Yuk! Cari Tahu Manfaat Kayu Manis untuk Wajah Berikut Cara Penggunaannya

manfaat kayu manis untuk kecantikan

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah alami yang sering digunakan dalam berbagai masakan tradisional. Ini disebabkan karena aroma yang eksotis dan cita rasanya yang manis.

Kayu manis berasal dari kulit pohon kayu manis. Selain digunakan sebagai bahan makanan, rempah alami ini juga digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Namun, rempah yang bernama latin Cinnamomum verum ini juga terbukti memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu.

Kandungan antioksidan dalam kayu manis bisa membantu memerangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

Hal juga ini dapat dibuktikan dari banyaknya produk perawatan kecantikan yang menjadikan kayu manis sebagai bahan dasar maupun campuran dalam formulasinya.

Nah, selain dari skincare, kamu juga bisa memetik manfaat kayu manis untuk wajah ini dengan menggunakannya sebagai perawatan alami.

Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Membantu Melembapkan Kulit

mencerahkan kulit wajah

Kulit yang kelembapan alaminya terjaga dengan baik juga bisa menandakan bahwa kondisi kulit kita dalam keadaan yang prima.

Tak hanya itu, kulit yang tidak kering juga bisa lebih mudah menerima dan menyerap kandungan dalam produk perawatan wajah. Yang akhirnya menjadikan hasil perawatan wajah jadi lebih optimal.

Nah, manfaat kayu manis untuk wajah yang pertama adalah menjaga kelembapan alami pada kulit wajah. Ini disebabkan kayu manis mampu meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit kira, sehingga membuat kulit lebih lembap dan sehat.

Cara melembapkan kulit dengan kayu manis

  • Campurkan tiga tetes minyak atsiri kayu manis dengan dua sendok makan petroleum jelly, atau bisa juga menggunakan minyak zaitun.
  • Aplilkasikan pada area kulit yang membutuhkan perawatan.
  • Hindari area kulit yang sensitif, seperti pada kulit mata dan sekitar mulut. Sebab dapat menimbulkan sensasi seperti terbakar atau iritasi.

Meningkatkan Pigmen Kulit

mencerahkan kulit wajah

Kulit yang kusam bisa jadi salah satu tanda penuaan dini. Penyebabnya pun sangat beragam, bisa karena kurangnya asupan nutrisi, hingga karena paparan radikal bebas.

Namun kamu enggak perlu takut, sebab kulit yang kusam bisa diatasi dengan menggunakan kayu manis sebagai perawatan kecantikanmu.

Sebab, kandungan antioksidan dalam rempah satu ini bisa merangsang produksi kolagen pada kulit. Yang juga bisa menghambat munculnya tanda penuaan dini dan membuatnya jadi tampak lebih cerah.

Cara mencerahkan wajah dengan kayu manis

Untuk mendapatkan manfaat kayu manis untuk wajah satu ini kamu bisa mengombinasikannya dengan yogurt, pisang matang, dan perasan lemon.

Kandungan vitamin C dari ketiga bahan ini bisa membantu produksi kolagen dalam kulit dan efektif untuk mencerahkan wajah.

Sementara probiotik dalam yogurt bisa membantu menjaga kelembapan alami, menenangkan dan melembutkan kulit wajah kamu. Untuk membuat maskernya, ikuti langkah berikut.

  • Haluskan pisang yang matang terlebih dahulu.
  • Campurkan dengan bubuk kayu manis, satu sendok makan yogurt dan satu sendok teh perasan lemon.
  • Aduk hingga pasta masker dari beberapa bahan tersebut terbentuk.
  • Aplikasikan pasta masker ke seluruh wajah, hindari area mata dan bibir.
  • Tunggu beberapa saat, kisaran 10-15 menit sebelum membersihkan wajah dengan air hingga bersih.

Merawat Kulit Berjerawat

skincare untuk beruntusan (4)

Selain mengganggu penampilan, jerawat juga seringnya menimbulkan rasa enggak nyaman di kulit. Misalnya ada rasa gatal, perih, bahkan sakit karena meradang.

Manfaat kayu manis untuk wajah selanjutnya adalah bisa mengatasi atau mengobati jerawat. Ini dikarenakan, dalam rempah satu ini terdapat kandungan antibakteri yang mampu bekerja melawan bakteri penyebab jerawat dan komedo pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan antiinflamasi dalam kayu manis bisa membantu menenangkan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Cara merawat kulit berjerawat dengan masker kayu manis

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat wajah berjerawat adalah dengan menggunakan masker kayu manis. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa mengombinasikan rempah ini dengan bahan alami lain, contohnya madu.

Madu dapat memberikan sensasi menenangkan, melembutkan, dan mengencangkan pada kulit wajah kita. Tak hanya itu, kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi bisa membantu proses penyembuhan jerawat dengan lebih baik.

Untuk mendapatkan manfaat kayu manis untuk wajah satu ini, ikuti langkah berikut, ya.

  • Siapkan mangkuk atau wadah kecil, campurkan setengah sendok teh kayu manis bubuk dengan satu sendok makan madu.
  • Aduk merata hingga pasta masker alami yang diinginkan terbentuk.
  • Aplikasikan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata.
  • Diamkan 30 menit atau tunggu hingga kering, kemudian bilas wajahmu sampai bersih.
  • Untuk mencegah adanya iritasi, kamu bisa aplikasikan moisturizer untuk menenangkan kulit wajahmu.

Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan

skincare termahal di dunia

Tanda penuaan yang muncul di wajah rupanya dapat terjadi secara prematur. Kondisi ini lebih sering dikenal dengan penuaan dini.

Beberapa tanda penuaan dini pada wajah yakni munculnya kantung mata, adanya flek-flek hitam di kulit, elastisitas kulit juga menurun, dan banyak lainnya.

Selain karena usia, salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini ini bisa dipicu oleh stress oksidatif pada tubuh.

Namun kamu tak perlu merasa khawatir, sebab kayu manis telah terbukti mampu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Beberapa hasil riset menyebutkan bahwa ekstrak kayu manis dapat bekerja sebagai agen anti aging, yang mampu melawan tanda-tanda penuaan secara prematur.

Tak hanya itu, kandungan cinnamaldehyde dalam kayu manis pun dipercaya mampu meningkatkan kadar jaringan ikat pada kulit. Sehingga, elastisitas kulit akan terjaga dan wajah akan tetap kencang bebas dari keriput.

Selain itu, manfaat masker kayu manis satu ini juga didapatkan dari senyawa antioksidan yang kaya di dalamnya. Di mana, senyawa ini dapat melindungi kulit dan meminimalisir dampak buruk dari radikal bebas.

Cara membuat masker kayu manis agar awet muda

  • Siapkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan kombinasikan dengan dua sendok makan minyak zaitun.
  • Campurkan kedua bahan tersebut dalam sebuah mangkuk. Aduk sampai merata dan jadi pasta masker alami dari kayu manis yang diinginkan.
  • Oleskan pada permukaan kulit wajah dan tunggu setidaknya selama 20 menit. Ini bertujuan agar kulit jadi lebih lembap dan tampak kencang.
  • Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin. Agar pori-pori bisa mengecil dan wajah jadi lebih lembut.

Mengatasi Penyakit Kulit

skincare untuk beruntusan (1)

Salah satu kelebihan dari kayu manis adalah kemampuannya dalam mengatasi berbagai penyakit kulit. Inilah yang menjadikan rempah satu ini dipercaya dan digunakan sebagai ramuan obat-obatan tradisional.

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa efek senyawa antioksidan cinnamaldehyde pada kayu manis berpotensi mampu mengobati gangguan pada kulit.

Selain itu, minyak atsiri kayu manis pun memiliki efek antiradang yang mampu memberikan sensasi menenangkan dan mengurangi gejala peradangan pada kulit.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

mempercepat penyembuhan luka

Punya bopeng atau luka bekas jerawat yang enggak kunjung hilang? Well, kayu manis bisa jadi pilihan menjanjikan untuk mengatasi kondisi ini.

Sebab, salah satu manfaat kayu manis untuk wajah adalah membantu proses penyembuhan luka dan menghilangkan bekasnya.

Beberapa artikel ilmiah pun mengungkapkan bahwa kayu manis memiliki kandungan antibakteri yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Menutrisi Kulit

menenangkan kulit

Berbagai kandungan dalam kayu manis dapat membantu menutrisi kulit wajahmu dan menjadikannya lebih sehat.

Selain itu, kemampuan kayu manis yang dapat merangsang sirkulasi darah juga bisa meningkatkan aliran darah pada wajah. Akhirnya, kulitmu pun tampak lebih segar dan cerah.

Cara merawat kesehatan wajah dengan masker kayu manis

Untuk mendapatkan manfaat kayu manis untuk wajah ini kamu bisa memadukannya dengan madu. Sebab, berbagai vitamin dalam madu bisa mengoptimalkan kerja kandungan dalam kayu manis yang menyehatkan kulit.

  • Kombinasikan satu sendok kayu manis dengan yogurt dan madu secukupnya.
  • Aduk sampai tercampur sempurna dan pasta masker terbentuk.
  • Aplikasikan secara merata pada wajah kamu, jangan lupa bersihkan dulu, ya.
  • Tunggu hingga mengering dan kandungan dalam masker terserap dengan baik oleh kulit.
  • Setelah itu, bilas sisa masker sampai bersih.

Menjaga Elastisitas Kulit

manfaat skincare probiotik 2

Kayu manis merupakan rempah ajaib yang bisa membantu menstimulasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke wajah.

Ini dapat memperbaiki penampilan kulit wajahmu dan membuatnya tampak lebih kencang.

Caranya mengencangkan kulit wajah dengan masker kayu manis

  • Campurkan satu sendol teh kayu manis bubuk dengan satu sendok teh madu atau yogurt.
  • Aduk merata, hingga menjadi pasta masker yang kental.
  • Aplikasikan secara menyeluruh pada wajah.
  • Tunggu beberapa saat, hingga masker mengering. Kemudian cuci wajah dengan air hangat, pastikan tidak ada residu masker yang tertinggal.

Untuk memperoleh manfaat kayu manis untuk wajah secara maksimal, kamu bisa mengikuti berbagai resep di atas atau menggunakan produk skincare dengan kandungan bahan alami ini.

Namun, karena kondisi kulit tiap orang tidaklah sama. Alangkah baiknya bila kamu melaukan uji coba pada bagian kulit yang lain terlebih dahulu, dan melihat reaksi yang ditimbulkan dari penggunaan masker kayu manis pada kulit.

Bila timbul reaksi negatif di kulit, seperti muncul ruam, iritasi, atau pembengkakan pada kulit setelah sepuluh menit berselang. Artinya kandungan dalam kayu manis tidak cocok untuk jenis kulitmu.

Jika tidak ada reaksi negatif yang disebutkan muncul, maka kemungkinan cukup aman untukmu menggunakan kayu manis sebagai bahan perawatan wajah alami harianmu.

Nah, sampai sini dulu artikel hari ini, ya. Kamu bisa membagikan pendapatmu atau tips penggunaan kayu manis lainnya di kolom komentar. See you!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment