juga bisa memantau dan memonitor aktivitas dari follower. Ini sangat berguna sebagai bahan evaluasi untuk membuat konten yang lebih baik untuk kedepannya. 

Tak hanya untuk Facebook, kamu juga bisa memantau engagement rate di Instagram sekaligus. Sehingga kamu tidak perlu menggunakan dua tools untuk monitoring dua akun sosial mediamu. Cukup dengan satu, semua dapat terpantau. 

Galery Konten

Yang menggembirakan dari tools buatan Facebook ini adalah dapat menampilkan beberapa konten yang telah kita buat sesuai dengan waktu pengunggahannya. Bisa dibilang semacam galeri. Jadi kamu bisa melihat apa saja postingan yang telah kamu unggah selama beberapa waktu. 

Bahkan juga bisa menjadwalkan postingan selanjutnya yang akan kamu unggah. Tentu hal ini akan sangat memudahkan para pembuat konten dalam memanage akun. Sehingga mereka tidak perlu pusing untuk mengunggah konten tersebut secara dadakan. 

Selain itu, melalui Facebook Creator Studio kamu juga bisa mengkategorikan postingan berdasarkan tipe dan karakteristiknya. Sehingga akan mudah untuk kamu dalam melakukan evaluasi. 

Monetisasi 

Siapa bilang bermain sosial media tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan salah, melalui Facebook Creator studio kamu juga bisa menghasilkan uang. Yakni dengan memonetize akunmu. Namun ini hanya berlaku bagi akun yang sudah memiliki banyak penggemar. 

Caranya bagaimana? Cukup mudah. Kamu harus mengunjungi halaman monetize terlebih dahulu. Selanjutnya daftarkan diri kamu. Tunggu selama beberapa waktu untuk mendapat approval dari Facebook. 

Kamu juga bisa mengetahui segala macam informasinya melalui halaman itu. Termasuk bagaimana cara beriklan dan cara mengambil uang yang didapatkan. 

Koleksi Musik

Tahu nggak sih bahwa selama ini ternyata Facebook sudah menyediakan tempat bagi para pembuat konten untuk memilih musik. Yakni Music Collection. Melalui fitur tersebut kamu bebas memilih musik yang kamu suka. Tentu saja dengan gratis. Kamu tidak perlu membayar royaltinya pada sang penyanyi. 

Fasilitas ini dibuat oleh Facebook dengan tujuan untuk membuat para creator lebih kreatif dalam membuat konten. Tentu juga untuk memperkaya konten agar tidak terlihat monoton dan membosankan. So, tertarik untuk menggunakannya?

Kotak Masuk

Fitur selanjutnya adalah Kotak Masuk Pesan. Fitur ini dibuat untuk memudahkan para creator berinteraksi dengan audience. Uniknya jika kamu menggunakan fitur yang satu ini, tidak hanya dapat melakukan interaksi di Facebook saja. Namun juga Instagram. 

Sehingga kamu tidak perlu repot untuk berganti-ganti akun. Cukup dengan menggunakan Facebook Creator Studio, kamu bisa membalas komentar ataupun pesan dari sosial media tersebut secara bersamaan. Jadi komunikasi pun akan terjalin lebih lancar. 

Untuk cara kerja fitur yang satu ini juga sama dengan yang lainnya. Yakni pesan yang dikirim pengguna akan ditampilkan, dan kamu pun cukup membalasnya seperti biasa. 

Right Manager 

Untuk meminimalisir terjadinya plagiasi, Facebook juga membuat fitur yang namanya Right Manager. Fitur ini dapat mendeteksi berbagai macam plagiasi. Mulai dari musik atau audio, gambar, hingga visual video. 

Jadi originalitas sebuah konten dalam sosial media pun akan selalu terjaga. Pengelolaan hak cipta ini dapat mendeteksi keoriginalitasan sebuah konten secara otomatis. Dengan fitur ini para plagiat pun akan semakin berkurang. 

Live Dashboard

Di era yang serba sosial media ini berbagai hal pun dapat dilakukan. Salah satunya adalah siaran live. Tak mau ketinggalan dengan platform yang lainnya, Facebook Creator Studio juga mempunyai fitur yang namanya Dashboard Live. 

Sama seperti yang lainya, fitur ini untuk menyiarkan kegiatan live yang para creator lakukan. Entah itu sedang sharing, berjualan atau bahkan seminar. Biasanya para creator memanfaatkan fitur ini untuk hiburan semata. 

Namun dengan seiring perkembangannya, mereka tidak hanya memanfaatkannya untuk eksis saja. Tapi juga untuk bisnis. Bahkan beberapa dari mereka juga ada yang memanfaatkannya untuk membuat event. Seperti live sale hingga live shopping. Tentu hal ini akan membuat komunikasi antara pemilik akun dan followernya semakin erat. 

Nah setelah mengetahui apa saja fitur yang ada dan cara menggunakannya, kini saatnya kamu mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengakses halaman tersebut. Caranya pun cukup mudah sekali. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa meminta bantuan orang lain. berikut tutorialnya. 

– Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki halaman Fans Page terlebih dahulu. Jika sudah punya kamu tinggal mengikuti langkah selanjutnya.

– Kemudian kamu harus login terlebih dahulu ke akun Facebook Personal

– Lalu kamu bisa melanjutkannya dengan mengunjungi laman Facebook Creator Studio

– Setelah itu yang kamu lakukan adalah mengikuti setiap pengaturan yang ada

– selesai

Itulah beberapa penjelasan mengenai Creator Studio. Menurut beberapa penelitian, tools yang satu ini memang sangat menunjang dalam hal promosi. Apalagi dalam digital marketing. So, untuk kamu para pebisnis dan pembuat konten, wajib hukumnya untuk mengetahui tools yang satu ini. Selamat mencoba!  

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011