Insight-Bisnis

Rincian Modal Bisnis Skincare, Brand Owner Wajib Paham!

rincian modal bisnis skincare

Memulai bisnis bukan hanya tentang melihat peluang, tapi juga harus memikirkan modal. Bisnis skincare memang menjanjikan karena pasar yang luas dan tidak pernah habis. Lalu, berapa modal bisnis skincare yang kamu butuhkan agar bisa mulai usaha di bidang ini?

Memahami rincian modal bisnis skincare akan membantu kamu untuk melakukan perencanaan lebih matang dalam memulai bisnis. Jadi, sebaiknya cari tahu dulu modal yang dibutuhkan untuk mulai bisnis skincare pada artikel berikut. Yuk, simak sampai selesai, ya!

Peluang Memulai Bisnis Skincare di Indonesia

Sebelum tahu soal rincian modal bisnis skincare, sebaiknya pahami dulu peluang bisnis di bidang ini. Bisnis skincare adalah salah satu bisnis yang pasarnya tak akan mati, terlebih lagi di negara tropis seperti Indonesia. Cuaca dan lingkungan menjadikan penduduk Indonesia harus memberikan perhatian ekstra pada tubuh mereka, terutama kulit agar tidak mengalami kerusakan.

Beberapa penyebab yang menjadikan skincare penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah cuaca, banyaknya jenis pekerjaan secara outdoor dan gaya hidup.

Oleh karena itu, skincare kini bukan hanya tentang produk perawatan untuk membuat kulit sehat, melainkan memberikan beragam manfaat lain.

Nah, kalau kamu ingin membangun bisnis skincare, ini juga harus kamu pertimbangkan agar bisnismu bisa bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih dahulu masuk ke dunia bisnis ini. Setelah itu, kamu baru bisa tahu rincian modal bisnis skincare yang tepat.



Ide dan Modal Bisnis Skincare Paling Menguntungkan

Memilih jenis bisnis juga penting loh agar kamu juga bisa memprakirakan berapa modal bisnis skincare yang harus kamu keluarkan untuk mengawali bisnismu. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai modal yang akan kamu butuhkan berdasarkan jenis bisnis yang ingin kamu lakukan.

Bisnis Toko Skincare

Bisnis yang pertama adalah bisnis toko skincare. Toko skincare ini dapat berupa toko offline maupun online. Berikut rincian modal serta kekurangan dan kelebihannya:

Bisnis SkincareKelebihan Kekurangan





Offline
Kepercayaan konsumen tinggiJangkaun pasar terbatas
Pelayanan konsumen lebih mudahPerlu tempat fisik
Sistem pembayaran lebih amanMembutuhkan karyawan lebih banyak
Tidak perlu melakukan pengirimanMemerlukan modal yang besar
Persaingan tidak terlalu banyak dengan sesama toko skincareWaktu penjualan terbatas







Online
Mudah dijalankanPersaingan lebih ketat
Jangkauan pasar lebih luasKredibilitas sering diragukan
Modal tidak terlalu besarTidak memiliki kontrol besar untuk menjaga dan mengawasi kualitas barang sampai ke tangan konsumen
Tidak memerlukan tempat fisikPerlu melakukan pengiriman
Karyawan lebih sedikit
Waktu penjualan lebih fleksibel
Produk lebih bervariasi

Modal Investasi Toko Skincare Offline

Dalam modal bisnis skincare, modal investasi juga termasuk dan wajib diperhitungkan. Modal investasi berhubungan dengan modal awal yang kamu keluarkan di awal dan kemungkinan besar tidak kamu keluarkan lagi di masa selanjutnya. Biaya ini meliputi modal pembelian etalase, modal renovasi dan lainnya. Simak rinciannya berikut ini:

Modal Investasi Besaran Biaya (Rp)
Etalase2.000.000
Kursi dan Meja700.000
Rak1.000.000
Renovasi Ruang750.000

Modal Operasional Toko Skincare Offline

Bukan hanya membutuhkan modal investasi untuk jangka panjang, kamu juga membutuhkan modal operasional yang berhubungan dengan pengelolaan toko skincaremu. Biaya operasional meliputi biaya yang harus kamu keluarkan agar toko skincaremu dapat berjalan seperti upah karyawan, biaya listrik dan lainnya. Berikut rinciannya:

Modal Operasional Besaran Biaya (Rp)
Belanja Skincare10.000.000
Listrik dan Air100.000
Biaya100.000
Upah untuk Karyawan800.000-1.000.000
Biaya lain-lain100.000
Bangunan Toko Skincare Sederhana2.000.000
Biaya Sewa Tempat2.000.000-5.000.000

Modal Investasi Toko Skincare Online

Meski toko yang kamu bangun tidak ada bentuk fisiknya, kamu juga perlu mengeluarkan biaya investasi. Tidak jauh berbeda dengan modal investasi toko offline, biaya investasi toko online adalah biaya awal yang harus kamu keluarkan untuk hal-hal yang bersifat tetap. Sederhananya modal untuk membeli keperluan yang digunakan dalam waktu lama. Berikut ini adalah rinciannya:

Modal InvestasiBesaran Biaya (Rp)
Laptop5.000.000
Smartphone3.000.000

Modal Operasional Toko Skincare Online

Kamu juga memerlukan biaya operasional untuk mengelola toko online. Terlebih lagi, toko online tidak memiliki bentuk fisik. Banyak pelanggan tidak tahu bahwa kamu menjual produk skincare. Nah, berikut ini adalah rincian modal operasional yang kamu butuhkan untuk toko online:

Modal OperasionalBesaran Biaya (Rp)
Pembelian Skincare10.000.000
Listrik100.000
Kuota100.000
Lakban dan ATK200.000
Biaya Iklan di Media Sosial300.000
Biaya Iklan di Marketplace500.000

Reseller Skincare

Kelebihan Bisnis Reseller Skincare

Selain dengan membuka toko online, kamu bisa memulai bisnis skincaremu dengan menjadi reseller. Dengan menjadi reseller, kamu akan menikmati beberapa keuntungan seperti:

KelebihanKekurangan
Tidak memerlukan inventarisMargin relatif lebih kecil
Lebih menghemat modal dan uangKompetisi lebih ketat
Menghemat waktuInovasi terbatas
Memiliki risiko lebih kecilBukan bisnis milik pribadi
Cocok sebagai cara untuk trial dan error
Mudah untuk ekspansi
Cara kerja lebih fleksibel

Modal Pengadaan Produk

Bisnis yang akan kamu lakukan adalah menjadi seorang reseller, yaitu pihak yang menjual produk milik orang lain dengan cara membeli produk tersebut terlebih dahulu. Di atas sudah dijelaskan beberapa kelebihan sekaligus kekurangan menjadi seorang reseller. Nah, selanjutnya kamu juga perlu tahu modal yang akan kamu butuhkan untuk dapat menggeluti bidang ini.

Berbeda dengan bisnis lain yang rincian modalnya bisa dijelaskan dengan mudah sekaligus angka nominalnya. Modal menggeluti bisnis sebagai reseller sangat ditentukan akan kemampuanmu dalam menemukan supplier yang oke. 

Supplier yang oke itu bagaimana sih? Tentu saja yang bisa meningkatkan angka keuntunganmu, yakni supplier yang memiliki produk yang mumpuni dengan harga yang lebih murah.

Bisanya, untuk menjadi reseller, kita harus membeli produk pada jumlah tertentu untuk dijual kembali. Supplier akan menentukan jumlah minimal sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik sehingga ketika dijual lagi akan ada keuntungan yang bisa kita dapat meski menjual dengan harga yang sama dengan kompetitor.

Namun, jika penjualan yang kita lakukan tidak besar maka sangat berisiko terjadi penumpukan hingga kerugian. Salah satunya akibat produk yang kadaluarsa atau sudah tidak menjadi trend di pasaran.

Modal Biaya Operasional

Bukan hanya menyiapkan modal untuk pengadaan produk, kamu juga perlu menghitung dan menyiapkan modal yang akan kamu butuhkan untuk operasional bisnis reseller yang kamu lakukan.

Beberapa modal operasional yang akan kamu butuhkan untuk bisnis reseller antara lain modal untuk promosi. Biaya ini meliputi biaya pembuatan website, internet, biaya iklan jika perlu, hingga biaya pengemasan.



Dropshipper Skincare

Selain toko, kamu juga bisa mencoba peruntungan lewat bisnis dropshipper kosmetik. Agar kamu bisa mengira-ngira, berikut ini kelebihan dan kekurangannya, serta modal bisnis dropshipper skincare yang perlu kamu tahu.

KelebihanKekurangan
Tidak perlu mengeluarkan modal banyakTidak punya kendali terhadap produk atau barang yang dijual
Bisa menjalankan bisnis di mana dan kapan sajaSistem pengiriman pada konsumen lebih rumit
Lebih efisienKeuntungan penjualan lebih sedikit
Bisa menawarkan produk lebih beragam
Mudah untuk menekan biaya overhead
Lebih hemat tenaga

Modal Bisnis Dropshipper Skincare

Ketika kamu menggeluti bisnis dropship skincare, modal yang harus dikeluarkan memang jauh lebih kecil dibanding jenis bisnis skincare yang lain. Namun, lebih sedikit  bukan berarti tidak mengeluarkan modal sama sekali bukan?

Nah, beberapa modal yang harus kamu siapkan untuk memulai bisnis dropship skincare meliputi modal untuk menyediakan aset dan uang tunai. Aset yang akan kamu butuhkan untuk bisnismu antara lain smartphone dan laptop.

Kedua alat ini akan kamu butuhkan dalam urusan pelayanan terhadap konsumen, promosi atau pemasaran, menerima pesanan, mendeteksi barang yang tengah dikirim hingga mencari supplier.

Selain modal untuk aset, kamu juga perlu menyiapkan modal berupa uang yang akan berguna sebagai uang ganti di awal. Selanjutnya adalah biaya promosi dengan tujuan untuk membangun brand bisnismu serta untuk modal untuk memenuhi kebutuhan operasional lainnya.

Distributor Skincare

Jenis bisnis skincare selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah dengan menjadi distributor skincare. Apakah kamu tertarik dengan jenis bisnis ini? Seperti bisnis-bisnis yang dijelaskan sebelumnya. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai kelebihan jenis ini dan modal yang akan kamu butuhkan untuk menjalankannya:

KelebihanKekurangan
Risikonya lebih kecilModalnya lebih besar
Target keuntungan bisa ditetapkan sendiriKendali terhadap produk kecil
Lebih mudah untuk menjual produk dalam jumlah besarHarga produk tidak bisa stabil
Adanya risiko lokasi yang sulit dijangkau, sehingga barang tidak sampai tepat waktu
Harga yang dijual lebih mahal dibanding harga dari produsen

Modal Bisnis Dropshipper Skincare

Tidak ada angka pasti mengenai jumlah modal yang akan kamu butuhkan untuk melakukan bisnis distributor skincare. Hanya saja, kamu pasti akan membutuhkan jumlah modal yang besar. Tentu saja alasannya karena kamu mendistribusikan produk dalam jumlah besar.

Karena jumlah produk yang besar maka kamu juga harus memiliki modal yang besar sehingga dapat menangani setiap aspek yang akan kamu perlukan agar bisnis ini berjalan. Salah satu penyebab utama yang menjadikan modalmu besar adalah karena kamu akan membutuhkan kendaraan untuk mendistribusikan produk tersebut.

Tentu saja, kamu tidak mungkin hanya menyediakan satu kendaraan saja bukan. Kamu perlu beberapa kendaraan agar dapat mendistribusikan produk dalam jumlah besar ke beberapa lokasi secara bersamaan.

Modal lainnya adalah operasional seperti gaji karyawan. Baik karyawan yang bertugas sebagai driver, pengangkut produk dari gudang ke mobil. Selain itu biaya bahan bakar, perawatan, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Skincare Korea yang Sukses Bagi Pemula

Brand Owner Skincare

Jenis bisnis skincare terakhir yang bisa kamu geluti adalah brand owner skincare. Bisnis ini sangat menarik, salah satunya karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Wah, apakah kamu penasaran apa saja kelebihannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Kelebihan Bisnis Skincare Brand Sendiri dengan Maklon:

Jika kamu ingin bisnis skincare brand sendiri akan sangat mahal, kamu bisa membuang pikiran itu jauh-jauh. Kamu bisa memanfaatkan jasa maklon agar bisa memasarkan produk milikmu sendiri tanpa modal besar. Nah, berikut ini beberapa kelebihan bisnis skincare dengan jasa maklon:

  • Tak perlu mengeluarkan modal besar
  • Tidak perlu membangun pabrik
  • Tidak memerlukan karyawan yang banyak, bahkan kamu juga bisa menjalankannya sendiri
  • Tak perlu menjadi ahli marketing
  • Kualitas, mutu hingga legalitas produk tak perlu diragukan dan pastinya kamu memiliki kendali
  • Memiliki jangkauan pasar yang luas karena distribusi juga akan dibantu oleh penyedia jasa maklon
  • Lebih mudah mendapatkan kepercayaan konsumen
  • Jam kerja yang lebih fleksibel

Kelemahan Bisnis Skincare Brand Sendiri dengan Maklon:

Wah, ternyata banyak sekali ya kelebihan dari menggeluti bisnis skincare dengan brand sendiri melalui jasa maklon. Namun, kamu juga perlu mencatat beberapa kekurangannya di bawah ini: 

  • Memiliki risiko rugi yang cukup tinggi
  • Persaingan dengan brand lain cukup besar

Modal Bisnis Skincare Brand Sendiri dengan Jasa Maklon

Ada trik yang bisa kamu lakukan jika ingin lepas dari risiko membangun bisnis brand owner skincare. Caranya adalah dengan memilih perusahaan jasa maklon yang tepat. Alasannya tentu saja setiap perusahaan akan menawarkan harga dan pelayanan yang berbeda.

Lalu perusahaan seperti apa ya yang harus kamu pilih? Salah satu perusahaan jasa maklon yang bisa kamu andalkan adalah perusahaan yang menawarkan MOQ kecil. MOQ adalah Minimum Order Quantity atau jumlah minimum pemesanan.

Salah satu perusahaan maklon dengan MOQ kecil adalah Mash Moshem Indonesia. Dengan jumlah pemesanan yang kecil, maka artinya modal yang kamu keluarkan untuk membuat sebuah produk juga akan semakin kecil. Dengan begitu, kamu bisa membuat beberapa produk sekaligus dan dapat mengujinya di pasar sekaligus.

Kamu bisa secara langsung melihat produk manakah yang paling konsumen minati, sehingga kamu bisa memesan ulang produk tersebut dalam jumlah yang lebih besar.

Dengan begitu, risiko kerugian bisa kamu hindari dan kamu bisa bersaing dengan kompetitor dengan lebih mudah karena kamu punya banyak varian produk yang bisa ditawarkan.

Baca Juga: 9 Cara Memutar Modal Usaha Kecil untuk Bisnis Kosmetik yang Efektif

Tips Membangun Bisnis Skincare Modal Kecil

Tidak hanya mengetahui rincian modal bisnis skincare saja, untuk menjalankan bisnisnya, kamu wajib paham strategi yang tepat agar berhasil. Jika tidak, maka kamu akan merasa kesulitan dalam menjalankan bisnis tersebut, terutama dengan modal kecil.

Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin membangun bisnis skincare dengan modal kecil, di antaranya:

  • Tentukan tujuan bisnis yang ingin kamu lakukan
  • Ciptakan produk skincare yang lebih baik dibanding produk yang sudah ada
  • Bangun brandmu sendiri
  • Buat target pasar yang spesifik
  • Pahami siapa yang akan menjadi konsumen produkmu
  • Terapkan strategi harga 
  • Buat website dan akun sosial media untuk produk dan perusahaan
  • Terapkan strategi up-selling dan cross-selling
  • Buatlah strategi pemasaran yang matang

Yuk, Bangun Bisnis Skincare yang Sukses dan Menguntungkan Bersama Mash Moshem Indonesia!

Bagaimana? Sudah tahu soal rincian modal bisnis skincare, kan? Tapi, masih bingung harus mulai bisnis dari mana? Tenang, kamu hanya perlu melakukan kolaborasi dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia untuk membangun bisnis skincare mulai dari nol. Semua ide maupun konsep produk, bisa kamu diskusikan bersama tim Mash Moshem Indonesia hingga mendapatkan formula skincare yang tepat sesuai kebutuhan target audiens.

Tidak perlu khawatir soal keamanannya, Mash Moshem Indonesia sudah mempunyai fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A, sehingga kualitas dan mutu skincare pasti terjamin. Bahkan, kami juga siap membantu untuk mengurus legalitas izin edar, mulai dari BPOM, Halal MUI, HKI, HSA Singapore, hingga Vegan USA.

Tunggu apalagi? Yuk, konsultasikan kebutuhan modal bisnis skincare kamu bersama tim profesional kami dengan klik banner di bawah ini!



author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011