Cara Melakukan Social Media Audit dan Manfaatnya untuk Bisnis

cara melakukan social media audit

Saat menjalankan social media marketing, kegiatan yang kamu lakukan tak hanya seputar mengunggah konten promosi. Lebih dari itu, untuk meninjau seberapa efektif iklan atau konten promosi yang kamu lakukan, penting bagimu untuk memahami bagaimana cara melakukan social media audit. Sudah pernah dengar sebelumnya?

Pada umumnya, kegiatan audit kerap dikaitkan dengan bidang keuangan. Namun, tahukah kamu kalau audit juga bisa kamu terapkan dalam berbagai komponen perusahaanmu, termasuk dalam kegiatan branding dan promosi.

Sebagai salah satu media promosi yang cukup populer dan menjanjikan, sosial media juga tidak luput dari kegiatan audit. Adanya audit ini akan membantumu mengnalisis bagaimana kinerja social media marketing yang kamu lakukan, seberapa efektifnya strategi tersebut, serta bagaimana mengimprovisasi tindakan yang kurang efisien.

Nah, lantas seperti apa konsep kerja social media audit? Kemudian bagaimana cara melakukannya dan apa saja manfaatnya untuk bisnismu? Lanjut baca sampai habis, ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Social Media Audit?

Social media audit merupakan kegiatan mengevaluasi aktivitas bisnis yang bergerak di sektor media sosial. Kegiatan ini terdiri dari analisis dan juga pengumpulan data dari semua akun-akun sosial media yang perusahaan miliki.

Dengan melakukan kegiatan social media audit perusahaan dapat meninjau dan juga memantau metrik-metrik yang penting agar bisa mengetahui peluang bisnis dan perkembangan bisnis.

Kemudian social media audit juga dapat membantu perbaikan kinerja strategi social media marketing dari setiap kekurangan yang kamu jumpai saat melakukan audit agar dapat menjadi lebih efektif dan bagus.

Social media audit juga bisa membantu untuk memastikan sebuah brand yang memiliki social media presence agar bisa menjadi lebih bagus dan selalu unggul untuk para kompetitor.

Kegiatan social media audit pada umumnya dilaksanakan setiap kuartal atau sekali dalam kurun waktu tiga bulan.

Akan tetapi kegiatan audit ini lebih efektif jika dilakukan satu kali dalam sebulan agar setiap perubahan bisa dilakukan dengan tepat waktu.

Hal ini mengingat perkembangan social media hari ini sering mengupgrade fitur-fitur terbarunya dengan cepat dan membuat para digital marketer harus cepat beradaptasi.

Aspek yang harus melalui proses audit…

Selain itu perusahaan juga perlu melakukan audit di setiap aspek yang terdapat di sosial media seperti;

  1. Tingkat respon audien
  2. Jumlah kunjungan atau engagement
  3. Referral traffic

Ketiga hal di atas akan membantu perushaan untuk membangun gambaran yang ringkas dan jelas bahwa audit yang dilakukan dapat membantu kinerja digital marketer.

Keuntungan Melakukan Social Media Audit untuk Bisnis

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan setelah melakukan kegiatan social media audit untuk bisnisnya seperti berikut;

Evaluasi dengan pakar

kegiatan social media audit merupakan aktivitas yang akan melibatkan beberapa pakar. Kamu akan mendapatkan beberapa masukan dari pakar yang memiliki pengetahuan lebih terkait apa saja yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

Selain itu para pakar juga akan memberikan pengetahuan perihal perbedaan antara mendapatkan prospek bisnis dan kerugian bisnis.

Dengan ini jumlah engagement dari setiap konten yang dibuat dapat menyampaikan pesan yang sudah sesuai dengan masyarkat.

Social media audit akan membantu digital marketing sukses mendapatkan lead jika audit dilaksanakan dengan benar dan baik.

Membantu memecahkan masalah dan kendala

Jika suatu perusahaan mengetahui sebuah masalah seperti kurangnya tingkat konversi marketing dari media sosial, kehadiran social media audit akan menjadi sangat penting untuk dilaksanakan untuk menyelesaikan problem ini.

Social media audit akan membantu perusahaan untuk menunjukkan area yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi.

Dengan ini perusahaan juga bisa mengetahui di mana titik yang menjadi akar permasalahan kemudian melakukan perbaikan.

Jika hal tersebut kamu laksanakan dengan baik, setiap pesan dalam konten promosimu akan tersampaikan dengan efektif kepada masyarakat dan konversi maketing juga menjadi lebih lancar.

Membuka celah pemasaran

Mengutip dari Kruse Control kunci utama para marketer saat ini adalah media sosial yang berbayar. Dengan menegluarkan biaya, para marketer menjadi lebih fokus untuk mengoprasikan bisnis dengan efektif dan prioritas.

Hal ini menjadikan perusahaan harus bisa memperoleh hasil yang maksimal atas setiap usaha yang dilakukan.

Kehadiran social media audit di sini dapat membantu marketer untuk melakukan analisis strategi yang cepat dan paling tepat agar bisa memperoleh hasil yang kamu inginkan.

Dengan ini perusahaan dapat menemukan setiap celah pemasaran serta juga peluang pemasaran yang tepat untuk meraih kesuksesan marketing.

Mampu meningkatkan daya saing bisnis

Persaingan bisnis adalah kegiatan yang akan setiap pebisnis hadapi. Walaupun begitu persaingan merupakan hal yang baik untuk perusahaan.

Dengan adanya persaingan bisnis perusahaan akan dapat mengetahui kenapa konsumen di luar sana lebih memilih produk yang perusahaan dari pada produk miliki pesaing.

Dengan melakukan social media audit perusahaan dapat menilai bagaimana pesaing bisnisnya menggunakan media sosial serta juga dapat mengungkap apa saja kelemahan yang tidak mereka sadari.

Selain itu dengan adanya social media audit perusahaan juga dapat terbantu untuk menyusun strategi dengan menentukan sasaran apa yang harus dikonsentrasikan di postingan media sosial agar bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Membantu menyusun strategi yang lebih matang

Ketika perusahaan sedang mengalami penurunan penjualan melalui media sosial dan tidak tahu sebab musababnya, kehadiran media social audit akan sangat membantu perusahaan untuk menyusun strategi yang lebih matang.

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu hal terpenting di dalam dunia binis media sosial adalah bahwa setiap kegiatan pembelian akan melibatkan konsumen, termasuk penawaran khusus dan juga iklan.

Agar dapat meleibatkan konsumen di setiap langkah, perusahaan akan sangat membutuhkan strategi yang tepat dan matang. Kehadiran social media sosial audit akan memeriksa bagaimana dan kapan kamu kehilangan konsumen di media sosial.

Cara Melakukan Social Media Audit

Setelah memahami apa saja manfaat menerapkan social media audit, juga konsep dasar pelaksanaannya. Maka selanjutnya kamu bisa langsung menyimak cara melakukan social media audit untuk bisnismu berikut ini. Simak, ya!

Kumpulkan semua akun media sosial

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengumpulkan berbagai jenis media sosial yang kamu gunakan dalam kegiatan branding maupun promosi. Kemudian setelah itu mulai melakukan analisis metrik-metrik yang sudah tercatat secara otomatis oleh akun-akun media sosial tersebut. Beberapa metrik tersebut antaralain engagement, followers, share, likes, click, retweet comment, views, reach dan mentions-nya.

Setiap metrik tersebut dapat kamu akses secara langsung pada laporan analytics dari tiap akun media sosial yang kamu gunakan. Adanya analisis ini akan mempermudahkanmu melihat bagaimana audience bereaksi pada konten promosimu, juga jenis konten seperti apa yang mendapat nilai positif dan tidak.

Selain itu kamu juga dapat menggunakan tool-tool yang disediakan dimana pastinya dapat digunakan dengan  mudah untuk mengaksesnya dari satu dashboard yang sama.

Pada titik ini kamu juga harus melakukan analisis data yang telah kamu dapatkan kemudian memahami setiap detailnya. Setiap angka-angka itu tadi akan menunjukkan performa mana yang baik dan perfoma mana yang kurang masikmal.

Hal ini akan memberi kamu gagasan yang jelas mengenai apa yang harus kamu lakukan agar brand perusahaan di media sosial dapat bergerak maju.

Analisis demografi audience

Akan menjadi sangat penting untuk memahami demografi serta ketertarikan dari audiens di setiap platfrom sosial media yang akan kamu gunakan. Hal ini untuk membantu perbaikan dalam social media audit.

Pada dasarnya setiap platfrom sosial media akan memiliki karakteristik pengguna yang berbeda-beda. Maka dari itu pendekatannya pun juga haru berbeda.

Contohnya seperti sosial media snapchat yang cenderung menggunakan audiens lebih muda, sementara Facebook cukup populer di kalangan audiense yang lebih dewasa hingga paruh baya.

Setiap platfrom media ini memerlukan pendekatan yang berbeda dan target market yang berbeda pula. Karena dari rentan umurnya sudah memiliki selera dan minat yang berbeda.

Jika kamu membandingkan demografi untuk setiap platform sosial media, kamu akan dapat menemukan ide terbaik untuk memikat konsumen atau target audiencemu. Misal dengan mempertimbangkan minat mereka, latar belakang sosial, dan juga kebudayaan mereka.

Hal ini membuat analisis demografi menjadi kunci pemasaran perusahaan untuk meningkatkan laju pemasaran di media sosial.

Baca Juga: Apa Itu Demografis Target Audience? Ini Definisi dan Segmentasinya!

Cek kualitas dan konsistensi konten

Mengecek kualitas dan konsistensi konten sangat wajib kamu lakukan untuk memastikan apakah kualitas konten di setiap sosial media perusahaan sudah sesuai sasaran atau belum.

Kemudian perusahaan juga perlu meninjau apakah kualitas tersebut sudah timmu buat secara konsisten untuk jangka waktu yang lama.

Seringkali fluktuasi metrik terjadi ketika terjadi perubahan konten. Hal ini bisa menjadi pertanda negatif dan juga bisa menjadi pertanda positif.

Apabila hasilnya masih buruk perusahaan perlu segera melakukan proses perbaikan. Akan tetapi jika hasilnya baik perusahaan bisa meneruskannya dan mengembangkannya.

Hitung biaya dan ROI

Karena memiliki banyak layanan digital marketing pada sosial media berbayar. Akan menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan perhitungan besaran biaya yang akan kamu keluarkan beserta setiap perhitungan return on investment (ROI).

Perusahaan harus meluangkan waktu untuk memeriksa anggaran. Setiap aspek penggunaan media sosial merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika melakukan social media audit.

Di sini perusahaan wajib menghitung perkiraan biayan yang akan kamu keluarkan untuk kegiatan digital marketing di media sosial. Selain itu juga harus menganailsis apakah hasil yang di dapatkan sesuai dengan pengeluarnnya.

Social media audit merupakan sebuah proses kerja yang cukup singkat. Karena proses kerja ini dapat kamu lakukan dalam waktu yang singkat sekitar 30an menit.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal social media audit. Apakah kamu sudah siap untuk menerapkannya dalam strategi social media marketing yang kamu lakukan?

Selain soal social media audit, kamu bisa menemukan berbagai tips promosi dan branding lainnya di laman Berita Terkini. Atau, terus ikuti informasi terbaru seputar maklon kosmetik dan industri kosmetika di sosial media Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment