Bisnis Kosmetik, Branding Kosmetik

Foto Produk, Cara Menarik Hati Calon Konsumen dengan Potret yang Memikat

photosoot

Media sosial kini menjadi salah satu lahan yang sangat potensial untuk digunakan sebagai sarana branding dan iklan dari berbagai bidang bisnis. Termasuk dalam hal ini yakni bisnis di bidang kosmetik, baik dalam skala kecil, hingga telah memiliki brand sendiri.

Ketika ingin menggunakan media sosial sebagai sarana iklan dan branding dari bisnis kosmetik yang kamu geluti, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, khususnya ketika menggunakan foto produk.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa foto produk bisa sangat penting dan harus diperhatikan ketika ingin melakukan promosi lewat media sosial?

Foto produk sendiri berarti sebuah pengambilan gambar dari produk yang akan kita jual atau promosikan. Dan sebagai hasilnya, foto tersebut harus bisa memberikan kesan kepada audiens tentang karakteristik, sifat, dan manfaat produk.

Selain itu, dengan adanya foto produk akan membuat bisnismu jadi kian lancar dan laris diburu konsumen.

Sebab, foto produk bisa dibilang adalah salah satu faktor yang bisa membuat bisnis kosmetikmu kian dikenal, menarik, dan akhirnya diminati oleh target konsumen.

Dilansir dari Weebly, sebanyak 75 % pembeli pada e-commerce di dunia menganggap bahwa foto produk sangat mempengaruhi keputusan mereka dalam melakukan transaksi.

Karena sifatnya yang penting inilah, kamu enggak boleh asal-asalan dalam mengambil foto produk dan mengunggahnya di media sosial bisnismu.

Kamu harus benar-benar membuat foto produk kosmetik tersebut menarik dan mampu memberikan kesan tersendiri pada audiens.

Lalu bagaimana cara mengambil foto produk yang tepat dan menarik? Penasaran, kan? Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Pentingnya Foto Produk Kosmetik

produk kosmetik

Sebenarnya, akan sangat menguntungkan buatmu untuk memulai bisnis kosmetik dan melakukan branding lewat media sosial.

Aspek visual yang dominan dalam media sosial akan mempermudah proses branding produk kosmetik yang kamu jual.

Selain itu, berikut beberapa pentingnya foto produk untuk branding bisnis kosmetikmu.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Foto produk yang terlihat rapi, menarik, dan tampak formal akan membangun kesan meyakinkan pada calon pembeli. Sebab, lewat foto yang ditata dengan teliti tersebut, calon konsumen akan yakin bahwa bisnis kosmetikmu bukanlah abal-abal.

Sebagai contoh, mari kita lihat perbandingan kedua gambar di bawah ini!

perbandingan foto produk (2)

Pada gambar pertama, pengambilan gambar tidaklah begitu tertata dan foto produk yang diambil tidak begitu menarik. Kesan yang ditimbulkan pun asal-asalan, bahkan merk produk pun tidak terlalu kelihatan.

Hal itu tentu berbeda dengan gambar kedua, yang ditata sedemikian rupa, sehingga tampak estetik dan meyakinkan. Kamu pun pasti lebih bisa merasakan efek atau manfaat produk kosmetik di atas.

Yap! Dari warna birunya yang terang, background seperti di dalam air, dan isi produk yang tampak bening, memberikan kesan menyegarkan dan menenangkan. Kesan yang sangat sesuai dengan manfaat produk sebagai hydrating toner.

Setelah melihat perbandingan kedua foto produk di atas, kamu pasti menyadari mengapa hal ini sangatlah penting.

Tidak hanya indah di mata, namun foto produk bisa memberikan kesan dan dorongan kepada konsumen untuk membeli produk kosmetik yang kamu jual secara tidak langsung.

Meningkatkan Nilai Jual Produk Kosmetik

Kosmetik sangat berkaitan erat dengan keindahan visual, maka tidak salah kalau foto produk yang menarik pun bisa memberikan nilai lebih pada kosmetik yang kamu jual.

Sebab melalui foto, seseorang akan dapat mengetahui apa saja yang ditawarkan dari produk kosmetik tersebut. Enggak hanya melalui deskripsi produk, review, atau teks iklan, visual yang meyakinkan dapat membuat konsumen lebih tertarik terhadap produk kosmetik itu.

Membentuk Identitas atau Karakter pada Brand

Foto produk dibilang sangat penting juga dikarenakan sifatnya yang mampu menjadi identitas bagi brand atau bisnis kosmetik yang tengah kamu geluti.

Hal ini akan membuat calon konsumen lebih mudah memahami suatu iklan hanya berdasarkan satu produk saja.

Misalnya, ketika kamu membuat brand kosmetik yang menggunakan konsep vegan, maka kamu bisa membuat foto produk yang berkesan natural dan ramah lingkungan.

Pemasaran Lewat Media Sosial

Poin satu ini adalah inti dari foto produk dan pentingnya bagi pemasaran di media sosial. Sebab, foto produk bisa dibilang adalah aspek terpenting dari social media marketing.

Karena ketika berbelanja secara online  yang selalu dilihat adalah bagaimana tampilan produk itu, yakni wujud kemasannya, ukurannya, dan lain-lain.

Nah, kalau kamu melakukan promosi di media sosial dan tidak mengunggah satu pun kosmetik yang ingin dijual di sana, maka orang juga akan semakin ragu dan tidak tertarik dengan brand kosmetikmu.

Dengan begitu, untuk meningkatkan engagement lewat media sosial, kamu perlu memikirkan dan mengambil foto produk dengan serius. Termasuk dalam membuatnya tampak elegan, profesional, dan captivating.

Jenis-jenis Foto Produk yang Cocok untuk Bisnis Kosmetik

manfaat tamanu oil untuk kecantikan (1)

Kalau kamu memperhatikan, banyak sekali di Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya, foto produk kosmetik sangatlah beragam dan bervariasi.

Ada yang hanya foto produknya saja, tapi juga ada yang didampingi model, dan lain sebagainya.

Pengadaan variasi ini memungkinkan foto produk untuk tidak monoton, dan bisa membangun kesan sesuai produk kosmetik yang ingin kamu jual.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis foto produk kosmetik yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam mengambil gambar. Simak baik-baik, ya!

Foto Produk dengan Background Polos

Kamu pasti sering melihat foto produk kosmetik dengan background yang polos. Yang umumnya menggunakan warna-warna yang terang dan mudah menarik perhatian.

Meski begitu, pemilihan background sendiri sebenarnya sangat bergantung pada karakteristik produk dan brand kosmetik yang ingin dipromosikan.

Sebab foto produk dengan background polos dimaksudkan untuk menonjolkan karakterisitik atau manfaat dari produk kosmetik itu sendiri.

Untuk mengambil gambar foto produk kosmetik dengan background polos, kamu bisa menggunakan kertas atau sweep yang melengkung sebagai layar belakang.

Hindari hanya mengandalkan background datar seperti tembok, ya. Sebab hasilnya tidak akan serapi ketika kamu menggunakan kertas atau sweep yang dilengkungnkan.

Lifestyle Photography

Jenis kedua ini memungkinkan audiens atau konsumen untuk membayangkan bagaimana produk kosmetik yang akan mereka beli dalam keadaan yang sebenarnya.

Meski pada lifestyle photography menunjukkan peristiwa yang riil atau dalam keadaan yang sebenarnya, aspek estetik juga enggak boleh dilupakan, ya!

Justru kamu harus bisa memunculkan keindahan tampilan produk, dan membuatnya tetap jadi highlight utama meski disejajarkan dengan barang-barang lainnya.

Dengan menggunakan foto produk dengan jenis ini, calon konsumen akan bisa membayangkan seperti apa kosmetik yang mereka beli sesungguhnya, misalnya seberapa besar ukurannya, hingga seberapa terang warnanya jika dibandingkan dengan barang lainnya.

Foto Fesyen

Jenis foto produk kosmetik yang terakhir adalah foto fesyen. Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak, kalau jenis foto produk satu ini memang cocok digunakan untuk memasarkan produk kecantikan.

Untuk memberikan nilai tambahan dan menunjukkan style yang berbeda, foto fesyen biasanya akan dilengkapi dengan model. Yang prosesnya dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar studio, pokoknya sesuai dengan karakter produk yang ingin ditampilkan.

Tips Foto Produk Sendiri untuk Mendapatkan Hasil Terbaik

Setelah mengetahui mengenai arti foto produk, pentingnya untuk branding pada merk kosmetikmu, juga jenis-jenis yang cocok untuk bisnis di bidang kecantikan.

Maka hal selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah tip-tips yang bisa kamu tiru jika ingin mendapatkan foto produk terbaik.

Nah tips kali ini diberikan langsung oleh tim desain PT Mash Moshem Indonesia, lho. Yang juga bakal langsung dilengkapi dengan ilustrasinya. Penasaran? Kepoin di bawah, ya!

@mashmoshem Enak banget kan maklon kosmetik di Mash Moshem 😉#maklonkosmetik #mashmoshem #kosmetik #skincare #makeup #viral #fyp #hariini ♬ Terpesonachallenge – IlhamBhayangkara

Jangan Ragu Gunakan Smartphone

foto produk

Untuk memulai sesuatu enggak perlu dengan hal yang terlalu besar dulu, kok. Termasuk saat akan mencoba mengambil foto produk yang estetik dan rapi.

Kamu enggak perlu langsung menggunakan kamera atau bahkan buru-buru membelinya, manfaatkan dulu smartphone yang kamu miliki. Sebab, kini kamera smartphone juga sudah bisa diatur pencahayaan dan fokusnya.

Hasil foto produk juga cukup mumpuni, dan untuk mempercantik bisa kamu edit menggunakan aplikasi editor gambar.

Gunakan Tripod

Tripod sebenarnya bisa dibilang sebagai fungsi pendukung saja. Apabila kamu sudah sangat mahir membidik gambar, tentunya keberadaan tripod tidaklah terlalu penting.

Namun, bagi pemula tripod bisa membantu mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Ini dikarenakan foto produk yang dihasilkan akan lebih konseisten, terlebih kalau kamu memiliki cukup banyak kosmetik yang akan difoto.

Jika hanya mengandalkan tangan saja, hasilnya bisa jadi bakal berbeda-beda tiap fotonya dan tentu akan mengurangi keindahan dan konsistensi foto tesebut.

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah elemen yang sangat penting dalam foto produk, selain karena faktor keindahan, pencahayaan yang baik sangat memungkinkan menampilkan gambar produk dengan sempurna.

Misalnya seperti apa warna kemasan dan isi dari kosmetik tersebut.

Untuk mendapatkan pencahayaan ideal, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari dan menambahkannnya dengan lampu jika perlu.

Setelah itu atur look pencahayaan kamera yang kamu gunakan, tata produk dan elemen pendukungnya sebaik mungkin. Pastikan produk yang difoto enggak terlalu gelap dan menghasilkan bayangan kasar.

Perhatikan Komposisi

Komposisi objek yang akan difoto juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat foto produk yang menarik.

Jangan sampai hanya karena salah letak, kamu membuat produk kosmetik yang ingin kamu promosikan malah tidak mendapat perhatian yang diperlukan.

Ambil Gambar Sebanyak-banyaknya

Tips foto produk yang menarik terakhir adalah mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Sebab, bisa saja gambar yang kamu ambil kurang sempurna, untuk itu jangan ragu-ragu untuk memotret sebanyak mungkin.

Sesekali ubah sudut bidik, komposisi objek, dan atur ulang posisi produk serta elemennya sampai kamu dapat hasil yang diinginkan.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti mengerti mengapa foto produk kosmetik sangat penting untuk branding bisnis kosmetik yang tengah kamu rintis.

Apakah selama ini kamu sudah memperhitungkan foto produk kosmetik yang kamu ambil dengan tepat? Atau jangan-jangan kamu justru mengambilnya dengan asal-asalan?

Memang, sih, harus diakui membuat foto produk yang ciamik dan menarik tidak semudah membaca tutorial-tutorial di Internet. Perlu banyak waktu dan ketekunan sampai kamu bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Namun, susah bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Asal kamu selalu tekun dan konsisten dalam berusaha, bukannya mustahil bagimu untuk menciptakan foto produk yang menarik dan hebat.

Jadi, jangan berhenti berusaha, ya, entrepreneur muda!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011