Kaya Nutrisi, Intip 7 Manfaat Buah Leci untuk Kulit Berikut Ini!

manfaat buah leci untuk kulit)

Tak hanya popular karena rasanya yang lezat, leci juga dikenal dengan khasiatnya yang cukup tinggi untuk kecantikan. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai penjelasan manfaat leci untuk kecantikan kulit, alangkah baiknya untuk mempelajari karakteristik buah ini terlebih dahulu.

Buah leci merupakan salah satu jenis buah tropis. Jadi pasti kamu sering melihatnya tumbuh subur di Indonesia. Buah yang satu ini dapat tumbuh subuh 700 meter di atas permukaan laut. Selain itu juga bisa dibudidayakan di segala musim. Mulai dari musim kemarau hingga hujan.

Jadi tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan buah buah leci. Saking suburnya tumbuh di Indonesia, leci banyak dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Mulai dari makanan, minuman hingga produk kecantikan. Bahkan tak jarang pula masyarakat yang memanfaatkannya sebagai obat.

Lantas apa saja sih kandungan yang terdapat dalam leci sehingga banyak orang yang mencarinya? Well, simak artikel berikut untuk mengerahui kandungan leci selengkapnya.

Kandungan Buah Leci yang Baik untuk Kecantikan Kulit

manfaat buah leci untuk kecantikan (2)

Leci memang menjadi buah favorit masyarakat Indonesia. Selain mudah didapat, leci rasanya yang asam manis dan segar itu juga menjadi cirri khas tersendiri.

Ternyata karena selain rasanya yang menjadi banyak incaran banyak orang, ternyata kandungannya yang memiliki beragam manfaat juga menjadi incaran, termasuk untuk merawat kecantikan kulit dan rambut.

Penasaran apa saja kandungan buah leci yang baik untuk kecantikan? Berikut daftarnya.

Vitamin C

Salah satu kandungan yang paling tinggi pada buah leci adalah vitamin C. Seperti yang diketahui bahwa vitamin C mempunyai segudang manfaat yang bagus untuk kecantikan. Mulai dari kecantikan kulit, rambut hingga kuku.

Tak heran jika kandungan vitamin C yang tinggi inilah yang membuat para produsen kosmetik mengincar leci sebagai bahan baku. Mulai dari produk pelembap, lotion hingga shampoo. Selain itu vitamin C juga bersifat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Seperti yang diketahui bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Yakni salah satu faktor penyebab kerusakan pada kulit.

Serat

Buah leci memang dikenal mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kandungan yang satu ini juga memiliki fungsi yang cukup beragam untuk kecantikan. Salah satunya adalah sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Jadi jika kamu mengkonsumsi buah leci setiap hari akan sangat efektif untuk membantu mengatasi permasalahan kulitmu yang satu itu. Jadi tak hanya segar dan nikmat saja, namun juga sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Air

Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Jika asupan air berkurang, tak hanya tubuh saja yang menjadi kering. Namun kulit pun juga akan merasakan hal yang sama. Bahkan akibatnya bisa sampai bersisik hingga mudah terkena iritasi.

Nah, kandungan air yang cukup tinggi pada buah leci akan sangat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Air berguna untuk melembapkan. Sehingga jika kebutuhan tersebut terpenuhi, kulit pun akan lebih sehat dan ternutrisi.

Vitamin B3

Kandungan buah leci yang bermanfaat untuk kecantikan selanjutnya adalah vitamin B3. Vitamin B3 dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri adalah salah satu protein yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Jika produksi kolagen berkurang, maka kulit akan mengalami beberapa permasalahan. Seperti kulit kusam hingga penuaan diri. Selain itu kandungan vitamin B3 juga berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Vitamin B2

Selain vitamin B3, leci juga mengandung vitamin B2 yang berguna untuk menutrisi kulit. Vitamin yang satu ini sangat membantu untuk proses regenerasi kulit. Sehingga efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Bekas luka pun juga akan tersamarkan.

Kandungan vitamin B2 pada buah leci juga bersifat antioksidan yang tinggi. Seperti yang diketahui bahwa antioksidan dapat membantu merangsang pertumbuhan kolagen pada tubuh. Jika produksi kolagen dalam tubuh terpenuhi, berbagai permasalahan kulit pun akan terhindar. Salah satunya adalah penuaan dini.

Vitamin E

Kandungan yang terpadat pada buah leci selanjutnya adalah vitamin E. Khasiat dari kandungan yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Vitamin E memegang peranan penting pada kecantikan kulit. salah satunya membantu proses regenerasi kulit dan menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu vitamin E juga bersifat antioksidan yang tinggi. Sehingga efektif menangkal radikal bebas yang dapat sel kulit hingga faktor genetika.

Nah, itulah beberapa kandungan pada buah leci yang wajib kamu ketahui.  Tentunya kandungan tersebut akan sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

7 Manfaat Buah Leci untuk Kulit

manfaat buah leci untuk kecantikan (2)

Buah leci memang mempunyai segudang kandungan yang bermanfaat bagi kecantikan. Tak heran jika selain diolah menjadi produk makanan, leci juga sering dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuat kosmetik.

Seperti body lotion, pelembap, facewash dan banyak lainnya. Makin penasaran dengan manfaat buah leci untuk kecantikan kulit? Simak penjelasannya berikut.

Mencerahkan Kulit

Manfaat buah leci untuk kecantikan kulit yang pertama adalah untuk mencerahkan kulit Berbagai kandungannya seperti vitamin C, B3, B2 dan E terbukti sangat ampuh untuk meregenerasi sel kulit. Sel-sel kulit mati akan terangkat dan tergantikan dengan yang baru. Kulit pun akan tampak semakin cerah.

Selain itu, berbagai kandungan tersebut juga efektif untuk membantu proses produksi kolagen dalam tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kolagen mempunyai fungsi yang cukup penting.

Kolagen dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit yang kusam. Sehingga kulit pun akan tampak lebih cerah dan tidak kusam.

Mencegah Penuaan Dini

Semua orang pasti akan menua. Namun bagaimana jika penuaan itu datang terlalu dini? Semua orang pasti tidak menginginkannya. Sebab kita akan tampak lebih tua dari semestinya. Kulit jadi keriput, kering dengan garis-garis melintang. Tentu hal ini menjadi mimpi buruk bagi setiap orang.

Salah satu penyebab penuaan dini tersebut adalah produksi kolagen yang berkurang dalam tubuh. Seperti yang diketahui bahwa seiring dengan bertambahnya usia, peroduksi kolagen pun akan berkurang.

Dengan berbagai kandungan vitamin C, B2, B3 hingga E yang terdapat dalam buah leci dapat membantu untuk menstimulus produksi kolagen. Sehingga akan sangat efektif untuk mencegah dan memperlambat penuaan.

Menghilangkan Jewarat

Kandungan serat yang terdapat dalam buah leci sangat efektif untuk membantu menghilangkan jerawat. Serat dapat membantu menurunkan tingkat keparahan jerawat dan membantu proses penyembuhannya. Ini tidak hanya berlaku untuk satu jenis jerawat saja.

Namun semuanya. Mulai dari jerawat meradang, jerawat pasir hingga jerawat batu. Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi, jerawatmu akan lebih mudah hilang. Kulit pun kembali sehat dan mulus.

Menenangkan Kulit

Paparan sinar matahari berlebih pasti akan membuat kulit merasa terbakar. Akibatnya kulit pun akan tampak merah dan perih. Kandungan air yang tinggi pada buah leci dapat membantu mengatasi permasalahan yang satu ini.

Air dapat menetralisir kulit dan menenangkannya. Bahkan air juga dapat meminimalisir efek kering yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari. Karenanya kulit akan terasa lebih lembap dan segar kembali.

Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat buah leci untuk kulit selanjutnya adalah dapat menyamarkan noda hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi pada leci akan membantu meregenerasi sel kulit baru. Sehingga noda hitam tersebut perlahan akan menghilang.

Meratakan Warna Kulit

Warna kulit yang tidak rata tentu akan sangat menganggu. Apalagi bagi kamu yang suka berpakaian terbuka. Kandungan dalam buah leci yang bersifat antioksidan yang tinggi ini akan membantu meratakan warna kulit yang tidak rata akibat paparan sinar matahari.

Kandungan vitamin B2,B3, C dan E yang terdapat pada buah leci dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Juga menggantinya dengan yang baru. Sehingga warna kulit pun akan semakin rata. Dan kamu pun bisa bebas tampil percaya diri.

Melembapkan Kulit

Kulit yang lembap menjadi tanda bahwa kulit tersebut adalah kulit yang sehat. Sebab itu menandakan bahwa nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit tersebut terpenuhi. Begitupun dengan salah satu fungsi dari leci. Kandungan air-nya yang cukup tinggi dapat meningkatkan kelembapan pada kulit.

Selain itu kandungan vitamin E di dalamnya juga mampu mengunci kelembapan tersebut. Jika kelembapan ini terjaga, produksi kolagen pada tubuh pun akan semakin meningkat. Sehingga kulit akan tampak semakin lebih sehat dan cerah.

Memanfaatkan Buah Leci Sebagai Kandungan Skincare

Setelah melihat beragam manfaat buah leci untuk kulit di atas, pasti kamu tergiur untuk membuatnya menjadi produk kosmetik. Selain untuk konsumsi pribadi, produk kosmetik dengan bahan utama leci juga menjadi peluang besar di pasaran.

Bagaimana cara membuatnya? Tenang, kamu bisa mempercayakan itu semua kepada kami, PT. Mash Moshem Indonesia. Jasa maklon kosmetik yang siap mewujudkan produk kecantikan impianmu. Mulai dari pelembap, hand body lotion, face wash dan berbagai produk kecantikan lainnya yang kamu inginkan.

Kami akan membantumu dari konsep perumusan formula, bahan-bahan yang kamu inginkan, hingga bentuk produk apa saja yang kamu idamkan. Bahkan kamu juga tidak perlu khawatir dengan desain kemasan.

Sebab kami juga akan membantumu membuat kemasan produk beserta desainnya sesuai apa yang kamu inginkan. Selain itu kami juga akan membantu proses pengurusan legalitas dan produksi missal. Sehingga kamu tidak perlu bingung lali.

Bagaimana jika tidak punya background bisnis namun ingin terjun menjadi beauty entrepreneur? Tenang, karena kami juga akan memberikan pelatihan digital marketing untuk mempromosikan produkmu nantinya.

Seperti yang diketahui bahwa di era yang serba modern ini digitak marketing menjadi paling dominan sebagai strategi pemasaran.

Nggak berhenti di situ. Kami juga menyediakan jasa aftersales dan promosi untuk brand kosmetikmu. Mulai dari pembuatan foto produk, company profile atau profil perusahaan, FAQ (Frequently Ask Question), katalog dan brosur.

Jadi tunggu apalagi? Segera wujudkan impianmu menjadi beauty entrepreneur bersama PT Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts