Branding Kosmetik

Apa Itu Persuasion Selling? Ini Penjelasan dan Cara Penerapannya

persuasion selling (2)

Sebagai brand owner kosmetik, kamu pastinya menginginkan proses penjualan dan kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Hal tersebut bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualannya atau sales growth. Nah, dalam hal ini kamu bisa menggunakan strategi persuasion selling.

Agar dapat menciptakan angka penjualan yang menguntungkan bagi bisnis kosmetikmu, suatu perusahaan perlu membangun yang basis pelanggan yang kuat. Di mana semua pelanggan tersebut menaruh kepercayaan kepada setiap brand dan juga layanan/produk yang kamu miliki.

Metode ini akan membantu perusahaan dalam urusan persuasion selling. Dengan persuasion selling ini kamu dapat memastikan setiap komunikasi dengan para pelanggan, agar mereka merasa dihargai dan diperhatikan.

Selain itu pelanggan akan merasa bahwa layanan/produk yang kamu tawarkan bisa memenuhi apa yang mereka butuhkan.

Dengan demikian perusahaan bisa mempengaruhi setiap keputusan pembelian konsumen serta juga mendukung peningkatan penjualan produk/layanan.

Jadi apa sih persuasion selling itu? Simak penjelasannya berikut ini, ya, Beautypreneurs!



Apa itu Persuasion Selling?

Mengutip dari Coatings World, persuasion selling merupakan metode penjualan yang akan membantu perusahaan untuk meyakinkan kepada pelanggan bahwa layanan atau produk yang kamu miliki merupakan salah satu kebutuhan mereka.

Seperti dengan namanya, persuasion selling ini akan berfokus untuk meyakainkan dan membujuk para konsumen.

Dengan menggunakan metode ini, perusahaan akan selalu mendengarkan konsumen terlebih dahulu ketika mencari informasi yang mereka butuhkan.

Dari ulasan diatas, kamu bisa memahami keinginan, kebutuhan, kesulitan dan juga motivasi yang dimiliki oleh pelanggan. Kemudian kamu akan dapat menawarkan solusi yang tepat kepada para pelanggan.

Persuasion selling yang sukses pastinya akan memahami pikiran setiap pelanggannya terhadap suatu produk dan layanan yang mengedukasi mereka perihal hal tersebut.

Dengan ini para pelanggan bisa memikirkan kembali soal persepsinya mengenai suatu layanan atau produk. tujuannya adalah agar pelanggan memiliki dorongan untuk melakukan proses pembelian.

Setiap insight atau informasi dari pelanggan dapat membantu kamu untuk memahami pola pikir mereka terhadap produk yang mereka inginkan, disinilah kesempatan kamu untuk memberikan edukasi atau pemahaman terhadap suatu product knowledge perusahaan.

Jika hal tersebut bisa berjalan dengan lancar dan optimal, maka pelanggan akan melakukan proses transaksi pembelian dan perusahaan dapat melakukan peningkatan angka konversi/penjualan produknya.

Manfaat Menggunakan Metode Persuasion Selling

Metode penjualan persuasion selling merupakan salah satu teknik terbaik untuk membantu peningkatan sales growth serta pendapatan revenue bisnis.

Hal tersebut dikarenakan metode persuasion selling bisa memberikan beberapa manfaat yang lain seperti berikut ini.

Menciptakan Hubungan Baik dengan Konsumen

Yang pertama adalah membantu perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan konsumen. Hal ini dikarenakan persuasion selling akan berjalan efektif jika kamu telah melakukan market research serta mengenal target pasarnya terlebih dulu.

Kemudian kamu juga harus mengetahui apa  yang konsumen butuhkan dan inginkan sebelum kamu menawarkan produkmu. Dengan ini kemungkinan terjadinya penjualan akan terus meningkat.

Selain itu kamu juga harus mendengarkan konsumen lebih dulu. Contohnya seperti melalui social listening, melakukan survei, menganalisis sentimen dan lain sebagainya.

Kemudian raihlah kepercayaan para konsumen dan jalinlah hubungan yang baik. Di saat konsumen mempunyai hubungan baik dengan suatu brand, maka mereka tidak akan pikir dua kali untuk terlibat dengan brand maupun melakukan transaksi pembelian berulang.

Selain mendapatkan peningkatan, hasil lain dari manfaat persuasion selling adalah bisa mendorong terjadinya brand loyalty serta peluang retensi pelanggan.

Peluang untuk Meningkatkan Customer Base

Manfaat yang kedua adalah meningkatkan jangkauan lead dan basis pelanggan yang lebih luas lagi. Hal ini bisa terjadi jika konsumen telah menaruh kepercayaan terhadap brand.

Jika kepercayaan dapat terbangun dengan baik dengan para pelanggan, maka bukan tidak mungkin pelanggan akan menjadi lebih segan untuk merekomendasikan produk kamu kepada orang lain. Baik kepada rekan kerjanya, keluarga atau bahan lainnya melalui media sosial. 



Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Dengan menggunakan persuasion selling, pelanggan tidak akan ragu lagi untuk melakukan pembelian produk secara berulang.

Hal ini terjadi karena seorang pelanggan akan merasa bahwa produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Serta bisakah  membantu pelanggan mengatasi permasalahan yang sedang pelanggan hadapi.

Kemudian terciptanya hubungan yang baik antara pelanggan dengan tim sales/perusahaan juga akan sangat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk.

Meningkatkan Penjualan Produk

Manfaat yang keempat adalah meningkatnya tingkat kepercayaan seorang konsumen terhadap salesperson yang bisa mempengaruhi keinginan pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian terhadap produk yang ditawarkan.

Dengan menggunakan persuasion selling, pelanggan tidak akan ragu lagi untuk melakukan proses pembelian kepada salesperson yang sama secara berulang.

Hal tersebut dikarenakan konsumen merasa bahwa salesperson tersebut dapat mengerti keinginan dan kebutuhannya saat merekomendasikan layanan atau produk.

Membuat Kepercayaan Konsumen kian Bertambah

Manfaat yang kelima adalah membuat kepercayaan konsumen menjadi terus bertambah. Persuasion selling adalah metode penjualan yang sangat efektif digunakan untuk memperkuat kepercayaan pelanggan kepada produk.

Disini kamu harus mengetahui apa yang pelanggan inginkan, dan berikan mereka layanan serta produk yang sesuai dengan ekspektasi dan keinginan mereka.

Caranya adalah dengan membangun hubungan baik, mendengarkan pelanggan dan kemudian mendapatkan kepercayaan dari pelanggan terhadap suatu produk.

Tips Melakukan Persuasion Selling untuk Bisnis Kosmetik

persuasion selling (1)

Jika kamu sudah mengetahui persuasion selling yang dapat dijadikan metode yang tepat saat melakukan proses penjualan, selanjutnya kamu juga harus mengetahui bagaimana sih cara menggunakan metode persuasion selling ini? yuk simak penjelasan berikut!

Memahami Merek dan Produk Kosmetik dengan Baik

Cara pertama adalah pahami layanan dan juga produk yang akan kamu tawarkan kepada pelanggan sebaik mungkin.

Ini karena setiap pelanggan akan cenderung melontarkan banyak pertanyaan terkait dengan layanan dan juga produk.

Jika kamu sudah memahami layanan dan uga produknya dengan baik maka kamu akan mudah menanggapi dan menjawab pertanyaan para pelanggan dengan tepat dan baik.

Cara ini akan juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand kamu lho, jika kamu bisa menjelaskannya dengan baik dan juga tepat.

Menunjukkan Manfaat dari Produk Kosmetik yang Ditawarkan

Cara kedua adalah menunjukan manfaat dari layanan dan juga produk kepada pelanggan. Hal ini bisa membantu perusahaan untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian.

Kamu harus ingat bahwa manfaat paling utama dari layanan atau produk bisa berbeda bagi setiap orang. 

Maka dari itu mengenal ciri pelangganmu lebih dahulu merupakan sebuah keharusan sebelum memberikan rekomendasi produk kepada para pelanggan.

Kamu harus memikirkan juga dampak positif yang bisa konsumen miliki dan alami dari produk perusahaan kamu. Lalu sampaikanlah informasi tersebut kepada mereka.

Membatasi Pilihan Produk

Cara yang ketiga adalah membatasi pilihan produk dan layanan yang kamu berikan kepada para pelanggan.

Jika perlu kamu dapat membuat product classification. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak bingung ketika menentukan pilihannya kemudian dapat membuat konsumen membuat keputusan pembelian dengan lebih cepat.

Memberikan Testimoni dari Konsumen

Cara yang keempat adalah memberikan testimoni kepada konsumen. Testimoni tersebut akan sangat berguna untuk membuat pelanggan menjadi lebih percaya kepada brand dan tidak ragu melakukan proses transaksi pembelian.

Jadi jika kamu melihat ada keraguan dalam diri calon pelanggan, maka berikan testimoni untuk menunjukkan bagaimana persepsi orang lain terhadap suatu layanan/produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga: 10 Cara Meminta Testimoni Pelanggan dengan Tepat, Apa Saja?

Percaya Diri

Sangat penting kamu ketahui bahwa salah satu komponen terpenting ketika menerapkan metode persuasion selling adalah menunjukkan kepercayaan diri.

Kamu harus bisa memastikan bahwa kamu yakin produk kosmetikmu bisa memenuhi kebutuhan konsumen serta bisa memberikan manfaat untuk mereka.

Hal tersebut akan memengaruhi minat konsumen agar merasa yakin ketika melakukan proses transaksi pembelian.

Kamu bisa memperhatikan bahasa tubuh, ekspresi hingga nada bicara saat melakukan kepada pelanggan untuk menunjukkan kepercayaan diri kamu.

Kemudian pastikan juga kamu melakukan cara pendekatan yang tepat dan juga sesuai dengan tipe konsumen yang sudah menjadi sasaran pasar produk milikmu.

Nah, itulah penjelasan soal persuasion selling dan bagaimana cara menerapkannya pada brand ataupun bisnis kosmetikmu. Menurutmu apakah strategi ini cocok untuk memasarkan produk kosmetik yang kamu miliki?

Selain strategi promosi ini, kamu juga bisa menemukan berbagai tips pemasaran produk dan brand kosmetik secara digital lainnya di halaman News. Kamu juga bisa mengikuti kabar terbaru seputar maklon dan tren kosmetik di media sosial Mash Moshem Indonesia.

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011