Ragam Manfaat Rosella untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

manfaat rosella untuk kecantikan (1)

Selain bunga lavender dan tanaman lainnya yang telah lama popular, sebenarnya manfaat bunga rosella untuk kecantikan kulit telah diakui secara medis, lho!

Bunga yang sekilas serupa dengan bunga war ini, memiliki cukup banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Umumnya, bunga rosella diolah dan dikonsumsi sebagai teh herbal.

Selain membantu masalah kesehatan tubuh secara umum dan sangat ideal dijadikan sebagai menu diet, bunga rosella juga bisa digunakan sebagai bahan dasar formula skincare.

Nah, penasaran apa saja manfaat rosella untuk kecantikan kulit? Sampai bahan alami ini dijadikan sebagai bahan dasar dan kadang diramu sebagai masker organic?

Well, langsung baca ulasan tentang rosella dan manfaatnya untuk kulit di bawah ini sampai habis, ya!

Manfaat Bunga Rosella untuk Kecantikan Kulit

manfaat gelatin untuk kecantikan rambut

Bunga rosella dikenal sebagai minuman herbal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan berat badan tubuh. Karenanya, teh bunga rosella sangat digemari dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Selain itu, kandungan gizi yang ada dalam bunga ini pun bisa membantu menyehatkan dan mempercantik kulit wajah kamu, lho. Enggak percaya? Baca ulasan berikut ini, deh!

Membantu Memelihara Keremajaan Kulit

Penggunaan ekstrak bunga sebagai bahan produk perawatan kecantikan kulit sebenarnya bukanlah hal baru lagi. Kamu bisa dengan mudah menemukan skincare dengan kandungan bunga tertentu, seperti lavender, geranium oil, mawar, hingga rosella.

Nah, ngomongin soal bunga rosella, tahukah kamu kalau bunga ini memiliki komponen antioksidan yang sangan beragam. Seperti asam fenolik, vitamin C, vitamin E, dan juga vitamin A.

Karena kandungan yang dimilikinya ini, manfaat rosella untuk kecantikan kulit adalah membantu memelihara keremajaan kulit wajah.

Senyawa antioksidannya yang tinggi akan membantu melawan terbentuknya tanda penuaan dini. Dengan menangkal dampak buruk radikal bebas, merevitalisasi sel kulit yang bermasalah, hingga mendukung produksi kolagen dalam jaringan kulit.

Proses tersebut akan membantu mengembalikan keremajaan kulit, membuat wajah senantiasa tampak kencang, segar, bahkan cerah dan selalu awet muda.

Memperkuat Perlindungan Kulit

Tak hanya membuat kulitmu kian cantik dengan menjaga keremajaannya, manfaat bunga rosella untuk kecantikan lainnya adalah membantu memperkuat kulit.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rosella mengandung komponen antioksidan yang sangat tinggi dan beragam.

Misalnya, kandungan vitamin C yang dimilikinya akan membantu meningkatkan perlindungan kulit. Kandungan ini akan mendorong pembentukan kolagen dan merangsang proses regenerasi sel kulit, akhirnya akan membuat wajah jadi lebih sehat.

Tak hanya itu, antioksidan pun bisa melawan dan menetralisir radikal bebas yang ada dalam tubuh, sehingga akan mencegah adanya kerusakan pada sel.

Kerusakan ini, seperti yang kamu tahu, juga bisa menyebabkan masalah kecantikan dan kesehatan tubuh. Misalnya menyebabkan kulit kering, kusam, penuaan dini, hingga memicu kemunculan kanker kulit.

Menutrisi dan Menyehatkan Kulit Wajah

Selain melindungi kulit dari dampak buruk stressor lingkungan, manfaat bunga rosella untuk kecantikan lain adlaah menutrisi dan menyehatkan kulit wajah.

Beberapa orang meyakini bahwa mengonsumsi teh kelopak bunga rosella secara teratur akan membantu menutrisi kulit wajah, membuatnya tampak lebih sehat, dan terlindung dari radikal bebas.

Ini dikarenakan bunga rosella menagdnung asam amino esensial, vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan berbagai senyawa lain yang sangat baik buat kulit kamu.

Tak heran bukan, kalau bunga ini banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit wajah? Banyak banget, sih, nutrisinya!

Menangkal Dampak Buruk Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan salah satu faktor yang bisa menimbulkan banyak masalah pada kecantikan kulit. Misalnya bikin wajah kering, kusam, muncul bintik penuaan, mengiritasi, hingga membuat kulit terbakar.

Nah, untungnya berkat kandungan vitamin E dan vitamin C yang ada dalam bunga rosella kamu bisa menangkal dampak buruk sinar matahari dari wajah kamu.

Yap! Kedua kandungan ini akan memberikan perlindungan tambahan pada kulit. Vitamin E bekerja sebagai senyawa antiinflamasi, akan menghidrasi kulit dan meningkatkan fungsi skin barrier.

Sementara vitamin C akan menangkal dampak buruk sinar matahari dan menyembuhan sel kulit yang terdampak.

Membantu Menenangkan Gejala Peradangan

Bunga rosella memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Kedua kandungan ini pun bisa bekerja sebagai antiinflamasi dan antibacterial, sehingga mencegah timbulnya peradangan dan infeksi pada kulit wajah kamu.

Komponen Nutrisi dalam Rosella yang Baik Buat Kecantikan

manfaat rosella untuk kecantikan (2)

Mengetahui manfaat rosella untuk kecantikan kulit tentu tak akan lengkap, kalau kamu belum paham apa saja komponen nutrisi dalam bahan alami ini.

Sebab, komponen nutrisi yang ada dalam rosella inilah yang akan bekerja membantu menyehatkan kulit wajah dan menjadikannya tampak lebih segar.

Dilansir dari dukumen penelitian Kemendikbud, berikut beberapa kandungan yang ada dalam bunga rosella dan manfaatnya buat kulit wajah.

Vitamin C

Salah satu kandungan yang ditemukan dalam jumlah besar dalam bunga rosella adalah vitamin C. kandungan ini merupakan golongan antioksidan alami, yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Sebagai contoh kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai produk perawatan kecantikan yang menggunakan vitamin C sebagai bahan dasarnya.

Vitamin C dikenal sebagai agen pencerah, antiaging alami, juga membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah. Karenanya, vitamin C banyak ditemukan pada produk pencerah wajah, krim anti penuaan, juga produk perawatan kulit berjerawat.

Vitamin A

Selain vitamin C, kamu pun dapat menemukan senyawa vitamin A dalam bunga rosella. Senyawa ini enggak kalah hype-nya dibanding dengan vitamin C.

Vitamin A atau yang lebih dikenal dengan retinoid, mampu membantu meningkatkan kecerahan kulit. Yakni dengan menghambat terbentuknya melanin, mendorong eksfoliasi sel kulit mati, dan juga merasang pembentukan kolagen.

Tak hanya mencerahkan, vitamin A diketahui bisa membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada area ekspresi. Itu sebabnya senyawa ini juga dikenal sebagai antiaging yang sangat efektif untuk meremajakan kulit.

Vitamin E

Antioksidan lain yang bisa kamu dapatkan dari bunga rosella adalah vitamin E. Selain bekerja dengan efektif sebagai antiradical bebas, vitamin E bisa bekerja sebagai agen inflamasi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E bisa membantu menutrisi kulit, meredakan peradangan, dan meningkatkan sistem pelindung kulit wajah kamu.

Penggunaan krim wajah dengan kandungan vitamin E secara teratur diklaim dapat membantu memperbaiki tekstur kulit wajah secara menyeluruh. Bahkan wajah jadi lebih lembut, bercahaya, dan lebih kencang.

Vitamin B1 dan B2

Kandungan lain yang bisa kamu temukan dari bunga rosella adalah vitamin B1 dan B2. Keduanya merupakan senyawa yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Misalnya vitamin B1 atau Thiamin yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga proses distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh akan jadi lebih maksimal, termasuk pada sel kulit.

Sementara itu, vitamin B2 akan bekerja untuk mendorong pergantian sel dan membantu merawat kolagen dalam tubuh. Senyawa ini akan membantu melindungi kesehatan struktur kulit, mengurangi gejala peradangan, pun membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak cuma itu, riboflavin pun bisa membantu mengontrol produksi minyak alami kulit. Sehingga, wajah tidak akan mudah kering dan selalu terhidrasi dengan baik.

Cara Membuat Masker Rosella yang Bisa Kamu Coba Di Rumah

jenis-jenis clay mask

Setelah tahu banyak manfaat bunga rosella untuk kecantikan kulit, kamu bisa menggunakan kelopak rosella sebagai masker wajah alami.

Penasaran bagaimana cara menggunakan rosella sebagai masker bubuk alami? Langsung cek bahan yang diperlukan dan langkah membuat masker organic dari bunga rosella berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • Bubuk kelopak bunga rosella
  • Bubuk tepung beras
  • Madu murni.

Cara Pembuatan Masker Organik dari Bunga Rosella

  • Campurkan dua sendok makan bubuk rosella dengan tepung beras dengan ukurang yang sama.
  • Tambahkan dua sendok makan madu murni, kamu bisa pilih berbagai jenis madu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker organic, kemudian aplikasikan pasta makser wajah dengan rata.
  • Tunggu selama 15-20 menit hingga kandungan rosella menyerap sempurna.
  • Kalau sudah, kamu bisa membilas wajah hingga bersih menggunakan air dengan suhu normal.

Well itu adalah berbagai manfaat rosella untuk kecantikan, kandungan yang dimiliki bahan alami ini, serta bagaimana cara membuat masker organic dari bunga rosella.

Kamu bisa menerapkan tips pembuatan dan penggunaan masker wajah organic dari rosella di atas di rumah. Kemudian bagikan pengalamanmu lewat kolom komentar.

Jadi selamat mencoba dan bersenang-senang, Ladies!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment