8 Manfaat Kefir untuk Kecantikan Kulit dan Penggunaannya dalam Kosmetik

manfaat kefir untuk kecantikan kulit

Penggunaan bahan-bahan alami ke dalam produk perawatan kulit kini jadi sangat populer. Salah satu bahan tersebut adalah kefir, yang juga memiliki banyak manfaat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

Kefir ini merupakan suatu cairan atau minuman tradisional yang memiliki citra rasa mirip dengan yogurt. Sekilas, memang kefir dan yogurt ini memiliki banyak kesamaan.

Keduanya memiliki kandungan yang kaya akan protein, kalsium, vitamin B, kalium, dan probiotik. Namun perbedaan dari keduanya, yakni cairan ini dibuat dari bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida.

Tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, kefir juga telah banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Khususnya dalam masker organic, yang belakangan juga cukup populer, loh.

Lantas apa saja sih manfaat kefir untuk kecantikan dan kesehatan kulit? Langsung simak ulasannya di bawah ini, ya!

Manfaat Kefir untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

apa itu kefir

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya kefir memiliki bakteri-bakteri yang baik untuk pencernaan. Namun, tahukah kamu jika kefir ini baik pula bagi kesehatan kulit? Yuk ketahui lebih lanjut!

Melembutkan Kulit Kering

Kulit yang kering cenderung terasa lebih kasar, pecah-pecah, mudah timbul kerutan, dan bersisik. Kondisi ini terjadi karena kulit kehilangan kelembapan alaminya, baik karena udara yang terlalu kering atau paparan sinar matahari secara berlebihan.

Kefir yang mengandung kalsium, protein, dan probiotik dapat memiliki manfaat untuk membantu melembutkan kulit kering. Khususnya dengan bekerja mempertahankan kelembapan kulit wajah kamu.

Meminimalisir Kemerahan dan Rosacea

Kefir ini mampu meminimalisir kemerahan dan atau rosacea. Rosacea ini sendiri merupakan suatu penyakit pada kulit wajah, yang biasa ditandai dengan kulit yang memerah disertai bintik-bintik seperti jerawat.

Kemerahan pada wajah ini umumnya muncul karena adanya peradangan, yang juga dapat membuat pembuluh darah terlihat di permukaan kulit.

Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan

Polusi udara, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan kurangnya cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kemunculan tanda penuaan dini. Seperti kerutan, garis halus, bintik hitam di wajah, hingga hiperpigmentasi.

Kabar baiknya, manfaat kefir untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu menyamarkan garis dan kerutan di wajah. Sebab itu, banyak produk perawatan kecantikan dengan manfat anti-aging menggunakan bahan ini sebagai bahan dasarnya.

Menenangkan Kulit

Kefir yang merupakan Probiotik, mampu membantu meningkatkan pertahanan alami kulit terhadap kerusakan lingkungan. Dalam hal ini, kamu juga bisa mengombinasikan kefir dengan bahan lain seperti ekstrak frangipani, untuk menambah efek menenangkan tersebut.

Bahan tersebut juga dapat membantu dalam meredaan kemerahan, stres, dan mengatasi penuaan karena probiotik ini dapat mencegah keriput.

Bakteri baik dalam usus juga dapat membantu untuk menghilangkan racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Probiotik ini mampu memberikan efek kulit yang cerah bercahaya. Sehingga dapat membantu untuk mencerna dan mengasimilasi nutrisi dari makanan dengan lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa tubuh menerima lebih banyak antioksidan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjadi sehat.

Membantu Menyegarkan Kulit

Kefir ini mampu membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan lingkungan, lewat probiotik yang ada.

Kefir juga mampu membantu meregenerasi kulit, sehingga kulit dapat dengan cepat menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru. Hal ini mampu menghindari dari penuaan dini, sehingga kulit bisa nampak lebih muda.

Meredakan Jerawat Membandel

Sebagian besar jerawat disebabkan oleh toksin atau zat berbahaya, yang menyumbat pori-pori kulit, yang kemudian mampu menciptakan kantong peradangan kecil yang terlokalisir.

Kabar baiknya, kefir juga memiliki manfaat untuk merawat kulit berjerawat dengan baik. Karena memiliki sifat pembersihan, anti-inflamasi dan scrubbing yang penting untuk merawat jerawat.

Selain itu, kefir memiliki kandungan Lactobacillus yang baik bagi pencernaan. Pada suatu penelitian, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara kesehatan pencernaan dengan kesehatan kondisi kulit.

Jika pencernaan dalam kondisi baik, maka pertahanan tubuh dan regenerasi tubuh akan baik pula. Sehingga proses penyembuhan radang pada kulit wajah dan atau jerawat dapat terjadi lebih cepat.

Membantu Mengeksfoliasi Sel Kulit

Kefir memiliki kandungan asam laktat dan Alpha Hydroxy Acid. Kandungan ini merupakan senyawa eksfoliator alami yang cukup populer di industri kecantikan.

Adanya kandungan ini membuat kefir mampu membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Sehingga regenerasi kulit juga akan jauh lebih optimal, kamu pun bisa mendapatkan kulit yang lebih lembut dan terasa kian kencang.

Menyeimbangkan pH Kulit

Mengelola pH kulit merupakan sebuah langkah penting dalam meminimalkan iritasi, kemerahan, dan masalah kulit lainnya. Selain itu, jalur pencernaan dan kulit pada dasarnya berhubungan karena didukung oleh mikrobioma atau bakteri yang menguntungkan, sehingga kulit juga akan mendapatkan manfaatnya.

