Kandungan Glycerin dalam Skincare, Sebagus Apa?

Kandungan glycerin dalam skincare

Seberapa sering kamu menemukan kandungan glycerin dalam skincare favoritmu?  Kandungan ini memang gampang kamu jumpai dalam berbagai produk perawatan kulit. Sayanya, masih belum banyak orang yang tahu tentang manfaat sebenarnya dari kandungan glycerin untuk kulit.  

Padahal, kandungan aktif satu ini punya manfaat yang luar biasa loh buat kulit wajah. Di samping itu, kandungan glycerin juga menjadi salah satu bahan yang banyak dipakai di berbagai produk perawatan kulit, seperti pelembab, toner, sampai serum. 

Dengan memahami kandungan glycerin lebih dalam, kamu bisa menentukan apakah Glycerin cocok untuk kebutuhan kulitmu dan memilih produk skincare yang tepat.

So, stay tuned untuk informasi lengkap tentang Glycerin dan manfaatnya untuk kulitmu!

Yuk, simak penjelasan singkat berikut ini untuk mengenal lebih dekat tentang gliserin dan manfaatnya buat kesehatan kulitmu! 

Mengenal Kandungan Glycerin dalam Skincare 

Gliserin adalah salah satu kandungan bahan yang ampuh untuk menjaga kulit tetap lelmbab. Senyawa alami ini bagaikan magnet air yang bisa membuat kulitmu terhidrasi sepanjang hari. Gliserin cenderung aman dan cocok buat semua jenis kulit, bahkan buat pemilik kulit sensitif sekalipun. 

Cara kerja kandungan ini seperti spons kecil yang menarik air dari udara, lalu menguncinya di dalam kulit. Dengan begitu, kulit akan terasa kenyal, halus, dan terhindar dari masalah kulit kering dan bersisik.

Kandungan aktif ini juga bisa kamu kombinasikan dengan dengan berbagai bahan tambahan lain seperti salicylic acid, glycolic acid, retinol, vitamin C, niacinamide, dan retinol. Karena itu, berbagai produk skincare seperti pelembab, toner, dan serum sering memakai kandungan bahan aktif ini secara bersamaan. 

Kalau kamu berencana membidik target market dengan tipe kulit sensitif, kamu boleh kok memakai produk skincare yang mengandung glycerin. Sebab, bahan aktif ini aman dipakai setiap hari dan nggak akan membuat pori-pori kulit tersumbat. 

Berbagai Manfaat Kandungan Glycerin dalam Skincare

Apa sih sebenarnya manfaat kandungan glycerin buat kulit wajah? Artikel kali ini akan mengupas tuntas seputar manfaat gliserin buat kulit. Mulai dari menjaga kulit agar tetap lembab, mengatasi kulit kering, sampai membantu proses peremajaan kulit. 

Kamu juga akan menemukan berbagai tips dalam memilih produk skincare dengan kandungan glycerin yang tepat buat jenis kulitmu. Makanya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 

Mencegah Tanda-tanda Penuaan Kulit 

Mau tampil awet muda dan punya kulit yang cerah? Buatlah produk skincare dengan kandungan glycerin di dalamnya! Kandungan ini jago banget buat mengunci kelembaban kulit, sehingga membuat kulitmu jadi lebih kenyal dan terhindar dari tanda-tanda penuaan. 

Nggak cuma itu, bahan aktif ini juga bisa membantu meregenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit mati bisa terangkat dan tergantikan dengan sel-sel kulit baru. Alhasil, kulitmu akan terlihat lebih sehat. Khasiat ini cocok untuk menyasar target market dengan rentang usia 30 tahun ke atas.  

Baca juga “Kandungan Blue Tansy dalam Skincare: Manfaat & Tipsnya

Kandungan Glycerin dalam Skincare untuk Melembutkan Kulit 

Punya kulit lembut dan kenyal adalah impian sebagian besar orang. Untungnya, sekarang kamu bisa mendapatkannya dengan cara yang gampang, yaitu memilih kandungan skincare yang mengandung glycerin.

For your information, glycerin adalah salah satu jenis bahan aktif yang mampu menutrisi kulitmu dari luar dan dalam. Sifatnya yang unik bermanfaat untuk menahan air di dalam kulit, sehingga kulit jauh lebih lembab dan terhidrasi dengan baik. 

Kamu nggak perlu khawatir lagi dengan kondisi kulit kusam atau bersisik, karena bahan aktif ini mampu menjaga kelembutan dan kesegaran kulitmu seharian penuh. 

Melindungi Kulit dari Efek Samping Sinar UV

Gliserin nggak cuma berkhasiat untuk melembabkan kulit kering, tapi juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV. Berbeda dari produk tabir surya, gliserin mampu melindungi kulit dari risiko iritasi akibat paparan sinar matahari yang intens. 

Gliserin juga membantu memperkuat skin barrier kamu dengan mengurangi penyerapan bahan iritan. Alhasil, kesehatan kulitmu bakal lebih terjaga. Singkatnya, gliserin bisa membantu kulitmu terhindar dari resiko iritasi dan membuatnya tetap sehat. Mengagumkan, bukan? 

Kandungan Glycerin dalam Skincare untuk Meminimalisir Munculnya Jerawat

Glycerin nggak cuma membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit, tetapi juga membantu mencegah jerawat yang muncul. Senyawa kimia ini mampu bekerja efektif dalam membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh. 

Alhasil, pori-pori kulitmu nggak akan tersumbat dan bisa meminimalisir potensi munculnya jerawat. Umumnya, kandungan ini mampu membantu menjaga kulitmu tetap bersih, sehat, dan terbebas dari jerawat. 

Baca juga “Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

Mempercepat Penyembuhan Luka 

Ternyata, kandungan glycerin punya manfaat yang luar biasa buat kulit wajah. Kadar konsentrasi gliserin yang tinggi bisa membantu merawat luka dan mempercepat proses penyembuhannya, loh. 

Kemampuannya untuk melawan mikroba dan bakteri di kulit bisa mencegah kamu dari infeksi kulit yang lebih parah. Makanya, kandungan ini sangat bagus buat mengatasi masalah luka-luka atau peradangan yang ada di kulit kamu. 

Efek Samping Kandungan Glycerin dalam Skincare yang Harus Diwaspadai 

efek samping kandungan glycerin dalam skincare

Gliserin memang punya banyak manfaat buat kulit, misalnya melembabkan dan menghaluskan tekstur kulit. Di balik berbagai manfaatnya buat kulit wajah, senyawa aktif ini juga bisa memicu efek samping yang harus kamu waspadai, loh. 

Faktanya, dosis dan kadar gliserin yang nggak sesuai justru bisa membuat kulit lebih kering. Kok bisa sih? 

Pada umumnya, bahan aktif ini bekerja dengan cara menarik air dari udara guna melembabkan area kulit. Tapi, kalau udara di sekitarmu kering, maka gliserin justru akan menarik kadar air dari lapisan kulit yang lebih dalam. 

Itu sebabnya, penting untuk memakai produk-produk pelembab yang bersifat oklusif sembari kamu memakai skincare yang mengandung gliserin. Pelembab oklusif ini akan membantu mencegah terjadinya penguapan air dari lapisan permukaan kulit kamu. 

Walaupun jarang terjadi, glycerin tetap bisa menyebabkan resiko alergi pada kulit sensitif. Beberapa gejalanya bisa berupa gatal-gatal, kemerahan, atau ruam kulit.

Nah, kalau kamu mengalami alergi setelah pemakaian gliserin, segera hentikan pemakaiannya dan konsultasikan dengan dokter ahli.

Sebagai alternatif, kamu bisa memakai kandungan propilen glikol sebagai pengganti gliserin di produk kecantikan yang kamu bikin. Tapi, kamu juga perlu berhati-hati saat memakai kandungan bahan aktif ini karena propilen glikol juga bisa meningkatkan risiko iritasi dan reaksi alergi kulit. 

Yuk, Bikin Produk Skincare dari Kandungan Glycerin! 

Kandungan glycerin dalam skincare merupakan salah satu bahan aktif ajaib di dunia skincare. Makanya, sayang kalau kamu nggak memakai kandungan bahan aktif ini sebagai komposisi di produk skincare yang kamu bikin. 

Atas dasar itulah, Mash Moshem Indonesia mengajak kamu untuk berkreasi menciptakan produk skincare unik pakai brand sendiri. Coba deh kamu maklon skincare di tempat kami, dan rasakan perbedaannya. 

Kami menyediakan berbagai layanan maklon terpercaya dan lengkap untuk membantu mengembangkan bisnis skincare kamu. 

Yuk, segera konsultasikan idemu bareng tim kami sekarang juga. 

Dapatkan juga kesempatan pembuatan sampel gratis, pengurusan izin BPOM, desain kemasan produk, sampai bantuan promosi. Tunggu apa lagi? Buruan klik link Whatsapp di bawah ini, ya! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

bahan moisturizer untuk kulit berminyak

Apa Saja Bahan Moisturizer untuk Kulit Berminyak? Cari Tahu di Sini!

BeautyPreneurs! Tahukah kamu? Produksi minyak berlebih pada wajah merupakan tantangan bagi banyak orang karena rentan menimbulkan masalah pada kulit. Oleh karena itu, memahami bahan moisturizer untuk kulit berminyak merupakan hal penting untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan kulit wajah. Moisturizer...

Continue Reading