Branding Kosmetik

Facebook Group untuk Bisnis, Keuntungan dan Pengoptimalannya

facebook group untuk bisnis

Sebagai salah satu media dengan pengguna terbesar di dunia dan memiliki segmentasi audience yang beragam, Facebook menjadi ladang yang sangat potensial untuk bisnis. Terlebih, adanya Facebook Group yang bisa jadi sarana promosi menjanjikan untuk bisnis.

Pernah dengar kan ada istilah “emak-emak Facebook”? Kalangan muda sekarang berfikir bahwa kebanyakan pengguna Facebook adalah ibu-ibu. Nyatanya Facebook mampu memberikan peluang bisnis, lho.

Dan munculah Facebook Group yang dimanfaatkan sebagai sarana marketing untuk berbisnis. Jadi tidak heran jika banyak akun bisnis bermunculan di beranda Facebook, mulai dari bisnis makanan, pakaian, alat elektronik, hingga menawarkan jasa juga.

Lalu seberapa eksis Facebook Group bagi peluang bisnis di masa sekarang? Penting nih buat kamu yang mau memulai mencoba berbisnis. Kamu bisa banget memanfaatkan platform Facebook untuk memasarkan bisnismu dan memanfaatkan peluang yang ada untuk menarik potensi konsumen hingga membuat bisnismu bisa dikenal orang lain dari berbagai kalangan.

Cukup menarik, bukan? Tapi sebelum itu, kamu harus tau dong bagaimana caranya memanfaatkan Facebook Group serta tips untuk memulai bisnis lewat Facebook. Jadi, guys simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Apa itu Facebook Group?

Sebelum mulai pembahasannya, penting nih buat kamu tau apa sih Facebook Group. Jadi, Facebook Group merupakan salah satu sarana pemasaran yang tepat untuk bisnis kamu, terutama di era digital sekarang.

Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran lewat Facebook Group, seperti lewat konten, komunitas, dan penawaran eksklusif yang dapat menarik pelanggan baru serta melibatkan pelanggan di dalamnya.

Banyaknya pengguna Facebook sebagai media sosial itulah yang akan menjadikan peluang besar bagi pegiat bisnis, khususnya bisnis kecil-kecilan seperti UMKM, produk-produk homemade, dan lainnya.

Jadi, jika pemasaran yang kamu lakukan berhasil dan menarik, maka potensi mendapatkan konsumen pun juga semakin tinggi. Tentu hal tersebut juga membutuhkan kesungguhan dan tawaran menarik mengingat daya saing penggunaan Facebook Group juga tinggi.

Baca Juga: Potensial Banget, Ini Dia Cara Iklan di Facebook yang Harus Kamu Tahu

Keuntungan Facebook Group untuk Peluang Bisnis

Pemanfaatan Grup Facebook sebagai salah satu peluang bisnismu juga memiliki keuntungan, lho. Apa saja keuntungannya?

Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memakai Grup Facebook sebagai sarana pemasaran untuk pemasaran bisnis yang kamu kelola.

keuntungan facebook grup untuk bisnis

Mempermudah penawaran promo

Salah satu tujuan dari penggunaan Grup Facebook untu peluang bisnismu adalah dapat membantu membangun komunitas antar pebisnis agar brand masing-masing menjadi lebih dikenal orang.

Selain itu keuntungan lainnya, kamu juga dapat berdiskusi secara private untuk mempresentasikan produk kamu. Dan plusnya, kamu juga bisa menawarkan produk dengan melakukan promosi khusus untuk anggota grup.

Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan

Grup menjadi sarana efektif dalam menambah relasi, termasuk Grup Facebook. Para pelanggan yang ada dalam grup tentu orang-orang yang memiliki minat terhadap bisnismu.

Karena tidak mungkin mereka bergabung dengan produk yang tak mereka sukai, bukan? Jadi hal ini juga akan mendatangkan konsumen kepadamu tentunya.

Selain sebagai pelanggan, mereka juga akan menjadi penggemar nomor 1 untuk kamu, dan tentu mereka siap menjadi penyemangat untuk kamu.

Maka dari itu penting bagimu membangun relasi yang baik dengan pelanggan agar hubungan itu menjadi akses eksklusif ke peluang bisnis kamu lewat sarana Grup Facebook, dan bersama dengan konten ataupun hak khusus secara istimewa.

Meningkatkan “organic reach” akun Facebook

Facebook Group nantinya juga akan membantu meningkatkan Organic Reach Facebook Page bisnismu. Perlu kamu ketahui, bahwa Facebook sangat memprioritaskan unggahan dari grup di grup News Feed penggunanya. Jadi peluang kemunculan bisnismu juga semakin tinggi jika dibandingkan dengan postingan halamanmu.

Mendapatkan feedback serta riset pemasaran yang berharga

Membangun relasi yang baik juga akan mendatangkan feedback yang baik pula dari pelanggan. Itulah mengapa jika kamu memiliki brand, haruslah memiliki forum bagi pelanggan untuk membagikan feedback nya juga. Tak perlu khawatir, karena lewat grup Facebook itulah feedback yang baik dari pelanggan bisa kamu dapatkan.

Selain mendapatkan feedback, kamu juga bisa berdiskusi mengenai apa yang dirasakan oleh pelanggan tentang produkmu untuk menjadi bahan evaluasi ke depannya serta peningkatan kepuasan pelanggan terhadap produkmu.

Menciptakan interaksi optimal dengan pelanggan

Interaksi yang kamu lakukan dengan pelanggan juga menjadi hal penting untuk membangun citra bisnismu di mata pelanggan.

Hal itu juga akan meningkatkan brand awareness brand baru milikmu. Interaksi itu nantinya akan lebih optimal karena mendapatkan feedback yang baik juga dari pelanggan secara organik.

Jenis-jenis Grup Facebook

Grup Facebook juga memiliki jenis, lho ternyata. Jadi saat kamu akan menggunakan grup Facebook untuk memasarkan bisnis mu, sebaiknya perhatikan dulu jenis yang akan kamu pilih, agar kamu tidak bingung, begini penjelasannya.

Publik

Jenis grup Facebook publik biasanya akan memudahkan akunmu ditemukan dalam pencarian oleh orang. Asalkan konten grup yang kamu pilih juga bersifat publik atau umum, termasuk apa yang kamu posting dan bisa dikomentari oleh anggota lainnya. Pengguna lain juga dapat melihat daftar lengkap milik anggota grup kamu.

Postingan dan komentar dalam grup Facebook-mu nantinya juga akan diindeks oleh Google. Pengguna lain juga dapat bergabung dengan grupmu tanpa harus menunggu persetujuan dari Admin grup.

Namun perlu kamu ingat, nih! Kamu tidak perlu membuat grup publik untuk memulai bisnis. Hal itu dikarenakan, siapapun dapat bergabung dengan grup termasuk spammer, jadi kamu harus berhati-hati.

Sebaiknya hapuslah konten yang tidak pantas serta tidak menyenangkan yang mungkin dapat berdampak negatif pada citra bisnismu. Meskipun hal itu jarang terjadi, tapi sebaiknya dicegah.

Sebenarnya dalam grup publik itu nantinya kamu dapat mengkonversinya menjadi grup privat, tapi kesempatan itu hanya dapat dilakukan sekali, karena setelahnya kamu tidak dapat mengubahnya lagi jadi grup publik.

Private

Selain membuat grup Facebook secara publik, kamu juga bisa membuat grup Facebook secara private atau bersifat pribadi. Grup Facebook ini memiliki 2 macam akses privat, di antaranya:

Private-Visible

Grup private visible ini memungkinkan anggota untuk dapat melihat postingan, komentar, serta daftar anggota dalam grup. Tapi semua pengguna Facebook dapat menemukan grup ini dalam pencarian.

Selain itu, grup private visible ini juga tidak akan mengekspos konten apapun di grup bisnismu, jadi judul dan deskripsi grup dapat ditampilkan dalam pencarian jika sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh para pengguna Facebook.

Pengguna grup jenis ini nantinya akan membutuhkan persetujuanmu atau Admin bila ingin bergabung, hanya dengan begitu mereka dapat melihat serta mempublikasikan kontennya.

Pengaturan ini juga menjadi rekomendasi kombinasi terbaik untuk bisnismu, lho. Dikarenakan pengaturan grup private visible ini memungkinkan kamu untuk mengontrol keanggotaan serta menyaring pesan spam. Dengan begitu grup ini dapat dengan mudah pengguna Facebook temukan pada laman pencarian.

Private-Hidden

Jenis grup ini juga dikenal sebagai grup rahasia, secara umum grup private hidden sama dengan grup prvate visible, namun bedanya grup ini tidak akan muncul dalam pencarian apa pun.

Bahkan tidak seorang pun di dalam atau luar Facebook akan menemukannya dan melihat postingan, komentar, atau daftar anggota grup. Sedangkan untuk bergabung, pengguna lain harus memiliki URL langsung yang telah ditetapkan untuk mereka.

Nah, jenis grup ini sangat berguna buat komuntas VIP juga undangan tertentu yang kamu inginkan, jadi grupnya pun akan berisi orang-orang yang kamu kehendaki. Jika kamu menyediakan grup pendukung untuk berlangganan produk atau layanan berbayar tertentu, mungkin jenis grup ini cocok untuk kamu pilih. Karena grup ini bersifat rahasia jadi non-konsumen tidak dapat menemukan serta menyelinap masuk ke dalam grup.

Tapi sebagai gantinya, kamu diharuskan mengirim tautan grup agar pengguna atau konsumen yang berniat pada bisnismu dapat bergabung.

Cara Membuat Grup Facebook

Membuat grup Facebook juga tidak sulit, kamu bisa mencobanya dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik ikon (+) yang ada di sebelah kanan atas Facebook, lalu pilih Grup.
  2. Kemudian tulislah nama grupnya, dan tentukan privasi grup seperti; publik, private and visible, atau private hidden.
  3. Tambahkan anggota ke dalam grup yang telah kamu buat.
  4. Langkah terakhir, kamu bisa memilih tombol (Buat) atau (Create).

Setelah mengikuti semua langkah di atas, jangan lupa untuk menuliskan deskripsi grup serta mengunggah foto sampul, ya.

Selain itu, Admin grup juga harus membuat kebijakan agar nantinya dapat berdiskusi secara kondusif dengan anggota grup. Jangan lupa persiapkan konsep menarik untuk memasarkan bisnismu, juga ya.

Tips Memaksimalkan Grup Facebook Agar Makin Untung

Setelah menjalanka grup Facebook untuk memasarkan bisnismu, jangan lupa untuk menerapkan tips berikut agar peluang memasarkan produkmu semakin tinggi, berikut tipsnya.

cara mengoptimalkan facebook group untuk bisnis

Membuat kode etik yang jelas

Tips pertama yang perlu kamu terapkan adalah dengan membuat kode etik yang jelas sebagai kebutuhan grup Facebook bisnismu. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah  adanya postingan tak senonoh atau kurang pantas yang memungkinkan tersebar di grup kamu.

Selain itu, kamu juga dapat menuliskan hal-hal khusus, seperti meminta anggota untuk tidak menyebutkan produk atau kompetitor mereka

Memposting pesan selamat datang serta memberi pengumuman

Penting untuk kamu perhatikkan juga, guna menyambung relasi yang baik dengan anggota, kamu perlu menuliskan ucapan selamat datang mingguan, ya.

Jadi, jadwalkan pengumuman penting sebelumnya untuk proses peluncuran produk maupun pengadaan acara khusus yang ditujukkan anggota grup kamu.

Terlibat dengan anggota langsung, namun bairkan mereka memimpin

Agar suasana dalam grup tidak kaku atau pasif, kamu juga harus menjaga grup tetap produktif, tentunya tetap sesuai dengan topik, dan bisa saling menghormati.

Tapi perlu di ingat nih, meskipun kamu harus banyak melakukan komunikasi tapi jangan mencoba untuk mengontrol terlalu banyak. Jadi imbau anggota baru dengan percakapan ringan, serta menciptakan suasana nyaman.

Mengajukan pertanyaan saat anggota masuk untuk mencegah adanya Bot

Selain itu, kamu juga harus waspada adanya spammer. Guna mencegahnya, maka kamu harus mengajukan tiga pertanyaan dan wajib anggota baru jawab nantinya.

Tak hanya itu, pengajuan pertanyaan ini juga memudahkan kamu untuk mengecek anggota yang baru bergabung. Dan berikut beberapa hal yang mungkin bisa kamu minta dalam forum grup Facebook bisnismu.

  1. Bagi pengguna wajib membaca serta menyetujui segala aturan yang ada di grup.
  2. Alamat email, hal ini bertujuan untuk pemasaran dan juga verifikasi.
  3. Ajukan pertanyaan yang ringan namun spesifik untuk membuktikan sifat kemanusiaan.

Menawarkan konten unik dan berbobot pada grup bisnismu

Untuk melancarkan peluang bisnis kamu, penting juga menyajikan konten yang menarik dan tentunya berbobot bagi anggota agar produk yang kamu tawarkan memancing potensi konsumen dan minat membeli produkmu.

Tapi jika yang kamu sajikan hanya konten biasa dan tidak berbobot maka hal itu akan menjadi sia-sia bagi anggota grupmu. Jadi pikirkan konsep konten yang akan kamu berikan, sebelum mengunggahnya atau kamu juga bisa membuat planning terlebih dahulu dan melihat bagaimana respon dari anggota grup tersebut.

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu Facebook Group dan keuntungannya untuk bisnis, kira-kira tertarik kah kamu bergabung membuat grup di Facebook?

Beautypreneurs, Facebook pada dasarnya memiliki akses yang besar untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Terlebih, masyarakat juga sudah tak asing dengan kegiatan jual-beli di platform ini.

Memasarkan dan mempromosikan produk-produk dari brand kosmetikmu di Facebook Grup juga bisa memberikan dampak positif. Karena dalam grup tersebut kamu tak hanya menciptakan pembeli, melainkan membangun komunitas yang nantinya akan loyal dan jadi pelanggan tetap dari brand kosmetikmu.

Selain lewat Facebook, kamu bisa mengetahui berbagai tips cara mempromosikan produk kosmetikmu secara digital lainnya melalui artikel di laman Berita Terkini. Kamu bisa menemukan strategi yang cocok dengan budget, target pasar, dan karakter brand kosmetikmu.

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011