Bentuk Partnership Marketing dan Tips Menggunakannya untuk Bisnis Kosmetikmu!

Partnership marketing merupakan bentuk kolaborasi dari dua perusahaan untuk kepentingan kampanye. Kinerja kolaborasi ini dilakukan untuk membantu agar progres bisnis lebih efektif dan bisa menghasilkan profit yang tinggi serta sales.

Di era ini kinerja partnership marketing menjadi strategi yang menjanjikan untuk membantu peningkatan penjualan guna mencapai target KPI.

Akan tetapi ada hal yang perlu kamu ketahui, bahwa di dalam partnership marketing terdapat bentuk-bentuk yang dapat kamu coba lho!

Penasaran? Yuk simak ulasan artikel berikut!

Apa itu Partnership Marketing?

Perlu kita garisbawahi, bahwa kerja sama ini cukup berbeda dengan apa yang diterapkan pada strategi co-marketing.

Metode partnership marketing tidak harus melengkapi produk antar perusahaan seperti yang ada di dalam strategi co-marketing.

Partnership marketing memungkinkan satu produk dikampanyekan bebarengan dengan produk yang jauh berbeda dengan produk tersebut, contohnya seperti yang satu produk minuman yang satunya lagi sebuah jasa.

Contoh sederhana yang dapat kamu lihat di fenomena partnership marketing adalah beberapa perusahaan teknologi yang melakukan kampanye bersama dengan toko kopi kekinian.

Di sini target pengguna dan juga pembelinya cenderung sama, yaitu menyasar para milenial yang membeli kopi kekinian dan juga menggunakan smartphone.

Bentuk Partnership Marketing

Agar kamu lebih jelas memahami partnership marketing secara detail, berikut ini adalah bentuk-bentuk partnership marketing yang dibagi menjadi enam kategori seperti:

Afiliasi

Mengutip dari laman Forbes, affiliate marketing merupakan bentuk kerja sama yang akan dilakukan oleh suatu media atau blogger dengan brand.

Di sini media tersebut akan menyusun dan menciptakan artikel yang akan diterbitkan dalam bentuk rangkuman informasi dari suatu produk.

Lalu di dalam ulasan artikel tersebut akan dicantumkan sebuah link yang akan menuju ke sebuah situs yang berisi produk terkait.

Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan awareness dari suatu produk agar dapat meningkatkan proses penjualan.

Bukan hanya berhenti pada artikel saja lho, tautan dari suatu produk dapat disusun dalam sebuah banner yang akan ditampilkan di website media brand.

Influencer

Kerjasama atau berkolaborasi dengan jasa seperti influencer merupakan salah satu strategi yang cukup menjanjikan.

Pada umumnya saat ini hampir semua orang memiliki media akaun sosial di mana mereka bisa mendapatkan dan menyebarkan informasi secara luas.

Strategi bekerja sama dengan influencer ini kedepannya juga dapat disesuaikan dengan karakteristik dan keunikan produk dari brand yang kamu miliki.

Contohnya seperti suatu perusahaan kosmetik yang berkolaborasi dan bekerja sama dengan influencer yang giat di bidang beauty vlogger atau bahkan atlet.

Program Loyalti

Salah satu bentuk partnership yang dapat meningkatkan loyalti pengguna produk adalah menerapkan strategi program reward.

Pada umumnya setiap pengguna akan mendapatkan promo lebih besar atau bahkan memperoleh produk gratis jika mendaftar melalui email, atau bisa dengan cara membeli suatu produk dalam jumlah tertentu.

Dari sini produk gratis atau promo tersebut dapat diperoleh dari kerja sama dengan brand lain yang diajak untuk berkolaborasi.

Dengan ini para pengguna akan tergerak hatinya untuk melakukan pembelian produk lebih banyak lagi agar bisa mendapatkan kesempatan promo.

Social Campaign

Kampanye sosial atau social campaign merupakan strategi yang dapat menarik perhatian konsumen karena di sini konsumen yang membeli produk dianggap beramal atau ikut kontribusi menyelesaikan isu sosial tertentu yang sedang urgent.

Selain itu dengan menerapkan strategi ini, perusahaan akan memperoleh citra bahwa perusahaan merupakan salah satu organisasi yang peduli dengan isu sosial tertentu. Dari hal inilah yang akhirnya membuat perusahaan mendapatkan loyalti dari konsumen.

Sponsorship

Program sponsorship memang bukanlah taktik baru, namun program ini bisa meningkatkan brand awareness, lho!

Bentuk kolaborasi di dalam partnership marketing ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari kedua belah pihak perusahaan.

Contohnya ketika ada perusahaan yang memberikan sponsor untuk keperluan program kerja dari brand atau perusahaan tersebut akan mensponsori suatu acara yang diadakan suatu brand.

Misalnya seperti minuman berkarbonasi yang menghabiskan banyak dana untuk mensponsori event tertentu seperti olahraga. Harapannya di sini produk branding mereka dapat mengalami peningkatan.

Pada umumnya brand seperti ini akan menyisipkan produk mereka sebagai minuman utama yang akan dijual serta dibagikan di dalam event terkait.

Distribusi

Penerapan metode distribusi dapat diubah menjadi sebuah kolaborasi bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan  berlimbah.

Contohnya seperti suatu perusahaan yang memproduksi obat-obatan tertentu, lalu perusahaan ini melakukan kerjasama dengan platform kesehatan terkait agar bisa menjual produknya.

Cara ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak karena bisa saling melengkapi dan membangun satu sama lain.

Manfaat Menerapkan Partnership Marketing

Berikut ini adalah beberapa manfaat partnership marketing yang akan sering kamu jumpai di dalam dunia bisnis. Langsung simak daftar dan penjelasannya berikut ini, ya Beautypreneurs.

Meningkatkan Jumlah Produksi

Kamu akan memperoleh dampak yang positif jika dapat menerapkan program kemitraan dengan rekan bisnis yang tepat. Terutama dari segi produksi, yang akan membantu membuat penjualan produk kamu akan meningkat sesuai dengan peningkatan pasar.

Meningkatkan Angka Penjualan

Bisnis kamu akan meningkat secara signifikan dari segi angka penjualannya jika kamu dapat menerapkan program kemitraan dengan baik dan saling menguntungkan.

Angka penjualan produk akan mengalami kenaikan secara signifikan jika kamu bisa menemukan partner bisnis yang tepat untuk melakukan proses promosi.

Meningkatkan Keuntungan

Jika proses produksi dan angka penjualan kamu meningkat, pastinya hal ini akan memberikan dampak yang besar terhadap keuntungan suatu perusahaan.

Di sini keuntungan akan mengikuti proses tersebut secara signifikan jika perusahaan bisa bekerja sama dengan pemasaran dan tepat sasaran.

Memperluas Peluang Bisnis

Tidak kita pungkiri lagi ketika suatu perusahaan akan mendapatkan peluan bisnis baru jika penerapan partnership marketingnya sesuai dan tepat sasaran.

Perusahaan harus bisa memaksimalkan manfaat ini agar tidak kehilangan pangsa pasar mereka.

Meningkatkan Kepercayaan pada Brand

Meningkatkan kepercayaan pada brand atau branding trust merupakan salah satu manfaat yang cukup signifikan saat melakukan proses kerja partnership marketing.

Hal tersebut karena suatu brand yang dipromosikan oleh influencer media sosial yang tengah naik daun atau artis tertentu. 

Dari sini brand yang dijual tersebut akan menjadi lebih dipercaya oleh publik dan tentunya juga pelanggan yang lebih luas lagi.

Tips Partnership Marketing Efektif untuk Bisnismu

Berikut ini adalah beberapa tips menerapkan partnership marketing yang sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang berbisnis kosmetik, simak ya.

  1. Mencari partner yang mempunyai jaringan luas untuk menjangkau konsumen dengan lebih efisien.
  2. Mencari partner yang mempunyai kemampuan untuk memberikan solusi agar dapat meningkatkan proses penjualan.
  3. Sudi untuk bergandeng bersama-sama dan mempunyai tujuan yang sama untuk mencapai peningkatan penjualan produk.
  4. Sama-sama fokus pada tujuan utama yang sudah tersepakati.
  5. Mampu menerapkan transparansi terkait penjualan dengan cara mengedepankan kekuatan dari masing-masing pihak untuk mencapai satu tujuan yang sama, yaitu peningkatan penjualan.
  6. Memahami perbedaan kapasitas dari dua pelaku bisnis agar dapat menciptakan tujuan yang sama
  7. Pastikan bahwa kedua pelaku bisnis ini mempunyai keuntungan yang adil.
  8. Sering-seringlah melakukan proses komunikasi yang tegas dan jelas agar tidak menimbulkan kegaduhan dan salah persepsi di kedua belah pihak.

Simpulan

Nah, Beautypreneur, itu adalah penjelasan soal bentuk partnership marketing yang perlu kamu tahu. Menggunakan strategi pemasaran ini sangat penting untuk bisnis kosmetikmu, loh. 

Dengan perencanaan dan partner yang tepat, kamu bisa meningkatkan brand awareness produk dan merek kosmetik yang kamu miliki. Sehingga konsumen akan lebih mudah menerima dan mau mencoba produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Selain itu, pada dasarnya kosmetik berkaitan erat dengan hal-hal visual dan tren. Karenanya, memanfaatkan media sosial sebagai channel marketing, dan memperkuatnya dengan partner sebagai ambassador ataupun model, bisa menaikkan nilai dari produkmu.

Well, segitu dulu tips pemasaran dan penjelasan bentuk partnership marketing untuk bisnis kosmetik. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan strategi ini? Atau barangkali kamu baru mulai menciptakan produk kosmetik dengan merek sendiri?

Mash Moshem Indonesia sebagai penyedia jasa maklon kosmetik, bisa membantumu menciptakan berbagai jenis produk yang sedang ngetren di pasaran, loh. Nggak percaya? Yuk, langsung tanya tim kami dengan klik tombol berikut ini:

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts