Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kecantikan Ini – Coba Juga Resepnya Di Rumah!

manfaat alpukat untuk kecantikan

Siapa, sih, yang enggak pingin punya wajah yang lembut dan mulus? Atau punya rambut yang sehat dan tampak lebat?

Pastinya semua orang ingin terlihat dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Alasan ini pulalah yang akhirnya mendasari seseorang untuk melakukan perawatan kecantikan secara rutin, mulai dari penggunaan produk skincare tertentu sampai pakai jasa dokter kecantikan.

Namun, ada hal lebih sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, lho. Tentunya dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan kecantikanmu.

Salah satunya dengan menggunakan buah alpukat yang terkenal dengan berbagai kandungan nutrisinya.

Memang bukanlah rahasia lagi, kalau buah berwarna hijau satu ini kaya akan vitamin dan asam lemak yang bisa menjaga kecantikan kulit dan rambutmu.

Kira-kira apa saja, sih, manfaat alpukat untuk kecantikan kulit dan rambut? Lalu bagaimana cara pemakaiannya agar dapat hasil yang maksimal?

Eits! Sebelum terlalu jauh membahas manfaat alpukat untuk kecantikan itu, ada baiknya kalau kamu simak ulasan berikut ini sampai habis.

Kandungan dalam Alpukat yang Baik untuk Kecantikan

masker alpukat

Kamu pasti bertanya-tanya, apa sih yang membuat alpukat ini sangat baik untuk kecantikan kulit dan rambut?

Sebenarnya, berbagai manfaat alpukat sangat dipengaruhi oleh kandungan gizi yang ada di dalamnya. Misalnya vitamin, mineral, asam lemak, dan lain sebagainya.

Untuk penjelasan lebih lengkap, langsug cek ulasan berikut ini aja, ya!

Vitamin

Apakah kamu tahu vitamin apa saja yang ada dalam buah alpukat? Dilansir dari Halodoc, rupanya alpukat mengandung hampir 20 jenis vitamin yang berbeda, meskipun dalam jumlah yang terbilang kecil.

Vitamin yang paling besar dalam alpukat adalah vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan vitamin B6. Yang keempatnya sangat baik dalam menjaga kecantikan kulit dan rambut kamu.

Vitamin C

Manfaat jenis vitamin satu ini untuk kecantikan emang enggak main-main, ya, Ladies. Gimana enggak? Selain dapat bekerja sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dan merangsang produksi kolagen pada jaringan kulit.

Zat antioksidan dalam vitamin C rupanya bisa membantu melawan kerusakan terhadap rambutmu, lho. Yakni dengan merangsang produksi kolagen, sehingga proses regenerasi rambut baru yang lebih sehat pun jadi lebih optimal.

Vitamin K

Enggak jauh beda dengan vitamin C, vitamin K juga bisa sangat membantu memperbaiki kondisi kesehatan kulitmu.

Vitamin ini diketahui berperang sangat penting dalam proses penyembuhan kulit yang memar, luka dan lebam.

Tak hanya itu, vitmain K juga mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Yakni memudarkan bintik hitam, mata panda, bekas luka dan jerawat, juga menghaluskan stretch mark.

Vitamin E

Tak kalah dengan dua jenis vitamin sebelumnya, vitamin E juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Vitamin E dapat membantu meningkatkan skin barrier, menyamarkan bekas luka dan jerawat pada wajah, mempertahankan keremajaan kulit, dan bekerja sebagai anti aging.

Enggak cuma itu, vitamin E bahkan bisa membuat kondisi foliker rambut yang rusak menjadi lebih sehat. Juga mampu merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuatnya dari akar hingga ke batang rambut.

Mineral

Enggak cuma mengandung vitamin yang sangat beragam, mineral yang ada dalam alpukat juga tak kalah tingginya. Sebab, ternyata alpukat dapat menyediakan sekitar 10% kebutuhan vitamin dan mineral harian dalam setiap porsinya, lho.

Jenis mineral yang paling banyak ada dalam alpukat adalah folat, kalium dan zat besi.

Asam Folat

Jenis mineral satu ini rupanya sangat baik untuk mendetoksifikasi tubuh. Dengan begitu, kemunculan jerawat pun dapat dihindari dan diatasi dengan baik.

Tak hanya itu, dengan asupan asam folat yang tinggi, kamu juga bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan prematur pada wajahmu.

Selain itu, asam folat juga bisa merawat kesehatan rambut. yakni dengan menutrisi dan memperkuat batang rambut.

Kalium

Mineral satu ini terbilang cukup sering ditemukan dalam berbagai produk perawatan wajah. Kalium sangat berguna untuk membantu mempertahankan kelembapan alami pada jaringan kulit.

Selain itu, mineral ini pun juga bisa membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh kamu.

