10 Cara Meminta Testimoni Pelanggan dengan Tepat, Apa Saja?

cara meminta testimoni pelanggan

Testimoni pelanggan terhadap brand, maupun bisnismu secara keseluruhan, merupakan hal yang sangat penting. Selain sebagai tolok ukur untuk pengembangan bisnis, testimoni ini bisa kamu gunakan dalam konten promosi juga. Lantas bagaimana cara meminta testimoni pelanggan dengan baik?

Sebelum mengetahui cara meminta testimoni pelanggan, kita flashback sebentar untuk memahami lagi mengenai definisi testimoni itu sendiri. Jadi, testimonial merupakan social proof (pengakuan pelanggan) yang pernah berbelanja di toko online kamu atau menggunakan produk dari brand-mu..

Selain berguna untuk meyakinkan calon pelanggan lainnya, testimonial yang baik dapat memberikan masukan objektif perihal produk atau jasa yang akan kamu tawarkan.

Mengutip dari laman Search Engine Land terdapat sekitar 72% pelanggan cenderung percaya dengan ulasan online. Seperti rekomendasi pribadi terhadap sebuah produk.

Sedangkan mengutip dari Hubsport terdapat sekitar 55% pelanggan tidak lagi bisa merasa percaya kepada perusahaan. Hal ini akhirnya menyebabkan promosi brand melalui iklan dan konten tidak memiliki pengaruh yang signifikan terkait putusan jual beli.

Kehadiran halaman testimonial pelanggan di dalam platfrom media sosial dan wesbsite akan sangat dibutuhkan.

Untuk mengetahui bagaiamana sih cara meminta testimoni pelanggan? Yuk simak keterangan berikut ini;

Manfaat Meminta Testimoni Pelanggan Untuk Bisnis

cara meminta testimoni pelanggan (1)

Meminta testimoni pelanggan sangat banyak manfaatnya lho untuk bisnis kamu. Di lain sisi, meminta pelanggan agar bersedia memberikan pendapat mereka terkait produk juga bisa membangun loyalitas yang lebih besar.

Dengan adanya testimoni pelangan, kamu akan mudah mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu pasarkan. Dari sini kamu juga bisa melakukan evaluasi produk untuk mengurangi dan menambahi perihal apa yang dibutuhkan oleh produk.

Beberapa manfaat yang kamu dapatkan setelah meminta testimoni pelanggan untuk bisnis kamu adalah seperti dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Jika kamu mendapatkan kepercayaan pelanggan, brand kamu akan sering mendapatkan komentar yang positif, pasti disini mereka akan lebih nyaman dan yakin untuk selalu membeli produk kamu.

Kemudian kamu juga menjadi lebih mengapresiasi pelanggan. Salah satu wujud apresiasi yang bisa kamu berikan kepada pelanggan adalah menampilkan testimoni mereka plafrom website dan media sosial.

Selain itu manfaat lainnya adalah hasil dari testimoni dari pelanggan bisa kamu gunakan sebagai konten untuk beriklan.

Testimoini dari beberapa pelanggan yang kamu kumpulkan bisa dijadikan bahan untuk beriklan di platfrom media sosial. Apalagi jika testimoni tersebut dari salah satu pelanggan yang memiliki pengaruh atau banyak pengikut di media sosialnya.

Kamu juga bisa membangun citra positif untuk brandmu. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor paling penting untuk sebuah bisnis.

Wah banyak banget ya manfaat meminta testimoni pelanggan? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara meminta testimoni pelanggan seperti;

Cara Meminta Testimoni Pelanggan yang Baik

Untuk mendapatkan testimoni pelanggan, kamu bisa meminta langsung kepada pelanggan agar mereka mau menulis testimoinal melalu fitur chat atau kolom komentar.

Namun kebanyakan teks testimoni tersebut berisi pernyataan atau jawaban yang umum seperti “Service Oke”, “Penjual Ramah”, “Barang sesuai pesanan” dan “harganya terjangkau”

Jenis testimonial seperti itu cenderung bersifat umum, tidak membantu dan juga kurang kuat untuk menunjukkan kelebihan dan kualitas produk yang mereka pakai.

Lalu bagamaina sih agar kamu bisa mendapatkan testimonial dari pelanggan dengan pernyataan berkualita? Yuk simak tips berikut:

Lakukan Survei atau Wawancara

Melakukan survei atau wawancara merupakan salah satu cara untuk mendapatkan testimoni pelanggan yang efektif serta bisa kamu coba sekarang juga.

Jika seorang pelanggan sudah menyelesaikan pesanan produk melalui toko online milikmu, selanjutnya coba kamu kirimi formulir survei digital untuk meminta pernyataan dan pendapat pelanggan tersebut mengenai produk yang dibeli.

Kegiatan survei ini bisa berisi wawancara atau pernyataan singkat terkait prouk yang telah mereka beli dan pengalaman mereka setelah menggunakan produk.

Contohnya seperti kesesuaian produk dengan katalog, kegunaan produk, kelengkapan produk dan juga saran untuk meningkatkan layanan serta produk di toko online milikmu.

Menggunakan cara akan lebih membantu kamu untuk mendapatkan testimoni menjadi lebih mudah. Pelanggan akan lebih merasa puas dan senang terkait produk yang dibelinya, kemudian memberikan ulasan yang positif.

Baca Juga: 11+ Rekomendasi Tools untuk Survei Online Gratis dan Mudah Digunakan

Buat Video Singkat saat Bertemu Pelanggan

Memawancari pelanggan secara langsung adalah cara berikutnya untuk mendapatkan testimoni pelanggan.

Cara ini sangat disarankan untuk kamu yang sedang melakukan kegiatan pemasaran online di toko fisik. Dengan ini kamu bisa meminta kepada pelanggan kamu untuk memberikan pendapat setelah mereka melakukan transaksi pembelian. Selanjutnya buatlah video singkat mengenai ulasan tersebut.

Kehadiran pernyataan dengan video singkat akan membantu kamu untuk mendapatkan ulasan yang bisa meyakinkan pelanggan lainnya.

Selain itu ulasan dalam bentuk video juga akan terlihat lebih menarik dimata calon pelanggan lain. Kamu dapat membagikannya di media sosial bisnis kamu.

Follow-up Pelanggan Baru

Melakukan kegiatan follow-up pada pelanggan baru merupakan cara mendapatkan testimoni pelanggan selanjutnya. Saat ada pelanggan baru yang sedang melakukan proses pembelian, kamu bisa mencoba untuk memberikan waktu kepada mereka selama 7 sampai 14 hari sebelum kamu followup.

Kemudian jika sudah lewat waktu, coba hubungi pelanggan tersebut melalui telepon seluler atau melalui email. Tanyakan kepada pelanggan itu bagaimana pendapatnya mengenai produk yang sudah mereka beli, kamu bisa menggali pengalaman mereka.

Berikut ada beberapa saran pertanya agar kamu bisa mendapatkan jawaban yang detail seperti:

  1. Apakah ada keraguan dan kekawatiran yang anda rasakan saat membeli produk di toko online kami?
  2. Apakah produk yang anda beli sesuai dengan ekspektasi anda?
  3. Apakah ada hal yang paling anda sukai dari produk tersebut?
  4. Apa yang akan kamu katakan kepada sahabat atau orang terdekat kamu saat merekomendasikan produk dari toko online kami?

Jika semua jawaban dari semua pertanyaan tadi positif, kamu bisa tanyakan kepadanya apakah pelanggan bersedia berbagi pengalamannya di halaman testimonial toko online milikmu.

Proses pendekatan seperti ini bisa membuat pelanggan merasa kepuasan dan opininya sangat diperhatikan dan diapresiasi. Sehingga hal ini membuat mereka menjadi tidak ragu lagi saat membeli produk di toko online kamu.

Buat Giveaway atau Kontes

Mengadakan kegiatan giveaway atau kontes merupakan salah satu cara untuk mendapatkan testimonial.

Kamu cukup memberikan syarat dan ketentuan untuk upload foto saat pelanggan memakai produk dari toko online milikmu.

Kemudian mintalah kepada mereka untuk menceritakan perihal pengalaman dan kesan apa yang mereka dapatkan sesudah menggunakan produk tersebut.

Berikut ini terdapat beberapa contoh kontes yang bisa kamu jadikan referensi dengan tema yang masih berkaitan dengan toko online milikmu, seperti:

  1. Kontes membuat video tutorial atau video pendek terkait penggunaan produk sekreatif mungkin.
  2. Mengadakan kontes cerita pendek atau essay terkait salah satu produk di toko online milikmu
  3. Mengadakan kontes foto sesudah atau sebelum menggunakan produk,

Setelah itu kamu bisa menyebarluaskan pengumuman kontes di setiap platfrom media sosialmu agar bisa semakin banyak orang yang tertarik untuk mengikutinya.

Cara ini tidak hanya membantu kamu saat mengumpulkan ulasan dari para pelanggan, akan tetapi cara ini juga dapat membuat brand awareness bisnis kamu menjadi meningkat.

Jangan lupa saat mengadakan kontes minta peserta untuk menyebarluaskan kontes dan membagikan postingan tersebut di media sosial mereka.

Tambahkan Halaman Testimoni di Situs Web

Cara selanjutnya adalah menambahkan halaman khusus terkait ulasan di dalam situs web. Cara ini akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan testimoni.

Halaman testimoni di dalam situs web akan lebih menampulkan berbagai macam ulasan dari par pelanggan toko online kamu yang telah melakukan pembelian.

Ulasan yang kamu buat ini bisa berbentuk testimoni berupa video pemakaian, foto dan juga bentuk tekstual.

Dengan adanya halaman testimonial ini, para pelanggan baru yang ingin melakukan transaksi pembelian bisa lebih mudah untuk merumuskan keputusan pembelian.

Menampilkan foto dan juga video di dalam ulasan juga bisa membantu kamu menyampaikan kepada pelanggan mengenai gambaran produk yang lebih jelas.

Selain itu kamu juga bisa mencantumkan beberapa pertanyaan disebuah kolom halaman testimoni sebelum pelanggan mempulisnya di situs web.

Lakukan Pencarian Online

Menggunakan pernyataan atau ulasan yang sudah ada dari pelanggan adalah salah satu cara mendapatkan testimoni pelanggan berikutnya.

Dengan cara ini kamu bisa memperoleh testimoni dengan cara melakukan pencarian online. Disini kamu cukup melakukan kegiatan pencarian terkait produk atau merek kamu di mesin pencari dan juga media sosial.

Pelanggan seringkali meninggalkan ulasan sebuah produk sebagai jejak digital tanpa disadari. Jadi kamu bisa mencoba untu mulai meneliti dan mencarinya.

Cara ini akan membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga saat melakukan proses pencarian online.

Tawarkan Reward untuk Testimoni

Jika kamu sudah memperoleh dan menemukan ulasan dari pelanggan, selanjutnya kamu bisa memberitahu pelanggan tersebut bahwa kamu menghargai pendapatnya dengan cara memberikan mereka reward.

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mendapatkan testimoni pelanggan.

Kamu bisa memulainya dengan cara memberikan sampel produk gratis atau voucher potongan harga untuk salah satu pelanggan yang sudah bersedia membagikan ulasan melalui media sosial.

Selain itu kamu juga dapat membagikan hadiah eksklusif untuk mereka yang terbaik secara acak disetiap bulan yang berbeda.

Cara reward ini bisa mendorong lebih banyak mendorong para pelanggan untuk memberikan testimoni yang positif.

Gunakan Pertanyaan Simple Namun Berkesan

Apa saja sih pertanyaan simple tersebut? Yups pertanyaan simple ini seperti memberikan pertanyaan kepada pelanggan seperti “apa alasan yang membuat kamu sudi menggunakan produk kami?”

Selain itu juga bisa berupa pertanyaan seperti ini “Pengalaman apa yang anda dapatkan setelah menggunakan produk dari toko kami?”

Pertanyaan seperti diatas akan sangat membantu kamu untuk memperoleh testimonial karena bisa menghadirkan kesan bagus dari sisi jawaban konsumen.

Meminta Referral

Selanjutnya setelah kamu mendapatkan testimoni positif dari pelanggan, kamu bisa meminta referral kepada mereka.

Kamu bisa meminta rujukan kepada pelanggan siap  yang kira-kira bisa diajak untuk menggunakan produk yang kamu jual. Jika cara ini berhasil kamu akan mendapatkan lebih banyak penjualan lagi.

Baca Juga: Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis, Mudah dan Efisien

Buat Email yang Lebih Personal

Kemudian cara yang terakhir adalah membuat permintaan testimoni melalui email pribadi kamu atau perusahaan yamg sifatnya lebih personal.

Seperti dengan cara memasukan nama pelanggan di dalamnya lalu memberikan mention terhadap produk yang selama ini mereka pergunakan.

Cara ini bisa membuat konsumen kamu semakin senang dan meras dihargai. Jadi enggak ada salahnya kalau kamu mencoba dan menerapkannya pada bisnismu.

Baca Juga: Email Marketing: Manfaatnya Untuk Bisnis dan Cara Pembuatan

Jadi itulah beberapa penjelasan dan ulasan mengenai cara meminta testimonial kepada pelanggan. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas dan menerapkannya dalam bisnis kosmetikmu.

Namun, perlu kamu ingat, untuk meminta testimonial ini kamu enggak boleh menggunakan nada yang mendesak atau membuat pelanggan tak nyaman. Hal ini hanya akan membuat mereka semakin enggan dan memiliki kesan buruk terhadap brand maupun bisnismu.

Nah, sampai sini dulu, ya. Kamu menemukan berbagai tips menjalankan bisnis kosmetikmu di laman Berita Terkini. See you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment