Biar Aman, Kepoin Cara Memilih Krim Pencerah Kulit Ketiak yang Tepat Berikut Ini!

krim pencerah wajah

Apakah kamu memiliki kulit ketiak yang berwarna kusam atau bahkan menggelap? Sehingga biki enggak pede untuk memakai baju yang bermodel tanpa lengan?

Enggak perlu khawatir, sebab banyak cara memutihkan kulit ketiak yang gelap. Misalnya dengan menggunakan bahan-bahan alami di rumah, hingga menggunakan krim pencerah ketiak yang dijual di berbagai toko kosmetik.

Kini banyak produk krim pencerah ketiak yang dijual di pasaran, dari merk-merk terkenal hingga brand kosmetik yang baru mengeluarkan satu dua produk saja.

Berbagai krim pencerah ini pun seringnya menggunakan bahan-bahan kombinasi yang unik, sehingga bisa memberikan fungsi lebih pada produk mereka.

Namun, karena berbagai kandungan inilah kamu juga harus lebih selektif dalam memilih krim pencerah ketiak yang aman.

Sebab, enggak sedikit juga kandungan pencerah pada kosmetik bisa menimbulkan reaksi negatif pada kulit. Bahkan, salah-salah penampilan kulit ketiakmu bisa jadi lebih gelap dari kondisi sebelumnya.

Lalu bagaimana cara memilih krim pencerah ketiak yang aman dan tepat? Apakah ada hal-hal yang harus diperhatikan?

Nah, untuk menjawab pertanyaanmu itu, simak ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

Pahami Kebutuhan dan Kondisi Kulit Ketiakmu

ketiak hitam

Pada dasarnya, memilih krim pencerah kulit ketiak yang aman sama saja dengan memilih produk skincare atau perawatan kecantikan apapun.

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah kebutuhan dan kondisi kulit ketiakmu. Yakni dengan mencoba mencari tahu, apa saja penyebab kulit ketiakmu menggelap.

Sebab, dengan mengehatui penyebab kulit ketiakmu menggelap, kamu bisa memilih produk yang tepat dan efek yang dihasilkan pun akan tampak lebih maksimal.

Misalnya, menggelapnya kulit ketiakmu ini terjadi karena seringnya kamu mencukur bulu ketiak. Yang, sebenarnya bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu produksi melanin.

Maka, untuk mengatasinya kamu perlu memilih krim pemutih ketiak yang memiliki kandungan atau bahan antiinflamasi dan bisa membantu melembapkan kulit.

Jadi enggak hanya memutihkan, krim tersebut bisa membantu merawat kulit yang teriritasi dan mengembalikan tekstur lembutnya dengan menjaga kelembapan alami kulit.

Selain itu, setiap orang juga pastinya memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, termasuk kulit ketiak. Bila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif, maka kamu harus menghindari krim pencerah ketiak yang mengandung bahan-bahan terlalu keras.

Bahan-bahan yang dimaksudkan itu bisa menimbulkan reaksi iritasi dan alergi pada kulit. Misalnya, yang mengandung bahan pewangi kimia, alkohol, phtalates, dan lain sebagainya.

Periksa Kandungan Bahan Kimia yang Ada

kandungan dalam skincare

Kulit ketiak merupakan salah satu area yang sensitif dari tubuh kita. Oleh karena itu, kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih krim pencerah ketiak.

Kira-kira bahan kimia apa yang aman untuk membantu mencerahkan kulit ketiakmu? Cek penjelasannya di bawah ini, ya!

Vitamin C

Kandungan satu ini pasti udah enggak asing lagi bagimu. Gimana enggak? Vitamin C bisa dibilang jadi bahan yang sangat sering digunakan dalam produk pencerah kulit, termasuk untuk merawat ketiak yang menggelap.

Bahan aktif satu ini bisa membantu menyamarkan pigmentasi pada kulit yang diakibatkan produksi melanin berlebihan.

Tak hanya itu, vitamin C pun dapat bekerja sebagai anti-inflamator alami yang mampu meredakan iritasi atau peradangan di kulit.

Niacinamide (Provitamin B3)

Beberapa waktu belakangan ini niacinamide jadi salah satu kandungan yang sangat populer dalam produk perawatan kecantikan, sebab kemampuannnya yang dapat dengan efektif membantu mencerahkan kulit.

Kamu bisa memilih produk krim pencerah ketiak dengan kandungan satu ini. Pasalnya jenis vitamin B3 ini bisa bekrja dengan substansi alami di kulit ketiak untuk meratakan serta membuat warnanya tampak lebih cerah.

Tak hanya itu, niacinamide pun dapat membantu memperkuat pertahanan kulit yang rentang rusak karena proses pencukuran atau karena gesekan kain baju yang terlalu ketat.

AHA dan BHA

Kedua bahan aktif ini jadi begitu dikenal karena adanya tren kecantikan ala K-beauty. Yap, dua jenis kelompok asam hidroksi ini bisa membantumu mencerahkan kulit ketiak.

Kedua kandungan ini sangat berperan dalam eksfoliasi sel kulit mati yang menumpuk di ketiak.

Tak hanya itu, AHA dan BHA pun dapat mengurangi peradangand i kulit, meratakan warna kulit ketiak, dan menjaga kelembapan alami di kulit.

Arbutin Acid

Asam arbutin pada dasarnya merupakan turunan dari hydroquinone yang sangat efektif untuk mengatasi kulit yang menggelap.

Kandungan satu ini bisa didapatkan dari ekstrak tanaman, seperti bearberry, blueberry, mulberry, dan pohon pir.

Bahan aktif ini mampu mencerahkan daerah yang berwarna gelap dan bisa meratakan warna kulit kamu.

Sayangnya, arbutin bisa menimbulkan iritasi pada kulit yang cenderung sensitif. Untuk itu, sebelum memakai krim pencerah ketiak dengan kandungan ini, ada baiknya untuk mencoba mengaplikasikan produk pada bagian tubuh yang lain.

Ketika tidak ada reaksi negatif yang muncul setelah 30 menit kamu mengaplikasikan krim. Maka, produk tersebut berkemungkinan besar bisa kamu gunakan.

Perhatikan Kandungan Alami pada Krim Pencerah Ketiak

bahan-bahan masker organik

Selain kandungan bahan aktif dalam krim pencerah ketiak yang aman digunakan di atas. Sebenarnya kamu juga bisa mempertimbangkan ekstrak dari bahan alami yang ada dalam produk tersebut.

Sebab, enggak sedikit bahan-bahan alami yang sangat efektif untuk mencerahkan kulit ketiak kamu. Penasaran apa saja? Cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Ladies.

Ekstrak Green Tea

green tea

Dikenal sebagai obat tradisional yang sangat populer di Tiongkok. Green tea juga bisa sangat berguna untuk mencerahkan kulit ketiak kamu.

Kandungan di dalam green tea pun diklaim mampu menghilangkan bekas menghitam pada kulit serta mengurangi peradangan dan menjaga kekenyalan kulit kamu.

Tak hanya itu, sebuah studi menyebutkan bahwa green tea dapat menjaga keremajaan kulit dan membuat kulit ketiakmu tampak lebih cerah.

Zat antioksidan dalam green tea pun dikenal mampu memperbaiki sel kulit yang bermasalah. Pun bisa menstimulasi produksi kolagen yang dapat membuat kulit jadi lebih cerah, halus, dan selalu sehat.

Ekstrak Bunga Camellia

manfaat bunga kamelia untuk kulit

Bunga kamelia enggak hanya baik untuk merawat kesehatan wajah, melainkan bisa membantu mencerahkan kulit ketiak yang menggelap.

Kandungan dalam bunga ini bisa membantu melembapkan dan melembutkan kulit ketiakmu. Juga bisa mengembalikan keremajaan kulit, sehingga membuatnya tampak lebih cerah.

Ekstrak Witch Hazel

manfaat witch hazel untuk kecantikan (1)

Tanaman satu ini emang dikenal multifungsi, alias punya beragam manfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Termasuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam.

Kandungan antiradang atau antiinflamasi dalam tanaman ini bisa membantu mengatasi dan meredakan iritasi pada kulit.

Penggunaan krim pencerah ketiak berkandungan witch hazel sangat cocok buat kamu yang memiliki kulit sensitif dan iritasi. Sebab witch hazel mampu mengurangi gejala iritasi dan alergi pada kulit, juga menangkal terjadinya infeksi.

Susu

susu murni

Bahan alami lainnya yang bisa kamu pertimbangkan dalam produk krim pencerah ketiak yang aman adalah susu.

Kandungan probiotik dalam susu mampu memberikan dan menjaga kelembapan alami pada kulit ketiak. Dengan begitu, permukaan kulit akan jadi lebih lembut, elastisitasnya terjaga, dan tidak mudah mengalami iritasi.

Selain itu, susu bisa membantu mencerahkan kulit ketiak kamu yang menggelap. Yakni dengan bekerja memperbaiki sel kulit yang bermasalah dan meremajakan kembali kondisi kulit ketiak.

Tak hanya itu, penggunaan krim pencerah ketiak yang aman berkandungan susu juga diklaim mampu menghambat pertumbuhan bulu ketiak, lho.

Ekstrak Mentimun

masker mentimun

Dalam buah mentimun terdapat kandungan pencerah kulit alami. Bahan satu ini pun dikenal sangat efektif untuk merawat kulit ketiak yang menggelap, lho.

Pilih Krim Pemutih Ketiak yang Bisa Melembapkan Kulit

krim pemutih wajah

Sebenarnya dalam banyak produk krim pencerah ketiak yang aman terdapat beberapa kandungan pencerah yang dapat menyebabkan kulit jadi lebih kering dari kondisi mulanya.

Hal ini bisa membuat kulit jadi mudah iritasi, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan gatal. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memilih krim yang memiliki fungsi melembapkan untuk mengimbangi bahan-bahan pencerah yang terlalu keras.

Itu adalah beberapa tips untuk memilih krim pencerah ketiak yang aman. Ingat, ya, jangan hanya terpaku pada klaim-klaim yang dicantumkan dalam kemasan produk.

Teliti juga kandungan yang digunakan dalam formulanya dan sesuaikan dengan jenis kulitmu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan produk yang cocok untuk kulitmu dan dapat bekerja secara optimal dalam mengatasi kulit ketiak yang menghitam.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment