Jadi Incaran, Ini Manfaat Skincare Probiotik dan Contoh Produknya yang Bisa Dicoba

skincare probiotik

Dari tahun ke tahun, produk kecantikan terus mengalami perkembangan dan inovasi. Yang dilakukan untuk mendapatkan produk kosmetik paling ideal dan dapat memenuhi kebutuhan banyak orang.

Fenomena ini selaras dengan tingkat kesadaran dan minat masyarakat akan kesehatan serta kecantikan diri semakin tinggi. Yang membuat produsen kosmetik menciptakan inovasi-inovasi dan produk baru.

Salah satu bentuk inovasi tersebut antara lain menggunakan bahan-bahan tertentu ke dalam kosmetik. Misalnya menggunakan collagen, bahan organik, hingga kini probiotik sebagai bahan dasar formula kosmetik.

Menurut Sunny Dahye In, beauty vlogger berdarah Korea, probiotik akan jadi bahan incaran dalam produk skincare pada tahun 2021 ini.

Tapi apakah kamu tahu apa itu probiotik?

Pada dasarnya probiotik merupakan mikroorganisme yang hidup dalam pencernaan kita. yang dapat bekerja membantu untuk melindungi dan menjaga kesehatan pencernaan kita.

Probiotik pun sebenarnya dapat kita temukan dalam makanan atau minuman. Misalnya susu, yogurt dan lain sebagainya.

Enggak hanya bagus untuk pencernaan, probiotik juga dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Hal inilah yang membuat probiotik akhirnya dimanfaatkan sebagai bahan produk skincare.

Salah satu probiotik yang dapat digunakan dalam kandungan skincare adalah lactobacillus. Yang dapat membantu menjaga kelembutan kulit kita.

Probiotik yang ditambahkan dalam berbagai produk skincare ini dapat berfungsi untuk menghilangkan jerawat hingga pelembap sehari-hari.

Nah, sebelum mencoba berbagai produk skincare probiotik sembarangan. Enggak ada salahnya dulu nih untuk cari tahu soal inovasi skincare satu ini.

Manfaat Skincare Probiotik Jika Digunakan Secara Rutin

manfaat skincare probiotik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, probiotik enggak hanya bermanfaat untu proses metabolisme dan pencernaan kita. melainkan memiliki banyak fungsi untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Dengan begitu probiotik akhirnya menjadi bahan ideal yang dapat digunakan dalam formula skincare. Pengguna skincare probiotik dapat menuai berbagai manfaat dari produk inovasi tersebut ketika menggunakannya secara rutin.

Berikut beberapa keuntungan atau kebaikan yang bisa kamu dapatkan ketika rutin memakai skincare probiotik.

Memperkuat Skin Barier atau Lapisan Perlindungan Kulit

manfaat skincare probiotik 1

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan skincare probiotik secara rutin adalah memperkuat skin barrier. Maksudnya produk ini dapat membuat perlindungan pada kulitmu jadi ekstrak kuat.

Hal ini dikarenakan probiotik enggak hanya mampu melawan bakteri merugikan pada tubuh. Melainkan juga dapat meningkatkan daya tahan kulit terhadap infeksi bakteri, kuman, polusi, bahkan radikal bebas.

Akhirnya, dengan sendirinya pertahanan kulitmu akan jadi lebih kuat. Dan tidak mudah mengalami berbagai masalah kulit.

Mampu Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat Produk Perawatan

Bagi kamu pemilik kulit kering dan sensitif bisa nih mencoba menggunakan skincare probiotik secara rutin. Hal ini karena probiotik mampu membantu mengembalikan melembapkan kulit wajah kita.

Dengan demikian, kulit wajah kamu bisa terhindar dari kekeringan dan bisa terhidrasi dengan baik.

Mampu Menangkal Radikal Bebas

jenis tabir surya

Radikal bebas dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu hal yang paling umum diakibatkan radikal bebas adalah munculnya tanda penuaan dini, kulit kering dan lain sebagainya.

Tenang, kamu enggak perlu khawatir. Karena rupanya skincare dengan kandungan probiotik bisa mengatasi hal ini lho.

Probiotik juga disebutkan dapat membantu melawan radikal bebas dan membuat kulit kita tetap sehat.

Melembutkan Kulit

manfaat skincare probiotik 2

Karena bisa menghidrasi kulit wajah dengan baik, kandungan probiotik dalam skincare juga dapat membuat kulit kita jadi terasa lebih lembut dan halus.

Dapat Bekerja sebagai Anti Aging

skincare untuk kulit sensitif

Radikal bebas, paparan sinar UV berlebihan dan terkena polusi bisa membuat kulit kita jadi tampak kusam dan tidak bercahaya. Bahkan mempengaruhi munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Namun kamu enggak perlu khawatir, sebab kandungan probiotik dalam skincare diklaim dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini itu.

Misalnya dengan menyamarkan garis halus dan keriput, mengecilkan pori-pori wajah, dan menjaga kekencangan kulit kita. Yang artinya bisa membuat kita tampak lebih segar dan bercahaya setiap saat.

Berguna Sebagai Anti Inflamasi atau Anti Radang

Probiotik juga dikenal dengan sifatnya yang dapat bekerja sebagai anti inflamasi atau anti radang. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan para peneliti dalam menciptakan skincare probiotik.

Dengan demikian skincare ini diharapkan mampu meredakan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri yang merugikan.

Mampu Mencerahkan Wajah

Melembabkan Kulit

Karena fungsinya mengurangi racun dan radikal bebas yang ada pada kulit, otomatis probiotik juga dapat membantu menghilangkan flek hitam serta sel kulit mati.