Membantu Mencerahkan Kulit

Tahukah kamu, kalau ternyata kefir juga bisa membantu mencerahkan kulit? Manfaat kefir untuk kecantikan ini telah terbukti melalui penelitian, lho.

Kefir memiliki daya hambat yang lebih baik terhadap sintesis melanin daripada whey pada susu (tanpa proses fermentasi terlebih dahulu). Penghambatan tersebut dapat memberikan mengganggu proses pigmentasi kulit.

Gangguan pigmentasi ini dapat membumbuat kulit nampak lebih cerah tanpa menimbulkan dark spot atau area gelap pada kulit.

Penggunaan Kefir dalam Produk Perawatan Kecantikan

membuat produk perawatan kuilit dari kefir

Setelah melihat banyaknya manfaat kefir untuk kecantikan dan kesehatan kulit di atas, tak heran jika produk ini banyak diolah sebagai bahan dasar skincare.

Nah, Berikut ini contoh penggunaan kefir dalam produk perawatan kecantikan. Apa saja? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Sebagai Formula Serum

Serum yang menggunakan kefir sebagai bahan dalam produknya, biasanya memiliki sebagian besar bakteri kefiran. Hal inilah yang menjadikannya sebagai produk probiotik dan juga sumber protein.

Seperti yang disebutkan pula, bahwasannya kandungan yang dimiliki kefir mampu membantu mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari radikal bebas, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya. Alasan tersebutlah yang mampu membuat kefir amat cocok digunakan sebagai serum.

Sebagai Bahan Krim Wajah

Krim wajah biasanya memiliki fungsi atau fokusnya masing-masing. Misalnya, terdapat krim untuk anti-penuaan, krim untuk mencerahkan wajah, krim untuk melembabkan wajah, krim untuk mengatasi jerawat, dan lain sebagainya.

Namun pada umumnya, krim memiliki tekstur yang lembut dan lembab. Hal ini dikarenakan krim yang biasanya memiliki fokus untuk melembabkan wajah.

Kefir yang diketahui memiliki fungsi ini, tentulah cocok apabila digunakan sebagai krim wajah. Juga seperti yang disebutkan sebelumnya, jika kefir memiliki manfaat lain selain untuk melembabkan wajah, yakni untuk mencegah penuaan, hingga mengatasi masalah penuaan dini.

Sehingga, penggunaan kefir pada produk perawatan kulit tentunya memiliki banyak manfaat sekaligus menski hanya dengan satu produk saja.

Sebagai Masker Wajah

Kefir ini memiliki kandungan berupa laktat dan Alpha Hydroxy Acid (AHA), yang mampu mengeksfoliasi kulit. Sehingga apabila kefir digunakan sebagai masker wajah, maka akan dapat membantu membersihkan kulit wajah.

Sel kulit yang terbuang akan tergantikan dengan sel kulit yang baru, sehingga kulit dapat menjadi lebih sehat, lebih bersih, dan juga lebih cerah. Lactobacillus dalam masker wajah kefir juga dapat membantu membersihkan kulit dengan sempurna dari zat dan debu berbahaya, sehingga menambah kesegaran dan elastisitas.

Selain itu, kandungan lactobacili pada masker kefir ini dapat membantu kulit untuk mengatur keseimbangan kadar asam atau basa pada sel-sel kulit wajah. Kandungan asam alfa hidroksil (Alpha Hydoxy Acid/AHA) yang bersifat asam laktat dapat menyeimbangkan tingkat PH tubuh kita, sehingga membantu mengurangi kerutan dan memperlambat proses penuaan.

Masker Kefir juga mengandung asam amino yang merupakan komponen yang sangat penting dan integral untuk hidrasi kulit dan pemberian makan aktif. Selain itu, asam amino ini juga berperan sebagai antioksidan dan tidak membuat kulit tetap sehat dan segar.

Masker wajah kefir sangat cocok untuk semua jenis kulit. Dalam pembuatannya, dapat mencampurkan berbagai bahan, seperti buah beri, bahan herbal, madu, putih telur, dan produk susu asam lainnya yang aman dikombinasikan dengan kefir.

Baca Juga: Biotech Beauty dalam Industri Kosmetik, Bagaimana Perannya?

Buat Skincare dengan Kandungan Kefir dengan Brand Pribadi

Setelah mengetahui manfaat kefir untuk kulit dan contoh penggunaannya dalam produk skincare, apakah kamu tertarik untuk menggunakan bahan ini dalam produk kosmetikmu?

Tenang saja, dalam hal ini Mash Moshem Indonesia bisa membantumu, loh. Lewat jasa maklon kosmetik kami, kamu dapat menciptakan berbagai produk perawatan kulit, baik wajah maupun tubuh, dengan kandungan kefir sebagai bahan dasarnya.

Bersama formulator ahli kami, kamu bisa mendiskusikan konsep skincare berkandungan kefir yang kamu inginkan. Baik dari bahan-bahan yang kamu inginkan, aromanya, teksturnya, hingga adakah manfaat khusus yang ingin kamu tonjolkan.

Setelah itu tim formulator kami akan merancangkan formulasi skincare tersebut untukmu. Kamu hanya tinggal duduk di rumah dan memantau dari jauh proses produksi skincare dari brand kosmetikmu, sementara tim ahli Mash Moshem Indonesia yang akan menyelesaikannya buatmu.

Enggak percaya kalau maklon kosmetik bisa semudah ini? Coba langsung konsultasikan kebutuhan produkmu bersama tim kami via Contact Us, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment