Kenali 7 Manfaat Canola Oil untuk Rambut dan Kulit Kepala Berikut Ini, Yuk!

manfaat canola oil untuk rambut

Belakangan ini ada banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami sebagai kandungannya, salah satunya canola oil. Lantas apa saja manfaat canola oil untuk rambut, sampai-sampai banyak produk kecantikan yang menggunakannya?

Merawat rambut menggunakan minyak alami bukanlah hal baru lagi. Misalnya, kamu pasti sudah sangat familiar dengan minyak kemiri, minyak kelapa, hingga minyak zaitun sebagai perawatan rambut tradisional.

Minyak-minyak alami ini pun diolah kembali ke dalam berbagai jenis produk perawatan rambut. Seperti sampo, kondisioner, hair serum dan vitamin.

Namun, tak hanya jenis minyak alami yang telah kita singgung di atas. Ada banyak bahan lain yang tak kalah baik dan bermanfaatnya untuk merawat kecantikan rambut, misalnya canola oil yang diklaim dapat memperkuat dan menutrisi rambut.

Lantas apa saja manfaat canola oil untuk rambut, serta mengapa bahan alami ini begitu penting ada dalam produk perawatan rambutmu?

Apa itu Minyak Canola?

Sesuai dengan namanya, minyak canola diekstraksi dari biji canola, berbagai jenis rapeseed yang rendah asam erusat. Pohon ini banyak tumbuh di daerah padang rumput Kanada Barat.

Meski umumnya digunakan sebagai minyak goreng dan bahan dasar makanan lain, manfaat canola oil untuk rambut pun tak kalah banyaknya. Bahkan, kamu akan dengan mudah menemukan berbagai artikel kesehatan yang mengklaim manfaatnya untuk kulit dan kuku.

Ini karena canola oil mengandung nutrisi tinggi, seperti vitamin E yang telah lama diakui sebagai solusi terpercaya untuk mengatasi masalah kesehatan rambut.

Karenanya, para ahli merekomendasikan penggunaan bahan alami ini ke dalam berbagai produk perawatan rambut. Khususnya, bagi kamu yang mengalami masalah rambut kusam, mudah patah, dan kering.

Selain itu, ada banyak manfaat canola oil untuk rambutmu, lho. Apa saja? Baca ulasan lengkapnya sampai habis, ya!

7 Manfaat Canola Oil untuk Rambut dan Kulit Kepala

Melansir dari Byrdie.com, canola oil tergolong sebagai bahan alami yang sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan rambut dengan sederhana.

Minyak alami ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecatikan rambut yang sangat mengesankan. Seperti yang akan kita bahas berikut ini:

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut yang lebat dan indah adalah dambaan semua orang. Penggunaan minyak canola dalam perawatan rambutmu bisa memberikan efek tersebut, lho.

Manfaat canola oil untuk rambut ini diperoleh dari kandungan asam lekanya yang tinggi, yakni sebesar 60% asam oleat dan 20% asam linoleate.

Asam linoleate memiliki teksutr yang ringan dan sangat bagus untuk menjaga kelembapan kulit kepala. Kandungan ini pun amouh menstimulus pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Melembapkan dan Melembutkan Rambut

Tak hanya merangsang pertumbuhan rambut, manfaat canola oil selanjutnya bisa membantu melembapkan dan melembutkan helaian rambut.

Agar selalu sehat, rambut membutuhkan keseimbangan kelembapan dan protein. Keduanya membantu mempertahankan elastisitas dan kekuatan rambut.

Sehingga rambut aka akan mudah kering, rapuh dan berisiko patah. Baik ketika kamu mengurai, menyisir, atau menata helaian rambutmu.

Mencegah Kemunculan Ketombe Membandel

Ketombe adalah salah satu masalah kesehatan rambut yang sangat umum terjadi. Tak hanya bikin nggak pede akibat serpihan putih yang jatuh di baju atau menempel pada helaian rambut. Ketombe pun kerap diiringi rasa tak nyaman, gatal, dan membuat rambut berbau apak.

Kabar baiknya, manfaat canola oil untuk rambut selanjutnya dapat membantu mengobati dan mencegah ketombe. Bahkan, bahan alami ini bisa membantu meredakan rasa tak nyaman yang timbul, dan iritasi kulit kepala ketika kamu tak sengaja menggaruknya.

Ini karena canola oil menandung senyawa antiinflamasi dan vitamin E yang mampu meredakan peradangan, mencegah timbulnya ketombe, hingga menyehatkan kulit kepala.

Meminimalisir Kerontokan Rambut

Selain mencegah ketombe, manfaat canola oil untuk rambut selanjutnya adalah membantu meminimalisir terjadinya kerontokan.

Kandungan vitamin E dalam minyak canola mampu meminimalisir stress oksidatif pada kulit kepala. Dengan begitu, rambut pun dapat tumbuh dengan baik dan lebih kuat.

Selain itu, minyak kanola pun memiliki kemampuan untuk meremajakan rambut. Sehingga helaian rambut pun akan jadi lebih kuat, sehat, dan tak mudah rontok.

Melindungi Rambut dan Kulit Kepala dari Paparan Sinar UV

Tak hanya berdampak pada kulit wajah dan tubuh, sinar UV pun bisa membawa efek negative pada rambutmu, lho. Yap! Terpapar sinar UV secara berlebihan bisa membuat rambut lebih mudah kering, kehilangan warna alaminya, serta mudah kusut.

Karenanya, ketika kamu beraktivitas lebih lama di luar ruangan, akan lebih baik menambahkan minyak canola ke dalam perawatan rambutmu.

Canola oil ini bisa mendukung fungsi minyak alami pada folikel rambut untuk menangkal dampak buruk sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin E-nya juga bisa bekerja sebagai antioksidan dan antiinflamasi untuk mencegahn kerusakan rambut.

Memberikan Kilau Rambut yang Alami

Salah satu ciri kalau rambutmu sehat adalah adanya kilau alami pada helaiannya. Manfaat canola oil untuk rambut ini berasal dari kandungan asam lemak esensial yang mampu menenangkan rambut dan memerikan kilau alami yang indah.

Mengatasi Rambut Kering dan Kasar

Rambut yang kering dan kasar bisa menyebabkan masalah kecantikan lain, seperti kerontokan rambut dan patah. Penggunaan minyak canola dalam produk perawatan rambut bisa membantu menghidrasi rambut. Dengan begitu, rambut bisa jadi lebih lembut, sehat, dan terawatt.

Apakah Canola Oil Dapat Digunakan untuk Semua Jenis Rambut?

Pada dasarnya canola oil bisa sama efisiennya untuk semua jenis rambut. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, taka da salahnya buatmu untuk menyesuaikan canola oil dengan jenis rambut yang kamu miliki.

Porositas rambut bisa memengaruhi seberapa baik minyak dan kelembapan yang mampu melewati kutikula. Ketika kamu memiliki rambut berpori rendah, umumnya rambut dapat tumbuh subur dengan minyak yang ringan, karena kutikula rambut tertutup rapat.

Sifat canola oil yang ringan, membuatnya sangat cocok untuk rambut dengan pori-pori lebih rendah karena tidak akan terlalu membebani helaian rambut. Namun, minyak ini juga sama baiknya untuk rambut berpori tinggi, yang cenderung mudah kering dan kusam.

Meski bagus untuk mengurangi kondisi rambut kering, namun penggunaan minyak canola secara langsung pada kulit kepala sensitive tidak disarankan.

Akan lebih baik untuk mengencerkan minyak ini dengan mencampurnya bersama carrier oil. Selain itu, lakukan uji tempel terlebih dahulu, sebelum menggunakannya dalam volume besar untuk menghindari risiko tak diinginkan.

Cara Menggunakan Minyak Canola untuk Rambut

Penggunaan minyak canola untuk perawatan rambut memang menjanjikan. Tapi kamu juga harus berhati-hati dan sembarangan menggunakannya, ya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari canola oil untuk rambut dan menghindari efek tak menyenangkan yang mungkin terjadi.

Nah berikut ini ada beberapa cara menggunakan minyak canola untuk rambut yang bisa kamu terapkan, simak baik-baik!

Gunakan Sebelum Keramas

Cara menggunakan minyak canola yang pertama adalah menjadikannya sebagai masker rambut, khususnya sebelum kamu keramas.

Hal ini dapat mendorong pertumbuhan rambut dan menutrisi kulit kepala. Campurkan dengan minyak rosemary dan pijat kulit kepala selama 20 menit, ya.

Masker Rambut Alami

Kalau kamu ingin meningkatkan kelembapan rambut, kamu bisa mengolah minyak canola sebagai masker rambut alami. Campurkan bahan ini dengan minyak kelapa dan aplikasikan pada rambut 30 menit sebelum kamu keramas.

Hair Serum

Kamu juga bisa menggunakan canola oil sebagai hair serum. Untuk khasiat ini, kamu bisa mencampurkan satu hingga dua sendok makan minyak canola, kemudian aplikasikan pada rambutmu.

Setelah itu, kamu bisa memijat rambut dan menutupinya dengan handuk hangat hingga 15 menit lamanya. Dengan begitu, minyak canola dapat masuk dengan lebih baik ke batang rambut dan kulit kepalamu.

Sebagai Kondisioner Tanpa Bilas

membantu mengatasi masalah rambut kering, minyak canola dapat dicampur dengan air hangat dan disemprotkan ke rambut. Biarkan seperti kondisioner tanpa bilas untuk memberikan kelembapan ekstra dan melindungi rambut dari kerusakan.

Memanfaatkan Minyak Canola sebagai Formula Produk Perawatan Rambut

produk hair treatment (3)

Tak hanya menggunakan minyak esensialnya, kamu juga bisa memanfaatkan minyak canola ke dalam formulasi produk hair care and treatment.

Misalnya lewat maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia, kamu dapat memproduksi produk perawatan rambut dengan berbagai sediaan dan manfaat menggunakan canola oil.

Tim R&D kami akan membantumu meracik formula produk yang kamu inginkan. Sementara tim Regulatory Officer (RO) akan mengurus legalitas dan sertifikasi produk yang kamu butuhkan.

Selama proses produksi dilakukan oleh tim kami, desain produk pun akan kami buatkan untukmu. Dengan kata lain, kamu bisa memproduksi hair care berkestrak canola oil dengan mudah dan cepat.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk memanfaatkan canola oil dalam produk perawatan rambut brand kosmetikmu?

Hubungi tim kami melalui Contact Us, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment