14+ Manfaat Ekstrak Bunga Nasturtium untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut

manfaat ekstrak nasturtium untuk kecantikan

Beragamnya merek produk kecantikan yang beredar di pasaran membuat konsumen lebih kritis. Terlebih lagi, sebagian besar bahan dasar yang digunakan tiap merek sama.

Jika ada merek baru merilis produk dengan bahan sama, mungkinkah konsumen akan tertarik? Simak penjelasan mengenai manfaat ekstrak bunga nasturtium untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini!

Menjaga penampilan, erat kaitannya dengan memaksimalkan kecantikan terutama kulit dan rambut. Tak seperti dulu, merawat kecantikan membutuhkan banyak usaha dan waktu karena harus mengolah bahan-bahan dari alam agar dapat mengambil manfaatnya.

Kini, manfaat tersebut lebih mudah didapat karena sudah banyak produsen produk kecantikan yang memanfaatkan hasil alam sebagai bahan dasar.

Salah satunya adalah Bunga Nasturtium yang selama ini lebih dikenal sebagai selada cantik yang enak dikonsumsi. Tanaman ini lebih banyak dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan, siapa sangka manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut tak kalah melimpah.

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi tanaman ini secara langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu memiliki risiko tertentu.

Untuk itu, lebih disarankan agar memanfaatkan selada air cantik ini setelah diproses atau diekstrak. Hasil ekstrak dari tanaman ini tidak menghilangkan kandungannya yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai kandungan serta manfaat ekstrak tanaman ini untuk kecantikan kulit dan rambut!

Kandungan Nasturtium yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Ada banyak sekali kandungan senyawa dalam tanaman berbunga cantik ini yang bisa dimanfaatkan.

Namun, dalam artikel kali ini kamu hanya akan mendapat penjelasan mengenai kandungan dalam ekstrak bunga nasturtium yang dapat memberikan manfaat pada kecantikan kulit dan rambut. Berikut adalah daftar kandungan di dalamnya:

1. Kalsium

2. Kalium

3. Senyawa flavonoid dan antosianin

4. beta-karoten

5. Vitamin B2 (Riboflavin)

6. Vitamin C

7. Selenium

8. Vitamin B5 (Pantotenat)

9. Vitamin B6 (Pyridoxine)

10. Kolina

11. vitamin A

12. Lutein + Zeaxantin

13. Vitamin E

14. Vitamin K

Manfaat Ekstrak Bunga Nasturtium untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Setiap jenis senyawa dalam tanaman ini memiliki fungsi dan manfaat tertentu untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Beberapa jenis senyawa mungkin akan memberikan manfaat yang serupa atau memberi lebih dari satu manfaat pada kecantikan.

Simak ulasan mengenai manfaat ekstrak bunga nasturtium untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini:

Mengobati dan Memulihkan Luka Akibat Sunburn

Salah satu jenis kandungan yang identik dengan bunga nasturtium adalah Vitamin C. Senyawa ini memiliki banyak manfaat terutama untuk kulit.

Khususnya membantu mempercepat pemulihan kulit yang mengalami kerusakan akibat terbakar sinar matahari.

Selain Vitamin C, senyawa lain yang juga memiliki manfaat serupa adalah perpaduan antara Lutein dan Zeaxantin dalam bunga ini. Meski belum banyak diketahui, zat ini juga sangat baik dalam membantu penyembuhan kulit yang rusak akibat terbakar sinar matahari.

Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

Mengobati berbeda dengan menurunkan risiko atau mencegah. Jadi, kandungan senyawa dalam ekstrak bunga nasturtium bukan hanya menyembuhkan kerusakan akibat terbakar sinar matahari tetapi juga mencegah.

Senyawa yang berperan dalam menurunkan risiko kerusakan kulit tersebut adalah Selenium dan Vitamin A.

Artinya, kedua senyawa ini bisa menjadi sunscreen alami yang melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Bahkan, bukan hanya itu kedua zat ini juga berperan untuk membantu mempercepat pemulihan jika kulit bermasalah akibat paparan sinar UV.

Mencegah Kulit Kering dan Dehidrasi

Tahukah kamu bahwa kulit yang kering dan pecah-pecah adalah salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan Kalsium.

Meski tubuh dapat memproduksi kalsium sendiri, namun tingkat produksi yang rendah bisa mengakibatkan tubuh kekurangan zat tersebut dan berakibat pada kulit yang tidak sehat.

Selain kalsium, beberapa zat yang dapat menjaga agar kulit terhindar dari kering dan pecah-pecah adalah Kalium, Vitamin B2 serta Vitamin C.

Zat-zat ini menghasilkan sekresi lendir kulit yang membantu kulit menjaga kelembapan sehingga terhindar dari masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Mendorong Pembentukan Kolagen pada Kulit

Jika kamu menginginkan kulit yang cerah, kenyal, dan sehat tentunya kamu ingat mengenai kolagen yang dapat mewujudkan keinginan tersebut. Tubuh kita memiliki kemampuan untuk memproduksi kolagen sehingga kesehatan kulit dapat terjaga.

Untuk dapat memproduksi kolagen secara maksimal, tubuh memerlukan dukungan zat tambahan seperti Vitamin B2, Vitamin C, dan Vitamin E yang terdapat dalam ekstrak bunga nasturtium.

Bukan hanya menjadikan kulit tampak cerah dan kenyal, kolagen juga berfungsi untuk melindungi struktur pembuluh darah. Pembuluh darah inilah yang berperan untuk mengangkut oksigen dan nutrisi sehingga kesehatan kulit dapat terjaga.

Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Radikal bebas, stres, dan berbagai masalah lain banyak memberikan efek pada kulit sehingga mengalami penuaan. Salah satu tandanya adalah munculnya keriput atau munculnya garis halus.

Tanda ini bisa diatasi dan dicegah dengan beberapa jenis senyawa yang ternyata ada dalam ekstrak bunga nasturtium.

Beberapa zat tersebut adalah Beta Karoten, Vitamin A, Lutein dan Zeaksantin. Senyawa tersebut menghasilkan antioksidan yang melawan berbagai gejala penuaan dini.

Mengobati Jerawat Membandel

Cara kerja ekstrak bunga nasturtium dalam mengobati jerawat adalah dengan membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit yang berjerawat. Manfaat ini didapat dari senyawa flavonoid dan antosianin, Vitamin B2, B6, serta Viatmin E.

Untuk mencegah adanya jerawat baru, pemanfaatan ekstrak bunga nasturtium juga membantu mengurangi produksi minyak. Selain itu juga meningkatkan produksi sel kulit yang mendukung pergantian sel kulit melalui kandungan Kalium dan Vitamin E.

Meremajakan kulit

Kandungan B6 dalam ekstrak bunga nasturtium membantu menjaga kulit tetap terlihat muda dengan cara yang berbeda dibanding lainnya.

Senyawa yang dikenal sebagai Vitamin pengelola stres ini membantu mengatur suasana hati dan memperbaiki kualitas tidur yang memberi pengaruh baik untuk menjaga kecantikan.

Stres dan siklus tidur yang tidak teratur adalah salah satu faktor utama yang mengganggu proses regenerasi sel sehingga membuat kulit tampak kering hingga memicu timbulnya jerawat.

Selain B6, ada juga senyawa lain yaitu beta karoten, Vitamin B6, kolin, Vitamin A, serta Lutein dan Zeaksantin.

Semua zat tersebut memiliki manfaat membantu menjaga keremajaan kulit dengan mengurangi kerutan, memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan, dan lainnya. Sehingga kulit wajah akan senantiasa sehat, cerah, dan tampak lebih muda.

Mengatasi dan Meredakan Eksim

Bunga nasturtium memiliki efek antiinflamasi karena di dalamnya mengandung senyawa flavonoid dan antosianin, Vitamin B2, serta Vitamin E. Kulit merah dan gatal adalah tanda-tanda peradangan atau munculnya inflamasi pada kulit.

Selain membantu mengurangi peradangan, senyawa-senyawa tersebut membantu pembentukan kolagen yang berfungsi menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga terhindar dari kulit yang kering.

Membantu Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah dan bersinar adalah salah satu harapan setiap orang yang melakukan perawatan untuk kecantikan kulit.

Vitamin C dan E adalah senjata andalan setiap produk kecantikan yang menawarkan hasil kulit yang cerah. Nah, senyawa-senyawa tersebut sangat kaya dalam ekstrak bunga nasturtium.

Selain Vitamin C dan E, ada juga Vitamin B2 yang tak kalah baik dalam meningkatkan kecerahan kulit. Hal ini dikarenakan zat-zat tersebut banyak mendukung terbentuknya kolagen yang dikenal sangat membantu meningkatkan kecerahan kulit.

Menutrisi dan Menyehatkan Kulit Wajah

Beberapa ciri yang menandai kulit yang sehat di antaranya warna kulit yang merata, bertekstur halus dan lembut, lembap, segar bercahaya, dan lainnya.

Semua itu sudah disebutkan sebagai manfaat-manfaat yang bisa didapat dari ekstrak bunga nasturtium. Artinya, secara garis besar semua zat yang terkandung dalam esktrak bunga nasturtium bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Melancarkan Peredaran Darah di Kulit Kepala

Salah satu syarat agar kesehatan rambut terjaga adalah aliran darah ke kepala yang lancar. Ekstrak dalam bunga nasturtium mengandung Vitamin B2, Vitamin E, dan Vitamin K yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

Alirah darah ke kulit kepala akan memberikan banyak manfaat untuk rambut dan membuatnya lebih sehat dan kuat.

Mencegah Terjadinya Kerontokan Rambut

Tahukah kamu Kalsium memiliki banyak peran untuk mencegah kerontokan rambut secara berlebihan? Rambut rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi pada kebanyakan orang, bahkan sebagian hingga mengalami kebotakan.

Satu-satunya solusi yang diketahui adalah dengan menggunakan shampo tertentu. Padahal, kerontokan adalah salah satu tanda tidak terpenuhinya zat yang dibutuhkan tubuh.

Selain Kalsium, ekstrak bunga nasturtium juga mengandung Kalium, Vitamin C dan Vitamin E. Semua senyawa tersebut penting untuk tubuh, agar tidak mengalami kerontokan rambut yang berlebihan.

Memperlambat Munculnya Uban

Apakah kamu salah satu orang yang mengalami tumbuhnya uban di usia muda? Munculnya uban bisa jadi tanda adanya masalah dalam tubuhmul. Salah satunya adalah kekurangan Vitamin C.

Vitamin adalah salah satu jenis senyawa yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia secara alami. Kita memenuhi sebagian besar kebutuhan Vitamin harian dengan mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayur. Kandungan Vitamin C dalam ekstrak bunga ini akan membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C tubuh dan mencegah munculnya uban terlalu dini.

Menjaga Rambut Tetap Sehat

Selain menjaga kesehatan kulit, ekstrak bunga nasturtium juga mengandung berbagai jenis senyawa yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Senyawa tersebut adalah Kalsium, Kalium, Vitamin C, Selenium, Vitamin B5 dan Vitamin E.

Senyawa-senyawa tersebut adalah beberapa jenis senyawa yang memang dibutuhkan tubuh agar rambut tetap sehat.

Jika kebutuhan akan zat tersebut terpenuhi rambut akan lebih sehat yang ditandai dengan berkurangnya rontok, rambut hitam berkilau, kuat saat ditarik, tidak beruban dan lainnya.         

Tidak disangka, bukan? Ternyata manfaat ekstrak bunga nasturtium untuk kecantikan kulit dan rambut ada sebanyak itu.

Dengan manfaat yang lengkap, dan bahan yang lain dari yang lain tentu akan semakin menarik bagi konsumen.

Setelah mengetahui berbagai potensi yang ada dalam tanaman ini, apakah kamu tertarik untuk menjadikannya sebagai produk baru untuk bersaing dengan produk kecantikan lainnya?

Well, tak perlu merasa bingung untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand-mu sendiri. Karena Mash Moshem Indoensia bisa membantumu mewujudkannya, lho.

Dengan konsep One Stop Cosmetic Manufacturer, kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang menyeluruh dan lengkap untuk brand kosmetikmu. Tak hanya memproduksi kosmetik secara massal, tapi juga menyediakan layanan aftersales untuk melengkapi kebutuhan promosimu.

Mulai dari pembuatan brosur, katalog, foto dan video produk, company profile, hingga mengadakan Webinar bisnis online gratis dan eksklusif tiap bulannya.

Tak hanya itu kami juga akan membantumu mengurus legalitas BPOM dan sertifikasi produk kosmetik yang kamu buat bersama kami.

Well, apakah kamu tertarik memulai industri kosmetikmu bersama Mash Moshem Indonesia?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment