14+ Jenis Direct Marketing untuk Promosi Bisnismu, Apa Saja?
Kegiatan berinteraksi langung dengan para customer menjadi salah satu hal yang harus disoroti oleh marketer dengan baik. Adapun teknik untuk melaksanakan kegiatan tersebut, yaitu melaksanakan berbagai jenis direct marketing.
Untuk meningkatkan angka penjualan, sering kali para marketer beranggapan bahwa strategi marketing ini merupakan salah satu langkah yang tepat.
Pada dasarnya, strategi ini dinilai sangat efektif karena langsung mengarah kepada para pelanggan, tanpa perlu adanya perantara.
Jadi apa sih sebenarnya direct marketing itu sendiri? Jika diterapkan, akan seberapa efektif pengaruhnya untuk kegiatan marketing?
Sekilas Soal Direct Marketing
Direct marketing atau biasa disebut pemasaran langsung merupakan salah satu bagian paling penting dari pertumbuhan perusahaan.
Selain itu dalam kegiatannya akan berkomunikasi langsung dengan pelanggan, baik itu dari segi pelanggan baru yang potensial tanpa melewati perantara atau pihak ketiga, seperti iklan maupun media.
Kegiatan komunikasi secara langsung pada hal ini memiliki artian sebagai menjual layanan atau memperkenalkan sebuah produk.
Saat ini, fenomena marketer sudah banyak memanfaatkan jasa periklanan untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Kemudian perusahaan akan menggunakan berbagai jenis direct marketing untuk kegiatan berkomunikasi terkait produk dan layanan mereka, lalu menanggapi umpan balik konsumen dengan cara yang efektif, dan menyajikan penawaran dalam bentuk iklan.
Tujuan dari direct marketing ini adalah untuk mengajak masyarakat menjadi pelanggan produk, paling tidak mereka mau untuk mengunjungi situs platfrom website yang kamu miliki.
Namun disisi lain strategi pemasaran yang langsung mengarah kepada pelanggan akan lebih dinilai efektif dari pada sistem periklanan yang sifatnya konvensional.
Dengan adanya teknik pemasaran secara langsung, kamu bisa menyampaikan pesan secara langsung dengan pelanggan yang sifatnya lebih personal.
Langkah ini akan membuat produk kamu menjadi lebih dicintai oleh pelanggan, dan bukan tidak mungkin penjualan produk kamu akan meningkat drastis.
15 Jenis Direct Marketing yang Harus Kamu tahu
Dari pembahasan di atas, kamu pasti setuju kalau strategi promosi langsung ini merupakan kegiatan teknik pemasaran yang cukup efektif untuk menjalin hubungan langsung dengan pelanggan. Sehigga, kamu bisa menciptakan dan mendorong munculnya transaksi produk.
Dengan adanya direct marketing, kamu yang sedang merintis bisnis akan mendapatkan bermacam-macam manfaat jika kamu bisa menerepkan beberapa teknik pemasaran seperti berikut;
Pemasaran Jarak Jauh
Dengan adanya penerapan direct marketing, kamu akan mendapatkan salah satu manfaat terbesar seperti bisa menghemat anggaran yang akan dialokasikan untuk kegiatan pemasaran.
Karena dalam hal ini kamu tidak akan terlalu bergantung dengan jasa periklanan, baik secara offline maupun online.
Disini kamu akan menjadi lebih fokus untuk mendapatkan segmentasi pasar yang pas dengan tetap mengajak dan menawarkan pelanggan secara langsung tanpa adanya pihak perantara.
Dengan adanya kegiatan penawaran secara langsung, kamu bisa memiliki karyawan yang bisa menjangkau pelanggan dalam satu waktu saja.
Hal ini akan bisa meningkatan produktivitas pemasaran produk kamu, di mana bisa menjangkau kalayak yang luas dalam waktu yang singkat, serta lebih mudah dan bermanfaat.
Email Marketing
Email marketing merupakan kegiatan pemasaran yang perusahaan lakukan dengan cara mengirimkan email kepada surel calon konsumen.
Dengan teknik marketing ini, konsumen bisa beralanggan dengan mendaftar ke email perusahaan atau sebaliknya melalui layanan milis. Adapun beberapa contoh email marketing seperti Neswletter, Iklan, dan Email Promosi.
Untuk mengetahui lebih lanjut soal email marketing, kamu bisa simak di sini.
Pemasaran Teks
Pemasaran teks merupakan kegiatan pemasaran yang perusahaan lakukan menggunakan pesan teks untuk menghubungi pelanggan.Dengan menggunakan teknik pemasaran teks, akan membuka peluang perusahaan untuk mendapatkan tingkat renspons yang lebih tinggi.
Adapun cakupan menggunakan teknik pemasaran teks ini seperti adanya layanan pesan singkat. Di mana penerima akan memberikan informasi preferensi dan menanggapi pertanyaan singkat.
Direct Mail
Dengan menggunakan teknik direct mail, akan memungkina kamu untuk memberitahukan informasi ulasan tentang produk yang akan kamu pasarkan kepada pelanggan, penjualan, layanan dan penawaran khusus menggunakan layanan pos.
Adapun manfaat dari menggunakan teknik pos langsung ini, seperti mendapatkan personalisasi dengan konsumen dan juga hubungan komunikasi yang lebih fleksibel. Jenis keluarannya bisa kamu lihat dalam bentuk brosur, surat dan pamflet.
Direct Selling
Direct selling merupakan salah satu jenis direct marketing yang sering digunakan oleh perusahaan yang basis perusahaannya korporasi.
Porses kerja strategi ini akan melibatkan para representatif yang menjual layanan dan produk secara langsung kepada pelanggan.
Adapun gambaran dari kegiatan direct selling ini, sebuah perusahaan akan menugaskan karyawannya untuk mendatangi pelanggan dengan sistem dari rumah ke rumah. Kemudian melakukan kegiatan periklanan berupa layanan langganan dan juga produk lainnya kepada calon pelanggan.
Kegiatan direct marketing jenis ini berpeluang membuat perusahaan bisa membangun hubungan komunikasi yang lebih personal dengan para pelanggan.
Sosial Media Marketing
Jaman sekarang rugi banget kalau kamu tidak menggunakan sosial media untuk kegiatan pemasaran, seperti halnya menggunakan social media marketing.
Social media marketing sendiri merupakan salah satu cara yang cukup jitu untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan.
Dengan menggunakan teknik ini, kamu bisa membagikan konten apapun melalui media sosial kesukaan kamu, kemudian dari sini pelanggan akan merespon dan berpeluang membagikannya dengan mudah di sosial media miliki mereka.
Selain itu, calon pelanggan kamu juga bisa memberikan komentar terkait dengan konten yang kamu posting di media sosial.
Katalog
Jenis direct marketing satu ini seringkali dipergunakan oleh beberapa perusahaan. Metode ini merupakan metode direct marketing yang paling tua.
Dengan adanya katalog, kamu bisa melibatkan pengiriman booklet produk kamu kepada calon pelanggan. Hal ini bisa lakukan dengan cara melalui email.
Booklet dan katalog akan menampilkan produk kamu beserta layanan milik perusahaan kamu, yang berpeluang untuk mengasilkan pendapatan untuk perusahaan.
Internet Marketing
Internet marketing atau biasa dikenal sebagai digital marketing ini merupakan jenis direct marketing yang sering memanfaatkan keberadaan website untuk meningkatkan penjualan produk.
Di dalam dunia internet marketing, perusahaan biasanya akan melakukan kegiatan promosi produk dan layananan terkait produk menggunakan internet dengan cara memperoleh traffic sebanyak-banyaknya.
Adapun salah satu bentuk praktik yang sering ada di dalam internet marketing, yaitu mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimilization).
Dengan memanfaatkan SEO, kamu bisa menjangkau organic traffic melalui Google. Kemudian para calon pelanggan kmau akan mengetahui produk kamu secara langsung.
Telemarketing
Telemarketing merupakan jenis direct marketing yang sering menggunakan telepon untuk menghubungi pelanggan, baik pelanggan lama maupun pelanggan baru.
Selain itu, telemarketing juga memiliki potensi untuk mendatangkan pelanggan baru dalam jumlah besar, lewat kegiatan kampanye pemasaran secara langsung.
Hal yang harus kamu perhatikan, bahwa kamu harus melakukan penelitian terhadap pelanggan terlebih dahulu. Kemudian kamu gali informasi pelanggan mana yang memiliki kecocokan dengan produk yang kamu pasarkan.
Content Marketing
Content marketing merupakan salah satu jenis direct marketing yang saat ini tengah trend di kalangan pebisnis.
Hal ini karena content marketing bisa memberikan nilai untuk pelanggan. Yakni melalui cara menggunakan konten yang sifatnya lebih ke memotivasi, mendidik, menginspirasi dan menghibur.
Bukan hanya itu, anggaran biaya yang dikeluarkan tidak membutuhkan nominal yang banyak, sehingga strategi content marketing sangatlah cocok untuk perusahaan kecil yang sedang merintis bisnisnya.
Selain itu strategi content marketing juga memiliki pandangan positif dari para pelanggan, hal ini bisa meningkatkan engagement perusahaan.
Ingin tahu soal content marketing? Simak penjelasan lengkapnya di sini!
Display ads
Di zaman modern sekarang ini, menggunakan display ads merupakan pilihan tepat untuk menjalankan dierct marketing.
Untuk kamu yang belum mengetahui apa sih itu display ads? Jadi, Display ads merupakan sebuah metode yang bisa menarik perhatian pelanggan dari situs website, plafrom media sosial dan juga media digital lainnya.
Diplay ads sering kali hari dalam wujud iklan berbentuk teks, video dan gambar yang bisa mendorong pengguna untuk meng-klik ke halaman tertentu.
Experiental Marketing
Experimental marketing merupakan stratei pemasaran yang dapat menarik calon kosumen kedalam sebuah acara dan pengalaman lainnya. Tujuan dari stratefi experimental marketing adalah untuk melakukan peningkatan brand awarenes. Serta memperdalam kepercayaan serta loyalitas dari para pelanggan.
Dalam proses kerjanya, experimental marekting mengharuskan perusahaan untuk mengatur aktivitas yang kiranya bisa memiliki nilai profit. Contohnya seperti mengadakan podcastm pameran dagang, webinar, seminar dan konverensi.
Nah, Beautypreneurs, itu adalah jenis direct marketing yang mungkin belum kamu ketahui dengan rinci. Kamu bisa menemukan berbagai artikel bisnis dan tips pemasaran lainnya di laman Berita Terkini.
Selamat mencoba dan See you!