Tak hanya untuk kulit, kalium pun bisa digunakan untuk merawat kesehatan rambutmu. Sebab kandungan alami ini mampu mengurangi kerusakan pada rambut, mengembalikan elastisitasnya, dan memperkuat akar rambut.

Asam Lemak Omega-3

Omega-3 adalah salah satu jenis asam lemak yang banyak ditemukan dalam alpukat. Kandungan ini bisa memberikan protein dan nutrisi yang penting untuk folikel rambutmu.

Dengan begitu, peradangan folikel rambut akan dapat dicegah dan kerontokan rambut dapat diminimalisir.

Enggak hanya untuk rambut, asam lemak omega-3 juga baik untuk merawat kulit. Termasuk menjaga kelembapan alaminya, meningkatkan perlindungan kulit, serta mencegah adanya iritasi.

Selain beberapa nutrisi yang disebutkan dan dijelaskan di atas, sebenarnya dalam buah alpukat masih banyak terkandung zat-zat bermanfaat lainnya. Misalnya saponin, seng, dan lain sebagainya.

Kandungan-kandungan yang ada pun enggak hanya baik untuk kecantikan, melainkan untuk menjaga kesehatan tubuhmu juga.

Berbagai Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

manfaat alpukat untuk kecantikan (1)

Nah, setelah mengetahui berbagai nutrisi dalam alpukat yang baik untuk kecantikan di atas. Kamu pasti punya gambaran sedikit mengenai manfaat apa saja yang ada dalam alpukat.

Well, enggak perlu berlama-lama, simak langsung manfaat alpukat untuk kecantikan serta cara penggunaanya di bawah ini!

Sebagai Antiinflamasi

membantu membersihkan sisa make up

Berbagai nutrisi yang ada dalam buah alpukat bisa bekerja dengan baik sebagai agen anti inflamasi. Yang bisa membantu meredakan gejala iritasi dan peradangan di kulit wajah kita.

Enggak hanya itu, berbagai kandungan lain yang ada dalam alpukat pun disinyalir mampu mempercepat proses perbaikan kondisi kulit akibat jerawat dan eksim.

Resep merawat kulit iritasi dengan masker alami dari alpukat

– Siapkan alpukat matang dalam seperempat cangkir.

– Juga madu dan oats, masing-masing sebanyak dua sendok makan.

– Campurkan ketiga bahan di atas sampai jadi pasta masker yang kamu inginkan.

– Oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selema beberapa saat.

– Setelah kandungan-kandungan baik dalam masker terserap sempurna, bilas wajah hingga bersih dengan air dingin saja.

Melembapkan dan Menutrisi Kulit

skincare untuk kulit kering

Berbagai kandungan yang ada dalam alpukat memang sangat baik untuk menutrisi kulit dan menjadikannya tetap sehat.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam alpukat pun bisa membuat kulit jadi semakin sehat dan terbebas dari dampak buruk radikal bebas. Zat antioksidan yang ada dalam alpukat antara lain beta karoten, asam linoleat, lecitin, dan sebagainya.

Kandungan-kandungan itu pun dipercaya mampu menjaga kelembapan alami yang ada dalam jaringan kulit. Sehingga mampu melembapkan kulit yang kering, bersisik, bahkan kulit yang sampai mengelupas.

Kandungan vitamin A dan E pada alpukat juga terbukti mampu membantu mencegah kulit kering dengan meningkatkan kelembapannya.

Resep masker alpukat untuk kulit kering

Kulit yang kering tentunya membutuhkan kelembapan ekstra agar tidak mudah teriritasi dan terkontaminasi bakteri. Untuk itu, kamu bisa mengombinasikan buah alpukat dan minyak zaitun sbeagai masker alami.

– Haluskan alpukat dan tambahkan minyak zaitun secukupnya.

– Campurkan keduanya hingga terbentuk masker alami yang diinginkan.

– Oleskan pada wajahmu dengan merata, terutama pada bagian yang sangat kering. Kemudian tunggu selama 20-25 menit, dan bilas hingga bersih.

Mencegah Munculnya Penuaan Dini

mencegah munculnya tanda-tanda penuaan

Manfaat alpukat untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah kita.

Ini dikarenakan kandungan vitamin C dan E, yang bisa bekerja sebagai antioksidan alami dapat mencegah munculnya berbagai tanda penuaan pada kulit, dan seringnya disebabkan oleh stressor lingkungan dan paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, vitamin A yang ada dalam alpukat pun dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Akhirnya kulit wajah kamu akan senantiasa tampak kencang dan awet muda.

Mencegah Kerusakan pada Kulit Wajah

krim pemutih wajah

Manfaat alpukat untuk kecantikan lainnya adalah bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Lagi-lagi, vitamin C dan E dalam alpukat berpengaruh besar dalam melindungi kulit dari stressor lingkungan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan dan lingkungan.

Resep merawat kesehatan kulit wajah dengan alpukat

Untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk kecantikan ini kamu bisa memadukan alpukat dengan buah pisang. Ikuti langkah berikut ini, ya, Ladies.

– Tumbuk halus seperempat buah alpukat matang dan seperempat pisang.

– Oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Pijat dengan lembut agar kandungan dalam dua bahan alami ini bisa meresap dengan optimal.

– Tunggu beberapa saat, maksimal 20 menit saja.

Membuat Kulit Lebih Kenyal

kulit sehat

Asupan lemak yang tinggi, khususnya lemak tak jenuh tunggal yang sehat, diketahui bisa meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya lebih kenyal.

Nah, kandungan asam lemak ini rupanya ada dalam buah alpukat. Oleh karenanya, sangat disarankan buatmu untuk mencoba buah alpukat sebagai bahan perawatan wajah alami.

Resep mengencangkan wajah dengan masker alpukat

– Siapkan buah alpukat yang sudah ditumbuk halus secukupnya.

– Tambahkan satu sampai dua sendok makan yogurt.

– Campurkan kedua bahan tersebut samapi merata dan terbentuk pasta masker yang kamu inginkan.

– Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata.

– Diamkan beberapa saat, kemudian bilas wajah hingga bersih.

Mencerahkan Kulit

mencerahkan wajah

Tak hanya melembapkan dan memperkuat perlindungan kulit, buah alpukat juga dapat bekerja sebagai eksfoliator alami. Yakni mampu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang terperangkap dalam pori-pori kulit.

Bahkan, alpukat juga bisa membantu menarik sel-sel kulit mati yang menumpuk. Ini disebabkan kandungan retinol, asam amino, dan glutamin yang ada dalam kandungan buah alpukat.

Dengan begitu, kulit akan terasa lebih bersih dan sehat, bahkan wajah akan tampak cerah merona alami.

Resep masker alpukat untuk mencerahkan wajah

– Siapkan setengah buah alpukat yang matang, tambahkan satu sentimeter ruas kunyit.

– Tumbuk halus kedua bahan alami di atas hingga menjadi pasta masker yang diinginkan.

– Oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan.

– Tunggu selama beberapa saat, yakni cukup 15-20 menit saja. Lalu bilas wajahmu dengan air hangat.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

iritasi kulit

Banyak penelitan yang menyebutkan bahwa kandungan asam lemak dan asam oleat yang ada dalam alpukat sangat membantu dalam proses penyembuhan luka.

Hal ini disebabkan, kedua kandugan tersebut dapat merangsang produksi sintesis kolagen, atau yang biasa juga dikenal dengan proses pembuatan jaringan ikat pada kulit.

Tak hanya itu, manfaat alpukat untuk kecantikan sebagai antiinflamasi juga bisa membantu memberikan sensasi menenangkan pada kulit yang luka atau mengalami iritasi.

Resep masker alpukat untuk kulit yang iritasi

– Siapkan buah wortel yang telah dikukus dan dihaluskan.

– setengah buah alpukat yang juga telah dihaluskan.

– Campurkan kedua bahan di atas, dan tambahkan satu sendok makan madu, setengah sendok makan olive oil, dan satu kuning telur.

– Aduk hingga pasta masker terbentuk dan bahan-bahan tercampur dengan rata.

– Aplikasikan pada wajah, utamanya yang terkena iritasi.

– Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas dengan lembut agar kulit tidak terluka.

Mengatasi Jerawat

skincare untuk kulit berjerawat

Buat kamu yang sudah sebal dengan jerawat membandel, alpukat bisa jadi salah satu alternatif paling aman dan oke yang bisa kamu coba, lho.

Sebab, kandungan antimikroba dan antibakteri dalam alpukat mampu mengatasi bakteri jahat penyebab masalah pada kulit wajah.

Enggak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam alpukat pun bisa memperbaiki kondisi kulit dan menenangkan bagian yang meradang karena jerawat.

Cara membuat masker alpukat untuk wajah berjerawat

– Siapkan buah alpukat yang sudah dihaluskan secukupnya.

– Tambahkan dua sendok teh madu ke dalam adonan alpukat hingga merata.

– Pakai pasta masker secara merata pada permukaan wajah.

– Tunggu sampai kandungan meresap sempurna, maksimal 20 menit saja.

– Kemudian bersihkan sisa masker dengan air hangat, dan lanjutkan pakai air dingin.

Nah, itu adalah beberapa resep dan manfaat alpukat untuk kecantikan. Kamu bisa mempraktikkan penggunaan resep-resep masker ini di rumah dengan mudah.

Selain merasakan manfaat alpukat untuk kecantikan dari masker alami, kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan menggunakan skincare berkandungan bahan alami ini.

Namun, saat memilih produk perawatan wajah apapun, usahakan untuk menyesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit wajahmu. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya iritasi atau alergi kosmetik.

Well, semoga artikel ini dapat membantumu! Selamat mencoba!

About Author

Related posts

Leave a Comment