Ketahui 15 Metrik untuk Website yang Harus Dianalisis, Apa Saja?

metrik untuk website

Website merupakan salah satu komponen yang cukup penting untuk keberlangsungan digital marketing. Untuk performnya, pastinya website akan memiliki beberapa macam metrik yang akan mendukung performa kerja si website.

Metrik untuk website merupakan semacam alat ukur yang bisa melajak kinerja bisnis kamu secara online. Adanya metrik untuk website juga akan membantu kamu untuk mengetahui kinerja website kamu, dan bisa mengetahui bagian apa yang perlu ditingkatkan.

Keoptimalan dalam praktik digital marketing di situs web akan sangat terbantu dengan informasi yang telah didapatkan dari metrik.

Selain itu, hadirnya metrik untuk website juga akan membantu kamu untuk mengetahui segala ketertarikan yang diinginkan oleh konsumen, serta juga dapat memprediksi sebuah tren yang akan booming kedepannya.

Apa Itu Metrik dalam Sebuah Website?

Metrik dalam sebuah website merupakan semacam alat pengukuran yang berfungsi untuk melacak dan mengawasi kinerja situs web milik kamu atau persuahaan.

Dengan adanya metirik dalam sebuah website, kamu akan dapat melihat berbagai macam wawasan terkait dengan pengunjung situs website kamu, seperti mempelajari perilaku, keinginan serta kemauan audiens dan pengunjung terhadap website kamu.

Pentingnya Memahami Metrik untuk Website

Memahami metrik untuk website akan sangat penting untuk keberlangsungan digital marketing kamu atau perusahaan. Dengan adanya metrik dalam website, bisa membantu kamu untuk melihat sudah seberapa jauh situs website kamu efektif untuk audens dan pelanggan.

Terutama dalam kinerja membuat pengunjung melakukan pembelian dan mengonversi pelanggan. Selain itu, metrik juga berfungsi untuk memberitahu kamu apakah konten buatanmu sudah memenuhi harapan dan minat pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat memahami metrik untuk website seperti;

  1. Mengoptimalkan situs website
  2. Menentukan keberhasilan strategi pemasaran
  3. Mencari tahu minat pelanggan
  4. Memprediksi trend yang akan datang berdasarakan pedoman data yang ada saat ini

15 Metrik untuk Website yang Wajib Kamu Tahu dan Analisis

Setidaknya ada 15 jenis metrik untuk website yang harus kamu tahu dan analisis. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan peforma website dan memberikan konten yang berkualitas untuk pelanggan toko online-mu.

Yuk, simak kelima belas metik untuk website tesebut dalam ulasan berikut ini!

Website Traffic

Website traffic merupakan total dari jumlah pengunjung di situs website milikmu. Mengukur kemampuan perusahaan untuk menarik perhatian minat pengunjung adalah salah satu wujud dari kinerja metrik ini.

Jika terdapat kenaikan di dalam website traffic setelah kamu melakukan postingan terhadap suatu konten, dari sini kamu bisa mengindikasi bahwa pengunjung website kamu menyukainnya.

Hal bisa kamu jadikan sebuah indikator perihal tipe konten apa yang akan kamu posting di hari-hari selanjutnya.

Bounce Rate

Metrik bounce rate akan membantu kamu untuk memberitahu sudah berapa banyak pengunjung yang langsung begitu saja meninggalkan website setelah mengunjunginya.

Terindikasinya bounce rate yang rendah akan menunjukkan seberapa banyak jumlah pengunjung website kamu yang bertahan dan mengecek konten-konten yang telah kamu posting.

Selain itu, durasi waktu kunjungan yang lama di dalam website kamu gunakan untuk mencari tahu contoh pelanggan yang menemukan layanan atau produk yang mereka cari.

Metrik bounce rate sangat membantu kamu untuk meningkatkan potensi pengonversian pengunjung menjadi calon konsumen.

Top Pages

Metrik top pages akan membantu kamu untuk memberikan informasi mengenai halaman-halaman di website milikmu yang mendapatkan traffic paling banyak.

Dengan metrik ini kamu juga dapat mengetahui perihal apa saja yang biasanya para pengunjung website milikmu sukai.

Conversion Rate

Metrik conversion rate berfungsi untuk melakukan pengukuran tingkat konsumen yang sudah melakukan berbagai-macam tindakan yang kamu harapkan, seperti halnya membeli salah satu layanan atau produk yang kamu posting.

Dengan adanya metrik conversion rate, kamu akan terbantu mengetahui seberapa banyak jumlah pengunjung yang sudah melakukan pembelian layanan dan produk.

Customer’s Lifetime Value

Metrik CLV (Customer’s Lifetime Value) merupakan jumlah dari rata-rata pendapatan bisnis yang telah kamu dapatkan dari salah satu pelanggan.

Selain itu, metrik ini juga bisa membantu kamu melakukan pengukuran pertumbuhan bisnis.

Average Time Spent on Page

Metrik jenis ini berfungsi untuk mengukur seberapa lama waktu yang pengunjung habiskan selama berkunjung ke laman toko online yang kamu kelola.

Jika metrik ini menunjukan nilai yang tinggi, dapat kamu jadikan sebagai indikator bahwa konten yang kamu unggah bermanfaat dan menarik perhatian pengunjung website. Selain itu juga bisa dipastikan bahwa para pengunjung juga menghargai setiap informasi yang terdapat di website kamu.

Returning Visitors

Metrik returning visitors merupakan metrik yang akan mendeteksi pengunjung lama yang sering kembali mengunjungi website kamu.

Dari metrik ini kamu dapat mengukur sudah seberapa baik toko online yang kamu miliki ini mempertahankan para pengunjung-pengunjung lama.

Selain itu, metrik returning visitors juga akan membantu kamu untuk mengetahui sudah sebarapa optimal konten yang kamu unggah di website berkesan di mata audiens.

Cost Per Conversion

Jenis metrik ini akan menjelaskan sudah berapa banyak biaya yang sudah kamu keluarkan untuk keperluan periklanan guna memperoleh pelanggan/konsumen.

Metrik ini juga akan membantu kamu untuk mengetahui sudah seberapa efektif kah campaign pengiklanan yang sudah dilakukan untuk menghasilkan konversi.

Landing Pages

Metrik landing pages merupakan sebuah halaman yang akan dibuka oleh pengunjung baru, atau pengunjung yang pertama kali mengunjungi website kamu.

Fungsi dari metrik ini akan menunjukkan sudah berapa pengunjung baru tersebut menghabiskan waktunya di halaman yang disediakan, kemudian tombol ada saja yang telah diklik oleh si pengunjung baru tersebut.

Selain itu, metrik landing page yang bagus akan lebih jitu untuk menarik para audiens niche yang tertarik dengan layanan serta produk yang kamu posting di website.

Exit Pages

Metrik exit pages merupakan tampilan halaman website yang cenderung ditinggalkan oleh konsumen. Model dari metrik ini hampir sama dengan landing pages, terutama di saat website sudah mempunyai bounce rate yang cukup tinggi.

Apabila kamu sering melihat salah satu pengunjung meninggalkan website di halaman yang sama, kamu bisa mencoba untuk membuat halaman tersebut menjadi lebih user-friendly agar terlihat lebih atraktif.

Device Source

Metrik decive source merupakan metrik yang memberi tahu perangkat apa yang digunakan oieh para pengunjung website kamu.

Dari metrik ini, kamu dapat menyesuaikan agar website bisa menjadi lebih efisien untuk dibuka diperangkat si pengunjung, serta lebih mudah dinavigasikan.

Seperti halnya saat kamu mengetahui salah satu pengunjung website kamu lebih sering menggunakan smartphone, kamu bisa membuat penyesuaian agar website kamu lebih interaktif dengan smartphone.

Page Timing

Metrik page timing akan memberi kamu informasi terkait dengan kecepatan pengunjung saat mengunjungi website kamu.

Jika pengaksesan pengunjung semakin cepat, bukan tidak mungkin rangking SEO website kamu akan ikut meningkat.

Pages Per Visit

Selanjutnya ada pages per visit yang berfungsi untuk memberi tahu kamu perihal seberapa banyak jumlah konten yang sudah pengunjung lihat saat membuka website.

Di sini kamu dapat menggunakan internal link yang kedepannya bisa meningkatkan kualitas metrik ini. Dengan ini, para pengunjung akan langsung terkait dengan konten yang dibuka sebelumnya.

Hal ini akan membuat pengunjung menjadi lebih sering menghasbiskan waktu di website kamu.

Traffic Source

Metrik traffic source berfungsi untuk memberi tahu kamu dari mana saja pengunjung yang membuka website milikmu, seperti referral dari situs lain atau dari pencarian organik.

Dengan adanya metrik ini, kamu akan lebih terbantu untuk mendistribusikan konten, serta juga membantu kamu untuk meningkatkan keefektifan strategi marketing di dalam bisnismu.

Social Sharing

Metrik social sharing akan membantu kamu untuk memberikan informasi terkait konten yang sudah kamu posting di platfrom media sosial.

Dengan adanya metrik social sharing yang tinggi, akan membuat pengunjung lebih menyukai konten yang sudah kamu posting.

Jadi itulah beberapa metrik yang sangat penting untuk kamu ketahui, Beautypreneurs. Lewat metrik ini kamu bisa mengukur seberapa baik peforma toko online yang kamu kelola.

Selain itu, kamu juga bisa memantau konten mana yang paling populer dan dapat menarik perhatian audience. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan konten yang tepat dan efektif dalam menghasilkan penjualan produk dari tokomu.

Tak hanya soal metrik website, kamu juga bisa mencari tahu berbagai tips digital marketing menarik lainnya di Berita Terkini. Atau, kamu juga bisa mengikuti konten-konten terbaru di YouTube Official Mash Moshem Indonesia. See you, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment