Red Ocean Strategy: Definisi, Karakteristik, dan Penerapannya
Tingkat kompetisi di industri kosmetik Tanah Air begitu tinggi. Sebab itu, penting untukmu menyiapkan strategi bisnis yang tepat untuk mengatasinya, misalnya lewat red ocean strategy. Apakah kamu sudah pernah dengar sebelumnya?
Well, Red Ocean Strategy merupakan kegiatan bisnis yang berfokus pada penerapan strategi gara dapat bersaing ditengah pasar yang sangat kompetitif dan padat kompetitor.
Penerapan strategi ini hadir sebagai salah satu solusi untuk menghadapi pasar yang sangat kompetitif dengan beragam jenis industri yang terdapat di dalamnya.
Istilah dari Red Ocean Strategy merepresentasikan persaingan dagan yang terjadi antar perusahaan bisnis untuk saling berebut menguasai pasar.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu Red Ocean Strategies dan juga apa saja perbedaannya dengan Blue Ocean Strategy seperti;
Apa Itu Red Ocean Strategy
Red Ocean Strategy merupakan sebuah strategi yang perusahaan gunakan di sebuah area industri yang memiliki persaingan ketat di pasar. Saat ini hampir seluruh kegiatan bisnis di suatu industri menggunakan Red Ocean Strategy.
Dinamakan Red Ocean (samudera merah) dikarenakan memiliki banyak kompetisi bisnis yang yang ketat dan berdarah-darah sampai dapat mengubah lautan (market) menjadi merah darah.
Strategi Red Ocean ini mengacu pada bagaiaman perusahaan/brand dapat menjadi yang paling unggul di pasaran, menghasilkan keuntungan besar dan tentunya bisa membuat strategi bisnis agar produk dapat bertahan di pasaran.
Tujuan utama dari Red Ocean Strategies adalah mengalahkan persaingan bisnis serta melakukan eksploitasi permintaan brand yang ada.
Karakteristik Red Ocean Strategy
Kegiatan bisnis yang menggunakan Red Ocean Strategy biasanya mempunyai beberapa karakteristik dan ciri khusus yang berkaitan dengan keputusan bisnis yang akan diambil seperti berikut ini;
- Perusahaan bisnis akan berfokus untuk menjadi lebih unggul sampai bisa mengalahkan pesaing.
- Bisnis akan berfokus untuk berkompetisi di dalam sebuah pasar yang sudah terbentuk.
- Perusahaan akan lebih menitikberatkan strategi pada pemberian value propostion yang berbeda dan juga memberikan penetapan harga yang lebih murah dari kompetitornya.
- Serta, perusahaan akan lebih bekerja keras untuk melakukan peningkatan kualitas eksekusi. Mulai dari segi marketing yang lebih baik maupun basis biaya yang lebih murah agar bisa mengambil minat pelanggan.
Red Ocean Strategy Vs. Blue Ocean Strategy, Apa Bedanya?
Untuk memahami Strategi Red Ocean kamu juga harus mempelajari apa itu Blue Ocean Startegy dikarenakan keduanya memiliki keterhubungan walaupun berbeda dalam kegiatannya.
Red Ocean Strategy
- melakukan kompetisi dagang di pasar yang sudah terbentuk
- Semua strategi bisnis bertujuan untuk menang dalam kompetisi pasar
- Menjaring lebih banyak lagi permintaan pasar yang sudah ada sebelumnya
- Melakukan pertukaran nilai biaya
Blue Ocean Strategy
- Menciptakan pasar yang baru
- Membuat kompetisi jadi tidak relevan
- Tidak menukarkan nilai biaya
- Dapat menciptakan permintaan baru
Jika dalam kegiatan binsisnya Red Ocean Strategy lebih mementingkan persaingan dalam pasar yang sudah ada atau sudah terbentuk, Blue Ocean Strategy lebih mengutamakan penciptaan ruang pasar yang belum memiliki banyak kompetitor sejenis.
Bisa kita ibaratkan bahwa Red Ocean Strategy merupakan samudra yang merah penuh ombak dan siapapun dapat tenggelam dan karam ketika tidak bersaing.
Sementara itu Blue Ocean Startegy merupakan samudra yang tenang, sepi, damai dan tanpa persaingan namun bisa tetap indah serta menguntungkan.
Blue Ocean Strategy akan lebih mengelaborasika keseluruhan kegiatan perusahaan bisnis untuk lebih mengejar diferensiasi serta biaya yang rendah.
Kemudian untuk Red Ocean Strategy lebih mengelaborasikan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan bisnis dengan pilihan biaya rendah atau diferensiasi.
Adapun kriteria khusus dari red ocean strategy yang lain seperti suatu perusahaan bisa memutuskan apakah akan melakukan membuka nilai yang lebih untuk pelangga dengan biaya yang lebih tinggi atau sebaliknya. Melakukan peningkatan kualitas sampai eksekusi dan menyeleraskan semua aktivitas dalam strategi bisnis tertentu.
Baca Juga: Blue Ocean Strategy: Definisi, Kelebihan, dan Tips Penerapannya
Keuntungan Menerepkan Red Ocean Strategy
Ada beberapa keuntungan menerapkan Red Ocean Strategy untuk bisnismu, seperti dalam berikut ini;
Minim Resiko
Menerapkan Red Ocean Strategy memiliki resiki yang lebih kecil dari pada menerapkan Blue Ocean Strategy. Seperti halnya ketika kita berada di dalam ruang dengan permintaan pas dan cukup mapan. Hal ini untuk meminimalkan resiko bisnis.
Setiap perusahaan bisnis harus dapat melakukan pengembangan perminataan dan juga dapat menemukan pasar yang baru untuk suatu produk.
Dapat Dilakukan dengan Sumber Daya Terbatas
Menerapkan Blue Ocean Strategy akan membutuhkan banyak sumber daya. Hal ini berbeda jika kamu menerapkan Red Oceann Strategy karena bisnis kamu akan tetap berjalan lancar dengan sumber daya yang terbatas.
Kejelasan Masa Depan
Walaupun menerapkan Red Ocean Strategy akan melalui banyak kompetisi, akan tetapi pasarnya sudah jelas.
Seperti halnya ketika produk yang dijual sudah memiliki target konsumen sehingga perusahaan dapat fokus dengan pengembangan sebuah produk.
Dari sini strategi pemasaran sampai kegiatan bisnis dapat bertahan sampai masa depan dan sifatnya lebih berkelanjutan.
Selain itu pasar dagang yang sudah mapan. Hal ini secara otomatis akan membuat produk yang diproduksi ditunggu oleh konsumen.
Kelemahan Red Ocean Strategy
Apapun jalan yang akan dipilih setiap kegiatan bisnsi pasti akan menghadapi resiko bisnis. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari penerapan Red Ocean Strategy seperti;
- Akan muncul satu kompetitor dengan bisnis yang telah sangat mapan serta tidak dapat dikalahkan oleh pesaing.
- Persaingan pasar dagang sangat sengit dan rumit. Hal inilah yang membuat kompetisi dagang menjadi sangat berdarah-darah.
- Kegiatan bisnis yang tidak menjalankan strategi bisa kalah.
- Terlalu fokus pada sektor pasar yang memiliki potensi menguntungkan. Namun sering jatuh pada strategi bisnis yang sifatnya tidak berkelanjutan dimana akhirnya bisa membuat perusahaan kehilangan pangsa pasar dan juga pelanggan.
- Berfokus pada sektor pelanggan yang sudah ada dan seringkali melupakan untuk membuka pasar baru yang memunculkan potensi pelanggan baru.
- Walaupun saat launcing produk bisa menggemparkan industri serta menjatuhkan pesaing utama, hal ini tidaka akan mempengaruhi terciptanya pasar baru.
Cara Menerapkan Red Ocean Strategy untuk Bisnis
Ada keuntungan tersendiri ketika kamu akan menerapkan Strategi Red Ocean di dalam perusahaan bisnismu dimana kamu akan dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan konsumen di dalam pasar.
Hal ini akan menjadi informasi penting yang berguna untuk kamu ketika akan melakukan pengambilan putusan bisnis.
Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk menerapkan Strategi Red Ocean untuk bisnismu. Simak baik-baik, ya, Beautypreneurs!
Jangan Tawarkan Produk, Tapi Solusi
langkah pertama adalah jangan menawarkan produk, akan tetapi tawarkanlah solusi. Untuk menerapkan Red Ocean Strategy di dalam kegiatan bisnismu, kamu harus bisa melakukan identifikasi serta memahami setiap kebutuhan konsumen, khususnya yang tidak kompetitor sadari sebelumnya.
Hal ini bisa berhasil jika kamu berkomunikasi langsung dengan konsumen kemudian memberinya pertanyaan langsung agar perusahaan bisa memahami kebutuhan dan permasalahan konsumen, lalu memberikan solusi kepada para konsumen.
Temukan Audience Baru
Kamu haru dapat melakukan analisis demografis untuk mengetahui hal apa yang tidak memuaskan konsumen terhadap produk pesaing. Setelah itu kamu analisis lagi agar dapat menyusun strategi untuk menjangkau mereka dengan efektif.
Melakukan identifikasi dengan konsumen yang tepat bisa menghasilkan laju pertumbuhan yang cukup tinggi.
Sesuaikan Harga
Langkah untuk menerapkan Strategi Red Ocean selanjutnya adalah menyesuaikan harga. Kamu harus bisa menyesuaikan harga dengan kompetitor untuk menciptkana pasar yang kompetitif agar bisa berhasil.
Contohnya seperti ketika harga kompetitior sama, kamu harus bisa mempertimbangkan untuk menjual produk milikimu dengan harga yang lebih rendah dari kompetitor.
Rekrut Tim yang Berkualitas
Merekrut karyawan yang baik di dalam perusahaan akan membuat bisnis kamu menjadi lancar karena memiliki tim kerja yang berkualitas. Selain itu produkmu juga akan menjadi lebih berkembang dan berbeda dengan miliki produk kompetitor.
Suatu perusahaan haris bisa memberikan kesempatan untuk para karyawan di perusahaan agar mereka dapat mengembangkan bakat di dalam diri mereka dengan cara memberikannya pelatihan, kursus dan lain sebagainya.
Kemudian perusahaan harus bisa mengolah setiap karywan yang ada untuk berkontribusi pada peningkatan prdouk agar bisa membantu perusahaan semakin berkembang di stretagi red ocean tersebut.
Lakukan Promosi
Setiap usaha akan menjadi perucam kalau pelanggan tidak bisa menyadari manfaat apa yang terkandung di dalam produk yang akan di beli.
Melakukan kampanye periklanan memiliki posisi yang penting, agar perusahaan harus dapat menjelaskan setiap nilai yang terkandung di dalam produk kepada konsumen.
Strategi red ocean merupakan sebuah strategi yang dijalankan perusahaan bisnis untuk melakukan persaingan dagang di tengah pasar yang padat dan kompetitif. Tujuan utama dari strategi ini sendiri adalah dapat mengalahkan pesaing dengan cara menawarkan nilai yang lebih baik dari pada produk milik kompetitor.
Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal strategi red ocean dan bedanya dengan blue ocean. Apakah menurutmu strategi ini cocok untuk kamu terapkan dalam bisnis kosmetik yang kamu miliki?
Selain strategi bisnis satu ini, kamu bisa menemukan berbagai tips pemasaran digital lainnya di laman Berita Terkini. Atau, kamu bisa mengikuti berbagai konten menarik seputar maklon kosmetik dan tren industri kecantikan di media sosial Mash Moshem Indonesia.