Manfaat Minyak Mustard untuk Rambut dan Cara Menggunakannya!

manfaat minyak mustard untuk kecantikan rambut

Jika mendengar kata mustard, kamu pasti akan berpikir saus pada makanan. Memang benar, tapi bagaimana kalau mustard dijadikan perawatan rambut? Meski nggak biasa, minyak mustard ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan rambut. Nggak percaya?

Minyak mustard memiliki tampilan seperti minyak, yakni berwarna kuning dan bening. Minyak mustard diperoleh dari proses ekstraksi biji sesawi, dan memang sejak dahulu sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan, seperti membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah flu dan pilek. 

Ternyata minyak mustard ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja tetapi juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit kepala dan rambut. Jadi, di dalam minyak mustard ini terkandung zat anti-inflamasi, anti-jamur yang dapat membantu pertumbuhan rambut, mengatasi ketombe, mencegah rambut rontok, dan beberapa masalah rambut lainnya. 

Wow! ternyata minyak mustard ini sangat bagus, ya untuk digunakan sebagai perawatan rambut. Lalu, adakah manfaat lain dari minyak mustard ini? 

Kira-kira bagaimana cara menggunakannya, apakah ada cara tertentu? Nah, biar enggak penasaran, kamu harus banget nih menyimak ulasan artikel berikut. Les’s go!

Apa itu Minyak Mustard?

minyak mustard adalah

Minyak mustard diperoleh dari hasil ekstraksi biji sesawi. Minyak mustard ternyata sudah ada sejak 3000 sebelum masehi, yang kemudian mulai berkembang di India, dan dimanfaatkan sebagai salah satu bahan memasak. 

Dalam proses pembuatannya, minyak mustard bisa diperoleh dengan cara digiling maupun diekstraksi untuk menghasilkan minyak yang bagus.

Mengutip dari laman Beauty Journal.id, minyak mustard memiliki banyak kandungan baik seperti omega 3, omega 6, antioksidan, mineral, dan memiliki sifat anti-inflamasi. 

Seiring berkembangnya teknologi, pemanfaatan minyak mustard tidak hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga sebagai pengobatan dan perawatan rambut. 

Melansir dari laman Beauty Journal, bahwa saat minyak mustard masuk ke negara Amerika Serikat, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA tidak memperkenankan minyak mustard ini untuk penggunaan secara oral, melainkan hanya secara topikal saja. 

Manfaat Minyak Mustard untuk Rambut

Mungkin beberapa orang masih asing dengan keberadaan minyak mustard sebagai salah satu bahan perawatan rambut. Tetapi pada kenyataannya, minyak mustard ini memang memiliki banyak manfaat bagus untuk merawat rambut. 

Buat kamu, yang mau mendapatkan rambut sehat, harus tahu nih apa saja manfaat dari penggunaan minyak mustard, seperti penjelasan berikut:

hair oil

Meredakan Inflamasi di Kulit Kepala

Beberapa orang mungkin pernah mengalami inflamasi pada rambut yang terjadi karena beberapa hal seperti terinfeksi, munculnya bisul di kulit kepala, bekas mencukur rambut, serta akibat bakteri yang menempel. 

Minyak mustard memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa kamu gunakan untuk mencegah terjadinya inflamasi. Inflamasi juga bisa muncul karena adanya penumpukan bekas produk-produk perawatan rambut di kulit kepala juga ya, Guys! 

Memiliki Agen Antibakteri dan AntiJamur

Minyak mustard juga memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mencegah bakteri dan jamur yang menempel di kulit kepala. Bakteri dan jamur ini juga bisa muncul karena beberapa hal seperti kotoran yang menempel, penumpukan bekas perawatan rambut atau penggunaan produk rambut. 

Bahkan untuk beberapa orang yang memiliki jenis rambut berminyak, hal ini juga bisa menjadi pemicu bakteri atau jamur, mengapa? minyak rambut yang berlebih biasanya menjadi sarang kotoran akibat debu. 

Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut tebal dan sehat adalah impian. Siapa sih yang enggak mau memiliki rambut tebal? Tentu hal ini menjadi dambaan siapa saja. Bagi sebagian orang yang memiliki tipe rambut tipis, tentu akan merasa kurang percaya diri dengan rambutnya. 

Tapi jangan khawatir karena minyak mustard ini bisa menjadi solusinya. Sebab di dalam minyak mustard terkandung zat besi, magnesium, kalsium, antioksidan, vitamin A, D, E, dan K yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di area kulit kepala.

Meningkatkan Penampilan dan Kecantikan Rambut

Tampil cantik dan menawan dengan rambut indah dapat meningkatkan kepercayaan diri. Banyak hal yang dilakukan orang-orang untuk mendapatkan rambut sehat, tebal, dan terawat. 

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan produk-produk pilihan yang cocok untuk rambutmu, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan minyak mustard.

Minyak mustard mengandung zat baik untuk merawat rambut, mulai dari mencukupi kebutuhan nutrisi rambut, menjadi kondisioner alami, mempercepat pertumbuhan rambut, dan mencegah rambut bercabang. 

Hal ini karena di dalam minyak mustard terdapat kandungan asam lemak yang membuat ujung rambut menjadi halus dan tidak bercabang. Bagi kamu yang tidak bisa jauh dengan alat penata rambut yang dapat mengeluarkan panas, bisa menggunakan minyak mustard ini untuk mencegahnya.

maklon moq rendah

Menutrisi Rambut

Tidak hanya tubuh saja yang butuh nutrisi, rambut kamu juga, lho! Lalu apa dampaknya jika rambut tidak ternutrisi dengan baik? 

Pada beberapa orang mungkin akan mengalami masalah kerontokan dan penipisan rambut. Buat kamu yang biasanya mengeluh rambut menjadi tipis karena sering rontok saat menyisir, bisa jadi rambut kamu kurang nutrisi nih. 

Untuk membuat rambut kamu kembali sehat dan ternutrisi, kamu bisa menggunakan minyak mustard ini. Tak perlu diragukan, karena di dalam minyak mustard terdapat banyak vitamin yang akan menunjang kesehatan rambutmu. 

Dengan mengaplikasikannya, maka minyak mustard akan membuat folikel rambut menjadi ternutrisi dan rambut menjadi kuat. Mencukupi kebutuhan nutrisi rambut akan berdampak baik untuk kesehatan rambut. 

Membantu Mengkondisikan Rambut

Siapa nih yang punya masalah rambut singa? Tentu kamu menjadi tidak percaya diri saat rambut susah diatur dan tampak sangat kering tidak beraturan. Hal ini juga bisa terjadi karena rambut kurang minyak alami sehingga membuatnya menjadi kering. 

Lalu gimana mengatasinya? Nah, kamu bisa menggunakan minyak mustard untuk membuatnya lembab, jadi memudahkan kamu untuk menata serta mengkondisikan rambut.

Mencegah Munculnya Ketombe

Bagi sebagian orang yang resah karena ketombean, this is the solution for you! Apa itu? Yup! minyak mustard. Munculnya ketombe juga sangat mengganggu penampilan. Selain rasanya yang gatal juga dapat memicu iritasi karena sering digaruk. 

Untuk mengatasi masalah ketombe ini, kamu bisa menggunakan minyak mustard, karena di dalamnya mengandung antioksidan dan bersifat anti-bakteri. 

Munculnya ketombe juga bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran akibat sebum berlebih dan adanya bekas pemakaian produk rambut yang menumpuk di kulit kepala. 

Jadi ketika kamu sedang keramas, usahakan untuk membilasnya dengan bersih agar tidak meninggalkan bekas produk perawatan rambut. Dan jangan lupa untuk mengaplikasikan minyak mustard di area kulit kepala secara rutin agar ketombe berkurang.

Cara Menggunakan Minyak Mustard untuk Rambut

Sebelum menggunakan minyak mustard untuk perawatan rambutmu. Perlu diketahui bahwa minyak mustard juga bisa dicampur dengan bahan-bahan perawatan rambut lainnya. Nah, ada baiknya jika kamu mengetahui cara menggunakannya seperti penjelasan berikut:

hair essence (1)

Mencampurnya dengan Bahan Alami Lain

Mustard Oil + Yogurt

Menggunakan minyak mustard untuk merawat rambutmu juga bisa dengan mencampurkannya bersama yogurt. Caranya, tambahkan mustard dan yogurt kemudian aduklah secara merata, setelah semua tercampur, kamu bisa mengoleskannya ke kulit kepala secara merata. 

Lalu tutup rambut kamu menggunakan handuk yang telah direndam menggunakan air panas, sebelumnya perasa terlebih dahulu, ya.

Setelah diaplikasikan, tunggu 30-40 menit agar campuran tersebut meresap ke dalam kulit kepala, sehingga kamu bisa merasakan manfaatnya. Jangan lupa setelah itu cuci rambut sampai bersih hingga area kulit kepala.

Mustard Oil + Lemon Water

Selain mencampurkan minyak mustard dengan yogurt, kamu juga bisa mencampurkannya bersama air lemon. Lemon sendiri memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya infeksi pada kulit kepala. 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan minyak mustard dengan jus lemon, lalu tambahkan bubuk fenugreek menggunakan perbandingan satu banding satu semuanya. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikannya ke  kepala, dan biarkan selama satu jam. 

Mustard Oil + Tropical Fruit

Tidak hanya buah lemon saja yang bisa kamu campurkan bersama minyak mustard. Ada buah pisang yang juga cocok untuk digabungkan dengan minyak mustard, keduanya dapat membantumu memperbaiki rambut rusak. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mencampur minyak mustard dengan pisang yang telah dihaluskan, kamu juga bisa menambahkan yogurt untuk mendapatkan tekstur yang sesuai saat diaplikasikan.

Setelah semua tercampur, kamu bisa mengaplikasikannya ke rambut hingga kulit kepala selama beberapa menit. Selanjutnya jangan lupa untuk selalu mencuci rambut sampai bersih, dan lihat hasilnya setelah kering ya.

Gunakan Secara Langsung

Selain mencampurkannya dengan beberapa bahan, kamu juga bisa menggunakan minyak mustard secara langsung untuk merawat rambut. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengaplikasikan minyak mustard ke seluruh rambut sampai kulit kepala sembari dipijat pelan-pelan. Lalu tunggu selama lima menit. Setelah itu, cuci rambutmu sampai bersih hingga kulit kepala.

Menggunakan Minyak Mustard dalam Produk Hair Care

cara membuat parfum

Nah, itu tadi adalah manfaat serta cara menggunakan minyak mustard untuk merawat rambutmu. Siapa sangka jika minyak yang dulunya digunakan untuk memasak bisa menjadi salah satu bahan perawatan rambut. 

Ternyata banyak kandungan baik yang berkhasiat pada rambut dan kulit kepala, terutama untuk mencegah ketombe, mengatasi masalah kulit kepala lainnya. 

Nah, selain mengolah mustard untuk penggunaan pribadi, kamu juga bisa menyulap minyak alami ini ke dalam formula produk perawatan kecantikan, loh!

Yap! Bersama tim riset dan development Mash Moshem Indonesia, kamu bisa membuat produk perawatan rambut dari bahan apapun, tak terkecuali minyak mustard.

Kamu bahkan bisa berdiskusi aktif dan bersama-sama menciptakan formula baru yang sebelumnya tak ada di pasaran. Terlebih, tim riset kami juga sudah sangat berpengalaman dalam penciptaan dan pengembangan produk kosmetik baru.

Jadi kamu tak perlu khawatir akan kualitas dan nilai jual dari produk yang akan kamu ciptakan bersama kami. Tak percaya? Langsung diskusikan ide produk menggunakan minyak mustard ini bersama tim kami, yuk!

Langsung klik tombol di bawah ini, ya!

CTA minyak mustar

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading