Google Partner: Definisi, Manfaat, dan Pentingnya Untuk Bisnis

google partner adalah

Tak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini Google masih menjadi mesin pencari nomor satu yang paling digunakan di dunia. Semua orang menggunakan Google. Baik dalam menggunakannya untuk mencari informasi ataupun sebagai sarana untuk berbisnis.

Nah, untuk kamu yang menggunakannya untuk berbisnis, ada kabar penting. Sebab saat ini Google telah membuat layanan yang sangat berguna untuk pengembangan bisnismu, namanya Google Partner. Untuk kamu pelaku digital marketing pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini.

Program dari Google ini terbilang sangat membantu dalam hal pemasaran. Jika bisnismu sesuai dengan kritertia yang telah ditentukan, Google akan memberimu sertifikat. Tentunya sertifikat ini akan sangat berguna bagi kamu yang melakukan pemasaran secara digital.

Bisnis yang sudah tergabung dengan Google Partner akan mendapat keistimewaan tersendiri. Untuk kamu yang ingin bergabung menjadi Google Partner, alangkah baiknya kamu mengikuti artikel ini hingga selesai ya. Selamat mencoba.

Apa Itu Google Partner?

Saat ini para pebisnis cenderung lebih memilih pemasaran secara digital ketimbang secara konvensional. Pemasaran digital dinilai lebih efektif mendatangkan massa dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu banyak pula dari mereka yang bergabung menjadi Google Partner.

Google Partner merupakan sebuah program pemasaran yang dibuat Google untuk pengelola bisnis, agensi digital marketing, maupun pihak ketiga yang mengelola Google Ads untuk klien. Menjadi mitra Google tentu akan membuatmu mendapat banyak keuntungan.

Salah satu keuntungan itu adalah, kamu akan mendapatkan edukasi tentang periklanan di Google. Selain itu Google juga akan memberimu sebuah sertifikat sebagai tanda jika kamu sudah resmi menjadi mitra Google.

Perlu kamu ketahui bahwa program ini tidak ada hubungannya dengan tools Google yang lain. Seperti Search Engine Optimization (SEO), Gmail ataupun Google Analytics dan yang lainnya. Namun, program ini erat kaitannya dengan periklanan di Google.

Nah, itulah pengertian dari Google Partner. Dalam prakteknya, program dari Google ini sendiri mempunyai dua tingkat kemitraan. Untuk mengetahui apa saja tingkatannya dan bagaimana cara bergabung, simak ulasan berikut.

Tingkat Kemitraan Google Partner

Saat ini sudah ada ribuan hingga jutaan perusahaan yang sudah tergabung menjadi mitra Google. Dengan menjadi mitra, Google akan membantu kapan pun ketika kamu membutuhkan solusi atau bantuan.

Seperti migrasi, pengembangan aplikasi baru, bukti konsep, bahkan hingga dukungan end to end untuk strategi Cloud.

Menjadi mitra Google pun ada tingkatannya. Yakni Anggota, Partner, dan Partner Premier. Ketiga tingkatan ini memiliki manfaat dan kelebihannya masing-masing. Berikut penjelasannya.

Anggota Google Partner

Tingkatan pertama Google Partner adalah anggota. Pada tingkatan ini kamu akan mendapat sertifikat yang nantinya akan digunakan untuk mengikuti edukasi tentang periklanan yang diberikan oleh Google.

Selain itu dengan menjadi anggota Program partner ini, kamu juga akan mendapat berbagai bantuan dalam solusi untuk mengembangkan bisnis dengan pemasaran digital. Kamu juga bis mengikuti pengembangan, penerapan, pelatihan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Partner

Tingkatan selanjutnya adalah Partner. Pada tingkatan ini pebisnis telah memenuhi dan melampaui semua persyaratan dari Google dan terus menunjukkan keberhasilan dalam mencapai tiga persyaratan seperti Sertifikasi, Usage, dan Performa.

Partner ini juga memiliki beberapa manfaat yang cukup signifikan. Yakni kelayakan untuk pengelolaan akun khusus, badge untuk Partner atau Mitra Google. Selain itu juga tercantum pada penelusuran Portal Partner Google. Serta dukungan pada acara klien Peningkatan Kompetisi.

Premier

Tingkatan tertinggi adalah premier. Tentu saja untuk mencapai tingkatan ini pebisnis harus membuktikan kemampuannya. Yakni mempertahankan sertifikasi terkini untuk tim mereka dan memenuhi serta melampaui persyaratan yang ditetapkan oleh Google.

Strandart yang diberikan pada tingkatan premier ini memang tidak mudah. Namun persyaratan yang diberikan tersebut akan sebanding dengan hasil yang didapatkan. Beberapa hasil tersebut adalah semua manfaat yang diberikan untuk tingkatan Partner.

Selain juga pada tingkatan premier juga akan mendapat pelatihan bisnis eksekutif oleh Google, perwakilan dan tim dukungan terdedikasi KTT. Bahkan ulasan tahunan untuk Partner Support pada kegiatan marketing, serta masih banyak lainnya.

Nah itulah tingkatan Google Partner yang perlu ketahui. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dengan bergabung dalam program ini akan memberimu beragam manfaat. Apa saja manfaat tersebut? Berikut daftar selengkapnya.

Manfaat Bergabung Google Partner

Selain mendapatkan pelatihan untuk memperkuat periklanan dalam digital marketing, program Google ini akan memberimu beragam manfaat yang lain. Tentunya manfaat tersebut akan memberikan nilai  lebih pula  bagi bisnis yang sedang kamu jalankan. Sehingga bisnismu juga bisa lebih kompeten lagi dalam bersaing dengan kompetitor.

Berikut adalah manfaat dari Google Partner yang perlu kamu ketahui. Simak baik-baik, ya!

Meningkatkan Kredibilitas Brand

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung menjadi Google Partner adalah dapat meningkatkan kredibilitas brand. Ketika tergabung sebagai mitra Google, itu berarti kamu sudah membuktikan kinerja perusahaan serta pengalamanmu dalam mengelola klien-klien.

Tentu saja hal tersebut dapat menambah nilai plus untuk perusahaanmu. Ketika kamu akan menjalin kerjasama dengan klien, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab sertifikat yang diberikan Google tersebut akan menjadi nilai tambah sekaligus meyakin calon klien untuk bergabung.

Tak hanya itu saja. Ketika sudah tergabung menjadi anggota Google Partner, pasar juga akan lebih mengetahui dan tidak meragukan bisnis yang kamu jalankan. Sebab keberadaan dan kredibilitas perusahaanmu sudah diakui oleh mesin pencarian nomor satu di dunia itu.

Mendapatkan Informasi Terbaru Mengenai Google Ads

Manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan adalah akan mendapatkan informasi terbaru mengenai Google Ads. Bagi pelaku digital marketing pasti beriklan di Google menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

Nah, ketika sudah tergabung dan mendapatkan sertifikat dari Google Partner, kamu akan mendapatkan edukasi tentang segala macam yang terkait dengan periklanan di Google. Seperti yang diketahui bahwa hingga saat ini Google sering mengubah algoritma iklan.

Tentu saja dengan bergabung menjadi Google Partner, kamu akan mendapatkan segala informasi tentang periklanan. Sehingga ketika algoritma tersebut dirubah, maka kamu akan dengan mudah mengikutinya. Juga kamu bisa menyusun strategi pemasaran yang jauh lebih baik lagi.

Jika kamu mengikuti algoritma yang telah ditentukan, potensi iklanmu akan berhasil pun semakin tinggi. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kamu berjuang untuk menjadi mitra Google ini.

Membuat Kegiatan Kampanye Iklan jadi Lebih Lancar

Dengan bergabung menjadi mitra Google, kamu juga bisa membuat kegiatan kampanye iklan yang lebih lancar. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kamu bisa membuat iklan sesuai algoritma Google yang sudah ditentukan.

Jika kamu memahami algoritma tersebut, kamu juga akan bisa mengikuti apa yang diinginkan Google. Jika algoritma tersebut sudah kamu pahami, maka kamu bisa membuat kampanye iklan untuk bisnismu agar lebih lancar lagi.

Terhubung dengan Google

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan adalah bisa terhubung langsung dengan Google. Jika kamu sudah menjadi program kemitraan dari Google ini, kamu bisa langsung berkomunikasi dengan Google ketika menemukan suatu kendala atau masalah. Yang lebih menguntungkannya lagi, kamu bisa menghubungi mereka kapan pun dan dimana pun.

Kesempatan ini tidak mudah didapatkan. Apalagi untuk perusahaan yang tidak tergabung dalam program ini. Mereka akan kesulitan ketika menghubungi pihak Google ketika mendapat masalah dan membutuhkan solusi. Sedangkan kamu yang sudah tergabung dalam akan mendapat keistimewaan dari Google.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika sudah tergabung dan mendapat sertifikat dari Google. Untuk diketahui bahwa selama ini ada dua junis sertifikat dari Google Partner. Berikut adalah dua tipe sertifikat yang perlu kamu ketahui.

2 Tipe Sertifikat Google Partner

Hingga saat ini Google Partner mempunyai dua sertifikat. Yakni Badge Partner Google dan Badge Partner Google Premier. Dua tipe ini memiliki manfaat dan spesifikasi yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Badge Partner Google

Untuk tipe jenis ini, ketika kamu harus memiliki  website dan akun admin AdWords ketika membuat profil perusahaan. Untuk mendapatkan sertifikat jenis ini, pastikan pula perusahaanmu memenuhi criteria yang telah ditentukan. Seperti pertumbuhan pendapatan klien, retensi klien, pertumbuhan pendapatan secara keseluruhan, pertumbuhan jumlah iklan.

Selain itu kamu juga harus memastikan setidaknya ada satu orang yang memiliki sertifikasi Adword dan memberikan informasi akun Academy for Ads. Untuk mendapat pelajaran dalam Google Partner, perusahaanmu juga harus memenuhi persyaratan pembelanjaan sebesar US$10.000 di seluruh akun terkelola. Hal tersebut untuk menunjukkan bahwa perusahaan kamu cukup aktif.

Badge Partner Google Premier

Tipe sertifikat yang satu ini memiliki persyaratan yang lebih rumit lagi. Sebagian besar persyaratan yang ada pada sertifikat Badge Partner Google harus terpenuhi semua. Selain itu untuk mendapatkan sertifikasi setidaknya harus ada dua orang yang memiliki sertifikasi Adword dan memberikan informasi akun Academy for Ads.

Tak hanya itu, untuk mendapatkan sertifikat tipe ini kamu juga harus memastikan bahwa pembelanjaan perusahaanmu harus  lebih dari US$10.000 di seluruh akun terkelola untuk menunjukkan bahwa perusahaan kamu cukup aktif.

Itulah dua tipe sertifikat Google Partner yang perlu kamu ketahui. Selanjutnya adalah cara dan syarat menjadi Google Partner. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara dan Syarat Menjadi Google Partner

Setelah mengetahui beragam manfaat yang akan didapat ketika menjadi mitra Google, pasti sebagian dari kamu tertarik untuk mencobanya. Nah, berikut adalah cara yang perlu kamu ketahui ketika menjadi mitra Google.

Daftar di Google Partner

Langkah pertama adalah mendaftarkan perusahaan di Google Partner. Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah mendaftar ke Google Manager terlebih dahulu. Setelah itu barulah masuk ke laman Google Partner dan lakukan pendaftaran. Daftarkan perusahaan dan akun Google Manager yang kamu punya.

Melaksanakan Ujian Sertifikasi

Setelah mendaftar, langkah selanjutnya adalah melaksanakan ujian sertifikasi. Perlu diketahui bahwa terdapat enam ujian dari Google Partner. Yakni Google Ads Fundamental, Google Ads Search, Google Ads Display Network, Google Ads Mobile, Google Ads Video, Google Ads Shopping.

Namun dari ke enam ujian tersebut, kamu harus mengikuti dua di antaranya. Ujian ini dilaksanakan satu tahun sekali. Kamu bisa mengikutinya di Academy for Ads.

Pembelanjaan Iklan

Setelah melaksanakan ujian sertifikasi, kini saatnya kamu melakukan pembelanjaan iklan. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa Google menetapkan standart tertentu dalam pembelanjaan iklan. Yakni minimal US$10.000 dalam waktu 90 hari untuk memastikan bahwa perusahaan kamu cukup aktif.

Peforma Perusahaan

Kemudian setelah melakukan pembelanjaan iklan, langkah selanjutnya adalah melihat performa perusahaan. Untuk menunjukkan performa perusahaan, kamu harus mememenuhi strandart yang telah ditentukan. Google sendiri memiliki empat criteria penilaian untuk perusahaan. Berikut daftarnya:

  1. Apakah klien kamu melakukan penambahan budget?
  2. Serta apakah klien masih tetap bertahan selama 12 bulan?
  3. Bagaimana pendapatan perusahaan kamu secara keseluruhan?
  4. Apakah jumlah klien kamu semakin meningkat?

Pastikan perusahaanmu memenuhi semua criteria yang telah Google tetapkan secara langsung. Dengan begitu akan besar pula peluang bagi perusahaanmu untuk menjadi mitra Google yang sesungguhnya. Sehingga kamu akan memiliki keistimewaan tersendiri.

Lantas mengapa sih, Google Partner ini sangat penting untuk bisnis? Selain manfaatnya yang beragam, ternyata program ini juga sangat penting untuk para pebisnis lho. Berikut alasannya.

Pentingnya Google Partner untuk Bisnis

Mendapatkan hak istimewa dari Google menjadi idaman bagi semua pemilik perusahaan. Dengan memiliki hal tersebut, kamu bisa mendapat beragam benefit dari Google. Namun selain alasan itu, ternyata menjadi bagian dari program ini sangat penting untuk bisnis karena merekalah yang memahami seluk beluk iklan di Google.

Tentu saja hal tersebut sangat penting bagi pebisnis. Sebab hampir sebagian besar saat ini semua kegiatan pemasaran terjadi di dunia digital. Dan Google masih memegang kendali yang cukup besar, sehingga sangat efektif pula untuk dijadikan sarana tempat beriklan.

Nah, agar iklan yang kamu kampanyekan sukses, kamu perlu memahami algoritma di dalamnya. Saat kamu memahami algoritma tersebut, kamu akan lebih mengetahui bagaimana jalannya iklan di Google. Sehingga iklanmu akan sukses.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Google Partner. Untuk para pelaku bisnis, siap mencoba? Kamu juga bisa mencoba berbagai tips pemasaran digital dan branding bisnis kosmetik lainnya di laman Berita Terkini.

About Author

Related posts

Leave a Comment