Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kecantikan Kulit, Bisa Cegah Kerusakan!

manfaat ginkgo biloba untuk kecantikan kulit

Belakangan ini, penggunaan bahan-bahan organic dalam skincare menjadi begitu popular. Bahan-bahan baru yang sebelumnya asing, kini banyak kita temukan dalam formulasi skincare, salah satunya Ginkgo biloba. Lantas apa saja manfaat Ginkgo biloba untuk kecantikan kulit?

Well, tanaman yang juga dikenal sebagai “pohon Maidenhair” ini sangat popular karena sifat menyahatkannya di wilayah Asia Timur. Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan jantung.

Akantetapi belakangan ini banyak produsen kecantikan menggunakan ekstrak Ginkgo biloba ke dalam formulasi produk mereka. Sebab, bahan alami ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit secara signifikan.

Bagaimana Cara Ginkgo biloba Merawat Kecantikan Kulit?

manfaat ginkgo biloba untuk kecantikan kulit

Pertama kali ditemukan di Tiongkok, Ginkgo biloba kini telah banyak dibudidayakan secara luas di berbagai daerah Asia Timur. Spesies pohon tertua ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk merawat kesehatan tubuh.

Karenanya, dalam sejarah Ginkgo biloba kerap diolah sebagai ramuan pengobatan herbal dan menjadi sumber makanan sehat masyarakat.

Bahan alami ini khususnya dipakai untuk mengobati berbagai penyakit paru-paru, penyalahgunaan alkohol, dan infeksi kandung kemih. Sementara itu, ekstrak daunnya kerap digunakan untuk mengobati disfungsi jantung dan paru-paru, serta infeksi kulit.

Namun, hanya dalam beberapa dekade terakhir Ginkgo biloba telah menjadi populer di Barat sebagai suplemen untuk mengobati penurunan kognitif dan demensia. Studi terbaru menunjukkan ginkgo mungkin berguna dalam mengobati depresi dan tinnitus.

Lantas bagaimana perananannya dalam mempercantik kulit?

Well, bahan alami ini memiliki banyak kandungan penting, seperti flavonoid dan terpenoid. Jenis antioksidan dan antiinflamasi ini bisa merawat keremajaan kulit, menangkal radikal bebas, serta meredakan peradangan.

Tak hanya itu, bahan alami ini juga ampuh untuk mencegah kemunculan tanda penuaan dini. Sehingga kerap diolah ke dalam formulasi produk-produk antiging.

Beragam Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kecantikan Kulit

Beautypreneurs, Ginkgo biloba menjanjikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Kandungan antioksidan dan antiinflamasinya yang tinggi, tak hanya meredakan penyakit tapi juga berperan penting pada kesehatan kulit.

Nah, penasaran apa saja manfaat Ginkgo Biloba untuk kecantikan kulit? Langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

Membantu Menenangkan Kulit

Ginkgo biloba memiliki senyawa antiinflamasi dalam kandungannya. Karena itu, bahan alami ini mampu bekerja dengan baik meredakan peradangan dan menenangkan kulit wajah kamu.

Bahkan, senyawa antiinflamasi yang dimilikinya bisa mencegah adanya noda hitam akibat peradangan. Baik karena luka bakar, jerawat, maupun iritasi.

Sebagai Agen Anti-Penuaan

Manfaat Ginkgo biloba untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah mampu mencegah dan mengatasi penuaan dini. Sebab, bahan alami ini mengandung quercetin, kaempferol, dan flavonoid. Semua kandungan ini merupakan antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas.

Seperti yang kamu tahu, radikal bebas merupakan salah satu factor pemicu kemunculan tanda penuaan dini pada kulit. Mulai dari bitnik hitam penuaan, kulit yang kering dan keriput, hingga warna yang tak rata.

Antioksidan dalam Ginkgo biloba tak hanya menangkal radikal bebas. Melainkan menyembuhkan sel-sel kulit yang bermasalah, mendorong regenerasi sel sehat, serta menyamarkan tanda penuaan dini.

Mencerahkan Kulit

Manfaat Ginkgo biloba untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah melawan pigmentasi dan mencerahkan wajah. Bahan alami ini mengandung senyawa penghambat tyrosinase, merupakan enzim yang bertanggung jawab untuk pengembangan pigmen di kulit.

Oleh karena itu ekstrak ginkgo, bila diterapkan pada kulit dapat memberikan efek yang mencerahkan. Manfaat Ginkgo biloba ini tentu menjadi angin segar untuk kamu yang memerangi masalah pigmentasi, bitnik penuaan, dan ingin mempertahankan kecerahan alami kulit wajahmu.

Menangkal Radikal Bebas

Sebetulnya manfaat ini telah disinggung berkali-kali dalam point sebelumnya. Yap! Bahwa Ginkgo biloba memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan menetralisir stress oksidatif.

Memiliki Efek Anti-Kanker

Manfaat Ginkgo biloba untuk kecantikan kulit lainnya adalah memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Lagi-lagi kandungan kaempferol dan quercetin berperan besar pada khasiat bahan alami satu ini.

Ladies, paparan sinar matahari yang berlebihan dan masuknya zat racun dalam kulit bisa memicu kemunculan sel kanker. Tentu, ini lebih gawat dibandingkan kulit yang menjadi lebih gelap atau muncul jerawat.

Selain memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari dua factor tersebut. Kandungan kaempferol dan quercetin dalam Ginkgo biloba bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa ada ‘harapan’ untuk bahan ini menjadi agen anti-kanker alami.

Meski begitu masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan Ginkgo biloba dalam mencegah dan menangani kanker.

Mendorong Proses Penyembuhan Luka

Satu lagi manfaat Ginkgo biloba untuk kecantikan adalah mendorong proses penyembuhan luka. Ini karena ekstrak daun Ginkgo biloba memiliki efek mikrosirkulasi, yaknikemampuan untuk melebarkan dan meningkatkan aliran darah di pembuluh darah kecil.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kemampuan ginkgo untuk meningkatkan aliran darah di kulit cukup baik. Peningkatan aliran darah inilah yang dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit.

Membuat Kosmetik Herbal dari Ekstak Daun Ginkgo Biloba

Melihat betapa banyaknya manfaat Ginkgo biloba untuk kecantikan kulit, kamu pasti menyadari seberapa besar potensi bahan alami ini dalam industry kosmetik.

Yap! Jika diolah oleh ahlinya, Ginkgo biloba bisa menjadi produk perawatan kecantikan multifungsi. Yang tak hanya membantu merawat dan menutrisi, namun bisa menyelesaikan berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah.

Lewat maklon kosmetik herbal Mash Moshem Indonesia, kamu bisa membuat skincare dari ekstrak daun Ginkgo biloba dengan brand kosmetikmu sendiri, lho!

Tak hanya satu dua jenis produk saja, melainkan berbagai macam jenis produk perawatan yang kamu inginkan. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

Skincare Herbal

Ginkgo biloba terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mengolahnya ke dalam formulasi produk perawatan wajah tentu bisa menjadi produk kosmetikmu sangat potensial di pasaran.

Mash Moshem Indonesia sendiri telah menciptakan berbagai jenis skincare dari bermacam-macam sediaan. Tak hanya itu, kami juga berpengalaman dalam meramu skincare herbal, organic, dan vegan. Jadi kamu tak perlu khawatir mengenai kualitas dan mutu produk kosmetik tersebut.

Jenis skincare yang bisa kamu buat bersama kami antara lain serum wajah, toner, facial wash, essence, ampoule, krim wajah, face mist, masker, dan banyak lainnya.

Body Care Product

Selain perawatan wajah, kamu pun bisa membuat produk perawatan kulit tubuh di Mash Moshem Indonesia. Penggunaan Ginkgo biloba pun akan sangat mendukung fungsi utama dari produk body care sendiri.

Karena Ginkgo biloba bisa menjaga kelembapan kulit, menutrisinya, menangkal radikal bebas, hingga melawan berbagai masalah kesehatan dan kecantikan kulit.

Berbagai jenis produk bodycare yang bisa kamu buat dari Ginkgo biloba bersama Mash Moshem Indonesia antara lain body lotion, body serum, Instant body whitening, body mask, body toner, serta banyak lainnya.

Efek Samping Penggunaan Ginkgo Biloba untuk Kecantikan

Meski telah diolah ke dalam ramuan obat-obatan selama ratusan tahun, namun studi mengenai manfaat Ginkgo bilola untuk kecantikan kulit hingga kini masih berlanjut.

Terutama mengenai efek samping yang bisa saja ditimbulkannya, baik dari penggunaan topical maupun saat dikonsumsi secara oral. Sampai saat ini ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan Ginkgo biloba bisa memicu ruam atau alergi.

Karenanya, bila kamu memiliki riwayat alergi pada bahan alami ini dan jenis kulit wajahmu cenderung hypersensitive. Maka sebaiknya lakukan uji tempel produk terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakannya secara rutin sebagai bagian dari perawatan kecantikanmu.

Nah, sampai sini dulu pembahasan mengenai manfaat Ginkgo biloba untuk kecantikan kulit wajah. Semoga artikel ini bisa membantumu!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment