Coba Strategi Pemasaran Outbound Marketing untuk Bisnis, Siapa Takut!

Setiap pemilik bisnis tentunya menginginkan penjualan yang terus meningkat, dan mampu menjangkau konsumen di berbagai daerah. Hal ini tentunya tidak bisa kamu lepaskan dari pentingnya strategi marketing untuk memperluas usahamu. Salah satu strategi yang ahrus kamu pelajari adalah Outbound Marketing.

Jika kamu merupakan seorang pebisnis, kamu bisa mencari tahu berbagai macam cara pemasaran untuk mengembangkan bisnis. Karena tidak ada bisnis yang bisa berkembang, jika kamu hanya melakukan pemasaran yang biasa-biasa saja.

Nah, salah satu strategi penjualan yang bisa kamu coba terapkan untuk bisnismu adalah strategi outbound marketing. Apakah istilah tersebut masih asing untukmu?

Jika kamu belum mengenal soal strategi ini, maka kamu bisa membaca artikel ini sampai habis. Karena pada artikel berikut ini akan menjelasan strategi pemasaran outbound marketing untuk bisnis, jadi jangan sampai kelewatan ya!

Pengertian dari Outbound Marketing

Pengertian outbound marketing yaitu metode pemasaran tradisional yang dilakukan dengan cara mengirim pesan pada konsumen potensial. Pemasaran keluar ini nyatanya merupakan jenis aktivitas marketing yang sudah sangat lama dilakukan dalam menjalankan bisnis.

Dalam dunia bisnis, contoh dari outbound marketing yaitu seperti iklan TV, ataupun iklan di radio, yang sekarang bisa dilakukan juga di media sosial.

Outbound marketing ini juga bisa berbentuk iklan di majalan, koran, ataupun selembaran seperti brosur, katalog, dan lainnya. Tidak hanya itu, outbound marketing juga bisa dilakukan dengan cara pameran, telemarketing, hingga email spam.

Namun meski terkesan jadul, bukan berarti strategi ini tidak bisa optimal dalam pemasaran bisnismu. Nah, kamu bisa mempelajari bagaimana caa menjalankan outbound marketing agar bisnismu bisa sukses! Yuk simak penjelasanya!

Baca Juga: Beda Outbound dan Inbound Marketing, Mana Strategi Terbaik untuk Bisnismu?

Cara Menjalankan Outbound Marketing yang Sukses

Strategi pemasaran outbound marketing untuk bisnis memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus mengenal dan mengetahui bagaimana cara menjalankan outbound marketing agar menjadi sukses. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan penerapan outbound marketing ini, diantaranya sebagai berikut!

Mengenali Konsumen Potensial

Cara melakukan strategi pemasaran pemasaran outbound ini untuk bisnis yang pertama adaah dengan mengetahui calon konsumenmu. Kamu bisa menentukan jumlah penjualan dari masing-masing konsumen agar sesuai dengan tujualan penjualanmu.

Untuk melakukan hal itu, kamu bisa membuat profil persona pembeli untuk konsumen potensial. Di mana kamu bisa menentukan calon konsymen berdasarkan akusisi mereka, yaitu:

  • Seeds: Merupakan calon konsumen yang datang ke perusahaan karena mendapatkan promosu dari mulut ke mulut. Mereka ini tidak memerlukan prosus akusisi yang rumit karena konsumen ini mereupakan calon yang paling potensial untuk menggunakan produk atau jasamu.
  • Nets: Merupakan calon konsumen yang kenal atau mengetahui produkmu dari inbound marketing. Nah, calon konsumenmu yang ini sangat layak menjadi salah satu fokus sasaran agar benar-benar membeli produk atau menggunakan jasamu.
  • Spears: Calon kosumen ini berasal dari outbound leads. Sehingga amu masih perlu mengevaluasi apakah calon konsumenmu ini layak atau tidak untuk ditindaklanjuti.

Memiliki Tim Marketing yang Bagus

Strateg pemasaran outbound marketing untuk bisnis yang kedua adalah dengan cara mencari tim yang handal dalam melakukan penjualan. Biasanya perusahaan memiliki dua tim profesional dalam bidang ini, yaitu:

  • Hunter: Tim marketing ini yang melakukan kontak pertama dengan calon konsumen, kemudian menjadwalkan pertemuan.
  • Closer: Tim marketing ini bertugas untyk menunjuk produk, menyiapkanproposal komersial, kontrak, dan closing dari transaksi penjualan.

Kamu bisa merekriut tenaga marketing yang handal dalam mencari calon konsumen, dan juga yang bisa melakukan closing, di mana marketing ini sudah mendapatkan konsumen juga telah selesai melakukan transaksi dengan mereka.

Menyesuaikan Teknik Pemasaran dengan Karakter Calon Konsumen

Cara melakukan strategi pemasaran outbound marketing untuk bisnis yang selanjutnya adalah dengan menyesuaikan teknik pemasaran dengan karakter dari calon konsumenmu. Salah satu teknis yang bisa kamu lakukan adalah cold email atau cold call.

Tujuan dari teknik ini adalah dengan mencari calon konsumen yang belum melakukan pembelian untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Cold email atau cold call ini bisa ssangat efektif jika kamu menerapkannya dengan penjekatan AIDA (Awarness, Interest, Desire, and Action).

Melakukan Follow Up dan Menganalisis Hasil

Jika kamu telah memiliki daftar konsymen yang benar-benar potensial, maka kamu bisa melakukan follow up ini. Kamu harus memastikan jika kamu sudah memiliki dokumentasi untuk setiap follow up yang dilakukan.

Dengan begitu, jika ada proses yang gagal, kamu bisa menganalisis apa yang keliru, dan kamu bisa memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan agar lebih optimal kedepannya. Sementara jika transaksi itu berhasil, maka kamu bisa menduplikasi formula marketing tersebut untuk sales pitch yang berikutnya.

Manfaat dari Ountbound Marketing

Strategi pemasaran outbound marketing untuk bisnis tentunya memiliki beberapa manfaat. Kamu bisa mendapatkan beberpaa keuntungan melalui pemasaran tersebut. Apa saja manfaat dari outbound marketing ini? Simak penjelasannya di bawah ini ya:

Dapat Meningkatkan Citra Perusahaan

Stategi outbound marketing yang dilakukan oleh sebuah perusahaan tentunya akan dilihat langsung oleh masyarakat. Sehingga akan memberikan citra perusahaan yang baik sesuai dengan yang mereka lihat. Masyarakat akan terus mengingat perusahaan sesuai dengan apa yang telah mereka lihat.

Terlebih, publik akan menikai sendiri apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak. Jadi, tidak heran jika kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan yang menggunakan strategi outbound marketing ini selalu dipercaya.

Bisa Menarik Minat Konsumen

Iklan yang kamu pasarng pada teleisi atau yang lainnya bisa dengan mudah menarik minat konsumen yang melihatnya. Maka tak arang kamu akan mendapatkan calon konsumen dari mereka yang telah melihat iklanmu. Terlebih iklan yang kamu tampilkan memang produk yang mereka cari dan mereka butuhkan. Ataupun iklan tersebut sangat menarik untuk dibeli.

Sehingga dengan strategi outbound marketing kamu bisa menarik minat konsumen. Dan akhirnya mereka akan melakukan pembelian, dan penjualan produkmu bisa meningkat dari waktu ke waktu.  

Mampu Memicu Ketertarikan Masyarakat pada Media Iklan

Pemasaran produk yang dilakukan di media iklan tentunya membuat orang menjadi tertarik dengan media iklan tersebut. Apalagi jika audiens ingin melihat lagi iklan tersebut di media.

Audiens tentuna akan menemukan kembali media yang sama agar dapat melihat iklan yang diinginkan mereka. Atau bahkan, audiens juga bisa meniru untuk menggunakan media yang sama untuk melakukan iklan dari produk mereka sendiri.

Contoh Outbound Marketing

Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis, kamu bisa mengetahui beberapa contoh bentuk dari strategi outbound marketing ini. Umumnya contoh dari strategi outbound marketing bisa ditemukan dimedia berikut:

Melalui Media iklan Cetak

Salah satu contoh dari strategi pemasaran outbound marketing untuk bisnis adalah dengan menggunakan meda cetak. Media cetak nyatanya sudah sangat umum ditemukan dan tentu tidak asing lagi untuk kalian para pebisnis.

Kamu bisa melihat iklan dari outbound marketing ini melalui koran, majalah, brosur, atau bahkan benner yang terpampang di pinggir jalan. Kamu bisa menemukan iklan-iklan tersebut di papan billboard dan lain sebagainya.

Melalui Media Iklan Elektronik

Selain menggunakan media cetak, outbound marketing juga melajukan iklan di media elektronik. Dalam hal tersebut, media yang sering para marketer gunakan untuk pemasaran strategi outbound marketing ini adalah televisi, radio, atau bahkan melalui sosial media.

Pada zaman dulu, media eletronik seperti televisi dan radio memang begitu menarik bagi audients. Namun sekarang kamu bisa mengguankan media sosial seperti Tik Tok, Twitter, Instagram, Facebook, atau media yang lainnya.

Melalui Telemarketing

Contoh strategi pemasaran outbound marketing untuk bisnis yang selanjutnya adaag dengan menggunakan telemarketing. Proses ini bisa menggunakan telepon yang dilakukan oleh customer service sebuah perusahaan.

Dari telepon ini perusahaan nantinya akan menawaran dan mengenalkan produk mereka pada konsumen. Sehingga konsumen yang mendapatkan telepon bisa memahami produk yang ditawarkan dari perusahaan tersebut. Dan terkadang, sistem pemasaran melalui telemarketing kamu lakukan secara acak.

Melalui Internet

Stategi pemasaran outbound marketing untuk bisnis yang selanjutnya adalah dengan menggunakan internet. Biasanya perusahaan menggunakan teknik ini dengan melakukan iklan via internet. Sehingga saat audiens membuka sebuah website tertentu, maka audiens akan menemukan iklan dari strategi pemasaran satu ini.

Melalui Pameran Produk

Contoh strategi pemasaran ini untuk bisnis yang terakhir adalah dengan melakukan pameran untuk produk yang kamu jual. Pameran produk ini bisa kamu langsungkan kapan saja. Seperti saat kamu mengikuti event-event tertentu, kemudian menawarkan produkmu melalui event tersebut.

Pameran produk ini menjadi salah satu kegiatan yang mampu menarik perhatian banyak orang dan konsumen. Karena kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka untuk menawarkan produkmu. Tidak sedikit orang-orang akan tahu dan tertarik dengan produkmu dan mulai menggunakannnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai strategi pemasarsaran outboundmarketing untuk bisnis yang bisa kamu pelajari melalui artikel ini. Dengan adanya strategi ini, kamu bisa menerapkannya pada bisnis yang sedang kamu jalani.

Jangan takut untuk mencoba pemasaran atau strategi marketing yang baru. Karena bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan konsumen dari melakukan strategi outboundmarketing ini. Semoga apa yang kamu baca bisa berguna untukmu ya!

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai, kamu bisa menemukan berbagai tips bisnis dan branding merk kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru terkait maklon kosmetik dan tren industri kecantikan di media sosial Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment