Sustainable Beauty, Tren Kecantikan Ramah Lingkungan yang Patut Dicoba

sustainable beauty

Apakah kamu sudah mengenal istilah sustainable beauty ini? Mungkin sebagian dari kamu sudah paham ya tren ini. Tapi mungkin sebagian lagi tidak familiar dengan sustainable beauty.

Sebagian orang memang tidak bisa dipisahkan dari produk-produk perawatan tubuh, mulai dari sabun, sampo, pasta gigi, lotion, hingga skincare lainnya. Kebutuhan akan produk perawatan yang kamu pakai tentunya menggunakan kemasan dan bahan-bahan yang mungkin kurang ramah lingkungan.

Kemasan pada produk-produk tersebut biasanya menggunakan bahan plastik dan mengandung bahan kimia sintetik yang memiliki dampak buruk bagi alam.

Nah, di sinilah keresahan akan lingkungan yang menjadi buruk tersebut muncul. Mengingat plastik dan kemasan pada produk perawatan semakin banyak dan mengotori lingkungan kita.

Fenomena menggunakan alternatif produk konvensional dengan produk sustainable ini mulai menjadi tren saat ini. Mengingat banyak orang-orang telah sadar bahwa kita harus meminimalisir dampak buruk untuk bumi dan untuk mahluk hidup lainnya.

Untuk mengerti sustainable beauty menjadi tren kecantikan yang ramah lingkungan, yuk pahami dulu makna dari sustainable beauty ini! Let’s goooo!

Apa itu Sustainable Beauty?

Sebelum mengenal lebih jauh tren sustainable beauty ini, yuk cari tahu dulu apa makna dari tren ini secara umum. Sustainable beauty (kecantikan berkelanjutan) merupakan tren kecantikan yang bekerja untuk mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

Tren sustainable beauty ini memiliki 3 nilai pokok, yaitu ramah untuk kulit, ramah untuk lingkungan, dan ramah sosial. Ketiga poin tersebut haruslah seimbang saat diterapkan pada produk kosmetik dan skincare.

Nah, sustainable beauty kemudian mampu menjadi alternatif yang tidak hanya baik untuk tubuh, namun juga tidak berdampak buruk untuk lingkungan. Lalu, mengapa kamu harus beralih ke sustainable beauty ini? Berikut alasannya! Simak baik-baik ya!

Baca Juga: Produk Ramah Lingkungan Kian Diburu, Ada Inovasi Kosmetik Biodegradable?

Alasan Harus Beralih ke Sustainable Beauty!

Sekarang kamu sudah tau kan apa itu sustainable beauty, namun apakah kita benar-benar harus beralih dari produk konvensional dan mengikuti tren produk ramah lingkungan ini?

Ya, inilah beberapa alasan yang harus kamu tau mengapa kita harus beralih memakai sustainable beauty. Karena tidak hanya baik untuk kulit dan tubuhmu, sustainable beauty juga berperan penting dalam menjaga keamanan dan kelestarian alam.

Sehingga, selain menjaga kecantikan kulit, kita juga bisa ikut serta melestarikan keanekaragaman hayati, dan membantu sedikit dalam perlindungan alam.

So, yuk simak alasan mengapa kita harus beralih ke sustainable beauty! Happy reading, Guys!

Memiliki Bahan Tidak Berbahaya Bagi Tubuh

Produk yang sudah sustainable beauty umumnya diformulasi dari bahan-bahan yang sustainable juga, guys! Inilah alasannya mengapa produk sustainable beauty tidak berbahaya bagi tubuh dan memiliki manfaat yang jangka panjang.

Dibandingkan dengan bahan sintetik yang sebagian besar berasal dari minyak bumi, dimana bahan tersebut tida sustainable. Maka, bahan natural dari produk sustainable beauty tentunya memiliki keunggulan dari segi manfaat, terutama untuk tubuh kita.

Jadi, kenapa masih ragu dengan produk sustainable beauty yang dari segi bahan saja sudah jelas lebih aman? Jadi, jangan ragu untuk mengganti produkmu dengan produk sustainable beauty ya!

Berlabel Cruelty-free

Beberapa dari kalian mungkin sudah mengerti makna dari cruelty-free ini. Cruelty-free memiliki arti tidak membahayakan mahluk hidup apapun saat masa proses pembuatan suatu produk. Mulai dari ekstrasi bahan-bahan hingga produk tersebut sudah jadi.

Oleh karenanya, formulator dari sebuah produk sustainable beauty tentunya akan melihat dari mana bahan-bahan yang akan datang itu berasal. Mereka akan melihat apakah produsen bahan memiliki kredibel tang terpercaya atau tidak.

Hal tersebut akan menjadi suatu alasan bahwa standardisasi itu penting dalam pembuatan produk sustainable beauty. Jangan sampai bahan dengan klain alami dan natural yang berasal dari alam, namun ternyata proses pembuatannya bertentangan dengan isu etis dan lingkungan.

Jadi, setiap formulator dari sustainable beauty telah melakukan riset dan benar-benar menjaga standard yang mereka tetapkan.

Baca Juga: Produk Kosmetik Cruelty-Free, Apa Maksudnya?

Palm Oil Free

Produk sustainable beauty tidak menggunakan bahan minyak kelapa sawit konvensional yang dikenal memberikan dampak negatif untuk lingkungan ya! Kecuali produk kecantikan tersebut menggunakan palm oil dengan label sustainable (RSPO).

Seperti apa palm oil yang berlabel sustainable (RSPO) tersebut? Berikut prinsip-prinsipnya!

Berkomitmen Penuh Terhadap Transparansi

Artinya transparasi tersebut mencangkup informasi yang berhubungan dengan konservasi lingkungan, keadaan sosial di area sekitar usaha kelapa sawit, dan juga status hukum.Selalu patuh pada hukum yang berlaku. Hukum tersebut berkaitan dengan hukum yang ada di negara asal pengusaha.

Sekaligus hukum internasional yang berlaku dalam sektor perdagangan minyal sawit (palm oil). Selain mematuhi hukum, pengusaga juga bisa membuktikan hak legal penggunaan lahan yang mereka perlukan untuk usaha kelapa sawit tersebut.

Management Perusahaan yang Tersertifikasi Pengelola Usaha

Memiliki management perusahaan yang mengajukan sertifikasi wajib terhadap rencana pengelolaan usaha. Minimal untuk 3 tahun kedepan. Serta memiliki pengelolaan keuangan yang didokumentasi secara jelas dan transparan.

Praktik Usaha Perkebunan yang Baik

Melakukan praktik usaha perkebunan kelapa sawit yang baik. Artinya perusahaan harus memiliki dokumentasi yang lengkap, mulai dari dokumentasi operasional, penanganan dalam kesuburan tanah, hingga usaha mereka dalam pengendalian erosi dalam jangka panjang.

Turut Bertanggung Jawab dalam Konservasi Lingkungan

Ikut bertanggung jawab dalam konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati. Pemiliki usaha kelapa sawit ini mampu menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Kemudian dengan mengatur limbah produksi, ikut melestarikan alam di sekitar lahan kelapa sawit, serta tidak membakar lahan untuk membuka area baru.

Mampu bertanggung jawab terhadap karyawan mereka, kepada masyarakat, dan individu yang terkena dampak langsung dari keberadaan perkebunan tersebut. Yang artinya, perusahaan memiliki kepekaan terhadap dampak sosial, dan bisnis yang mereka jalankan. Termasuk peduli terhdapa kesehahteraan dan kelangsungan hidup masyarakat di sekitar tempat usaha kelapa sawit.

Melakukan pengembangan lahan usaha yang bertanggung jawab. Pengusaha mampu melakukan kajian yang komprehensif saat hendak melakukan pengembangan usaha atau peluasan area. Analisis yang harus dilakukan mencangkup topografi wilayah, pemeriksaan independen, dan survei kawasan yang bernilai konservasi tinggi.

Memiliki komitmen untuk melakukan perbaikan lingkungan secara berkelanjutan. Jadi, selama perusahaan tersebut masih beroprasi. Pengelolaan harus terus mengawasi, mengkaji, dan menjalankan aktivitas konservasi tehadap lingkungan hidup disekitar area usaha kelapa sawit.

Prinsip ini berkaitan dengan masalah pengelolaan limbah, pembatasan emisi dan polusi, serta isu sosial yang muncul di sekitar area usaha.

Memiliki Kemasan yang Minim Sampah

Nah, poin ini menjadi salah satu syarat mutlak dari produk sustainable beauty. Karena, sustainable beauty ini dilihat tidak hanya dari bahan yang digunakan, melainkan juga bagaimana produk tersebut dikemas.

Produk yang sustainable wajib minim sampah untuk memberikan sedikit kemungkinan dampak buruk untuk lingkungan. Kemasan pada produk ramah lingkungan ini harus bisa didaur ulang, bisa digunakan berulang kali, atau bahkan bisa dikomposkan.

Sumber Bahan Sesuai dengan Kaidah Etis

Dalam poin ini, kamu bisa melihat apakah suatu bahan yang digunakan dalam produk sustainable beauty berasal dari budidaya yang layak atau tidak. Misalnya, apakah perusahaan yang memproduksi bahan menggunakan buruh anak atau beresiko tinggi, sehingga tidak memberikan jaminan keselamatan kerja.

Atau, perusahaan tersebut merusak habitat ekosistem lain di sekitar tambang atau budidaya. Sehingga membahayakan manusia, dan mahluk hidup lainnya selama masa proses produksi bahan.

Jadi, intinya dari awal hingga akhir, produk sustainable beauty ini sangat mengedepankan kelestarian alam dan keselamatan sosial. Serta memberikan klaim yaitu juga aman untuk kesehatan kulit dan tubuh kita.

Menjaga Lingkungan Meski Tetap Pakai Produk Kosmetik

Nah, sebagai konsumen kosmetik, kamu juga bisa nih ikut membantu menjaga lingkungan dengan penggunaan kosmetik yang bijaksana. Seperti apa sih? Yuk kita jelasin sedikit!

  1. Memilih kemasan kosmetik yang bisa dikomposkan, atau memiliki bahan kemasan yang organik. Jika tidak, kamu bisa memilih kemasan yang dapat digunakan lagi. Seperti kemasan stainless atau kaca.Jadi, saat isi kemasan telah habis, kamu bisa menggunakan kemasan tersebut berulang-ulang kali.
  2. Menghindari pemakaian sheet mask yang sekali pakai dan buang. Karena produk tersebut bisa menambah sampah dan tidak bisa dipakai berulang kali. Serta kemasannya juga tidak bisa digunakan lagi.
  3. Pilihlah produk yang cruelty-free, yaitu produk yang tidak diuji coba pada hewan selama masa produksi. Sehingga tidak ada hewan atau mahluk hidup yang tersakiti selama masa pembuatan produk kosmetik tersebut.
  4. Bisa menggunakan produk kosmetik yang aman untuk terumbu karang. Seperti menghindari kandungan oxybenzone dan octinoxate. Sebagai gantinya carilah produk kosmetik berbahan seng oksida (zinc) dan titanium dioksida (titanium dioxide). Yaitu dua jenis mineral yang terbilang aman bagi terumbu karang.
  5. Menghidari produk kosmetik yang mengandung microheads, karena memiliki dampak negatif pada lingkungan. Microbeads plastic dengan ujuran sangat kecil bisa dengan mudah mencemari lingkungan dan termakan oleh hewan-hewan laut.
  6. Pilih kosmetik dengan kandungan kelapa sawit yang tidak bermasalah dari segi tata kelola lahan yang tidak menaati aturan. Tentunya dengan memilih  kelapa sawit bersertifikat RSPO Roundtable on Sustainable Palm Oil.

Nah, sekarang sudah tau kan kelebihan dari sustainable beauty dan tindakan kita saat mengikuti tren kecantikan satu ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya!

Yuk mulai dari sekarang menggunakan produk sustainable beauty ataupun memproduksi produk skincare sesuai dengan tren tersebut. Karena kita bisa ikut berpartisipasi dalam pengembangan dan budidaya alam kita.

Cukup sekian artikel ini, ya! Semoga bermanfaat untuk kamu yang telah membaca. Mari bertemu di artikel yang lainnya! Bye!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

cara riset pelanggan

Ketahui 6 Cara Riset Pelanggan untuk Kembangkan Produk dan Bisnismu!

Setiap pelaku bisnis tentu ingin bisnisnya stabil, semakin berkembang dan memiliki banyak pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus mengenali pelanggan karena mereka adalah faktor penting dalam perkembangan perusahaan. Untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai pelanggan, kamu harus menggunakan...

Continue Reading

Leave a Comment