9+ Manfaat Cuka Apel untuk Rambut dan Cara Memanfaatkannya untuk Perawatan

manfaat cuka apel untuk rambut

Bukan rahasia lagi jika cuka apel memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh. Tapi, pernahkah kamu mendengar manfaat cuka apel untuk rambut?

Akibat paparan polusi dan tingginya aktivitas harian membuat kulit kepala rentan terkena berbagai masalah. Mulai dari munculnya ketombe, produksi sebum berlebihan, hingga mempengaruhi kesehatan rambut.

Karenanya kulit kepala dan rambut membutuhkan perawatan yang tepat, misalnya menggunakan cuka apel. Bahan alami ini mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk merawat rambut seperti asam folat, biotin, fosfor, kalium, asam gallic, dan katekin.

So, tak heran jika belakangan ini banyak produk perawatan rambut yang memanfaatkan cuka apel sebagai bahan utamanya, salah satunya dalam produk sampo. 

Nah, kira-kira Beautypreneurs tahu tidak apa saja manfaat cuka apel untuk rambut? Lalu tipe rambut apa yang cocok menggunakan produk hair care berkandungan cuka apel ini? Untuk itu, simak ulasan artikel di bawah ini ya.

all cta atas untuk hair care

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Rambut

Mengutip dari laman Byrdie, menurut ahli rambut Gretchen Friese, manfaat cuka apel untuk rambut hampir sama dengan madu dan teh hijau. Karena di dalamnya menawarkan manfaat potensial yang semuanya memiliki kesamaan antara satu dengan lainnya. 

manfaat cuka apel untuk kesehatan rambut dan kulit kepala

Apa saja manfaat cuka apel untuk rambut yang dimaksud? Begini penjelasan detailnya:

Menyehatkan Kulit Kepala

Cuka apel mengandung antibakteri serta antijamur yang bagus untuk kesehatan kulit kepala. Sebab, cuka apel akan membantu kamu dalam menjaga pH kulit kepala tetap seimbang. 

Selain itu, kedua kandungan tersebut mampu mengatasi masalah ketombe mengganggu. Biasanya ketombe muncul karena adanya penumpukan minyak pada kulit kepala serta kotoran akibat penggunaan hair care. 

Mempertahankan Warna Alami Rambut

Ada banyak orang yang menginginkan rambut hitam, karena lebih menawan. Yup, kamu bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan hair care berkandungan cuka apel. 

Hal tersebut juga dipaparkan Gretchen Friese dalam Byrdie, bahwa cuka apel mampu menyegel serta menghaluskan kutikula rambut sehingga pigmen warna rambut tidak mudah hilang meski diwarnai.

Diperkirakan juga cuka apel mengandung enzim yang mampu mengunci lipid, protein, serta kelembapan pada kulit kepala. Jadi rambut dapat mencapai tingkat kilau tertinggi.

Memperkuat Helaian Rambut

Pernah tidak kamu mengalami rambut rontok setiap bangun tidur? Hal ini pasti membuat kita menjadi frustasi karena rambut menjadi tipis. Masalah rambut rontok ini bisa dipicu banyak faktor. 

Salah satu cara mencegah rambut rontok adalah memperkuat tiap helaian rambut. Caranya dengan mengaplikasikan produk hair care yang mengandung cuka apel. Kenapa? Sebab cuka apel mampu menutup kutikula dan batang rambut sehingga helain rambut menjadi lebih kuat.

Membuat Rambut Jadi Lebih Halus dan Mudah Diatur

Selain membuat rambut menjadi lebih berkilau dan sehat. Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung cuka apel juga akan membuat rambut menjadi halus. Dikarenakan cuka apel telah melapisi kutikula dengan sempurna.

Selain itu, rambut yang halus juga memudahkan kamu dalam menatanya. Tapi tak cukup hanya dengan halus saja, kamu juga harus rajin merawat rambut agar tetap sehat sehingga rambut tidak mudah kusut atau lepek.

Mengurangi Kerontokan Rambut

Apakah kamu memiliki masalah rambut rontok? Pasti sangat mengganggu, bukan? Tenang, karena produk perawatan rambut dengan kandungan cuka apel dapat kamu gunakan untuk mengatasinya. 

Potensi cuka apel yang mampu menyeimbangkan pH serta membersihkan folikel rambut dapat membantu mengurangi kerontokan. 

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Membersihkan Kulit Kepala dan Rambut dari Kotoran

    Pemakaian produk hair care dan penataan rambut juga dapat memicu masalah rambut. Hal ini bisa terjadi karena adanya penumpukan bekas penggunaan produk atau kotoran. Sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi ketombean dan gatal.

    Cuka apel juga bersifat anti inflamasi yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri serta kotoran di area kulit kepala. Jadi dengan kata lain, penggunaan cuka apel dalam produk perawatan rambut mampu membantu kamu dalam mengatasi masalah ketombe dan penumpukan sisan penggunaan produk.

    Menenangkan Kulit Kepala dan Meringankan Ketombe

    Selain memiliki sifat antimikroba yang dapat meredakan peradangan. Cuka apel juga mampu menyeimbangkan pH dan membantu proses pengelupasan kotoran pada kulit kepala penyebab ketombe. Sehingga munculnya rasa gatal dan ketombe dapat diminimalkan. 

    Merangsang Pertumbuhan Rambut

    Rambut memiliki tingkat pH ideal mulai dari empat sampai lima. Namun yang tidak banyak diketahui oleh orang, bahwa ada beberapa sampo yang justru dapat mengganggu pH rambut. Akibatnya, pH rambut tidak seimbang dan bisa memicu masalah rambut.

    Penggunaan cuka apel untuk merawat rambut juga berguna dalam menyeimbangkan pH. Dengan begitu, pori-pori kulit kepala yang tersumbat dapat terbuka, dan proses pertumbuhan rambut menjadi lebih mudah.

    Mengatasi Sebum Berlebih

    Pertumbuhan sebum berlebih pada kulit kepala juga menjadi pemicu utama ketombe. Mungkin, kamu yang memiliki tipe rambut berminyak relate dengan hal ini. Tak hanya itu, ketombe juga bisa terjadi karena banyak faktor seperti penumpukan minyak rambut karena keringat, kotoran menumpuk, sisa penggunaan produk,dan pori-pori tersumbat. 

    Cuka apel dapat kamu gunakan untuk mengatasi pertumbuhan sebum berlebih. Salah satunya dengan mengurangi produksi minyak dan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. 

    Jenis Rambut yang Cocok Menggunakan Cuka Apel

    cara menggunakan manfaat peppermint oil untuk rambut

    Tiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda, jadi penggunaan produk juga harus disesuaikan kebutuhan rambut kamu, ya. Begitupun penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung cuka apel. 

    Dilansir dari byrdie.com, para ahli menyatakan bahwa cuka apel dapat digunakan oleh semua jenis rambut. Mulai dari tipe rambut kering, normal, dan berminyak.

    Meski begitu, penggunaan produk perawatan rambut berkandungan cuka apel ini bisa disesuaikan lewat takaran. Pemilik tipe rambut berminyak cenderung rentan menghadapi masalah rambut seperti ketombe. Jadi konsentrasi cuka apel yang dibutuhkan harus lebih tinggi. 

    Sementara untuk tipe rambut kering cenderung harus berhati-hati. Sebab kulit kepala yang kering akan mudah mengalami iritasi bila menggunakan cuka apel dengan konsentrasi tinggi. 

    Oleh karena itu harus dicampur menggunakan air dan cuka apel secukupnya saja. Baru kamu aplikasikan ke rambut secara merata. 

    Produk perawatan rambut yang mengandung cuka apel juga bisa digunakan oleh kamu yang sering melakukan penataan rambut. Seperti mengepang rambut, mewarnai rambut, dan rambut yang sering menggunakan hairspray. 

    Cara Membuat Produk Hair Care dengan Kandungan Cuka Apel

    Manfaat cuka apel untuk rambut terbilang banyak sekali. Hal ini juga didukung oleh pernyataan ahli seperti yang dikutip dalam laman Byrdie.

    Nah, tak hanya menggunakan cuka apel langsung pada kulit kepala dan rambut, kamu bisa menciptakan produk perawatan rambut menggunakan bahan alami ini, loh.

    Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa berkolaborasi secara aktif dengan formulator ahli kami dan mendiskusikan konsep hair care yang kamu mau menggunakan cuka apel. Baik itu dalam bentuk sampo, hair serum, hair tonic, dan berbagai jenis produk lainnya.

    Cara membuat produk hair care dengan kandungan cuka apel di Mash Moshem Indonesia juga cukup mudah dan praktis. Kamu hanya perlu melewati beberapa langkah berikut:

    1. diskusi konsep produk bersama tim pemasaran, 
    2. pembuatan sampel produk oleh formulator,
    3. pengurusan legalitas, penciptaan desain kemasan, dan produksi massal,
    4. pasarkan produk hair conditioner-mu.

    Bagaimana? Mudah, kan? Kamu bisa langsung mulai diskusi bersama tim kami dengan klik tombol WhatsApp di bawah.

    cta untuk cuka apel rambut

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading