Beragam Manfaat Lactobionic Acid untuk Kecantikan Kulit

manfaat lactobionic acid untuk kecantikan kulit

Hai, Beautypreneurs! Kamu tentu sudah mengenal tentang AHA dan PHA yang biasanya tertera pada kemasan produk eksfoliasi. Kedua bahan ini cukup populer di dunia skincare. Salah satu kandungan yang tergolong didalamnya adalah Lactobionic acid, apakah kamu pernah dengar?

AHA atau Alpha Hydroxy Acids umumnya menjadi bahan utama dalam produk skincare yang bertujuan untuk eksfoliasi. Kandungan ini bertujuan untuk membantu proses pengelupasan pada kulit, sehingga membantu kulit beregenerasi secara cepat. 

Namun, bagi sebagian orang, AHA dapat dinilai terlalu keras digunakan, terutama yang memiliki kulit sensitif yang rentan mengalami iritasi. 

Untuk itu, ada bahan lain yang memiliki manfaat sama seperti AHA namun lebih lembut untuk kulit. Kandungan itu bernama lactobionic acid yang juga tergolong sebagai PHA.

Bagi orang yang ingin memperoleh manfaat yang sama seperti AHA namun lebih lembut di kulit, lactobionic acid adalah jawaban yang tepat. Lebih lengkapnya, kita simak penjelasan berikut, yuk! Baca sampai akhir, ya!

Apa itu Lactobionic Acid?

Lactobionic acid merupakan bentuk dari oksidasi laktosa yang berasal dari susu. Sama halnya dengan AHA, kandungan ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kulit, salah satunya adalah membantu pengelupasan kulit mati pada permukaan kulit.

Lactobionic acid termasuk dalam golongan asam polihidroksi atau biasa dikenal dengan PHA. Kandungan ini merupakan alternatif yang lebih lembut daripada eksfolian yang tergolong dalam AHA yang biasanya berasal dari buah-buahan manis. 

Lactobionic acid ini memiliki ukuran molekul yang lebih besar dari AHA, sehingga terbilang sebagai bahan yang tidak begitu menimbulkan iritasi karena hanya bekerja di permukaan kulit, tidak menembus jauh ke dalam kulit. 

Selain itu, PHA tidak membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Kamu tidak perlu khawatir akan khasiat PHA, karena secara fungsi, PHA ini sama halnya seperti AHA.

Jika kamu membaca komposisi pada kemasan produk skincare dengan kandungan PHA atau lactobionic acid, kamu mungkin akan menemukan nama yang lain seperti gluconolactone, gluconic acid, zinc gluconate, atau copper gluconate.

Beragam Manfaat Lactobionic Acid untuk Perawatan Kulit

kandungan lactobionic acid dalam kosmetik

Sama halnya dengan AHA, Lactobionic acid ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat mengejutkan yang dapat kita peroleh dari PHA.

Membantu proses eksfoliasi kulit

Lactobionic acid ini dapat dengan lembut melepaskan dan menghilangkan lapisan terluar sel kulit mati pada kulit. Bagi kulit sensitif, Lactobionic acid adalah pilihan yang tepat, karena akan membantu eksfoliasi atau pengelupasan permukaan kulit dengan cara yang lembut.

Melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari

Selain membantu eksfoliasi kulit, diketahui Lactobionic acid ini juga memiliki fungsi untuk menyerap radikal bebas yang dihasilkan paparan sinar ultraviolet, sehingga membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Mencerahkan kulit

Manfaat lainnya dari lactobionic acid ini adalah membantu mencerahkan kulit secara bertahap. Setelah mengalami pengelupasan, kulit akan terasa bersih, segar, dan warna kulit pun terlihat lebih cerah.

Bekerja sebagai antioksidan

Lactobionic acid ini dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi kita dari polutan yang dapat membuat kulit menjadi kusam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jenis PHA ini dapat menetralisir radikal bebas sehingga kulit senantiasa terlindungi.

Lembut untuk kulit sensitif

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya bahwa  Lactobionic acid merupakan eksfoliator yang lembut, lebih lembut daripada AHA, sehingga cocok untuk kulit sensitif yang mudah iritasi.

Membantu menebalkan lapisan kulit

Selain formulanya yang lembut, ternyata Lactobionic acid juga dapat meningkatkan ketebalan epidermis kulit. Hal ini juga dapat membantu melindungi kulit dan memperkuat perlindungan kulit dari dampak buruk stressor lingkungan.

Menyamarkan hiperpigmentasi     

Tak hanya dapat membantu mencerahkan kulit secara umum, lactobionic acid juga dapat membantu menyamarkan hiperpigmentasi dan bekas luka pada kulit.

Membantu menghidrasi kulit

Lactobionic acid memiliki kandungan yang bisa melembabkan kulit, dapat dikatakan sebagai agen pelembab yang tinggi, jadi cocok digunakan untuk kulit kering. 

Kandungan dalam Lactobionic acid dapat menyerap air dari udara atau lapisan kulit di bawahnya, lalu menarik molekul tersebut ke permukaan kulit, sehingga membuat kulit senantiasa terhidrasi.

Adakah Efek Samping Lactobionic Acid untuk Kulit?

Seperti yang kita tahu, bahwa pada umumnya asam memang dapat mengiritasi kulit, termasuk lactobionic acid. Namun tetap saja, lactobionic acid ini lebih lembut daripada AHA. Sebaiknya gunakan lactobionic acid secara bertahap dan tidak berlebihan. 

Untuk amannya, lebih baik lakukan tes pada kulit untuk mengetahui kecocokan lactobionic acid ini dengan kulitmu. Caranya, oleskan sedikit produk skincare dengan jenis kandungan PHA ini pada lengan atau belakang telinga. 

Diamkan selama 48 jam dan perhatikan reaksinya terhadap kulit. Jika muncul reaksi seperti gatal, memerah, atau membengkak segera cuci bersih kulit dan hentikan penggunaan.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

    Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

      Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

      Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

        Cara Menggunakan Lactobionic Acid untuk Merawat Kulit

        Lactobionic acid umumnya digunakan untuk cleansing karena sifatnya yang dapat mengeksfoliasi kulit mati. Kandungan ini biasa ditemukan pada scrub, serum, dan masker wajah. Gunakanlah lactobionic acid ini saat kulit dalam keadaan bersih atau setelah kamu mencuci muka, agar hasilnya maksimal. 

        Hal yang perlu diperhatikan bahwa lactobionic acid ini tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan retinol. Karena kedua bahan ini bekerja untuk  meningkatkan pergantian sel kulit. 

        Itu sebabnya, jika kedua kandungan ini digunakan bersamaan, dapat beresiko terjadinya iritasi, kemerahan, dan dehidrasi pada kulit.

        Selain itu jangan gunakan lactobionic acid ini bersamaan dengan vitamin C karena dapat saling menghilangkan fungsi masing-masing. 

        Perlu kamu ingat bahwa fungsi dari lactobionic acid ini adalah sebagai exfoliant, pastikan kamu selalu melindungi kulit dengan sunscreen setelah menggunakan bahan ini, agar kulit kamu terjaga dan tidak iritasi.

        Lalu, ketika sudah menggunakan lactobionic acid, sebaiknya tidak menggunakan asam glikolat di hari yang sama. Hal ini untuk mencegah risiko iritasi pada kulit. Untuk amannya, selalu perhatikan petunjuk penggunaan pada kemasan sebelum menggunakan.

        Bisakah Menciptakan Produk Skincare dengan Kandungan Lactobionic Acid Sendiri?

        formulasi produk kosmetik

        Nah, Beautypreneurs, sebagai orang yang tertarik dengan penciptaan produk skincare, kamu tentu akan mempertimbangkan bahan dan formula terbaik yang nantinya akan kamu gunakan untuk terciptanya produk andalan kamu. 

        Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan dan mengembangkan produk skincare baru dengan lactobionic acid sebagai bahan dasarnya.

        Beberapa jenis produk perawatan yang bisa kamu olah dengan bahan lactobionic acid antara lain:

        1. Skincare
        2. Body care
        3. Treatment cream
        4. Dan banyak lainnya.

        Bersama dengan formulator kami, kamu dapat merencanakan dan menyusun konsep produk perawatan dengan mengkombinasikan bahan dan formula terbaik. 

        Misalnya saja, kamu ingin menciptakan produk eksfoliasi dengan lactobionic acid sebagai formula dasarnya. Kamu dapat menciptakannya berupa serum, scrub, maupun masker wajah dengan brand milikmu sendiri, dengan keunikan produkmu sendiri.

        Kamu juga bisa menentukan hal-hal spesifik yang kamu inginkan dalam produk tersebut, seperti brand image produk, bahan atau formula yang mendukung, pengawet yang sesuai, warna, aroma, maupun jenis kemasan produk kamu.

        Untuk desain logo dan kemasan produk, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membantumu. Kami memiliki tim desain yang sangat paham dengan tren kekinian, sehingga desain produkmu akan menarik.

        Selain itu, jika menggunakan jasa maklon di Mash Moshem Indonesia adalah bebas proses pengurusan surat legalitas, mulai dari BPOM, HAKI, Halal, klaim produk Vegan, hingga HSA. Sehingga produkmu akan terjamin dan dapat dipasarkan dengan aman.

        Kamu berminat menggunakan jasa maklon kosmetik untuk menciptakan produk dengan kandungan lactobionic acid? Ayo segera diskusikan produk skincare yang ingin kamu ciptakan bersama tim kami melalui tombol WhatsApp di bawah. Atau, hubungi tim pemasaran kami lewat nomor yang tertera di Contact Us

        cta manfaat lactobionic acid

        About Author

        Mash Moshem Indonesia

        PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

        Related posts

        Leave a Comment