Proses ini yang kemudian membuat kulit jadi lebih cerah. Dengan demikian probiotik akhirnya jadi salah satu bahan yang ideal digunakan dalam formula skincare, khususnya krim pencerah wajah harian.

Berbagai Jenis Produk Skincare Probiotik yang Bisa Dicoba

rekomendasi skincare probiotik

Popularitas probiotik diduga bakalan terus mengalami peningkatan, nih. Misalnya salah seorang Beauty Youtuber berdarah Korea, Sunny Dahye In, memperkirakan bahwa skincare dengan kandungan probiotik akan semakin diburu tahun ini.

Nah, buat kamu yang mau mencoba enggak ada salahnya untuk tahu berbagai jenis skincare yang hingga kini diinovasikan dari probiotik.

Krim Pencerah Wajah

Day Cream

Produk skincare satu ini biasanya ditujukan untuk membantu menghilangkan kulit kusam dan flek-flek hitam yang ada di wajah.

Sifat probiotik yang dapat memberikan kelembapan dan mampu membantu mencerahkan kulit dapat mendukung fungsi produk skincare satu ini.

Masker Wajah

masker (2)

Penggunaan probiotik dalam komposisi produk masker wajah, dapat membantu memperkuat fungsi penghalang kulit dengan meningkatkan kualitas tampilan kulit.

Enggak hanya itu, masker ini juga memiliki ketahanan terhadap tekanan eksternal dan membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Masker dengan kandungan probiotik umumnya dapat ditemukan dalam masker kefir. yang terbuat dari fermentasi susu kambing atau sapi serta mengandung lactobacillus ada asam amino.

Yang keduanya berfungsi untuk menghilangkan debu dan bakteri merugikan dari wajah, sehingga terhindar dari jerawat. Bahkan, asam amino membantu kulit tidak mudah dehidrasi sehingga kulit tetap lembap dan halus.

Cleanser atau Pembersih Wajah

face cleanser

Ternyata probiotik juga bisa dijadikan komposisi dalam produk pembersih wajah.

Hal ini dikarenakan probiotik dapat memberikan kelembapan kepada kulit wajah kita. Yang akan cenderung jadi kering dan tidak seimbang setelah proses pembersihan wajah.

Enggak hanya itu, probiotik juga dapat memberikan efek menenangkan pada kulit wajah. Akhirnya kulit akan jadi tampak lebih kenyal, jernih dan bercahaya. Namun juga semakin kuat untuk menangkal bahaya yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Serum Wajah

cara menggunakan serum wajah

Berbagai fungsi yang mampu diberikan probiotik bagi kulit menjadikan kandungan ini sangat esensial dan potensial digunakan dalam komposisi produk serum wajah.

Dengan menggunakan serum wajah berkandungan probiotik, elastisitas kulitmu dapat terhaga dengan baik. Akhirnya wajahmu tampak kembali lebih remaja, membuat warna kulit lebih merata dan terasa lebih lembut.

Kamu bisa menemukan fungsi serum wajah yang lainnya dalam artikel ini.

Moisturizer atau Pelembap Wajah

tips memilih moisturizer

Probiotik emang ideal banget diformulasikan ke dalam produk skincare yang satu ini. Sebab probiotik mampu menjaga dan mengembalikan kelembapan pada kulit.

Pada beberapa produk inovasi moisturizer yang berbahan dasar probiotik bahkan mengklaim bisa menyamarkan garis halus pada wajah, menjaga struktur lapisan dermis pada kulit sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan kencang.

Bahkan banyak juga yang mengklaim bahwa pelembap mereka mampu digunakan untuk kulit sensitif, penggunaan yang teratur dapat meningkatkan imunitas kulit sehingga kulit tidak mudah mengalami radang.

Biasanya, skincare dengan kandungan probiotik akan mengurangi rasa perih atau panas pada kulit akibat menggunaka bahan kimia yang tidak sesuai dengan kulit pengguna.

Selain berbentuk krim, moisturizer dengan kandungan probiotik juga dapat berbentuk gel. Yang sangat dianjurkan untuk digunakan oleh pemilik kulit kering dan sensitif.

Lebih jelasnya, Yuk! Kenalan Sama Moisturizer – Produk Skincare Wajah Dengan Segudang Manfaat Untuk Kulitmu.

Essence

manfaat essence

Essence memiliki formula yang lebih ringan dari serum, namun lebih pekat daripada toner. Essence dapat memberikan banyak nutrisi untuk kulit wajah kita.

Formulanya yang ringan membuat kandungan essence dapat terserap dengan baik. Penggunaan essence dengan kandungan probiotik dapat membuat kulit mendapatkan manfaat menyeluruh dari bahan tersebut.

Nah itu adalah hal-hal yang berkaitan tentang skincare probiotik yang mungkin saja belum kamu ketahui dengan baik. Mulai dari manfaatnya, hingga produk-produk skincare apa saja yang bisa mengandung probiotik.

Enggak ada salahnya untuk mencoba jenis skincare terbaru, misalnya skincare probiotik ini. Namun kamu juga harus ingat untuk menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu.

Kamu juga harus berhati-hati dalam memilih produk-produk baru, sebab banyak juga produsen nakal di luar sana. Kamu bisa mulai menerapkan cara Cek BPOM kosmetik dengan mudah untuk langkah preventif.

Nah, sudah dulu ya pembahasan kita hari ini. Kalau kamu punya pendapat lain jangan lupa kasih tahu lewat kolom komentar.

See you!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment