Berkenalan dengan Maracuja Oil yang Bermanfaat untuk Kecantikan

manfaat maracuja oil untuk kecantikan

Hai, Beautypreneurs! Pernahkah kamu mendengar tentang maracuja oil? Namanya unik sekali, ya? Saat ini maracuja oil sedang banyak dilirik oleh produsen produk kecantikan karena memiliki manfaat yang tidak main-main, lho!

Selain memiliki khasiat untuk rambut, maracuja oil juga tak kalah baiknya untuk merawat kecantikan dan kesehatan  kulit. Mau tahu tentang maracuja oil? Baca ulasan berikut sampai tuntas, ya!

Apa itu Maracuja Oil?

Maracuja adalah nama Portugis untuk superfruit yang di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan nama markisa (passiflora edulis). Buah ini banyak terdapat di Amerika Selatan yang sekarang banyak tumbuh di berbagai negara di dunia seperti Hawaii, Afrika Timur, dan Asia Tenggara.

Biasanya maracuja ini banyak dimanfaatkan untuk dessert maupun jus, namun ternyata biji dari buah ini sangat kaya akan nutrisi yang berkhasiat untuk perawatan rambut maupun kulit.

bahan maracuja oil untuk kecantikan

Maracuja oil mengandung lebih dari 70% asam linoleat atau dikenal sebagai vitamin F (asam lemak omega-6 tak jenuh ganda) dan asam yang bermanfaat lainnya seperti asam palmitat dan asam oleat. 

Selain itu, maracuja oil juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, kalsium serta fosfor.

Berbagai Manfaat Maracuja Oil untuk Kecantikan

Selain buahnya yang baik untuk dikonsumsi, minyak dari maracuja juga sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Berikut beberapa manfaatnya.

Manfaat Maracuja Oil untuk Kecantikan Rambut

Menghidrasi dan Mengondisikan Rambut

Vitamin yang terkandung dalam maracuja oil seperti vitamin A, vitamin E, dan asam omega, membantu rambut untuk dapat terhidrasi dengan baik, sehingga dapat digunakan oleh jenis rambut kering atau rusak.

Vitamin C membantu mengondisikan rambut untuk melawan radikal bebas, sehingga rambut tumbuh dengan sehat, lembut disentuh, dan tidak berminyak.

Memperkuat dan Menutrisi Rambut

Asam lemak esensial yang terkandung dalam maracuja oil membantu menutrisi rambut. Kalsium, vitamin, dan mineral membantu meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut. 

Kalium bekerja memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok. Serta fosfor yang membantu mencegah pembentukan ketombe.

Melindungi dari Kerusakan dan Stressor Lingkungan

Vitamin C, vitamin E, dan flavonoid bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan melawan radikal bebas sehingga terhindar dari kerusakan dan stressor lingkungan. 

Vitamin A mendorong pertumbuhan rambut serta mencegah kerusakan akibat cuaca ekstrem seperti hawa dingin dan paparan sinar matahari.

Membantu Kesehatan Kulit Kepala

Asam lemak esensial yang terkandung dalam maracuja oil membantu menutrisi kulit kepala dan menjaga kelembaban rambut. Sehingga rambut tampak sehat dan menawan. Tidak hanya itu, maracuja oil juga dapat membantu mengatasi gatal dan menenangkan kulit kepala.

Manfaat Maracuja Oil untuk Kecantikan Kulit

Sebagai Anti Aging

Kandungan lycopene yang tinggi pada maracuja oil membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat warna kulit lebih merata dan membuatnya terlihat lebih cerah. Bersifat anti aging yang dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Membantu Meremajakan Kulit

Maracuja oil mudah menembus kulit sehingga dapat menghidrasi dan meremajakan kulit. Teksturnya yang ringan dapat membuat kulit terasa lembab. Kandungan vitamin C dalam maracuja oil dapat membantu melarutkan sel-sel mati sehingga dapat meregenerasi sel baru.

Menjaga Kekenyalan dan Elastisitas Kulit

Kandungan asam lemak yang tinggi dapat membuat tekstur kulit menjadi halus, kencang, kenyal, dan kembali elastis.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Maracuja oil mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan kulit, membantu menyembuhkan kulit kering dan pecah-pecah. Membuat kulit terasa lebih lembut, terlindung dari sinar matahari dan polusi. 

Bekerja sebagai Agen Anti Inflamasi

Maracuja oil dapat mengurangi peradangan untuk membantu meredakan jerawat, ruam, gatal, dan kondisi kulit lainnya yang membutuhkan kandungan asam linoleat sebagai penyembuh.

Cara Menggunakan Maracuja Oil untuk Perawatan Kecantikan

Berikut merupakan cara menggunakan maracuja oil untuk perawatan rambut dan kulit. Dengan memperhatikan cara yang benar, diharapkan dapat memberi manfaat secara penuh untuk perawatan kecantikan secara maksimal.

Menggunakan Maracuja Oil untuk Merawat Rambut

Untuk pemakaian perawatan rambut, kamu dapat menuangkan beberapa tetes maracuja oil pada tangan, lalu usapkan secara lembut mulai dari akar rambut hingga ujung rambut. Biarkan minyak meresap selama 10 menit. Kemudian cuci rambut menggunakan sampo seperti biasa.

Jika kamu memiliki kondisi rambut kering dengan ujung bercabang, kamu dapat mengoleskan beberapa tetes maracuja oil ke ujung rambut setelah rambut dibersihkan dan kering.

Kamu ingin rambut tebal? Kamu dapat menambahkan hair oil seperti peppermint oil dan rosemary essential dengan maracuja oil. Hal ini dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Kamu dapat membuat masker rambut menggunakan avocado oil, peppermint oil, dan maracuja oil. Oleskan pada kepala, pijat perlahan, dan biarkan selama 2 jam. Lalu keramaslah menggunakan sampo seperti biasa. Dapat dilakukan 2 kali seminggu.

Apabila kamu memiliki kondisi rambut yang berketombe, kamu dapat menambahkan empat tetes tea tree, satu sendok makan minyak kelapa, dengan beberapa tetes maracuja oil

Oleskan dari akar hingga ujung rambut, pijat perlahan, lalu biarkan selama 30 menit. Setelah itu, kamu dapat keramas menggunakan sampo seperti biasa. Ulangi hal ini selama 3 kali seminggu agar ketombe dapat hilang sepenuhnya.

cara menggunakan maracuja oil untuk kecantikan

Menggunakan Maracuja Oil untuk Merawat Kulit

Sebelum mengaplikasikan maracuja oil, pastikan wajah kamu sudah bersih. Gunakan pipet untuk meneteskan maracuja oil pada wajah dan leher. Teksturnya yang ringan membuatnya cepat meresap di kulit. 

Kamu dapat menepuk-nepuknya pada kulit kemudian pijat perlahan agar cepat meresap. Hebatnya, meski berbahan dasar minyak, maracuja oil ini terasa ringan dan tidak lengket saat digunakan. Kamu dapat merasakan sensasi segar setelah menggunakannya pada kulitmu.

Demi hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakannya secara rutin pada pagi dan malam hari layaknya menggunakan skincare routine kamu sehari-hari.

Untuk kulit yang berjerawat, tambahkan 2-3 tetes tea tree dengan satu sendok teh maracuja oil sebagai obat jerawat. Oleskan sedikit demi sedikit pada kulit yang berjerawat 2 kali sehari. Hal ini dipercaya dapat mengurangi jerawat pada wajah.

Jika kamu tertarik menggunakan pelembab alami, kamu dapat menambahkan maracuja oil dengan jojoba oil, argan oil, ataupun rosehip oil

Apabila kulit kamu kering, kamu dapat menambahkan 4 tetes maracuja oil dengan satu sendok makan almond oil. Hal ini akan membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit keringmu.

Jika kamu memiliki eksim, kamu dapat mencampurkan maracuja oil dengan satu sendok minyak kelapa, lavender, atau chamomile. Oleskan sebagai obat 3 kali sehari. Luar biasa khasiat dari maracuja oil ini, bukan?

Namun, jika kamu khawatir akan efek samping maracuja oil, lebih baik kamu melakukan patch test terlebih dahulu, yakni dengan mengoleskan sedikit pada kulit untuk melihat reaksinya.

Oleskan sedikit maracuja oil pada lengan dua kali sehari selama tiga hari, oleskan pada tempat yang sama. Lalu perhatikan bagaimana kulitmu merespon. Apabila ada reaksi pada kulit hentikan penggunaan dan cuci bersih lenganmu.

Bagaimana Menciptakan Produk Perawatan Rambut dan Kulit dengan Kandungan Maracuja Oil?

Beautypreneurs, kamu telah membaca beragam manfaat maracuja oil untuk kecantikan pada ulasan di atas. Memang, tak bisa dipungkiri bahwa maracuja oil merupakan bahan yang sangat potensial jika digunakan untuk produk kecantikan rambut dan kulit. Meski berbahan dasar minyak, ajaibnya, maracuja oil ini terasa ringan dan tidak lengket.

Sebagai orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia perawatan kecantikan, kamu tentu bisa mempertimbangkan maracuja oil ini sebagai bahan dasar produk kecantikan yang akan kamu ciptakan. Dengan Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan dan mengembangkan produk dengan bahan dasar maracuja oil yang menakjubkan ini.

Mash Moshem Indonesia bisa bekerja sama denganmu dalam penciptaan produk yang sesuai dengan minatmu. Mulai dari produk perawatan kulit wajah, tubuh, hingga perawatan rambut dan kulit kepala.

Apakah kamu berminat? Mari segera diskusikan produk perawatan kecantikan dengan bahan maracuja oil yang ingin kamu ciptakan bersama tim kami melalui tombol WhatsApp di bawah. Atau, hubungi tim pemasaran kami lewat nomor yang tertera di Contact Us

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading