11+ Rekomendasi Tools untuk Survei Online Gratis dan Mudah Digunakan

tools untuk survei online

Untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen, melakukan survei adalah hal yang harus kamu lakukan. Namun jangan khawatir, kamu bisa menggunakan berbagai jenis tools untuk survei online yang mudah dan sederhana dalam prosesnya.

Dalam kegiatannya, survei dilakukan untuk memperoleh informasi terbaru yang berguna untuk pengembangan perusahaan atau bisnis.

Dengan adanya survei, perusahaan akan dapat mengetahui kepuasan, kebutuhan dan keinginan para pelanggan mereka terhadap perusahaan.  Selain itu perusahaan juga bisa mengerti keluhan, kekesalan sampai uneg-uneg melalui survei.

Namun dalam praktiknya, survey sendiri tidak mudah untuk dilaksanakan seperti yang kamu bayangkan. Akan tetapi, kamu jangan khawatir, karena kamu bisa memanfaatan kegiatan survei scara online dengan memanfaatkan berbagai tools.

Semua kegiatan pengambilan data sampai analisis akan dapat berjalan sesuai rencana dan juga lancar jika kamu menggunakan tools.

Terdapat banyak sekali tools-tools yang dapat kamu gunakan, seperti halnya menggunakan google form, Typeform dan lain sebagainnya.

Pentingnya Melakukan Survei Untuk Bisnis

Melaksanakan kegiatan survei untuk keperluan bisnis sangat penting dilakukan, karena dalam dunia bisnis kamu wajib mengetahui kesan, pesan dan keluhan dari pelanggan produk yang kamu pasarkan.

Jika sudah melakukan kegiatan survei, kamu juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang kamu pasarkan. Kemudian mengevaluasinya lebih lanjut agar bisa dikembangkan secara maksimal.

Berikut ini adalah beberapa manfaat akan pentingnya melakukan kegiatan survei untuk bisnis seperti;

Mengetahui Kualitas Produk

Jika kamu sudah selesai membuat produk dan mendistribusikannya di pasaran, kamu bisa melakukan kegiatan survei untuk mengetahui lebih lanjut perihal kualitas dari produk yang kamu buat.

Setelah kegiatan survei tersebut, kamu bisa mengevaluasi kembali perihal bagaimana dengan kualitas produk yang kamu buat? Apakah kualitas produk tersebut bisa menarik perhatian pelanggan? Kemudiaan apakah dari produk tersebut kamu bisa mendapatkan feedback dari pelanggan?

Menilai Penjualan Perusahaan

Kegiatan survei juga akan banyak membantu kamu untuk mengumpulkan informasi terkait peningkatan penjualan. Dari hasil survei kamu akan mengetahui sudah berapa banyak jumlah kuantitas dalam satu kali pembelian. Dengan adanya informasi ini. Akan sangat membantu kamu saat bimbang mengambil keputusan strategi perusahaan.

Mengukur Kepuasan Pelanggan

Pentingnya mengadakan kegiatan survey untuk bisnis kamu salah satunya adalah mengukur kepuasan pelanggan. Dengan adanya survey, kamu dapat mengetahui berbagai macam tanggapan konsumen terhadap produk yang telah kamu tawarkan.

Setiap hasil tanggapan-tanggapan konsumen ini dapat kamu gunakan untuk mengukur seberapa tinggi kesuksesan bisnis kamu, kemudian dari hasil pengukuran itu kamu bisa melakukan tahap evaluasi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pencapaian bisnis.

Membantu Inovasi Bisnis

Kamu dapat melakukan kegiatan survey beberapa kali, semua itu tergantung dengan kebutuhan bisnis kamu. Kedepannya, setiap hasil survei dari pelanggan ini dapat membantu kamu dalam beberapa hal.

Misalnya dapat membantu kamu menentukan inovasi bisnis yang akan dibuat di masa depan. Kamu bisa melakukan inovasi ini sesuai dengan hasil survei yang ada.

Mengetahui Posisi Brand di Mata Konsumen

Hasil kegiatan survey bisnis yang kamu lakukan juga dapat membantu kamu untuk mengetahui, apakah posisi brand sudah seusai dengan harapan pelanggan. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam tanggapan mengenai brand yang kamu tawarkan di pasaran. Selain itu, dengan mengetahui posisi brand di mata pelanggan, kamu bisa mengetahui, apakah brand sudah sesuai dengan target pasar.

10+ Rekomendasi Tools untuk Survei Online yang Bisa Kamu Coba

Untuk melancarkan kegiatan survei bisnis yang kamu jalankan, kamu tidak perlu lagi khawatir dan repot-repot untuk mendatangi pelanggan dari rumah ke rumah.

Saat ini, sudah banyak tersedia tools online yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan survey yang tentunya gratis.

Dengan adanya tools ini kamu bisa melakukannya dari dalam ruangan dan tidak perlu pergi keluar. Kamu cukup membuat from yang sesuai dengan tujuan survei bisnismu. Kemudian melakukan penyebaran secara online, bisa melewati platfrom website, media sosial dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah 10 rekomendasi tools yang dapat kamu gunakan untuk menjalanlkan kegiatan survey online, seperti:

SurveyMonkey

SurveyMonkey merupakan aplikasi survey online yang bisa digunakan secara gratis. Aplikasi SurveyMonkey menyediakan beberapa paket fitur berbayar yang menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Mulai dari paket teaam advavantage, paket individual advantage dan team premier. 

Aplikasi ini juga menawarkan beragam fitur menarik seperti survey, polling dan kuis, hasil analisis yang bisa tampil secara otomatis, disediakannya survey template agar kamu tidak membuat survey dari nol, tersedianya integrasi dengan CRM, Microsoft Teams, Salesforce, Google Forms, Zapier, HubSpot dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi SurveyMonkey menyediakan beberapa macam template yang bisa kamu gunakan, seperti market research, event planing, employee angagement, education and schools, healthcare dan customer satifaction.

Formstack

Merupakan aplikasi formulir online yang berguna untuk mengumpulkan data, terutama untuk arahan pelanggan, penjualan dan lain sebagainya.

Dalam penggunaanya, aplikasi ini memerlukan pengkodean, perancangan, perutean dan alokasi penyimpanan data.

Selain itu, formstack juga memungkinkan penggunannya untuk membuat semua ragam jenis formulir, termasuk formulir multi-halaman.

Google Forms

Pasti salah satu dari kamu sudah ngga asing lagi nih sama aplikasi Google Forms. Yups! Aplikasi satu ini adalah milik perusahaan raksasa di dunia yaitu Google.

Tujuan Google meluncurkan aplikasi Google Forms adalah untuk menghadirkan dan memfasilitasi kegiatan survey secara online agar lebih efisien.

Hadirnya aplikasi ini sangat berguna banget loh, terutama untuk para pembisnis yang ingin melakukan survey. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan form qui online, form pendaftaran dan lain sebagainya.

Google Forms juga menyediakan template khusus untuk kegiatan survey, drop dan drag pertanyaan, kustom URL, menyediakan data responses, spreadsheet, dan beragam fitur lainnya.

Aplikasi Google ini jga sangat mudah untuk digunakan, karena cepat, ringan, clean dan sangat mudah untuk diedit. Kemudian kamu juga bisa bebas mendesain halaman survei dengan mencantumkan gambar dan variasi warna.

Aplikasi ini juga menyediakan pilihan jenis pertanyaan checkbox, bulan, tanggal, multiple choice dan lain sebagainya. Hasil analisis dari Google Forms juga dilakukan secara real-time, dan tentunya bisa digunakan secara cuma-cuma, lho!

LimeSurvey

limeSurvey merupakan aplikasi survey online yang disediakan gratis untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan survey. Aplikasi ini sifatnya juga open source lho!

Aplikasi ini memberikan layanan di berbagai bidang, mulai dari market researcherrs, customer surveys, university dan students. Kamu dapat menggunakan beberapa fitur menarik di dalam aplikasi ini, mulai dari 28 jenis pertanyaan dengan 80 lebih plihan bahasa.

Typeform

Aplikasi survei ini merupakan aplikasi yang berasal dari Spanyol. Typeform sangat berguna untuk membuat formulir dan kegiatan survey online.

Dengan hadirnya aplikasi ini, kamu bisa memulai menggunakannya dengan sistem kerja tiga langkah Create, Share dan get Results.

Tools Typeform juga menawakan beberapa fitur menarik, seperti penambahan gambar untuk per-opsi dalam sebuah pertanyaan, pengubahan font, pengubahan desain background sampai warna, pembuatan logic jump, sinkronisasi dengan HubSpot, Mailchimp, Slack, Facebook pixel, Goole tag Manager, dan lain sebaginya.

Selain itu, form yang sudah kamu susun bisa kamu share dengan cara mengembed-nya ke dalam website atau platfrom media sosial bisnismu. Kamu juga dapat membagikannya melalui e-mail kok.

Kemudian, respon dari setiap pengguna form tersebut bisa kamu sinkronisasikan dengan beragam aplikasi, mulai dari Zfier, Google Sheet, Google Analytics, serta aplikasi pihak ketiga lainnya.

SurveyGizmo

Tools SurveyGizmo memiliki kemiripan dengan SurveyMonkey, terutama dalam hal penyesuaian dan mengundang responden. Kemudian yang membedakan tools ini dengan SurveyMonkey adalah tampilannya yang lebih menarik serta nuansa surveynya yang berbeda.

Rekomendasi tools untuk survei online ini menawarkan kurang lebih 100 jenis pertanyaan berbeda, di mana semuanya bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan kamu. Dengan tools ini kamu juga dapat melakukan konfigurasi survei dengan mudah dan cepat.

Adapun fitur yang ditawarkan oleh SurveyGizmo seperti spesialisasi dalam hal survey feedback, baik pekerja maupun customer (oleh HR). Kemudian SurveyGIzmo merupakan tools yang sengaja dibuat dengan sistem open source.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah untuk membuat integrasi sendiri dengan aplikasi lainnya. Seperti Slack, MailChimp, Salesforce, Tableau, Microsoft Dynamics, Zapier dan lain sebagainya.

SurveyLegend

Survey Legend merupakan tools survey online yang menggunakan sistem editor drop and drag untuk membuat form survey. Dengan menggunakan tools ini, kamu akan dapat menggunakan semua perangkat yang ada, termasuk semua elemen survey yang sesuai dengan harapanmu.

Selain itu Survey legend juga menyediakan beragam fitur menarik, mulai dari kemudahaan saat melakukan editin survey dengan sistem drag and drop.

Kemudian adanya survey visual, pembuatan branching dan logic di mana setiap responden bisa menjawab pertanyaan tertentu saja. Lalu survey ini juga dapat menampilkan hasil analisis secara real time.

SurveyPlanet

Survey Planet merupakan tools kuisioner yang melingkupi tema-tema khusus, mulai dari pertanyaan pra-tertulis yang bisa dikombinasikan dengan pertanyaan kamu sendiri. Kemudian juga tersediannya tata letak yang responsif. Dengan tools ini kamu juga bisa menggunakan pertanyaan bercabang dengan beberapa bahasa.

Adapun beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Survey Planet seperti penggunaan gambar, penulisan survey dangan pilihan 20 bahasa, print dan export hasil survey, pembuatan logic dan branching ketika responden menjawab pertanyaan khusus.

SurveyNuts

Jika kamu menggunakan tools Survey Nuts, tools ini menyediakan tiga kolom pertanyaan kosong yang bisa kamu sesuaikan terlebih dahulu dengan tujuan survei. Bila kolom tersebut tidak cukup, kamu bisa menambahnya lagi sesuai dengan kebutuhanmu,

Selain itu tools ini juga menyediakan beberapa fitur yanbg bisa kamu manfaatkan seperti memodifikasi survei dengan cara menambahkan gambar dan lainnya. Kemudian kamu juga bisa membuat logic dan branching sesuai dengan jawaban dari responden.

Kamu juga dapat mengubah survey menjadi ujian atau semacam kuis dengan menggunakan sistem penilaian yang dapat kamu buat sendiri. Fitur-fitur ini sangat mudah dipasang di website, selain itu tools ini juga menawarkan beragam tampilan sesuai pilihan kamu.

Crowdsignal

Selanjutnya adalah tools Crowsdsignal. Tools ini menyediakan beberapa fitur menarik yang dapat membantu kamu untuk kegiatan survey online seperti adanya opsi untuk mengubah warna halaman survey dan juga font-nya.

Kemudian kamu juga bisa menggunakan domain pribadi milikmu sendiri. Tools ini juga sudah terintegrasi dengan Google Sheet. Selain itu tools ini juga menyediakan proteksi dari spam, dengan captcha, password, e-mail sampai IP.

QuestionPro

Kemudian yang terakhir adalah QuestionPro, tools ini juga menyediakan beragam fitur-fitur yang tak kalah menarik untuk digunakan sebagai kegiatan survey online.

Sebab rekomendasi tools untuk survei online ini memiliki penawaran training agar kamu bisa menjadi lebih mahir dan optima saat memahami serta mengolah data. Kemudian ada integrasi dengan Zapier, PowerBI, Salesforce dan lain sebagainya.

Nah, setelah mengetahui ke-15 rekomendasi tools untuk survei online di atas, kamu pasti setuju kalau melakukan riset pelanggan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sederhana.

Yap! Riset pelanggan ini bisa memberikan banyak keuntungan buatmu, termasuk dalam hal pengembangan produk kosmetik. Karena kamu bisa langsung mendapatkan masukan dan komentar konsumen, selaku pengguna produkmu secara langsung. Baik mengenai keunggulan produk, bahan-bahannya, manfaatnya, hingga kekurangannya.

Ngomongin soal pengembangan produk kosmetik, tahukah kamu kalau Mash Moshem Indonesia dapat membantumu melakukannya? Khususnya lewat jasa maklon kosmetik yang kami tawarkan, kamu bisa mengembangkan dan menciptakan kosmetik inovatif bersama tim formulator kami.

Tak hanya menerima produk jadi secara pasif, kamu juga bisa terlibat aktif dengan mendiskusikan bahan-bahan baku, manfaat produk, tekstur, juga nilai unik yang ingin kamu tonjolkan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki produk terbaik dan unik di pasaran.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment