10 Jenis Iklan Facebook Ads dan Ukurannya, Pahami Kurang-Lebihnya Juga Yuk!
Mempromosikan produk dan bisnismu kini kian mudah karena perkembangan teknologi informasi yang pesat. Misalnya lewat penggunaan jenis iklan Facebook ads, yang jadi opsi terbaik karena memiliki lebih dari 175 juta pengguna. Bayangkan, kamu bisa menjangkau lebih banyak audience dan calon pembeli lewat satu media ini.
Facebook ads kian direkomendasikan karena keberagaman fiturnya, sehingga kamu bisa merangkai marketing campaign yang lebih menarik dan interaktif.
Namun, untuk membuat campaign yang efektif, kamu perlu menyajikan iklan tersebut dalam bentuk yang mudah dipahami oleh audience. Karenanya, penting untukmu mengetahui berbagai jenis iklan di Facebook Ads serta ukuran banner-nya yang tepat.
Penasaran, kan? Langsung simak 10 jenis iklan Facebook Ads, ukuran banner, serta kelebihan dan kekurangannya berikut ini, ya!
10 Jenis Iklan Facebook Ads dan Ukuran Banner-nya
Selain jumlah penggunanya yang kian tinggi dari tahun ke tahun, fitur dan jenis iklan Facebook Ads yang beragam menjadikan media ini sangat ideal untuk kegiatan promosi bisnismu.
Setidaknya ada 10 jenis iklan Facebook Ads dengan ukuran banner dan karakteristik yang berbeda-beda. Kamu bisa mempelajarinya untuk dapat menciptakan konten yang tepat dan efisien, sehingga kegiatan promosimu bisa memberikan hasil terbaik.
Langsung baca uraian mengenai kesepuluh jenis iklan Facebook Ads dan ukuran bannernya di bawah ini, yuk!
Facebook Feed Ads
Pertama ada Facebook Feed Ads, sesuai namanya jenis iklan ini berupa konten feed, baik dalam bentuk gambar atau video. Iklan feed akan muncul pada timeline beranda pengguna Facebook, khususnya pada orang-orang yang mengikuti akun bisnismu.
Jenis iklan Facebook Ads ini termasuk paling sering digunakan oleh para marketer, lho. Karena sifatnya yang dapat dengan mudah menjangkau dan menarik interaksi audience.
Seperti yang kita singgung sebelumnya, Facebook Feed Ads ini punya dua bentuk, yakni gambar (image) dan video. Keduanya memiliki ketentuan dan kelebihannya masing-masing, seperti dalam penjelasan berikut ini.
Facebook Feed Image Ads
Seperti namanya, Facebook Feed Image Ads ini berbentuk gambar seperti banner, konten microblogging, maupun poster. Keunggulan jenis iklan Facebook satu ini adalah fleksibilitas aksesnya pada perangkat mobile maupun desktop.
Artinya, gambar konten promosimu bisa pengguna akses di perangkat manapun, dengan risiko file corrupt sangat rendah.
Ukuran banner untuk iklan Facebook Feed Image Ads dan penulisan copy-nya bisa kamu lihat secara rinci dalam tabel berikut ini:
Ukuran | 1200 x 628 pixel (yang direkomendasikan) atau 1080 x 1080 pixel |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | JPG atau PNG |
Maksimal Karakter Teks | 125 karakter |
Maksimal Karakter Headline | 25 karakter |
Maksimal Karakter Link Deskripsi | 20 karakter |
Facebook Feed Video Ads
Jenis Facebook Feed Ads selanjutnya berbentuk video, dalam format landscape maupun square. Iklan jenis ini juga sangat cocok untuk diakses pada desktop dan mobile.
Namun, untuk tampilan mobile tentu kamu harus menyesuaikan dengan gawai yang audiensmu gunakan. Misal, ketika mereka suka mengakses halamanmu via smartphone, maka akan lebih baik untuk menggunakan format video dengan bentuk landscape.
Keunggulan video ads adalah kemampuannya dalam menyampaikan informasi dengan lengkap dan menarik. Misalnya dengan penambahan VO, suara pengiring, gambar-gambar atau ilustrasi bergerak lainnya.
Untuk pembuatan video ads, kamu bisa menyimak ukuran banner Facebook Feed Video Ads berikut ini:
Ukuran | Landscape: 600 x 315 pixels Square: 600 x 600 pixels |
Rasio | Landscape: 9:16 Square: 1:1 |
Tipe Format | MP4 atau MOV |
Maksimal Karakter Teks | 125 karakter |
Maksimal Karakter Headline | 25 karakter |
Maksimal Karakter Link Deskripsi | 20 karakter |
Maksimal Ukuran File | 4 GB |
Maksimal Durasi Video | 240 menit atau 4 jam |
Facebook Story Ads
Jenis iklan Facebook selanjutnya adalah yang muncul atau ditempatkan di story, atau Facebook Story Ads. Sama halnya dengan iklan feed, kamu bisa membuat dua jenis konten promosi, yakni berupa gambar atau video.
Facebook Story Ads ini memiliki durasi penayangan yang terbatas, baik video atau gambar. Karena itu, penerapannya cocok untuk konten dengan informasi yang sederhana dan jelas.
Namun, karena sifatnya yang interaktif, kamu bisa menciptakan konten-konten yang dapat mempererat hubungan dengan audience. Misal, tanya jawab singkat, kuis, ataupun memberikan info seputar bisnis dan behind the scene produksi.
Agar bisa menciptakan konten yang tepat, berikut ini ukuran banner Facebook Story yang telah ditetapkan.
Video | Gambar | |
Ukuran | 1080 x 1920 | 1080 x 1920 |
Rasio | 9:16 | 9:16 |
Tipe Format | MP4 atau MOV | JPG atau PNG |
Ukuran File | 4 GB | 4 GB |
Durasi Video | 15 detik | 5 detik |
Facebook Carousel Ads
Selanjutnya ada Facebook Carousel Ads, yang cocok banget kamu gunakan untuk mempromosikan produk-produk dengan pilihan variatif.
Iklan ini juga sangat mendukung untuk jenis konten gambar, video, maupun perpaduan keduanya dalam satu unggahan. Konten-konten ini dapat digeser dan dilihat satu per satu oleh audience.
Konten promosi berjenis carousel bisa kamu gunakan untuk menginformasikan promo yang beragam, jenis produk, juga konten-konten microblogging. Dengan begitu, kamu bisa memberikan informasi yang lengkap dan tetap menarik pada audiensmu.
Untuk dapat membuat iklan Facebook Ads carousel, kamu bisa menyimak aturan ukuran bannernya berikut ini.
Video | Gambar | |
Ukuran | 1080 x 1080 | 1080 x 1080 |
Rasio | 1:1 | 1:1 |
Tipe Format | MP4 atau MOV | JPG atau PNG |
Karakter Teks | Maks. 125 karakter | Maks. 125 karakter |
Karakter Headline | Maks. 25 karakter | Maks. 25 karakter |
Karakter Link Deskripsi | Maks. 20 karakter | Maks. 20 karakter |
Jumlah Cards/slide | 2-10 slide/cards | 2-10 picts |
Ukuran File | 4 GB | 30 MB |
Durasi Video | 240 menit | – |
Facebook Right Column Ads
Selanjutnya Facebook Right Column Ads, seperti namanya jenis ini penempatan iklan ini ada pada sudut kanan halaman serta terhimpit di antara news feed dan ticker.
Jika kita bandingkan dengan jenis iklan Facebook Ads lainnya, right column memiliki ukuran yang lebih kecil dan hanya dapat muncul pada tampilan desktop saja. Bentuknya pun terbatas, hanya berupa gambar dan tampilan landscape.
Namun, jenis iklan Facebook ini sangat cocok bila kamu tak ingin menganggu audience dengan campaign bisnismu, serta menginginkan pendekatan yang lebih halus.
Untuk membuat iklan Facebook Right Column Ads, perhatikan aturan ukuran banner-nya berikut ini.
Ukuran | 1200 x 628 pixel |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | JPG atau PNG |
Maksimal Karakter Teks | 125 karakter |
Maksimal Karakter Headline | 25 karakter |
Maksimal Karakter Link Deskripsi | 20 karakter |
Facebook In-Stream Video Ads
Jenis iklan Facebook Ads selanjutnya berupa In-stream video, yang merupakan iklan video pada beranda video Facebook. Iklan ini berputar otomatis di sela-sela saat pengguna memutar konten video pada Facebook.
Durasi iklan Facebook In-Stream Video Ads ini antara 5-15 detik, pengguna juga dapat melewati video ini dengan skip ataupun scroll ke bawah.
Jenis iklan ini cukup popular, sebab menurut survei iklan ini dapat diputar oleh pengguna hingga selesai. Serta sangat direkomendasikan untuk meningkatkan brand awareness produk dan merk bisnismu.
Selain itu, jenis iklan video ini juga sering muncul pada pengguna yang suka menonton video pendek di beranda Facebook.
Untuk dapat membuat iklan Facebook In-Stream Video, kamu bisa memperhatikan ketentuan ukuran banner-nya berikut ini:
Ukuran | 1080 x 1920 |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | MP4 dan MOV |
Ukuran File | Maksimal 4GB |
Durasi | 5 s.d 15 detik |
Facebook Instant Articles Ads
Jenis iklan Facebook Ads selanjutnya bisa berbentuk artikel instan, yang bisa menampilkan artikel utama blog yang dapat menjangkau banyak pembaca. Untungnya lagi, Facebook Instant Articles Ads ini bisa pengguna akses lewat aplikasi mobile.
Saat pengguna membuka tautan link yang kamu sematkan, artikel akan terbuka dengan peforma serupa. Ini dapat menjadi langkah yang sangat strategis untukmu meningkatkan brand awareness produk maupun merk kosmetikmu.
FB Instant Articles Ads ini dapat kamu buat dengan dua format, yakni gambar dan video. Namun, kamu harus mengikuti ketentuan ukuran banner-nya berikut ini.
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | Gambar format JPG dan PNG. Sementara Video dengan format MP4 dan MOV |
Karakter Headline | Maksimal 25 karakter |
Karakter Deskripsi | Maksimal 30 karakter |
Ukuran File | Maksimal 4GB |
Durasi | 240 menit untuk video |
Facebook Marketplace Ads
Selanjutnya ada Facebook Marketplace Ads, yang bisa muncul dalam bentuk gambar atau video layaknya di marketplace. Misalnya pada laman Shopee, Tokopedia, dan banyak lainnya.
Hal yang membadakan jenis iklan Facebook Ads ini dengan iklan e-commerce tersebut adalah kemunculannya yang tak hanya pada halaman produk. Melainkan dapat ditampilkan secara otomatis pada feed. Iklan Facebook satu ini cocok untukmu yang ingin menjual produk secara organik.
Ukuran banner untuk jenis iklan Facebook ini bisa kamu lihat lewat deskripsi berikut.
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | Gambar format JPG dan PNG. Sementara Video dengan format MP4 dan MOV |
Karakter Headline | Maksimal 25 karakter |
Karakter Deskripsi | Maksimal 30 karakter |
Ukuran File | Maksimal 4GB untuk video, dan gambar 30MB |
Durasi | 240 menit untuk video |
Facebook Network Native Ads
Selanjutnya Facebook Network Native Ads, yang dapat memperluas jangkauan iklan bahkan hingga di luar Facebook. Misalnya lewat halaman Website atau aplikasi mobile, baik dalam bentuk video maupun gambar.
Untuk membuat jenis iklan ini, perhatikan aturan pembuatan Facebook Network Native Ads berikut ini.
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | Gambar format JPG dan PNG. Sementara Video dengan format MP4 dan MOV |
Karakter Headline | Maksimal 25 karakter |
Karakter Deskripsi | Maksimal 30 karakter |
Ukuran File | Maksimal 4GB untuk video, dan gambar 30MB |
Durasi | 120 detik untuk video |
Sponsored Message
Kalau kamu menginginkan iklan dengan target yang spesifik, sponsored Message Facebook bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab iklan ini dapat muncul pada pesan atau inbox yang kamu kirim secara langsung pada pengguna, khususnya yang telah berinteraksi dengan iklan sebelumnya.
Perlu kamu tahu bahwa, personalisasi ini bisa membuatmu lebih mudah mendorong konsumen untuk tertarik menggunakan atau membeli produkmu. Untuk mendukung tujuan tersebut, kamu bisa menyusun teks copy yang menarik dan natural dalam melakukan penawaran.
Ukuran banner dalam iklan Sponsored Massage Facebook ini hampir mirip dengan beberapa iklan yang kita bahas sebelumnya. Apa saja? Simak deskripsinya berikut ini:
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | Gambar format JPG dan PNG. Sementara Video dengan format MP4 dan MOV |
Karakter Headline | Maksimal 25 karakter |
Karakter Deskripsi | Maksimal 30 karakter |
Karakter Teks | Maksimal 125 karakter |
Facebook Collection Ads
Selain kolase produk biasa, kamu juga bisa membuat katalog produk lewat Facebook Collection Ads. Sebab, jenis ini bisa membantu memunculkan gambar dan video dalam jumlah banyak sekaligus.
Mungkin sekilas terdengar mirip dengan konten carousel, bedanya jenis iklan Facebook Ads ini memiliki satu gambar utama yang terbuat dari susunan berserta jumlah gambar kecil lainnya. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah menelusuri katalog produk yang kamu buat.
Facebook Collection Ads juga memungkinkan pengguna untuk melihat penawaran dengan lebih detail. Mulai dari nama produk, harga, deskripsi, hanya dengan sekali klik saja. Tentu ini dapat memberikan pengalaman abru yang menarik bagi para pengguna Facebook.
Dalam pembuatan Facebook Collection Ads, kamu bisa memperhatikan aturan ukuran banner video dan gambarnya berikut ini.
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe Format | Gambar format JPG dan PNG. Sementara Video dengan format MP4 dan MOV |
Karakter Headline | Maksimal 25 karakter |
Karakter Deskripsi | Maksimal 30 karakter |
Ukuran File | Maksimal 4GB untuk video, dan gambar 30MB |
Durasi | 120 menit untuk video |
Perbandingan Jenis Iklan Facebook Ads dan Cara Membuatnya
Setelah membaca uraian mengenai sepuluh jenis iklan Facebook Ads di atas, kamu pasti setuju bahwa membuat iklan di media sosial ini bisa memberikan banyak kesempatanmu untuk berinovasi sekreatif mungkin.
Kamu bahkan bisa menggunakan lebih dari satu jenis penempatan iklan, memadukan satu sama lainnya, dan mengatur strategi campaign yang sesuai agar promosi kian efektif.
Nah, sebagai gambaran dan kesimpulan, kita akan mengelompokkan dan membandingkan berbagai jenis iklan facebook Ads di atas dalam satu tabel yang sama. Simak baik-baik, ya!
Jenis Iklan Facebook | Media Kreatif | Objective | |
Video | Gambar | ||
Facebook Feed Ads | √ | √ | Klik halaman penjualan, website, dan konversi akun Facebook |
Facebook Story Ads | √ | √ | Konversi akun Facebook, brand awareness |
Facebook Carousel Ads | √ | √ | Konversi akun Facebook, brand awareness |
Facebook Right Column Ads | – | √ | Klik banner iklan penjualan produk |
Facebook In-Stream Video Ads | √ | – | Brand awareness, traffic akun Facebook |
Facebook Instant Articles Ads | √ | √ | Klik link ke laman Website perusahaan |
Facebook Marketplace Ads | √ | √ | Klik ke halaman produk di e-commerce |
Facebook Network Native Ads | √ | √ | Jaringan promosi lintas media lain |
Sponsored Massage | √ | √ | Link penjualan di pesan langsung |
Facebook Collection Ads | √ | √ | Memungkinkan audience menjelajahi katalog produk |
Setelah menyimak kesepuluh jenis iklan Facebook Ads di atas, dan mempelajari perbandingannya. Apakah kamu sudah menentukan iklan mana yang cocok untuk bisnismu?
Well, ada banyak manfaat mempromosikan produk dan brand kosmetikmu lewat Facebook. Apalagi dengan fitur iklannya yang sangat beragam.
Kamu bisa membuat marketing campaign yang kreatif hingga dapat menarik perhatian pengguna Facebook.
Nah, sampai sini dulu tips bisnis kita kali ini. Pantengin terus laman Berita Terkini untuk update tips pemasaran digital bersama Mash Moshem Indonesia.
Selamat mencoba, Beautypreneurs!