5 Manfaat Minyak Buriti untuk Kecantikan Kulit, Apa Saja?

manfaat minyak buriti untuk kecantikan

Penggunaan bahan-bahan alami sebagai formula kosmetik bukanlah hal baru lagi. Salah satu bahan botanical yang cukup populer di industry kosmetik adalah minyak buriti, yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Sebelum membahas manfaat minyak buriti untuk kecantikan, kamu pasti bertanya-tanya mengapa mempelajari bahan-bahan botanical ini penting untukmu, bukan?

Well, sebagai seorang brand owner kosmetik, kamu pasti menyadari bahwa tingkat kompetisi di pasar kosmetik Tanah Air sangatlah tinggi. Tak hanya dengan brand-brand local, kamu juga harus bersaing dengan brand luar negeri yang telah lama berada di arus utama pasar.

Demi meningkatkan daya saing produk dan brand, kamu perlu menciptakan terobosan baru pada kosmetik yang kamu produksi. Entah itu dari segi kegunaan, desain dan kemasan, hingga berbagai nilai-nilai tertentu dalam branding-nya.

Penggunaan bahan kosmetik yang unik juga bisa menjadi alternatif yang ideal utnuk kamu coba. Sebab, bahan eksotis ini memiliki banyak keunggulan, nutrisi, dan bermanfaat untuk kecantikan.

Enggak percaya? Langsung simak berbagai manfaat minyak buriti untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini!

Asal Usul Minyak Buriti

Minyak buriti adalah bahan alami dari buah pohon palem Moriche, yang juga dikenal sebagai pohon kehidupan di Brasil.

Buah ini selama berabad-abad telah menjadi bagian penting dalam kehidupan penduduk asli Amerika Selatan. Khususnya dalam bidang pengobatan untuk menyembuhkan luka, luka bakar, dan kondisi kulit tertentu, seperti eksim dan psoriasis.

Seiring berjalannya waktu, para ilmuan menemukan berbagai kekayaan alami dalam minyak buriti. Bahan ini memiliki kandungan asam lemak, vitamin A dan E, dan berbagai nutrisi lain yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit maupun rambut.

Tak heran, kalau bahan alami ini juga dapat kamu temukan dengan mudah dalam berbagai formulasi kosmetika. Termasuk produk perawatan kulit, tubuh, maupun rambut.

Kandungan dalam Minyak Buriti yang Baik untuk Kecantikan

Beautypreneurs, berbagai manfaat kecantikan yang ada dalam minyak buriti terbentuk karena kandungan nutrisinya yang sangat beragam.

Nah, agar kamu dapat mengenali manfaat minyak buriti untuk kecantikan dengan lebih baik, berikut ini ada beberapa kandungan yang harus kamu tahu dalam bahan alami tersebut.

Beta Karoten

Minyak buriti terkenal karena kandungan beta karotennya yang sangat tinggi. Bahan alami ini pun akhirnya jadi antioksidan alami yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Khususnya dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas, paparan sinar UV secara berlebihan, serta mampu melindungi membrane di sekitar sel kulit.

Asam Lemak Tak Jenuh

Telah kita singgung sebelumnya, bahwa minyak buriti mengandung asam lemak tak jenuh yang mampu melembapkan kulit serta menjadikannya lebih sehat.

Kandungan asam lemak dalam minyak buriti sangat tinggi. Sebanyak 73% asam oleat ditemukan di dalamnya, bersama dengan asam palmitat dan linoleate.

Semua asal lemak ini memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan kulit. Asal lemak oleat, misalnya, dapat membantu mempertahankan kelembapan alami kulit.

Sementara asam linoleat membantu melawan dan meredakan peradangan. Sehingga kulit tak hanya akan terhidrasi dengan baik, namun juga menjaganya dan memulihkannya dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan

Selain itu, minyak buriti juga mengandung senyawa fenolik seperti asam ferulat, asam caffeic, dan asam sinapic. Semua kandungan ini tergolong sebagai antioksidan alami, yang berarti mereka membantu melawan radikal bebas dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin E

Kamu pasti sudah tak asing dengan kandungan satu ini. Ya, vitamin E adalah kandungan yang sangat populer dalam produk perawatan kecantikan. Sebab manfaatnya yang beragam untuk kulit, mulai dari menutrisi, melembutkan, memperbaiki, hingga meremajakannya.

Nah, kandungan multifungsi ini juga ditemukan dalam minyak buriti. Karenanya, minyak buriti diklaim ampuh untuk membantu melembapkan kulit dan menjaganya dari kerusakan.

Selain vitamin E, nutrisi lain yang ditemukan dalam kandungan minyak buriti adalah vitamin C dan A. Keduanya adalah bahan yang cukup familiar dalam industri kosmetika, khususnya untuk memebuat kulit lebih cerah dan awet muda.

Manfaat Minyak Buriti untuk Kecantikan Kulit

manfaat minyak buriti untuk kecantikan

Setelah membaca kandungan-kandungan di atas, sedikit banyak kamu pasti sudah memiliki gambaran apa saja manfaat minyak buriti untuk kecantikan kulit, bukan?

Melansir dari School of Natural Skincare, berikut beberapa manfaat minyak buriti untuk kecantikan kulit.

Mengurangi Munculnya Garis Halus dan Kerutan

Manfaat minyak buriti untuk kecantikan yang pertama adalah mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan di kulit. Kandungan yang berperan penting mendukung fungsi ini antara lain vitamin E, beta karoten, dan asam lemak esensial.

Ketiganya tak hanya membantu melembapkan kulit, namun memperbaiki sel-sel bermasalah, dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Menyamarkan Flek Hitam Akibat Sinar Matahari

Terpapar sinar matahari secara berlebihan bisa menyebabkan berabagi masalah pada kulit, salah satunya muncul hiperpigmentasi dan flek hitam.

Ini karena, sinar UV bisa menembus ke dalam kulit dan menimbulkan peradangan yang nantinya akan memicu kemunculan flek hitam.

Nah, Beautypreneurs, manfaat minyak buriti selanjutnya adalah membantu menyamarkan flek hitam akibat sinar matahari ini. Kandungan vitamin E-nya juga bisa bekerja menenangkan peradangan dan mendorong pemulihan sel-sel kulit.

Mengembalikan Elastisitas Kulit

Manfaat minyak buriti untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengembalikan elastisitas kulit. Ini karena kandungan asam lemak tak jenuh yang mampu melindungi selaput kulit agar lebih sehat dan menjaganya supaya selalu terhidrasi secara optimal.

Meredakan Gejala Peradangan Ringan

Sifat anti-inflamasi membantu memerangi kondisi kulit seperti kemerahan, ruam, kulit sensitif, kekasaran dan iritasi.

Menghidrasi dan Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat minyak buriti untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah menjaga kelembapan kulit. Sebelumnya berkali-kali kita singgung, bahwa minyak buriti mengandung rangkaian asam lemak esensial yang bisa membantu menghidrasi dan merawat kelembapan alami kulit sepanjang hari ini.

Karena itu, tak heran kalau bahan alami ini kerap digunakan sebagai formula produk pelembap wajah. Baik dalam bentuk serum wajah, krim wajah, maupun berbagai produk pelembap tubuh lainnya.

Cara Memanfaatkan Minyak Buriti dalam Produk Kecantikan

Setelah menyimak berbagai manfaat dan kandungan minyak buriti yang baik untuk kecantikan di atas. Kamu pasti setuju, bahwa bahan alami satu ini sangat potensial untuk diolah sebagai produk perawatan kecantikan.

Mulai dari menciptakan skincare dengan kandungan buriti, atau mengolahnya jadi body care, hingga membuat berbagai produk perawatan rambut organic.

Lantas bagaimana cara memanfaatkan minyak buriti dalam produk kecantikan? Mudah saja, kamu bisa maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia.

Karena kami telah memiliki sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) golongan A, kami dapat membantumu menciptakan berbagai produk kosmetik dari beragam sediaan.

Selain itu, tim Research and Development kami juga telah berpengalaman dalam menciptakan produk kosmetik unggulan. Karenanya, kamu hanya perlu mengonsultasikan konsep, bahan yang kamu mau, dan manfaat apa saja yang kamu harapkan ada dalam produk tersebut pada tim kami.

Selanjutnya tim kami akan membuatkan sample sebagai uji coba, dan kamu bisa menilai kelayakannya secara langsung. Kalau sample itu sudah sesuai dengan seleramu, maka proses pengurusan legalitas dan produksi massal akan berjalan.

Lalu bagaimana dengan biayanya? Ah, tak perlu khawatir. Karena kami bisa menyesuaikan biaya maklonnya dengan budget yang kamu miliki.

Tak percaya? Langsung diskusikan konsep produk impianmu bersama tim kami, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment