6 Manfaat Tucuma Butter untuk Rambut, Menyehatkan dan Menebalkan!

manfaat tucuma butter untuk rambut

Salah satu bahan alami untuk perawatan rambut yang sering kamu dengar adalah butter atau mentega. Ada banyak jenis butter yang dapat kamu temukan dalam produk perawatan rambut, salah satunya tucuma butter yang juga memiliki banyak manfaat untuk rambut. Apa kamu sudah pernah dengar soal kandungan ini sebelumnya?

Penggunaan butter dalam kosmetika sebenarnya bukanlah hal baru lagi. Tak hanya pada produk perawatan rambut, butter juga dapat dengan mudah kamu temukan dalam skincare, body care, dan berbagai treatment product lainnya.

Popularitasnya ini timbul karena butter memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Pada perawatan rambut misalnya, bahan ini dapat membantu mengatasi masalah rambut kering, kusam, dan rusak, dengan menggantikan kelembapan yang hilang pada helaian rambut.

Pada kulit wajah mentega dapat digunakan sebagai masker yang dapat memberikan kelembapan pada kulit wajah. Butter pun memiliki klaim dapat mengembalikan rona atau warna bibir alami.

Kita semua mungkin telah mengenal dan familiar dengan shea butter dan cocoa butter, tetapi apakah kamu pernah mendengar atau bahkan telah mengenal tucuma butter?

Meski tak sepopuler kedua jenis butter tersebut, cucuma butter memiliki banyak manfaat untuk kecantikan rambut, loh. Enggak percaya? Langsung simak ulasan soal manfaat tucuma butter untuk rambut di bawah ini, ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Tucuma Butter?

apa itu tucuma butter

Tucuma butter merupakan butter atau mentega yang berasal dari biji palem. Biji palem yang juga bernama tucuma ini dapat kamu temukan secara alami di Brazil. Karakteristik tucuma butter mirip dengan murumuru butter, karenanya kedua butter ini kerap disalahpahami oleh sebagian besar masyarakat.

Nah, agar kamu tak juga salah paham, lanjut baca soal karakteristik dan manfaat tucuma butter untuk rambut berikut ini, ya!

Asal Usul Tucuma Butter

Jika berbicara tentang asal usul tucuma butter maka ada baikya membahas tentang tumbuhannya terlebih dahulu. Tucuma butter berasal dari tanaman atau pohon Astrocaryum tucuma, yang merupakan pohon palem asli hutan hujan Amazon.

Pohon Astrocaryum tucum aini menghasilkan buah yang bertekstur keras. Buahnya kecil dan memiliki biji yang besar berawana oranye cerah yang jika dibelah memiliki hati yang seidikit manis.

Selain itu, buahnya juga umumnya dapat masyarakat konsumsi, baik secara mentah maupun menjadi jus. Olahannya ini berupa anggur tucuma, yang juga banyak masyarakat buat menjadi ice cream atau berbagai jenis desert lainnya.

Biji tucuma memiliki tekstur yang mengilap. Selian itu, biji tucuma juga memiliki aroma kayu yang samar-samar atau tidak terlalu menyengat.

Cangkang keras biji buahnya digunakan oleh penduduk asli Amazon untuk membuat cincin hitam. Cincin hitam ini sempat digunakan sebagai simbol pernikahan bagi penduduk asli Amazon dan juga digunakan sebagai protes politik dan sosial.

Saat ini, cincin hitam tersebut digunakan oleh misionaris Katolik yang mendukung kesetaraan, hak asasi manusia, dan keadilan sosial.

Terdapat dua minyak yang berasal dari buah tucuma, yaitu minyak ampas dan minyak seperti pasta putih atau mentega biji. Mentega biji tucuma atau tucuma butter mengandung banyak polifenol, karotenoid, asam lauric, myristic, dan oleic (omega-9) yang memberikan sifat antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur.

Penggunaan Tucuma Butter dalam Produk Perawatan Rambut

Pada awalnya, tak banyak orang yang menyadari bahwa tucuma butter sebagai bahan utama di banyak produk perawatan rambut, seperti masker rambut, kondisioner, dan sampo.

Untuk membuat produk kecantikan berupa tucuma butter yaitu dengan memeras dingin biji palem tucuma untuk membuat tucuma butter. Biji tucuma ini penuh dengan kandungan asam lemak, antioksidan, dan vitamin A untuk kesehatan kulit dan rambut.

Penggunaan tucuma butter dalam produk perawatan rambut berfungsi sebagai hydrator yang memiliki manfaat utama melembapkan, menghaluskan, dan melembutkan rambut.

Kandungan tucuma butter dapat formulator gunakan dengan campuran lain, seperti minyak argan, minyak jojoba, dan minyak kelapa. Tucuma butter tidak memiliki reaksi merugikan dengan bahan tertentu yang menyebabkan kerusakan pada rambut.

Perbedaan Tucuma Butter dengan Murumuru Butter

Tucuma butter dan murumuru butter sering kali dianggap sama, padahal mereka merupakan dua bahan yang berbeda. Tucuma butter dan murumuru butter memang menawarkan manfaat pada rambut yang hampir sama yaitu melembapkan rambut kering dan keriting. Adapun Perbedaan mendasarnya dijelaskan sebagai berikut.

Murumuru butter memiliki kandungan yang dapat membuat rambutmu berkilau. Berbeda dengan tucuma butter yang bekerja sebagai bahan penyegel untuk tambut, sehingga dapat menjaga kelembapan rambut dan kaya vitamin A yang dapat mendukung pertumbuhan rambut yang lebih kuat.

Berbagai Manfaat Tucuma Butter untuk Rambut

manfaat tucuma butter untuk rambut

Berbagai macam kandungan dalam tucuma butter membuatnya dilirik untuk dijadikan bahan utama dalam produk kecantikan dan perawatan rambut. Tucuma butter memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Memiliki konsentrasi asam lemak (asam laurat, oleat, dan miristat) yang tinggi, vitamin A, dan polifonel membuat tucuma butter disebut sebagai bahan pembangkit untuk kesehatan rambut, pertumbuhan rambut dan perawatan kulit kepala. Adapaun manfaat tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Melindungi Rambut

Tucuma butter memiliki kandungan polifenol antioksidan yang dapat melindungi rambut dari kerusakan. Beberapa ahli menilai bahwa tucuma butter penuh dengan polifenol antioksidan yang mampu melawan radikan bebas.

Mengatasi Rambut Mengembang

Rambut mengembang umumnya bertekstur kasar dan kusut. Kandungan dalam tucuma butter dapat melembapkan dan menutrisi rambut kusut, kering, dan rusak.

Selain itu, kandungan dalam tucuma butter dapat menenangkan kulit kepala yang gatal serta memberikan kilau dan kelembutan pada rambut.

Tucuma butter dapat melawan rambut kusut karena diklasifikasikan sebagai silikon nabati. Bahan ini pun meniru kandungan yang ditemukan dalam produk silicon populer yang berfungsi mengunci kelembapan dan menghaluskan helai rambut. Hal ini dilakukan tucuma butter tanpa memberikan efek yang berbahaya pada rambut.

Menghidrasi Batang Rambut dan Kulit Kepala

Tucuma butter berfungsi sebagai pelembap yang dapat memberikan kelembapan yang luar biasa untuk rambut dan kulit kepala. Kandungan dalam tucuma butter mudah diserap hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam dan tidak menyumbat pori-pori atau memberatkan rambut.

Selain itu, kandungan dalam tucuma butter juga dapat membantuk lapisan yang melindungi kulit kepala dan batang rambut dari dehidrasi.

Tucuma butter baik untuk rambut kering karena rambut kering tidak dapat menyerap air dengan baik dan maksimal. Tucuma butter ini akan bekerja melapisi rambut sehingga mengunci kelembapannya.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Tucuma butter mengandung asam alurat dan oleat untuk membantu mendukung dan mengingkatkan pertumbuhan rambut lebih cepat. Asam lemak berupa asam laurat dan asam oleat ini memiliki manfaat serupa untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Oleat acid dan laurate acid dalam tucuma butter mampu merangsang pertumbuhan rambut. Khususnya dengan cara meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan menjaga kulit kepala serta helai rambut tetap terhidrasi.

Kedua asam lemak ini juga memungkinkan mengandung banyak nutrisi dan bahan aktif yang digunakan pada produk perawatan rambut yang berfungsi menembus dan menutrisi rambut.

Beberapa ahli menyarankan bagi orang yang mengalami penipisan rambut untuk menggunakan kombinasi bahan perawatan rambut seperti tucuma butter bersamaan dengan perawaran seperti suntikan plasma kaya trombosit dari dokter. 

Kandungan polifenol dalam tucuma butter merupakan antioksidan yang baik untuk rambut. Kandungan polifenol dalam tucuma butter dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan mendukung pertumbuhan rambut.

Mengatasi Rambut Rusak

Tucuma butter dapat mengatasi atau menghidupkan kembali rambut yang rusak. Khususnya dengan bekerja membantu menutrisi kulit kepala dan menjadikannya baik untuk pertumbuhan rambut dan menghidupkan kembali rambut yang rusak.

Kandungan asam lemak dalam tucuma butter yang tinggi dapat meningkatkan kelembapan dan kelembutan yang tentunya dapat menambah kilau pada setiap helai rambut.

Hal ini tentu menjadikan tucuma butter menjadi pilihan yang baik untuk rambut rusak yang perlu perawatan khusus yang membantu proses revitalisasi.

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Tucuma butter mengandung banyak beta karoten yang bekerja menjadi vitamin A di mana vitamin A ini penting untuk kesehatan rambut. Vitamin A dapat memperbaiki dan menjaga kelembapan kulit kepala dengan membantu kulit kepala dalam memproduksi minyak. Hal ini tentu memungkinkan pertumbuhan dan retensi panjang pada rambut.

Tipe Rambut yang Cocok Menggunakan Tucuma Butter

Pada umumnya, siapa saja atau jenis rambut apa saja bisa menggunakan bahan tucuma butter untuk perawatan rambut. Namun, tucuma butter sangat baik untuk perawatan rambut kering, keriting, kusam, atau rusak.  

Apabila rambutmu rusak, baik karena penataan rambut maupun karena pewarnaan yang kamu lakukan maka hal tersebut dapat kamu atasi dengan menggunakan tucuma butter. Jika kamu memiliki rambut yang tebal maka hal tersebut akan lebih baik lagi.

Berdasarkan hal ini, tidak berarti kamu yang memiliki rambut halus, tidak dapat atau tidak boleh menggunakan tucuma butter. Tetap boleh, namun ada hal yang harus kamu ingat bahwa untuk rambut halus cukup menggunakan tucuma butter lebih sedikit maka lebih baik. Hal ini bergantung pada jenis rambut yang kamu miliki.

Jadi secara umum, siapa saja dan seseorang dengan berbagai jenis rambut dapat menggunakan tucuma butter. Namun intesitas pemakaiannya saja yang perlu kamu perhatikan.

Pemakaian tucuma butter mulai dari seminggu sekali hingga setiap hari, bergantung pada jenis rambut yang kamu miliki. Seseorang dengan rambut kasar dan keriting dapat menggunakan tucuma butter lebih sering daripada orang dengan rambut tipis dan halus.

Cara Menggunakan Tucuma Butter untuk Perawatan Rambut

Adapun cara menggunakan tucuma butter untuk perawatan rambut dijelaskan sebagai berikut:

cara menggunakan tucuma butter untuk perawatan rambut

Cara terbaik dalam menggunakan tucuma butter yaitu dengan mengoleskannya pada rambut. Lakukan hal ini dengan mengambil beberapa sendok makan tucuma butter, kemudian melelehkan tucuma butter tersebut.

Jika kamu menggunakan tucuma butter tanpa melelehkannya maka kamu tidak akan mendapatkan menfaat yang tepat untuk rambutmu.

Setelah tucuma butter cair, kamu dapat mencampurkannya dengan bahan lain, seperti vitamin E, minya argan, maupun minyak kelapa. Minyak memiliki fungsi sebagai penyeimbang tekstur dari tucuma butter. Selian itu, minyak juga membantu meningkatkan kilau rambutmu.

Kemudian diamkan dan dinginkan ramuan tucuma butter dan bahan lain tersebut di lemari es. Setelah itu, gunakan sebagai masker rambut dan biarkan selama sekitar 30 menit.

Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan masker ini sebelum keramas atau membiarkannya sebagai perawatan semalam untuk rambut yang sangat kering.

Sebagian orang khawatir jika menggunakan tucuma butter rambutnya akan berminyak. Namun, tidak perlu khawatir, meskipun tucuma butter merupakan sejenis mentega, tucuma butter bertekstur ringan dan tidak akan meninggalkan rasa berminyak pada rambut.

Perlu kamu perhatikan jika kamu pemilik rambut yang tipis dan halus, cukup gunakan tucuma butter seminggu sekali.

Hair Care Produk dengan Kandungan Tucuma Butter

Hair care product dengan kandungan tucuma butter

Setelah menyimak berbagai manfaat tucuma butter untuk kecantikan rambut, kemudian memahami bagaimana cara penggunaannya. Apakah kamu berminat menggunakan bahan ini sebagai bagian dari perawatan rambut harianmu? Atau, justru kamu ingin mengolahnya menjadi produk hair care terbaik dan menjualnya di pasaran?

Well, kalau opsi kedua menarik perhatiaanmu, Mash Moshem Indonesia bisa membantumu mewujudkannya. Emang iya? Yups! Kami memiliki tim formulator yang telah berpengalaman dalam bidang pembuatan kosmetik, termasuk produk perawatan rambut. Dari shampoo, conditioner, hair mask, hair serum, hair oil, dan berbagai produk inovasi lainnya.

Tucuma butter, yang pada dasarnya memang memiliki banyak manfaat baik untuk rambut, adalah kandungan yang sangat ideal untuk kamu gunakan dalam hair care product. Sifatnya yang dapat mengkondisikan rambut dan melembapkannya, cocok dengan manfaat utama kondisioner dan masker rambut.

Selain dua produk tersebut, kamu bisa mengolah tucuma butter menjadi berbagai produk perawatan rambut lainnya dan bahkan mengombinasikannya dengan berbagai bahan alami lain.

Lantas bagaimana cara maklon hair care product dengan kandungan tucuma butter? Mulai konsultasi dan diskusikan budgetmu dengan tim pemasaran kami dengan klik tombol WhatsApp di bawah, ya!

About Author

Related posts

heat protection spray apa itu

Manfaat Heat Protection Spray, Cara Penggunaan, dan Komposisi Produk

Rambut sering kali dianggap sebagai salah satu hal yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Baik buruknya kondisi rambut akan merubah looks seseorang secara signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan rambutnya, mulai dari potongan rambut, warna rambut,...

Continue Reading

Granactive Retinoid, Kandungan Skincare yang Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda!

Kulit mulus, cerah, dan tampak awet muda sudah pasti menjadi dambaan setiap perempuan, iyakan ladies? Terlebih untuk kamu yang suka banget produk-produk perawatan kulit, pasti udah update dengan bahan yang satu ini. Granactive retinoid, kandungan skincare yang bisa bikin...

Continue Reading

Leave a Comment