Enggak Bikin Iritasi, Intip Deretan Manfaat Squalane Oil untuk Kulit Berikut Ini

manfaat squalane oil untuk kulit (1)

Pelembap merupakan salah satu kunci agar kulit wajah jadi lebih sehat, mudah menerima nutrisi dari produk lain, hingga bisa membuat kulit jadi lebih awet muda dengan terhindar dari keriput serta garis halus.

Tak hanya itu, kulit yang terlalu kering pun dikatakan dapat menimbulkan risiko lain pada kesehatan wajahmu. Karena kondisi ini akan membuat wajah jadi rentan kemerahan, bersisik, bahkan kian sensitif terhadap sinar matahari.

Untuk menjaga kelembapan alami ini, berbagai produk pelembap wajah pun diciptakan. Baik itu berupa krim, serum, hingga face oil. Bahkan yang digunakan juga sangat beragam, termasuk squalane oil.

Ya, Squalane oil! Apakah kamu mengenali bahan pelembap satu ini?

Sayangnya, bahan yang sangat baik untuk kulit ini terbilang cukup asing, bahkan di telinga para beauty enthusiast. Padahal manfaatnya untuk membantu menjaga kecantikan kulit sangatlah beragam.

Nah, agar kamu bisa lebih kenal dan tahu tentang squalane oil, cek ulasannya berikut ini, ya!

Dari Squalene Ke Squalane Oil

manfaat jojoba oil untuk kulit

Kamu mungkin agak bingung dengan squalene dan squalane. Tidak heran, karena perbedaan penulisannya pun hanya satu huruf, yang bila diucapkan pun tidak akan terlalu kentara.

Namun, keduanya merupakan bentuk yang cukup berbeda. Squalene, yang pakai ‘e’, merupakan lemak alami yang diproduksi oleh kulit manusia.

Squalene ini dibuat untuk membantu melembapkan dan memperkuat skin barrier. Tak cuma itu, squalene pun bisa menjaga dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel kulit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas di lingkungan sekitar.

Meski sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat, pertambahan usia kita pun berpengaruh pada jumlah squalene yang dihasilkan secara alami oleh tubuh.

Kian tambah usia kita, maka kian berkurang juga squalene ini akan menurun. Setelah usia melewati 30 tahun khususnya, produksi ini akan menurun dan akhirnya membuat tekstur kulit berubah menjadi lebih kasar serta muncul tanda penuaan pada kulit.

Nah, untuk mengatasi hal inilah akhirnya squalane oil diciptakan. Squalane oil merupakan kandungan pelembap yang lazim ditemukan dalam berbagai produk skincare.

Kandungan ini merupakan ubahan squalene dan bersifat lebih stabil dari bentuk asalnya.

Jadi, sebelum squalene ini digunakan untuk merawat kulit, perlu adanya proses hidrogenasi untuk membantunya jadi lebih stabil dan tidak akan menimbulkan reaksi buruk pada wajahmu.

Selain itu, proses hidrogenasi ini pun akan membuat squalene jauh lebih stabil dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, apalagi kalau digunakan sebagai campuran maupun bahan utama dari produk perawatan wajah.

Asal Usul Squalane Oil

manfaat jojoba oil untuk kulit

Kalau squalene diproduksi secara alami pada kelenjar minyak manusia, lalu dari manakah squalane oil didapatkan? Well, jawabannya dari tumbuh-tumbuhan dong!

Ya, pada awal pengembangannya squalane oil didapatkan dari organ hati ikan hiu. Namun, proses ini dinilai berdampak buruk pada ekosistem hewan di lautan, sehingga harus dihentikan dan dicari alternatif lainnya.

Karenanya, kini squalane yang digunakan dalam berbagai produk kecantikan merupakan hasil dari ekstraksi tanaman, termasuk zaitun, dedak padi, hingga batang tebu.

Squalane yang diambil dari tumbuh-tumbuhan ini pun terbilang lebih ramah lingkungan sehingga terbebas dari cruelty free, yakni dengan tidak membunuh atau membahayakan hewan.

Berbagai Manfaat Squalane Oil untuk Kulit

manfaat squalane oil untuk kulit (3)

Nah, setelah mengetahui asal-usulnya, kini waktunya kamu mengenal berbagai manfaat squalane oil untuk kulit wajah dan tubuh berikut ini!

Membantu Melembapkan Kulit

Telah dikatakan sebelumnya, kelembapan alami pada kulit dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada penampilan dan kecantikan kulit wajahmu.

Sebab, dengan hidrasi yang baik, perlindungan kulit pun akan jauh lebih optimal. Bahkan proses penyembuhan dan regenerasi sel kulit pun akan berjalan kian efektif.

Nah, untuk menjaga kelembapan kulit ini kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah berkandungan squalane oil.

Bahan alami ini akan membantu menghidrasi kulit, membuatnya tampak jauh lebih sehat, cerah, dan terawat. Kandungan antioksidan yang ada dalam squalane oil pun dikatakan sangat ampuh untuk melawan kerusakan kulit karena paparan sinar matahari, lho!

Memberikan Perlindungan pada Kulit

Tahukah kamu kalau squalane oil pun bisa membantu memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajahmu, khususnya dalam menurunkan risiko yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Manfaat squalane oil untuk kulit ini didapat dari sifat antioksidan dan antitumor yang dimilikinya, hingga bisa menurunkan risiko kerusakan dan kanker kulit.

Tak hanya itu, sifat anti radikal ini pun bisa membuat proses regenerasi sel kulit wajah. Akhirnya penampilan kulit pun akan meingkat jauh lebih baik.

Bahkan, penggunaan skincare berkandungan squalane oil secara rutin bisa mendorong proses detoksifikasi dan meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah kamu, lho!

Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Memiliki kulit yang rentan berjerawat juga kadang cukup meresahkan. Gimana enggak? Jerawat pun bisa terkadang menimbulkan peradangan dan bekasnya cukup sulit diatasi.

Kulit yang mudah berjerawat biasanya cukup berminyak, karena kondisi ini bisa memicu penyumbatan pada pori-pori wajah kamu.

Karenanya, kamu perlu memilih produk perawatan wajah yang tepat untuk membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat.

Salah satunya dengan menggunakan skincare berkandungan squalane oil, yang terbilang aman untuk semua jenis kulit. Bahkan, bahan yang berbentuk minyak ini cukup ringan dan bersifat dan nonkomedogenik.

Membantu Merawat Kulit di Area Mata dan Bibir

Kulit bibir dan di area mata merupakan jenis yang cukup sensitif, bahkan paling mudah berubah warna serta rentan iritasi.

Penyebab masalah pada dua area ini pun umumnya dikarenakan kondisi kulit yang kering. Untuk itu, kamu bisa menggunakan squalane oil sebagai pelembap alami kulit.

Bekerja Sebagai Antiaging

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat squalane oil untuk kulit wajah adalah membantu melembapkan dan merangsang produksi kolagen pada kulit.

Nah, kedua hal ini pun akan memberikan banyak manfaat pada struktur kulit secara keseluruhan. Kolagen memiliki peranan yang penting dalam menjaga vitalitas dan elastisitas kulitmu, termasuk membuatnya tampak kencang dan awet muda.

Penggunaan yang teratur akan membuat berbagai tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus memudar. Bahkan, minyak alami ini pun diklaim dapat memperbaiki sel kulit yang rusak akibat adanya proses penuaan pada kulit.

Menghalangi Dampak Buruk Sinar Matahari

Sinar matahari bisa dibilang adalah sumber masalah kecantikan yang cukup besar dan berpengaruh pada kulit. Mulai dari menimbulkan sunspot atau bintik penuaan, membuat kulit kusam, kering, dan menyebabkan sunburning.

Nah, rupanya manfaat squalane oil untuk kulit selanjutnya ialah membantu menghalangi dampak buruk sinar UVA dan UVB dpada kulitmu.

Penggunaan minyak ini ke dalam formula kecantikan akan mengurangi pigmentasi pada kulit dan mempercepat metabolisme sel kulit sehat.

Meski begitu, agar perlindungan kian optimal, kamu tetap harus menggunakan sunscreen sebagai penutup skincare day routine kamu.

Merawat Rambut dengan Ekstra

Tak hanya bermanfaat untuk kecanitkan kulit, squalane oil pun bisa membantu merawat kecantikan rambut dan kesehatan kulit kepala.

Ya, penggunaan squalane oil sebagai bagian dari hair treatment rutin kamu bisa memberikan efek yang sangat special pada rambut. Mulai dari memberikannya berbagai nutrisi, membuatnya sehat, lembut, lebih kuat, pun memberikan efek kilau yang mempesona.

Cara Menggunakan Squalane Oil yang Tepat dan Benar

serum wajah

Melihat paparan di atas, kamu pasti juga cukup terkejut dengan banyaknya manfaat squalane oil untuk kulit dan rambut, bukan?

Kalau sudah begitu, enggak heran juga mengapa bahan alami ini sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan dan diklaim sebagai minyak alami terbaik untuk merawat kulit wajah.

Well, apakah kamu tertarik untuk merasakan berbagai manfaat squalane oil untuk kulit dan rambut ini? Kalau iya, simak juga cara penggunaannya yang tepat dan benar di bawah ini, ya!

Squalane Oil untuk Merawat Kulit Wajah

Kamu bisa langsung mengaplikasikan squalane sebagai face oil secara langsung. Cukup gunakan dua hingga tiga tetes minyak squalane ke telapak tangan kamu, kemudian aplikasikan sedikit pada wajah dan leher.

Pijat selama beberapa menit agar minyak bisa terserap dengan sempurna pada wajah kamu. Oh, iya! Kamu juga bisa mencampurnya dengan produk skincare lain agar hasilnya bisa jauh lebih optimal.

Squalane Oil untuk Merawat Rambut

Sama halnya dengan menggunakannya sebagai face oil, untuk merawat rambut kamu bisa mengaplikasikan minyak squalane secara langsung.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mencampurnya dengan hair conditioner ataupun mask sebagai perawatan rambut di rumah.

Squalane Oil untuk Merawat Tubuh

Untuk merawat tubuh, kamu bisa mengaplikasikannya secara langsung pada bagian kulit yang kering dan membutuhkan kelembapan ekstra.

Minyak alami ini akan berguna sebagai produk penenang kulit, khususnya ketika kamu terkena paparan matahari dalam waktu yang lama dan teriiritasi.

Nah itu adalah beberapa hal tentang squalane oil yang perlu kamu tahu. Baik dari pengertiannya, asal-usulnya, manfaat squalane oil untuk kecantikan kulit, hingga berbagai cara aman penggunaan bahan alami ini.

Penggunaan squalane oil memang sangat umum dan telah teruji aman, namun ada baiknya untukmu memperhatikan kondisi dan kebutuhan kulit sebelum mencoba berbagai produk perawatan kecantikan baru.

Pilih produk yang pas dan tepat dalam menjawab kebutuhan kulit tubuh dan wajahmu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment